Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

Manfaat Penilaian Kinerja 1

Manfaat penilaian kinerja dapat membantu perusahaan mengevaluasi seberapa baik karyawan melakukan tugas pekerjaan mereka dan di mana karyawan dapat meningkatkan diri agar lebih selaras dengan misi perusahaan secara keseluruhan.

Sering mengadakan penilaian kinerja memungkinkan dialog terbuka tentang ekspektasi dan sasaran kerja. Jika berhasil dilakukan, penilaian kinerja dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih termotivasi dan berdedikasi.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu penilaian kinerja dan memberikan daftar manfaat dari penggunaan penilaian kinerja untuk bisnis, baik untuk perusahaan maupun karyawan.

Apa itu Penilaian Kinerja?

Penilaian kinerja (juga dikenal sebagai evaluasi kinerja atau tinjauan kinerja) adalah metode yang banyak digunakan oleh organisasi untuk mengukur nilai tambah karyawan dan kapasitas untuk mencapai tujuan mereka.

Hal ini terutama digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan tujuan mana yang telah dilampaui oleh karyawan dan mana yang lebih sulit bagi mereka.

Untuk melacak kinerja karyawan secara akurat, disarankan untuk meninjaunya setiap triwulan dan selalu mendekatinya secara konstruktif sehingga organisasi melihat manfaatnya dan karyawan menganggapnya sebagai alat yang bermanfaat untuk mengukur diri mereka sendiri.

Membuat metode penilaian kinerja yang 100% andal dan objektif bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, para psikolog dan pakar SDM telah mencoba merancang teknik yang berbeda untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja karyawan.

Baca juga: 10 Trik Hadapi Bos Galak Paling Cerdas, Apa Saja?

Metode Penilaian Kineja

Penilaian standar

Metode evaluasi karyawan yang paling populer dan umum digunakan. Evaluasi standar atau penilaian standar didasarkan pada penggunaan “skala penilaian standar” di mana setiap karyawan dibandingkan dengan seperangkat standar atau ekspektasi kemudian dinilai berdasarkan kinerjanya ke peringkat biasanya dari 1 hingga 5.

Penilaian dilakukan dengan cara mengadakan pertemuan dengan para karyawan yang memiliki kinerja yang baik. Penilaian dilakukan dengan mengadakan wawancara atau mengamati langsung karyawan saat melakukan tugas-tugasnya.

Penilaian diri sendiri

Berlawanan dengan pendapat populer bahwa karyawan menilai diri mereka sendiri secara berlebihan, sebagian besar penelitian modern menunjukkan bahwa karyawan sangat menyadari apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan.

Mereka cenderung bersikap keras terhadap diri mereka sendiri dalam evaluasi ini agar tidak dianggap sombong, dll. Selain itu, penilaian diri memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang bagaimana karyawan memandang pekerjaan dan tugas sehari-hari mereka.

Selain itu, karyawan cenderung tidak mempermasalahkan hasil penilaian dengan manajer mereka. Penilaian diri juga memainkan peran penting dalam motivasi karena penilaian diri memberikan karyawan rasa signifikansi dan kepercayaan.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Pengusaha Menurut UU Ketanagakerjaan

Penilaian 360 derajat

Banyak manajer yang lebih suka melakukan penilaian 360 derajat, yang melibatkan penilaian diri sendiri, evaluasi rekan kerja, supervisor, dan evaluasi bawahan.

Penilaian 360 derajat adalah salah satu ukuran kinerja yang paling valid dan andal. Selain itu, penilaian 360 derajat tidak hanya mengukur kinerja yang dirasakan karyawan dalam organisasi, tetapi juga hubungan mereka dengan orang lain.

Penilaian yang diprakarsai karyawan

Seorang karyawan meminta manajer mereka untuk melakukan peninjauan untuk menentukan bagaimana kinerja mereka dan meminta untuk mengambil lebih banyak proyek atau posisi yang lebih tinggi.

Penilaian kinerja kelompok

Atasan meninjau bagaimana kinerja tim secara keseluruhan dalam suatu organisasi, terkadang membuka umpan balik bagi karyawan untuk meninjau rekan-rekan mereka.

Untuk mengetahui secara mendalam metode penilaian kinerja, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

Baca juga: 13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

Manfaat Penilaian Kinerja 2

Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Karyawan

Menyelesaikan penilaian kinerja secara teratur dapat membantu perusahaan menjaga karyawan mereka tetap terlibat dan termotivasi untuk bekerja lebih keras. Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan penilaian kinerja:

Menciptakan pengembangan karier

Penilaian kinerja membantu karyawan tumbuh dalam karier mereka, terutama jika mereka ingin maju bersama perusahaan ke peran yang lebih tinggi. Evaluasi rutin dapat membantu karyawan membuat rencana untuk pertumbuhan profesional.

Meningkatkan kinerja

Memberikan umpan balik membantu memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik. Karyawan dapat bekerja lebih keras ketika manajer mereka memberikan umpan balik yang positif.

Karena penilaian kinerja sering digunakan untuk menentukan cara memberikan bonus, penilaian kinerja dapat membantu memberikan insentif dan penghargaan kepada karyawan atas kerja keras mereka.

Meningkatkan keterlibatan karyawan

Melibatkan karyawan secara teratur dalam proses peninjauan kinerja dapat meningkatkan keterlibatan dan keinginan untuk tetap bersama perusahaan dalam jangka panjang.

Ketika karyawan dapat melihat bagaimana tindakan mereka memengaruhi perusahaan secara keseluruhan, mereka cenderung berkinerja lebih baik.

Penilaian kinerja yang sering dilakukan juga menunjukkan kepada karyawan bahwa manajer mereka peduli terhadap mereka dan bersedia meluangkan waktu untuk memberikan instruksi yang diperlukan untuk membantu mereka berkembang.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

Mengklarifikasi ekspektasi

Selama penilaian kinerja, manajer dapat menegaskan kembali ekspektasi mereka terhadap karyawan. Hal ini membantu individu untuk memahami apa tanggung jawab pekerjaan harian mereka dan apa yang diinginkan manajer mereka dari mereka.

Memungkinkan percakapan yang lebih dekat

Penilaian kinerja menciptakan waktu yang terstruktur dan ditetapkan bagi para manajer untuk membahas bagaimana kinerja setiap karyawan secara keseluruhan dan memungkinkan alur diskusi tanpa gangguan.

Selama pertemuan ini, manajer dapat melatih staf dan menawarkan kiat-kiat untuk meningkatkan kinerja mereka. Waktu yang dijadwalkan ini juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengajukan pertanyaan dan menjernihkan kekhawatiran yang mungkin mereka miliki.

Mengevaluasi tujuan

Atasan dapat mengevaluasi seberapa baik karyawan mencapai sasaran mereka dan memberikan umpan balik untuk jenis sasaran apa yang harus ditetapkan untuk periode berikutnya.

Menciptakan sistem dengan penetapan tujuan yang berkelanjutan membantu memastikan karyawan meningkat dan berkontribusi pada keseluruhan misi organisasi.

Menyediakan dokumentasi

Menyimpan catatan pekerjaan karyawan selama periode waktu tertentu memungkinkan manajer untuk melacak perjalanan pengembangan dan kinerja karyawan.

Organisasi dapat menyimpan dokumentasi setiap karyawan dalam folder pribadi untuk ditinjau di kemudian hari. Hal ini membantu menginformasikan atasan di manajemen atas tentang karyawan yang mungkin tidak berinteraksi dengan mereka secara teratur.

Baca juga: Mengetahui Siklus Manajemen Kinerja Secara Lengkap

Mengetahui area untuk perbaikan

Ketika atasan sering mengadakan penilaian kinerja, mereka dapat menemukan area yang perlu diperbaiki sebelum hal itu mempengaruhi perusahaan atau menjadi tidak dapat diubah.

Sering kali pemberi kerja memberikan saran dan tindakan yang dapat diambil karyawan di masa mendatang. Hal ini memungkinkan karyawan untuk terus tumbuh dan menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

Memperkuat ikatan tim

Penilaian kinerja membantu manajer dan karyawan menyelaraskan prioritas mereka dan bertukar pikiran bersama.

Pertemuan yang sering dilakukan bisa membangun hubungan dan membuat manajer tampak lebih mudah didekati. Ulasan sejawat membantu individu melihat bagaimana rekan kerja mereka menghargai mereka.

Memfokuskan kembali pekerjaan

Selama operasi perusahaan sehari-hari, karyawan terkadang lupa mengapa mereka bekerja atau bagaimana upaya mereka membuat perbedaan.

Dengan menerima umpan balik tentang proyek-proyek yang telah mereka selesaikan, karyawan dapat mengingat mengapa pekerjaan mereka penting.

Penilaian kinerja juga menawarkan kesempatan kepada manajer untuk menegaskan kembali visi perusahaan dan sasaran apa yang sedang dikerjakan oleh karyawan perusahaan.

Memandu proyek-proyek saat ini

Penilaian kinerja dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengajukan pertanyaan kepada manajer tentang proyek-proyek saat ini yang sedang mereka kerjakan dan menerima panduan atau arahan lebih lanjut tentang cara menyelesaikan tugas-tugas mereka di tempat kerja.

Ulasan ini dapat memberikan kesempatan kepada atasan untuk memeriksa karyawan dan meninjau kemajuan karyawan dalam proyek tanpa melakukan micromanaging.

gajihub 3

Baca juga: 5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan

Peningkatan produktivitas

Manfaat evaluasi kinerja mengukur nilai tambah karyawan dalam hal peningkatan pendapatan perusahaan dan kinerja pekerjaan, dibandingkan dengan standar industri dan laba atas investasi karyawan secara keseluruhan.

Meningkatkan hubungan manajer-karyawan

Setelah evaluasi, karyawan berkesempatan untuk mendiskusikan masalah mereka dengan atasan mereka, yang, melalui umpan balik yang konstruktif, sangat membantu dalam menyelesaikan keluhan apa pun dan meningkatkan hubungan di antara seluruh tim.

Membantu mendeteksi bakat baru

orang sering menunjukkan potensi kerja mereka di lapangan. Penilaian kinerja membantu melihat sikap dan keterampilan yang sering tersembunyi di dalam kepribadian yang introspektif atau dengan keterampilan komunikasi yang kurang.

Baca juga: Pengukuran Kinerja: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tips Melakukannya

Memberi dan menerima umpan balik

Penilaian karyawan yang efektif memberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik dan juga menerimanya. Karyawan menerima informasi penting mengenai bidang-bidang pekerjaan apa saja yang dilakukannya dengan baik dan bidang-bidang apa saja yang perlu perbaikan, sehingga dia tahu persis di mana posisinya.

Perusahaan juga dapat menerima umpan balik dari karyawan yang dapat membantunya melakukan perbaikan di lingkungan kerja. Peninjau juga dapat mengungkap masalah yang bisa menghambat karyawan untuk melakukan yang terbaik, dan dia dapat mengambil tindakan korektif jika perlu.

Menetapkan tujuan yang jelas

Selain meninjau kinerja berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, penilaian kinerja juga merupakan saat yang tepat untuk menetapkan sasaran baru.

Jika kekurangan diidentifikasi selama penilaian, penilai dan karyawan dapat bekerja sama untuk menetapkan sasaran baru serta mengembangkan rencana untuk mencapainya.

Misalnya, jika seorang wiraniaga melewatkan kuota penjualannya untuk tahun ini, ia dan penilai dapat menetapkan rencana untuk mencapai kuota tahun depan dengan meningkatkan aktivitas panggilan telepon dengan persentase tertentu.

Meningkatkan komunikasi

Penilaian karyawan penting untuk meningkatkan komunikasi antara karyawan dan perusahaan. Dengan berbicara secara terbuka tentang kinerja pekerjaan dan masalah-masalah yang mungkin mempengaruhinya, karyawan dan penilai dapat mengembangkan rasa percaya yang mungkin selama ini kurang.

Karyawan yang sebelumnya tidak merasa nyaman mendekati penilai dengan suatu masalah, mungkin akan menjadi lebih bisa untuk mengemukakan masalah terkait pekerjaan mereka.

Baca juga: Perencanaan Kinerja: Pengertian, Proses, Metodologi, dan Contohnya

Menyediakan jalur karier yang tepat

Penilaian kinerja adalah kesempatan yang sempurna untuk membahas sasaran jangka panjang yang mungkin tidak ada dalam daftar tugas sehari-hari.

Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada karyawan untuk lebih berguna bagi organisasi, tetapi juga karyawan merasa senang dan dihargai.

Menerangi jalan menuju jalur karier yang sukses menginspirasi kesetiaan dan stabilitas, serta dapat meningkatkan keuntungan, terutama ketika perhatian pertama karyawan adalah kesehatan bisnis, dan selanjutnya, kariernya.

Pengakuan prestasi kerja

Evaluasi kinerja memberikan kesempatan kepada para manajer untuk mengenali karyawan yang berkinerja baik selama tahun yang dievaluasi.

Mengakui karyawan atas prestasi mereka akan membangun semangat kerja mereka, dan karyawan dengan semangat kerja yang tinggi akan lebih produktif.

Jika bonus moneter dan kenaikan gaji diberikan berdasarkan evaluasi kinerja, karyawan memiliki bukti nyata yang menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kerja keras mereka.

Karyawan dapat mencantumkan prestasi yang diterima oleh perusahaan sebagai penghargaan pada resume mereka jika mereka mencari pekerjaan lain.

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

Menawarkan pelatihan dan pengembangan yang sesuai

Karyawan yang memenuhi standar kinerja, serta mereka yang memiliki kesenjangan kinerja bisa mendapatkan manfaat dari pelatihan.

Saran untuk pelatihan harus disampaikan dengan cara yang konstruktif, apa pun situasinya. Tekankan bahwa agar karyawan dapat tumbuh dan mengambil tanggung jawab tambahan, dia akan mendapat manfaat dari beberapa pelatihan tambahan.

Tawarkan alternatif-alternatif kepada karyawan yang menguntungkan karyawan dan organisasi.

Baca juga: Download Form Penilaian Kinerja Karyawan dan Pembahasan Lengkapnya

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat penilaian kinerja baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Melakukan penilaian kinerja secara tertatur adalah hal penting untuk memastikan seluruh karyawan dan proses operasiona terus berjalan optimal dan tidak ada gangguan akibat performa karyawan yang buruk.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan penilaian kinerja karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan solsusi HR modern yang memiliki fitur terbaik seperti software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh ribuan pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis untuk memudahakan proses HR, payroll, dan manajemen penilaian kinerja karyawan dalam bisnis.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *