15 Cara Meningkatkan Skill Karyawan Paling Mudah

meningkatkan skill karyawan

Skill atau keterampilan karyawan jadi hal yang wajib diperhatikan oleh perusahaan. perusahaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan skill karyawan hingga bisa mendukung kemajuan perusahaan.

Apa saja cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan skill karyawan ini? Buat Anda yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkapnya yang ada di bawah ini:

Apa Itu Skill Karyawan?

meningkatkan skill karyawan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara meningkatkan skill karyawan, apakah Anda sudah mengetahui apa itu skill karyawan? Menurut kamus Meriam Webster skill merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari training, pengalaman, dan juga latihan.

Jadi, jika membicarakan mengenai skill karyawan, ini memiliki definisi sebagai kemampuan yang dimiliki oleh karyawan yang didapatkan dari training, pengalaman, dan juga latihan sehingga karyawan tersebut memiliki kompetensi untuk pekerjaannya.

Dengan skill yang dimiliki oleh karyawan ini, karyawan bisa memberikan dedikasi untuk kemajuan perusahaan. Makanya, skill ini jadi bagian penting dalam dunia kerja dan perusahaan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkannya.

Baca Juga: Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

Pentingnya Skill Karyawan bagi Perusahaan

Dalam dunia kerja, skill karyawan jadi bahasan yang tidak ada habisnya. Karena itu pula banyak yang bertanya, seberapa penting sih skill karyawan bagi perusahaan?

Buat Anda yang saat ini sedang merintis bisnis atau membangun perusahaan, memilih kandidat karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda bukan sesuatu yang mudah. Ini sering menjadi tantangan yang membuat pemilik perusahaan merasa bimbang.

Dalam memilih karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda, ada beberapa pertimbangan di antaranya kemampuan atau skill yang dimiliki, pengalaman, hingga prestasi calon karyawan tersebut. Dari sini dapat diketahui bahwa skill atau kemampuan karyawan itu jadi bagian penting yang jadi pertimbangan perusahaan.

Skill yang dimiliki oleh karyawan dapat menjadi dukungan untuk memajukan perusahaan. Tentu ini menjadi kelebihan yang tidak mau dilewatkan oleh perusahaan. Karyawan juga bisa menghasilkan pencapaian dengan skill yang dimiliki.

gajihub 6

Baca Juga: Target Kerja Karyawan: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Cara Meningkatkan Skill Karyawan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan dalam meningkatkan skill karyawan yang ada di perusahaan:

1. Memberikan Motivasi SDM

Cara pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan skill karyawan adalah dengan memberikan motivasi Sumber Daya Manusia atau SDM. Perusahaan harus memiliki motivasi untuk terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, perusahaan harus mengetahui bahwa di luar sana ada banyak SDM yang memiliki kualitas tinggi, karyawan yang merasa terancam posisinya di perusahaan mau tidak mau harus mengikuti program meningkatkan skill karyawan ini.

Perusahaan harus bisa menjadikan hal ini sebagai motivasi sehingga karyawan merasa meningkatkan skill jadi sebuah kebutuhan.

2. Sesuaikan Minat dan Kemampuan

Ada saat-saat dimana karyawan merasa enggan mengerjakan pekerjaan di kantor. Ini sering terjadi ketika karyawan diminta mengerjakan sesuatu di luar minat dan kemampuan yang dimilikinya.

Jadi, perusahaan sebaiknya memberikan pekerjaan dan peningkatan skill ini menyesuaikan dengan minat dan kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Kebijakan ini bisa mendukung peningkatan produktivitas karyawan karena bekerja sesuai minat dan kemampuan akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

3. Miliki Target dan Tujuan yang Jelas

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill karyawan adalah dengan memiliki target dan tujuan yang jelas. Target dan tujuan dibuat menyesuaikan keadaan pasardan juga kemampuan yang dimiliki oleh SDM.

Untuk mendukung kenyamanan dan meringankan pekerjaan karyawan, perusahaan harus menerjemahkan hingga target dan tujuan bisa mudah dipahami oleh karyawan.

Baca Juga: Screening Karyawan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

4. Berikan Program Pelatihan

Memberikan program pelatihan bagi karyawan bisa menjadi cara selanjutnya untuk mendukung peningkatan kemampuan karyawan. Dengan mengadakan progam ini, perusahaan dapat membantu dalam meningkatkan skill karyawan.

Ada berbagai jenis pelatihan yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan dan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan setiap divisi atau pelatihan secara umum. Perusahaan melalui HRD juga bisa memberikan pelatihan satu bulan sekali atau sesuai kesepakatan.

Dengan adanya pelatihan ini, perusahaan bisa mendukung kemajuan setiap karyawannya dan juga memajukan perusahaan.

5. Lakukan Cross-Training

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalaah melakukan cross training bagi para karyawan. Cross training memiliki kelebihan yakni perusahaan tidak membutuhkan biaya untuk melakukannya.

Perusahaan cukup memberikan izin kepada karyawan untuk saling bertukar pikiran dan mengajari satu sama lain. Jadi, misalnya ada salah satu karyawan yang tidak dapat hadir, karyawan lainnya bisa handle pekerjaan karyawan yang tidak hadir tersebut.

6. Sediakan Fasilitas yang Mendukung

Agar pekerjaan karyawan bisa berjalan dengan maksimal, perusahaan wajib menyediakan fasilitas yang mendukung. Karena sehebat apapun karyawan jika tidak didukung oleh fasilitas yang ada, maka kinerja tidak bisa maksimal.

Dengan adanya dukungan fasilitas, kinerja karyawan dapat meningkat dan pastinya akan berdampak kepada kemajuan perusahaan.

Baca Juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

7. Berikan Job Enrichment

Job enrichment merupakan penambahan tugas atau pekerjaan kepada karyawna namun masih di satu bidang dan posisi yang sama. Contohnya adalah seperti memberikan posisi yang sebelumnya tidak ada di perusahaan, mengerjakan projek khusus, hingga menggantikan atasan yang sedang izin atau cuti.

8. Lakukan Studi Banding

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan skill karyawan adalah dengan melakukan studi banding. Studi banding adalah cara terbaik untuk melakukan evaluasi dan membandingkan sesuatu sesuai standar yang ada.

Dengan cara ini perusahaan bisa membantu meningkatkan skill karyawan. Perusahaan bisa memilih jenis studi banding dan tidak melulu terkait fasilitas yang ada di perusahaan, namun bisa juga terkait kepentingan perusahaan.

Beberapa studi banding yang bisa dipilih antara lain prosedur bahan baku, keselamatan kerja, situasi kerja, hingga perjanjian kerjasama.

9. Berikan Apresiasi

Siapa sih karyawan yang tidak termotivasi ketika perusahaan selalu memberikan apresiasi terhadap kinerja karyawan tersebut? Memberikan apresiasi ini bisa menjadi pilihan bagi perusahaan untuk mendukung peningkatan kemampuan karyawan.

Perusahaan bisa memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk, seperti uang, tiket liburan, promosi jabatan, hingga intensif lainnya. Dengan begitu karyawan bisa semakin termotivasi untuk meningkatkan skill dalam bekerja.

Baca Juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajiban

10. Berikan Insentif

Selain memberikan apreasiasi, perusahaan juga bisa mendukung peningkatkan kemampuan karyawan dengan cara memberikan insentif. Cara ini sama berpengaruhnya terhadap motivasi efektivitas pekerjaan karyawan.

Beberapa insentif yang bisa diberikan antara lain hari libur tambahan, kupon makanan, asuransi, dan lainnya.

11. Lakukan Perayaan Keberhasilan

Tidak ada salahnya jika perusahaan turut melakukan perayaan keberhasilan bersama karyawan. Ini bisa membantu karyawan untuk merasa lebih dihargai dan merasa menjadi bagian dari perusahaan.

Dengan adanya perayaan keberhasilan karyawan juga bisa semakin termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

12. Berikan Uji Kompetensi

Melakukan uji kompetensi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan skill karyawan selanjutnya. Perusahaan bisa melakukan uji kompetensi ini secara mandiri atau bekerja sama dengan lembaga kompetensi yang sudah terakreditasi.

Uji kompetensi ini juga bisa dijadikan sebagai program tahunan yang dijalankan oleh perusahaan.

Baca Juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

13. Lakukan Pengawasan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawan adalah dengan melakukan pengawasan. Pengawasan dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

Pengawasan ini dapat dilakukan secara langsung dan juga menggunakan sistem pengedalian manajemen. Dengan adanya pengawasan ini perusahaan bisa memberikan pantauan sehingga jika terjadi kesalahan bisa langsung dilakukan perbaikan.

14. Berikan Evaluasi

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan evaluasi kinerja kepada para karyawan. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mempertahankan semangat bekerja karyawan.

Dengan adanya evaluasi ini karyawan memiliki motivasi untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pekerjaannya.

15. Gunakan Teknologi

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, penting bagi perusahaan untuk menggunakan teknologi khususnya yang berhubungan dengan manajemen karyawan. Dengan penggunaan teknologi ini pastinya karyawan akan dipermudah sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif.

Teknologi yang wajib digunakan dan tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS. Dengan penggunaan software ini, karyawan bisa dengan mudah membuat slip gaji, mengajukan izin dan cuti, hingga melakukan absensi.

Jika Anda bingung memilih software payroll dan aplikasi HRIS terbaik untuk digunakan, Anda bisa memilih GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Orientasi Karyawan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Melakukannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara meningkatkan skill karyawan yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Pastikan Anda menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub, pengelolaan karyawan jadi lebih mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *