Download Form Penilaian Kinerja Karyawan dan Pembahasan Lengkapnya

Penilaian kinerja karyawan sangat penting untuk kemajuan baik untuk bisnis dan seluruh karyawan. Sistem penilaian kinerja karyawan yang dijalankan dengan baik memastikan bahwa setiap orang memiliki alat untuk berhasil di tempat kerja.

Penilaian yang dilakukan dengan baik juga dapat meningkatkan produktivitas tim dan kepuasan di tempat kerja.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang penilaian kinerja karyawan,  manfaat, jenis penilaian, dan memberikan contoh form penilaian kinerja karyawan yang bisa Anda unduh secara gratis.

Apa itu Penilaian Kinerja Karyawan?

Penilaian kinerja karyawan atau tinjauan kinerja karyawan, adalah ketika seorang supervisor menganalisis dan meringkas pekerjaan karyawan terhadap harapan selama periode waktu tertentu.

Manajer sering membandingkan pekerjaan dengan standar dasar sebelum mendokumentasikan dan mendiskusikan hasilnya dengan karyawan.

Penilaian ini adalah cara yang bagus untuk membantu karyawan lebih memahami kinerja mereka dan untuk menetapkan tujuan berbasis kinerja atau karier untuk dicapai.

Cara ini berfungsi sebagai penilaian berkelanjutan antara seorang karyawan dan manajer mereka, di mana tujuannya adalah agar semua pihak berkinerja pada atau di atas harapan yang ditetapkan di awal pekerjaan mereka.

Beberapa topik umum dalam penilaian kinerja termasuk tujuan karir, penghargaan kinerja, rencana perbaikan dan saran untuk pelatihan tambahan.

Bagi manajer, penilaian kinerja adalah kesempatan untuk:

  • Membenarkan perubahan personel, seperti promosi, penurunan pangkat, dan pemutusan hubungan kerja
  • Mengidentifikasi dan beri penghargaan kepada karyawan yang berprestasi
  • Membantu karyawan dengan meningkatkan pekerjaan mereka
  • Membuat catatan umpan balik yang jujur
  • Berlatih meningkatkan skill manajemen mereka

Bagi karyawan, penilaian kinerja merupakan kesempatan untuk:

  • Menerima evaluasi dari pekerjaan mereka
  • Mempelajari kekuatan mereka dan di mana mereka dapat meningkatkan
  • Memahami jalur untuk mendapatkan promosi
  • Memberikan wawasan tentang bagaimana mereka lebih suka dikelola

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan dengan Cepat dan Mudah

Manfaat Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja melayani berbagai tujuan, seperti mengenali kekuatan seorang karyawan. Melakukan evaluasi rutin terhadap anggota tim dapat meningkatkan komunikasi antara manajer dan tim karyawannya.

Ini juga dapat membantu membuat rencana untuk menyelesaikan area apa pun yang kurang dimiliki karyawan dan memberikan pelatihan tambahan.

Beberapa keuntungan lain dari penilaian kinerja meliputi:

  • Membantu membuat keputusan sumber daya manusia, seperti siapa yang akan dipromosikan dan apakah akan menaikkan gaji
  • Mengembangkan keterampilan dan kinerja karyawan
  • Menentukan tujuan dan sasaran masa depan organisasi
  • Meningkatkan semangat kerja karyawan
  • Menghargai kinerja terbaik

Baca juga: Download Surat Kontrak Kerja Beserta Tips dan Cara Membuatnya

Tantangan dalam Melakukan Penilaian Kinerja karyawan

Sementara penilaian kinerja dapat menjadi alat instrumental dalam membantu manajer, mereka mungkin menghadirkan beberapa tantangan.

Ada potensi bias dalam ulasan karena bergantung pada penilaian manusia. Karena penilaian kinerja terjadi setiap beberapa bulan, atau bahkan setahun sekali, umpan balik mungkin tidak mencerminkan pekerjaan dan perilaku karyawan saat ini.

Pengusaha juga dapat memberikan komentar umum yang dapat menyebabkan kebingungan. Kemungkinan kelemahan lain dari penilaian kinerja meliputi:

  • Mengambil banyak waktu untuk melakukan
  • Mengembangkan persaingan tidak sehat di tempat kerja
  • Menciptakan lingkungan kerja yang penuh tekanan
  • Menggunakan jenis penilaian kinerja yang salah
  • Mengadopsi tujuan yang tidak masuk akal

Untuk menghindari tantangan ini, akan sangat membantu untuk mempertimbangkan dengan cermat jenis penilaian mana yang paling sesuai untuk organisasi Anda dan untuk melakukan penilaian ini secara berkala.

Ini juga membantu untuk memberikan waktu dan sumber daya yang cukup bagi mereka yang melakukan penilaian untuk melakukannya, karena ini dapat meningkatkan kualitas hasil dan pengalaman karyawan Anda dengan proses penilaian.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan umpan balik yang Anda terima dari karyawan selama penilaian mereka untuk menentukan apakah metrik yang Anda gunakan untuk mengukur kinerja karyawan adil dan mutakhir.

Baca juga: Onboarding Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Metriknya

penilaian kinerja karyawan 2

Metode Penilaian Kinerja Karyawan

Bisnis menggunakan berbagai metode penilaian kinerja tergantung pada faktor-faktor, seperti ukuran organisasi mereka dan jenis tanggung jawab yang dipenuhi karyawan mereka.

Berikut adalah beberapa jenis penilaian kinerja karyawan yang sering digunakan:

1. Penilaian kinerja tradisional

Secara tradisional, seorang manajer dan karyawan bertemu untuk meninjau kinerja karyawan setiap enam bulan atau setiap tahun.

Sistem peringkat prasetel dapat memandu percakapan. Seringkali, seorang manajer dan karyawan bekerja sama untuk mengembangkan rencana tentang bagaimana meningkatkan dalam kategori tertentu. Rencana ini menjadi tolak ukur keberhasilan pada peninjauan berikutnya.

Tidak ada batasan yang ditetapkan pada siklus tinjauan kinerja. Sebaliknya, manajer mungkin lebih suka menetapkan tenggat waktu tertentu untuk karyawan yang berbeda.

Misalnya, dengan seorang karyawan yang telah bekerja di sebuah perusahaan selama beberapa dekade dan membutuhkan sedikit arahan, pertemuan setiap enam bulan atau setahun sekali mungkin sudah cukup.

Sementara itu, karyawan baru mungkin memerlukan penilaian bulanan untuk membantu mereka tetap pada jalurnya.

2. 360 feedback

Penilaian 360 mencari umpan balik dari banyak sumber, termasuk tinjauan diri dari karyawan dan umpan balik dari penyelia, rekan kerja di departemen dan pelanggan yang sama atau berdekatan.

Gaya penilaian ini memastikan bahwa seorang karyawan menerima umpan balik yang komprehensif tentang kinerja mereka.

Untuk menjaga hubungan kerja yang positif dan meminimalkan potensi konflik, perusahaan dapat mengizinkan ulasan anonim.

3. Penilaian kinerja kelompok

Penilaian kinerja kelompok membahas pekerjaan seluruh tim, bukan karyawan individu. Metode ini sangat ideal di tempat kerja di mana kelompok berkolaborasi dalam pekerjaan, sehingga perusahaan mungkin lebih suka memulai proses penilaian setelah tim menyelesaikan proyek.

Penilaian kolektif  ini juga memungkinkan kelompok untuk merefleksikan bagaimana mereka dapat bekerja sama dengan lebih baik.

Untuk departemen-departemen yang sangat bergantung pada produktivitas kelompok dan secara hati-hati memantau data kolektif, penilaian kinerja kelompok adalah alat yang sangat berharga untuk pertumbuhan tim.

Baca juga: Bagaimana Cara Negosiasi Gaji? Berikut Tips dan Contohnya

4. Penilaian ke atas

Sebuah penilaian ke atas terjadi ketika karyawan meninjau supervisor mereka. Penilaian ini memungkinkan manajer untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan dengan tim mereka.

Melakukan penilaian ke atas dapat berkontribusi pada lingkungan kerja yang kolaboratif dan setara.

Topik untuk penilaian ke atas termasuk keterampilan kepemimpinan manajer dan kemampuan mereka untuk memberikan umpan balik yang bijaksana secara teratur.

Bagi manajer yang ingin memajukan karir mereka, penilaian ke atas dapat membantu mereka mendapatkan wawasan berharga tentang kemajuan profesional mereka.

5. Management by Objectiv (MBO)

Management by Objective (MBO) adalah penilaian yang melibatkan manajer dan karyawan yang bekerja sama untuk mengidentifikasi tujuan yang akan dikerjakan karyawan.

Begitu mereka menetapkan tujuan, kedua individu mendiskusikan kemajuan yang dibuat karyawan untuk memenuhi tujuan.

Ketika waktu peninjauan berakhir, manajer mengevaluasi apakah individu tersebut memenuhi tujuan mereka dan terkadang menawarkan insentif untuk mencapainya.

6. Assessment center method

Metode pusat penilaian atau assessment center method memungkinkan karyawan untuk memahami bagaimana orang lain memandang mereka. Ini membantu mereka memahami dampak kinerja mereka.

Metode assessment center membagi review menjadi tiga tahap: pra-penilaian, selama penilaian dan pasca-penilaian.

Selama penilaian, manajer menempatkan individu dalam skenario dan latihan bermain peran untuk menunjukkan seberapa sukses mereka dalam peran mereka.

Baca juga: 14 Cara Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

7. Self-appraisal

Penilaian diri atau self-appraisal adalah ketika seorang karyawan merefleksikan kinerja pribadi mereka.

Di sini, mereka mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka. Mereka juga dapat menceritakan pencapaian mereka dengan organisasi, seperti menyelesaikan sejumlah besar penjualan dalam sebulan.

Jenis penilaian ini biasanya melibatkan pengisian formulir, dan manajer dapat memilih untuk menindaklanjuti penilaian diri tertulis ini dengan pertemuan satu lawan satu.

8. Peer review

Peer review menggunakan rekan kerja sebagai evaluator untuk karyawan tertentu. Jenis penilaian kinerja ini dapat membantu mengakses apakah seorang individu bekerja dengan baik dengan tim dan berkontribusi pada bagian pekerjaan mereka.

Biasanya, karyawan yang meninjau individu adalah seseorang yang bekerja sama dengan mereka dan memiliki pemahaman tentang keterampilan dan sikap mereka.

9. Ulasan pelanggan atau klien

Ulasan pelanggan atau klien terjadi ketika mereka yang menggunakan produk atau layanan perusahaan memberikan evaluasi.

Ini memberi perusahaan umpan balik tentang bagaimana orang lain memandang karyawan dan organisasi mereka. Menggunakan jenis penilaian ini dapat membantu Anda meningkatkan kinerja karyawan dan interaksi pelanggan.

Baca juga: Mengenal Hak Cuti Karyawan Berdasarkan Undang Undang

10. Behaviorally anchored rating scale (BARS)

Penilaian skala penilaian berdasarkan perilaku atau behaviorally anchored rating scale (BARS) mengukur kinerja karyawan dengan membandingkannya dengan contoh perilaku tertentu.

Bisnis memberi setiap contoh peringkat untuk membantu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif.

Contoh-contoh ini membantu manajer mengukur perilaku karyawan pada standar yang telah ditentukan untuk peran mereka.

11. Metode akuntansi sumber daya manusia

Metode akuntansi sumber daya manusia, atau metode akuntansi biaya, melihat nilai uang yang dibawa seorang karyawan ke perusahaan mereka.

Misalnya berdasarkan gaji dan berapa nilai keuntungan yang dibawa karyawan tersebut jika dia bekerja bisnis tersebut.

Ini berguna untuk memeriksa berapa biaya perusahaan untuk mempertahankan karyawan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh jenis penilaian ini mencakup nilai layanan dan hubungan antarpribadi.

gajihub 3

Bagaimana Melakukan Penilaian Kinerja Karyawan

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana melakukan tinjauan karyawan untuk memastikan kesuksesan.

Terlepas dari pendekatan mana yang Anda ambil, berikut adalah lima langkah untuk membantu penilaian berjalan dengan lancar:

1. Persiapkan tanggapan Anda terlebih dahulu

Umpan balik yang bijaksana adalah penting. Dengan hati-hati mempertimbangkan ulasan Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mempresentasikannya kepada karyawan Anda dapat membantu rapat tetap fokus dan profesional.

Sebelum Anda duduk dengan masing-masing karyawan atau tim, buatlah catatan ekstensif dan poin pembicaraan dan siapkan dokumen yang dapat disimpan karyawan Anda untuk referensi pribadi.

Baca juga: Tips Mengelola Shifting Karyawan Bagi Pemilik Bisnis

2. Beri waktu karyawan untuk bersiap

Berikan informasi penilaian yang relevan kepada karyawan, seperti apa rapat ini, apa yang mereka diskusikan, dan bagaimana Anda menyelesaikan evaluasi.

Dorong karyawan untuk memikirkan ulasan tersebut sehingga mereka siap untuk berbicara dengan Anda.

Jika karyawan Anda menyelesaikan penilaian diri, Anda mungkin ingin membuat dokumen dengan semua kriteria penilaian untuk tinjauan mereka. Ini memberi Anda sumber daya untuk membandingkan ulasan kinerja Anda dengan ulasan mereka selama rapat.

3. Berikan dokumentasi

Berikan salinan tertulis poin-poin utama ulasan Anda kepada karyawan Anda, seperti formulir evaluasi tertulis.

Ini memungkinkan mereka untuk tetap terlibat selama rapat, daripada membuat catatan dan dapat membantu mereka merenungkan poin Anda sesudahnya.

Jika memungkinkan, berikan salinan kosong kepada karyawan Anda selama proses orientasi. Mengetahui apa yang mereka evaluasi sebelumnya memungkinkan mereka mengembangkan kualitas ini sebelum peninjauan karyawan pertama mereka.

4. Pastikan pertemuan adalah dialog

Meskipun memberikan umpan balik yang komprehensif diperlukan, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengajukan pertanyaan dan mengajukan beberapa pertanyaan juga bermanfaat.

Pertimbangkan untuk menanyakan bagaimana mereka memandang kinerja mereka sendiri, bagaimana Anda dapat mendukung mereka dalam mencapai tujuan mereka atau di mana mereka yakin telah membuat kemajuan paling besar sejak tinjauan terakhir mereka.

Penilaian adalah waktu yang tepat untuk menyentuh masalah atau hambatan apa pun yang mungkin mereka hadapi.

Pertemuan  ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan etos kerja dan kinerja karyawan Anda.

Tetapi bagaimana perasaan karyawan tentang bekerja dengan perusahaan Anda pada akhirnya menentukan hasil mereka.

Jadi, pertimbangkan penilaian sebagai kesempatan untuk meningkatkan budaya tempat kerja dan sistem serta proses internal yang mendukung perusahaan Anda.

5. Akhiri dengan fokus pada masa depan karyawan

Mungkin ada aspek yang menantang dari penilaian kinerja karyawan, seperti menyampaikan kritik atau berita yang mengecewakan. Jadi, ada baiknya untuk mengakhiri pertemuan secara positif.

Sampaikan bahwa Anda berinvestasi dalam memberikan bimbingan dan memastikan bahwa karyawan mencapai tujuan karir profesional mereka. Jaminan semacam ini dapat membuat umpan balik negatif lebih mudah di kedua sisi.

Baca juga: Mengenal Kompensasi Finansial dan Non Finansial untuk Karyawan

Download Form Penilaian Kinerja Karyawan

Sebelum Anda melakukan penilaian kinerja, ada baiknya Anda memiliki form penilaian kinerja karyawan untuk memudahkan Anda dalam membuat penilaian yang objektif.

Jika Anda tidak mengetahui cara membuat form penilaian yang benar, Anda bisa mengunduh form penilaian kinerja karyawan di bawah ini secara gratis:

Download Form Penilaian Kinerja Karyawan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai penilaian kinerja karyawan dan form penilaian yang bisa Anda download secara gratis dan mudah.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan penilaian kinerja karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR terbaik Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa membuat penilaian kinerja yang lebih praktis, langsung terintegrasi dengan sistem payroll, absensi, dan juga pengelolaan cuti karyawan.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan pertimbangan yang lebih baik berdasarkan histori data karyawan di masa lalu.

Tertarik melakukan penilaian kinerja karyawan yang lebih baik? Coba Gajihub gratis sekarang melalui tautan ini.

 

3 thoughts on “Download Form Penilaian Kinerja Karyawan dan Pembahasan Lengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *