5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

mengukur manajemen kinerja 1

Mengukur dan mengelola manajemen kinerja sangat penting untuk pertumbuhan dan peningkatan. Bisnis dan kepemimpinan profesional melacak kinerja untuk meningkatkan produktivitas, penjualan, dan pendapatan. Jika Anda ingin meningkatkan hasil dalam tim, Anda bisa mendapatkan manfaat dari mempelajari metode dan praktik ini.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan cara mengukur manajemen kinerja, berbagi beberapa teknik untuk mengukur strategi manajemen kinerja, dan menjelaskan cara mengatur ukuran manajemen yang efektif.

Apa yang Dimaksud dengan Ukuran Manajemen Kinerja?

Ukuran kinerja adalah poin data yang dapat digunakan tim untuk mengevaluasi kemajuan, dan ukuran manajemen kinerja adalah seperangkat metode dan praktik proaktif yang dapat digunakan organisasi untuk melacak produksi.

Dalam proses ini, manajemen, anggota staf dan pemangku kepentingan menyepakati seperangkat ukuran kinerja atau tujuan tertentu, dan kemudian tim manajemen mengukur kemajuan menuju tujuan tersebut.

Sasaran mungkin berhubungan dengan indikator utama seperti penjualan, kuota, atau metrik aktivitas harian. Manajemen kinerja adalah proses yang mengevaluasi kelayakan dan efektivitas tujuan pengukuran tersebut.

Baca juga: Manajemen Kinerja: Pengertian, Manfaat, Proses dan Strateginya

Perbedaan Pengukuran Kinerja dan Manajemen Kinerja

Pengukuran kinerja dan manajemen kinerja saling melengkapi satu sama lain, meskipun keduanya berbeda dalam dua cara utama:

Tujuan

Perusahaan menggunakan pengukuran kinerja untuk melacak kemajuan menuju sasaran yang sangat spesifik.

Misalnya, seorang manajer penjualan mungkin menggunakan pengukuran kinerja untuk mempelajari berapa banyak panggilan yang dilakukan oleh perwakilan penjualan selama satu hari dan membandingkannya dengan sasaran tahunan.

Perusahaan dapat menggunakan manajemen kinerja untuk menilai, mengevaluasi, dan mengarahkan strategi untuk mencapai sasaran tersebut.

Manajer penjualan dapat menggunakan strategi manajemen kinerja untuk meningkatkan tingkat panggilan pada tim mereka.

Selain itu, organisasi dapat menggunakan manajemen kinerja untuk memprediksi bagaimana ukuran kinerja dapat memengaruhi perusahaan.

Hal ini membantu mereka membuat rencana untuk masa depan. Misalnya, jika perusahaan mencapai metrik pengukuran kinerja untuk meningkatkan penjualan sebesar 10%, bisnis dapat melakukan penyesuaian untuk menangani pertumbuhan ini.

Penyesuaian ini adalah bagian dari strategi manajemen kinerja. Seorang manajer dapat membuat rencana untuk merespons peningkatan persyaratan produksi, volume pertanyaan layanan pelanggan yang lebih tinggi, atau kebutuhan akan lebih banyak staf penjualan.

Baca juga: Pengukuran Kinerja: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tips Melakukannya

Eksekusi

Eksekusi strategi pengukuran kinerja biasanya melibatkan pelacakan aktivitas dan membaca laporan. Tujuan manajemen kinerja adalah menjalankan strategi untuk mencapai pengukuran kinerja yang ditargetkan.

Setelah menyetujui pengukuran kinerja atau tujuan, manajer dapat mengevaluasi cara yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pengukuran tersebut sebagai bagian dari manajemen kinerja.

Untuk menciptakan strategi manajemen kinerja yang efektif, mereka dapat mengikuti panduan berikut:

  • Pastikan manajemen senior dan pemangku kepentingan yang terkena dampak mendukung. Untuk melaksanakan rencana manajemen kinerja, pengambil keputusan dan pemangku kepentingan perlu menyetujui strategi yang terlibat.
  • Alokasikan anggaran untuk memenuhi sasaran kinerja. Saat membuat anggaran, pertimbangkan ukuran kinerja yang merupakan bagian dari tujuan strategis organisasi Anda. Mengadvokasi waktu, uang, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dapat membantu tim Anda memenuhi tujuan ini.
  • Menetapkan pemimpin tim. Menugaskan pemimpin tim yang mengawasi dan mendorong profesional lainnya dapat membantu organisasi melaksanakan rencana manajemen proyek dengan sukses.
  • Jadwalkan pertemuan rutin. Membuat pertemuan berkala untuk membahas kemajuan, tantangan, dan rencana tindakan dapat membantu membuat rencana lebih efektif.

Baca juga: 6 Metode Penilaian Kinerja yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

mengukur manajemen kinerja 2

5 Metode untuk Mengukur Manajemen Kinerja

Perusahaan dapat menggunakan berbagai sistem untuk mengukur efektivitas strategi manajemen kinerja. Berikut adalah lima metode yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba mengumpulkan data atau membuat struktur untuk mengukur manajemen kinerja:

1. Skala penilaian numerik

Dalam manajemen kinerja, para profesional dapat menggunakan peringkat numerik untuk menetapkan nilai poin untuk setiap pengukuran kinerja.

Hal ini membantu mereka memprioritaskan langkah-langkah rencana manajemen kinerja. Anda dapat menggunakan nilai poin untuk menandakan bagaimana kinerja ukuran saat ini.

Misalnya, Anda dapat membuat sistem peringkat, seperti satu sampai lima, di mana lima menunjukkan tingkat kinerja yang tinggi.

2. Evaluasi diri

Evaluasi diri adalah metode penting untuk mengukur kinerja. Proses ini melibatkan pembuatan kriteria objektif, yang dapat digunakan organisasi untuk menentukan seberapa dekat organisasi itu mencapai pengukuran kinerjanya.

Evaluasi dapat berbentuk kuesioner, survei atau penilaian skor. Tujuan dari setiap evaluasi diri adalah untuk memiliki gambaran yang jelas tentang keadaan saat ini untuk menyusun rencana untuk mencapai tujuan, yang mengarah ke strategi manajemen kinerja yang tepat.

Baca juga: Perencanaan Kinerja: Pengertian, Proses, Metodologi, dan Contohnya

3. Tinjauan sejawat

Memfasilitasi tinjauan sejawat untuk menilai manajemen kinerja menyediakan forum untuk umpan balik langsung dari rekan-rekan kerja dalam desain dan implementasi langkah-langkah manajemen kinerja.

Tinjauan sejawat membantu memperjelas keadaan kinerja saat ini dari perspektif pengguna internal atau pemangku kepentingan yang terkena dampak dan dapat memberikan umpan balik yang bermanfaat dari berbagai perspektif yang berbeda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan selama tinjauan pengukuran manajemen kinerja:

  • Apakah tujuan metrik kinerja kita realistis dan dapat dicapai?
  • Apakah kita mengukur metrik kinerja yang benar?
  • Apakah kita memiliki metodologi dan teknologi yang tepat untuk menetapkan, melacak dan meninjau pengukuran kinerja?
  • Apakah kita memiliki proses komunikasi yang efektif untuk meninjau pengukuran kinerja dengan karyawan?
  • Apakah ada langkah-langkah tata kelola untuk memastikan bahwa ukuran kinerja dan rencana peningkatan kinerja dilaksanakan dengan tepat?

4. Daftar periksa tugas dan fungsi

Menetapkan daftar tugas dan fungsi yang jelas dan otoritatif memastikan akuntabilitas dan efisiensi.

Dengan merinci anggota tim mana yang bertanggung jawab atas aktivitas apa, Anda dapat menciptakan lebih banyak transparansi dalam proses manajemen.

Hal ini membantu anggota tim memahami dengan jelas ekspektasi kontribusi mereka, yang dapat meningkatkan kinerja.

5. Performance management cohorts

Kohort adalah sekelompok profesional atau organisasi yang memiliki tujuan atau sifat yang sama. Mungkin akan sangat membantu untuk bergabung dengan kohort organisasi serupa di industri Anda saat merancang rencana manajemen proyek.

Anda dapat berkumpul bersama secara berkala untuk berbagi tantangan, praktik terbaik, dan tujuan ke depan.Memahami apa yang dilakukan organisasi lain dalam program manajemen kinerja mereka membantu menetapkan garis dasar yang realistis di mana organisasi Anda seharusnya berada.

Sesi kohort merupakan peluang penting untuk kolaborasi, inovasi dan pemecahan masalah.

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

gajihub 2

Cara Menetapkan Ukuran Manajemen Kinerja

Ukuran manajemen kinerja dapat membantu Anda mengevaluasi seberapa efektif strategi dan sistem Anda. Membuat dan melaksanakan ukuran manajemen kinerja yang dapat dimengerti, efisien dan jelas adalah tujuan dari setiap program manajemen kinerja.

Berikut adalah enam langkah untuk menetapkan ukuran manajemen kinerja yang efektif:

1. Teliti praktik terbaik

Menetapkan apa arti dan bentuk kinerja yang sangat baik dalam organisasi bisnis Anda adalah langkah penting pertama dalam menilai manajemen kinerja.

Pertimbangkan untuk meneliti tren manajemen kinerja dalam industri Anda. Hal ini dapat membantu Anda membuat garis dasar yang dapat digunakan untuk mengevaluasi diri Anda sendiri.

2. Libatkan anggota staf dalam menciptakan tujuan pribadi

Melibatkan karyawan dalam menciptakan ukuran kinerja pribadi menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan berorientasi pada tujuan yang memberdayakan staf untuk memiliki saham kepemilikan dalam kriteria evaluasi mereka.

Transparansi ini membantu karyawan mengetahui dengan tepat kriteria apa yang sedang dievaluasi dan sasaran apa yang harus mereka penuhi. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja.

3. Tetapkan sasaran organisasi yang jelas

Setelah membuat sasaran pribadi, Anda bisa mulai menulis sasaran untuk organisasi atau tim yang lebih besar. Pertimbangkan ukuran kinerja apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh tim atau perusahaan Anda.

Misalnya, tim kepemimpinan perusahaan bimbingan belajar mungkin menetapkan sasaran organisasi untuk memperluas layanan mereka ke pasar baru.

Anda bisa menggunakan sasaran ini untuk merencanakan langkah-langkah dalam strategi manajemen kinerja Anda.

Baca juga: Tips Memilih Software Payroll Perusahaan Manufaktur

4. Mengumpulkan data kinerja

Mengumpulkan, mengatur dan berbagi data kinerja yang terkumpul membantu menciptakan rencana manajemen kinerja yang sukses.

Data Anda akan bervariasi tergantung pada tujuan Anda, tetapi pertimbangkan untuk mengumpulkan data dari survei, ulasan pelanggan, catatan penjualan, dan lembar pendapatan.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 10% dalam setahun, Anda dapat mengumpulkan data dari survei dan ulasan pelanggan untuk mengukur dan melacak kinerja ini.

5. Rancang insentif

Memberi insentif kepada karyawan untuk tidak hanya memenuhi tetapi juga melampaui sasaran kinerja adalah cara yang efektif untuk mendorong organisasi Anda mencapai sasaran strategisnya.

Dengan jelas menguraikan insentif apa yang ada untuk mencapai sasaran kinerja tertentu, memungkinkan karyawan mengetahui dengan tepat apa yang mereka kerjakan untuk mencapai sasaran dan apa yang bisa mereka peroleh dari pencapaian mereka.

Misalnya, banyak organisasi penjualan memiliki klausul eskalator dalam struktur komisi mereka, di mana perwakilan mendapatkan persentase komisi yang lebih tinggi ketika jumlah total penjualan mereka melebihi kuota bulanan mereka.

6. Tetap terbuka terhadap saran untuk perubahan

Memiliki rencana pengukuran manajemen kinerja yang mapan juga berarti tetap terbuka terhadap saran untuk perubahan.

Orang dan organisasi bersifat dinamis, dan faktor eksternal seperti persaingan, perubahan pasar, dan faktor ekonomi dapat menyebabkan perubahan pada rencana kinerja.

Pertimbangkan untuk tetap fleksibel dan sering-seringlah meninjau rencana manajemen Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.

Baca juga: Tips Memilih Software Payroll untuk Perusahaan Ritel

Kesimpulan

Itulah metode yang bisa Anda gunakan dalam mengukur manajemen kinerja lengkap beserta cara menetapkan ukuran manajemen kinerja.

Manajeen kinerja sendiri adalah seni yang kompleks. Faktanya, beberapa organisasi tidak pernah mencapai tujuan kinerja mereka hanya karena mereka tidak menggunakan alat yang tepat untuk mengelola prosesnya.

Jika Anda tidak memiliki cara yang efisien untuk memvisualisasikan, mengukur, dan memantau sasaran strategis Anda, maka Anda tidak akan dapat meningkatkan kinerja Anda dengan akurasi apa pun.

Oleh sebab itu Anda memerlukan sistem modern yang akan membantu Anda dalam mengelola manajemen kinerja pada bisnis dengan lebih mudah dan praktis, salah satunya dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSproses akuntansi dan reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi, mudahkan proses pengelolaan manajemen kinerja dalam bisnis Anda menggunakan Gajihub yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *