13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

metrik kinerja 1

Metrik kinerja karyawan memungkinkan Anda menilai efisiensi dan produktivitas staf Anda. Metrik ini juga memberikan titik acuan ketika membandingkan kinerja karyawan dengan rekan-rekan mereka dan dengan harapan Anda.

Sering kali, pendekatan terbaik melibatkan kombinasi metrik kuantitas dan kualitas untuk melacak seberapa baik karyawan Anda melakukan pekerjaan mereka.

Dalam artikel ini, kami membahas beberapa metrik kinerja yang paling umum untuk mengevaluasi staf dalam berbagai peran.

7 Metrik Kinerja Kualitatif

Metrik kualitatif mengukur nilai efektif dari output karyawan. Metrik-metrik ini memungkinkan Anda menentukan apakah pekerjaan yang dihasilkan oleh karyawan berkualitas tinggi dan memenuhi standar yang diharapkan perusahaan Anda.

Metrik kinerja kualitatif yang populer meliputi:

1. Persentase closing

Kemampuan untuk bertemu dengan calon pelanggan dan melakukan penjualan adalah keterampilan penting bagi karyawan dalam posisi penjualan.

Persentase closing karyawan mewakili persentase prospek yang dikonversi menjadi pelanggan. Mengukur persentase, bukan total penutupan, memisahkan kinerja seorang profesional penjualan dari karyawan yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi pelanggan potensial untuk dihubungi oleh tim penjualan.

Ketika menggunakan persentase closing, Anda dapat melihat hanya pada angka kinerja keseluruhan atau memeriksa persentase penutupan berdasarkan subbagian.

Misalnya, seorang perwakilan penjualan mungkin memiliki tingkat penutupan yang berbeda untuk pelanggan potensial yang walk-ins daripada mereka yang mengunjungi situs web perusahaan.

Perbedaan dalam tingkat closing bisa menunjukkan kekuatan dan kelemahan dalam keterampilan profesional penjualan.

Baca juga: Evaluasi Kinerja: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Tahapannya

2. Tingkat kerusakan

Penilaian umum untuk staf yang bekerja di bidang produksi atau perbaikan, tingkat cacat menilai persentase produk yang dikerjakan karyawan yang mengandung kesalahan.

Anda dapat menilai tingkat cacat mungkin bersamaan dengan pengukuran produksi kuantitatif, karena mungkin ada pengaturan di mana beberapa kesalahan dapat ditoleransi jika karyawan membatalkannya dengan peningkatan produksi yang signifikan, sementara di pengaturan lain di mana ketidaksempurnaan dapat memiliki kerugian reputasi yang kuat, tingkat cacat mungkin menjadi metrik penilaian utama.

metrik kinerja 2

3. Tingkat kesalahan

Mirip dengan tingkat cacat, kesalahan adalah metrik yang menilai karyawan berdasarkan kesalahan yang mereka buat dalam pekerjaan mereka.

Pertimbangkan untuk menerapkan metrik tingkat kesalahan dalam situasi di mana cacat bukanlah deskripsi kesalahan yang akurat.

Seperti halnya tingkat cacat, tingkat kesalahan bekerja dengan baik di samping metrik produksi, dengan penentuan metrik mana yang lebih penting tergantung pada detail kinerja yang sedang dinilai dan nilai relatif dari pekerjaan ekstra dibandingkan dengan kerugian dari kesalahan.

Baca juga: 7 Langkah Melakukan Perencanaan Pelatihan Karyawan dan Tipsnya

4. Tingkat penjualan

Ketika bekerja di bagian penjualan, banyak perusahaan memberi nilai tinggi pada kemampuan untuk menyediakan produk atau layanan tambahan kepada pelanggan untuk apa yang mereka beli.

Saat membeli ponsel baru, misalnya, seorang rekan penjualan mungkin mencoba menjual casing, pengisi daya nirkabel, atau garansi yang diperpanjang.

Jika pelanggan membeli satu atau lebih item tambahan, rekan penjualan berhasil mendapatkan upsell.

Upselling lebih dihargai oleh beberapa perusahaan daripada perusahaan lain, tetapi banyak yang memahami peningkatan nilai penjualan yang diberikan dan melihat penjualan sebagai tanda keterampilan penjualan yang unggul.

5. Pengembalian investasi

Pengembalian investasi atau ROI adalah metrik serbaguna yang digunakan untuk menilai kinerja di berbagai bidang. Pengembalian investasi mewakili berapa banyak uang yang diperoleh karyawan untuk perusahaan untuk setiap dolar yang diinvestasikan.

Meskipun pemberi kerja dapat menggunakan laba atas investasi untuk secara langsung menilai biaya mempekerjakan anggota staf versus apa yang mereka hasilkan, namun ini lebih umum digunakan untuk menilai tindakan karyawan.

Misalnya, pemberi kerja dapat menilai manajer pemasaran dengan laba atas investasi untuk uang yang dihabiskan untuk kampanye pemasaran terhadap pendapatan dari klien yang dijangkau oleh kampanye tersebut.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

6. Skor ulasan

Seorang karyawan dapat memperoleh ulasan dan penilaian dalam berbagai pengaturan. Ulasan kinerja tahunan dari staf senior dapat mencakup penilaian numerik atau tertulis tentang kinerja karyawan dalam periode yang sedang ditinjau.

Demikian pula, pelanggan dan klien dapat memberikan skor ulasan baik sebagai ulasan di situs crowdsourced maupun melalui kartu komentar atau email atau panggilan yang tidak diminta kepada pemberi kerja.

Skor ulasan dapat memberikan wawasan tentang pengalaman orang lain ketika berinteraksi dengan karyawan untuk memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang tingkat kinerja karyawan.

7. Ukuran rata-rata penjualan

Ukuran rata-rata dari setiap penjualan yang dilakukan oleh seorang profesional penjualan memberikan informasi berharga tentang seberapa efektif mereka dalam menjual kepada pelanggan.

Sementara seorang karyawan dengan angka penjualan yang lebih kecil mungkin dapat menutupi perbedaannya dengan volume yang tinggi, membuat penjualan dalam jumlah besar adalah cara yang paling efektif bagi seorang profesional penjualan untuk meningkatkan penjualan bersih mereka dengan cepat dan sering kali menunjukkan potensi tinggi untuk kinerja yang terus meyakinkan.

Baca juga: Mengetahui Siklus Manajemen Kinerja Secara Lengkap

6 Metrik Kinerja Kuantitatif

Statistik kuantitatif secara ketat mengukur berapa kali seorang karyawan menyelesaikan tugas, tanpa memperhitungkan kualitas kinerja mereka pada tugas tersebut.

Metrik kuantitatif sering digunakan untuk menilai seberapa produktif seorang karyawan, karena dapat menunjukkan berapa banyak waktu yang diinvestasikan karyawan dalam mencoba tugas-tugas pekerjaan mereka.

Metrik kuantitatif karyawan yang umum mencakup:

1. Kehadiran

Catatan kehadiran seorang karyawan dapat menjadi indikator yang berguna dari kinerja yang lalai.

Karena sudah menjadi hal yang umum bagi staf untuk memiliki hari libur dan hari sakit yang termasuk dalam kontrak mereka, Anda tidak boleh menghukum karyawan yang menggunakan hari-hari tersebut.

Namun, karyawan yang secara konsisten tidak hadir atau terlambat bekerja dapat mengindikasikan kurangnya komitmen.

Catatan kehadiran juga dapat menyertakan data spesifik, seperti seberapa sering seorang anggota staf absen tanpa peringatan atau terlambat, karena hal ini dapat menunjukkan kurangnya keandalan.

Sebaliknya, karyawan dengan catatan kehadiran yang kuat yang dapat diandalkan untuk memberikan pemberitahuan saat dibutuhkan menunjukkan bahwa Anda dapat mempercayai mereka untuk memberikan komitmen penuh mereka kepada perusahaan.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola catatan kehadiran karyawan, Anda bisa mencoba Gajihub yang memiliki fitur pencatatan absensi yang terintegrasi dengan sistem payroll sehingga proses pengelolaan dan penghitungan gaji karyawan Anda menjadi lebih mudah.

Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 1

2. Waktu panggilan

Bagi banyak perusahaan dengan departemen penjualan jarak jauh, divisi telepon adalah sektor yang didorong oleh volume.

Karena tingkat konversi untuk pemasaran telepon biasanya rendah, kesuksesan mungkin memerlukan profesional penjualan untuk meluangkan waktu lebih lama dalam melakukan panggilan.

Metrik waktu panggilan telepon seorang karyawan menyampaikan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menghubungi calon pelanggan setiap minggunya.

Seorang atasan juga dapat menggunakan waktu panggilan ketika menilai profesional penjualan dengan pendekatan yang beragam untuk mengidentifikasi berapa banyak waktu yang mereka curahkan untuk teknik yang berbeda setiap minggunya.

Perwakilan penjualan dapat menggabungkan kunjungan langsung dengan panggilan dan komunikasi teks dengan klien mereka yang sudah mapan dan memantau waktu panggilan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana mereka mempertahankan hubungan klien mereka.

Baca juga: 5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

3. Kontak berkualitas

Mirip dengan waktu panggilan, mengukur kontak dalam periode yang ditetapkan, biasanya mingguan atau bulanan, menunjukkan seberapa besar upaya yang diinvestasikan oleh seorang sales profesional untuk menjangkau pelanggan potensial.

Jumlah kontak berkualitas yang tinggi menunjukkan bahwa seorang karyawan memaksimalkan jam kerja mereka, menghubungi sebanyak mungkin prospek untuk meningkatkan peluang mereka melakukan penjualan.

4. Prospek yang dihasilkan

Bagi para profesional pemasaran, menghasilkan prospek adalah salah satu tanggung jawab mereka yang paling penting.

Meskipun kualitas prospek itu penting, namun pemberi kerja juga bisa mendapatkan keuntungan dari penilaian jumlah prospek yang dihasilkan oleh staf pemasaran.

Baca juga: Pengukuran Kinerja: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tips Melakukannya

5. Unit produksi

Pekerja di bidang manufaktur atau pengemasan sering menerima penilaian berdasarkan total unit yang mereka hasilkan selama shift mereka.

Meskipun nama yang digunakan untuk menilai produksi unit dapat bervariasi menurut perusahaan dan pekerjaan, contoh umum di mana seorang karyawan menerima penilaian produksi unit termasuk stocking, pekerjaan jalur perakitan, dan pemenuhan pesanan.

6. Total penjualan

Pada beberapa kesempatan, seorang supervisor mungkin tertarik untuk melihat jumlah total penjualan seorang karyawan, bukan statistik kualitatif mereka seperti ukuran penjualan rata-rata atau persentase penjualan naik.

Sebagai statistik kuantitatif, total penjualan tidak memperhitungkan metrik lain seperti margin keuntungan, tetapi dapat memberikan tanda kemampuan penjualan profesional penjualan secara keseluruhan.

Hal ini sangat berguna di perusahaan di mana tidak semua staf memiliki peluang yang sama untuk menawarkan produk yang sama, yang dapat menjadi faktor dalam ukuran kinerja penjualan kualitatif.

Baca juga: 6 Metode Penilaian Kinerja yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

Kesimpulan

Mengetahui metrik kinerja karyawan adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk mengetahui produktivitas karyawan Anda secara keseluruhan.

Data kinerja karyawan memainkan peran penting untuk mengetahui setiap metriknya. Oleh sebab itu, Anda harus mempunyai sistem dalam pelacakan kinerja karyawan yang modern untuk memudahkan Anda dalam melakukan penilaian yang objektif.

Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR online dari Gajihub yang memiliki fitur terlengkap dan bisa Anda gunakan secara gratis.

Dengan menggunakan Gajihub Anda bisa dengan mudah menyimpan data karyawan, melakukan penghitungan payroll dan tunjangan, membuat slip gaji online, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *