Download Surat Kontrak Kerja Beserta Tips dan Cara Membuatnya

kontrak kerja 1

Meskipun terkadang digunakan secara bergantian, surat penawaran pekerjaan dan surat penawaran kontrak kerja adalah dua dokumen sumber daya manusia yang berbeda.

Anda mengirim surat penawaran kepada seseorang yang ingin Anda pekerjakan untuk suatu posisi dan mengonfirmasi bahwa Anda memilih mereka sebagai kandidat.

Mempelajari perbedaan surat kontrak untuk tawaran pekerjaan dapat membantu Anda memutuskan waktu yang tepat untuk menggunakan salah satu dokumen.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu surat kontrak kerja, memberitahu cara menulisnya dan memberikan template dan contoh yang bisa Anda download secara gratis.

Apa yang Dimaksud dengan Surat Kontrak?

Surat kontrak untuk tawaran pekerjaan adalah perjanjian yang ditandatangani antara seorang karyawan dan perusahaan atau serikat pekerja mereka.

Ini menetapkan hak dan tanggung jawab baik perusahaan dan karyawan mengenai bisnis dan hubungan kerja mereka. Tidak seperti surat penawaran, tawaran kerja kontrak menjadi spesifik tentang persyaratan kerja di masa depan.

Perwakilan perusahaan dan karyawan menandatangani surat yang menyatakan bahwa mereka setuju dengan informasi di dalamnya.

Karyawan kontrak juga harus menandatangani dokumen hukum yang menyetujui persyaratan yang tercantum dalam surat tersebut. Kedua belah pihak harus menjunjung tinggi kontrak hukum itu atau mereka menghadapi konsekuensi seperti pemutusan hubungan kerja atau pembayaran ganti rugi.

Meskipun kurang umum, beberapa perusahaan tidak menulis kontrak mereka tetapi menyiratkannya dengan kata-kata dalam wawancara kerja atau dokumen seperti buku pegangan karyawan.

Surat perjanjian kontrak kerja ini juga tidak bisa dianggap remeh karena terdapat undang – undang dan hukum sebagai pedomannya. Jika kamu menyetujui dan menandatangani surat tersebut berarti kamu sudah terikat dengan peraturan kerja perusahaan sampai masa kontrak habis.

Baca juga: Revolusi Industri: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya di Berbagai Bidang

kontrak kerja 2

Undang-undang yang Mengatur Komponen dalam Surat Kontrak Kerja

Seperti yang Anda pahami dari penjelasan di atas bahwa surat kontrak kerja terdapat undang – undang dan hukum menjadi pedomannya.

Yang menjadi pedoman tersebut yaitu pada Undang – Undang No. 13 Tahun 2003 dalam pasal 1 ayat 14 tentang ketenagakerjaan.

Kemudian dalam pembuatan surat perjanjian tersebut terdapat beberapa hal yang harus tercantum. Hal tersebut sudah ada dalam Undang – Undang No. 13 Tahun 2003 yaitu pasal 52 ayat 1, antara lain :

1. Adanya kesepakatan kedua belah pihak

Dalam menyetujui perjanjian kerja, tidak bisa hanya dari pihak yang memberi pekerjaan namun juga kamu yang menjadi pekerja. Dengan ini keputusan dalam bekerja nantinya tidak secara sepihak saja.

2. Terdapat pekerjaan yang perusahaan janjikan

Untuk poin ini tidak boleh terlupakan agar ada kejelasan dalam bekerja. Dalam melamar pekerjaan, kamu pastinya sudah menulis pekerjaan apa yang menjadi pilihan dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Perusahaan tidak boleh merubah pilihan posisi pekerjaan yang sudah pelamar tentukan.

3. Terdapat kemampuan atau kecakapan dalam perbuatan hukum

Selanjutnya kedua belah pihak harus paham dengan hukum – hukum yang berlaku dalam surat perjanjian kerja. Dengan begitu aturan – aturan yang ada dalam surat tersebut dapat berjalan lancar.

Baca juga: Tips Mengelola Shifting Karyawan Bagi Pemilik Bisnis

4. Pekerjaan yang sudah terjanjikan tidak boleh mengganggu ketertiban umum, kesusilaan, dan Undang-undang

Dalam pekerjaan nantinya tidak boleh ada pelanggaran hukum saat pelaksanaannya. Dengan begitu dapat memastikan bahwa pekerjaan tersebut aman untuk kedepannya dan tidak melanggar aturan yang ada.

Lalu dalam pasal 54 ayat (1) Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juga mengatur perjanjian kerja yang dibuat secara tertulis sebagai berikut:

  1. Profil perusahaan meliputi nama, alamat, dan jenis usaha yang dijalankan
  2. Profil karyawan meliputi nama, jenis kelamin, umur, dan alamat karyawan
  3. Jabatan atau jenis pekerjaan yang diberikan
  4. Informasi terkait tempat kerja
  5. Jumlah upah yang diberikan dan tata cara pembayarannya
  6. Syarat-syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban perusahaan dan karyawan
  7. Mencantumkan jangka waktu pemberlakuan surat perjanjian kerja
  8. Informasi terkait tempat dan tanggal pembuatan surat perjanjian kerja
  9. Tanda tangan kedua belah pihak dalam surat perjanjian kerja

Jenis-Jenis Surat Perjanjian Kerja

Dikarenakan surat perjanjian kerja tergantung pada pekerjaan yang dilakukan, tentu saja surat ini terbagi dalam beberapa jenis.

Dalam pembuatan surat perjanjian kerja, juga akan dicantumkan hak dan kewajiban yang harus diterapkan oleh pihak yang terkait.

Berikut ini merupakan tiga jenis surat perjanjian kerja yang umum digunakan di Indonesia:

1. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Percobaan (PKWTP)

Surat perjanjian kerja untuk karyawan PKWTP merupakan surat perjanjian kerja dengan jangka waktu 1-6 bulan yang digunakan untuk kualitas kerja karyawan sebelum menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut. PKWTP bermanfaat bagi setiap pihak untuk mengetahui kecocokan kerja antara satu dengan yang lainnya.

2. Penilaian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

Sedangkan, surat perjanjian kerja bagi karyawan PKWT adalah surat perjanjian kerja antara karyawan dengan perusahaan untuk menjalin hubungan kerja dalam waktu tertentu atau untuk karyawan tertentu.

Berlandaskan UU. No 13 Tahun 2003, harus diketahui bahwa tidak semua perusahaan dapat memberikan status PKWT pada semua jenis pekerjaan.

Pada umumnya, PKWT mengatur hubungan antara perusahaan dan karyawan dalam beberapa hal seperti lamanya kontrak, hak dan kewajiban, jabatan, balas jasa, tunjangan, fasilitas, dan hal-hal lain yang mengatur hubungan kerja pribadi.

3. Penilaian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT)

Lalu, surat perjanjian kerja untuk karyawan PKWTT merupakan surat perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan untuk mengadakan hubungan kerja tetap. PKWTT juga bersifat terus menerus dan tidak dibatasi waktu.

gajihub 1

Baca juga: Pengertian Manajemen, Jenis, Level, Fungsi, dan Tips Menjadi Manajer

Apa yang Harus Disertakan dalam Surat Kontrak Kerja?

Ada unsur-unsur tertentu yang harus disertakan dalam surat kontrak kerja agar para kandidat mengetahui syarat-syarat perekrutan. Beberapa bagian tersebut antara lain:

Gaji atau pembayaran

Kontrak memerinci semua yang dapat diperoleh karyawan dengan perusahaan. Ini termasuk gaji tahunan atau tarif per jam, komisi, potensi kenaikan gaji dan bonus.

Durasi kerja

Kontrak mencantumkan jadwal kerja reguler karyawan dan waktu definitif kandidat dapat bekerja untuk perusahaan sebelum menerima kontrak baru. Beberapa kontrak menyertakan klausul untuk perpanjangan juga.

Tunjangan (jika ada)

Surat penawaran kerja kontrak mencantumkan manfaat yang diharapkan dari perusahaan sebagai imbalan atas pekerjaan. Manfaat ini mungkin termasuk waktu sakit atau liburan dan fasilitas lainnya, seperti asuransi kesehatan.

Kerahasiaan

Beberapa kontrak mencakup informasi tentang kerahasiaan informasi perusahaan atau masalah lain yang berkaitan dengan kerahasiaan pekerjaan, produk, atau kekayaan intelektual.

Baca juga:Onboarding Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Metriknya

Persaingan

Kontrak dapat mencakup klausul non-persaingan yang menyatakan bahwa karyawan tidak dapat meninggalkan satu perusahaan untuk menjadi pesaing langsung dalam jangka waktu tertentu.

Kepemilikan

Beberapa kontrak menyertakan klausul yang menyatakan bahwa perusahaan memiliki perangkat, materi, proyek, atau informasi apa pun yang ditemukan atau dibuat oleh karyawan selama jam kerja. Ini dapat meluas ke informasi, komunikasi, dan file yang disimpan ke perangkat kerja, seperti komputer.

Cara Menulis Surat Kontrak Kerja yang Baik dan Benar

Gunakan langkah-langkah ini untuk mempelajari cara menulis surat penawaran untuk kontrak kerja:

1. Buat heading yang jelas

Mulai dokumen seperti yang Anda lakukan dengan surat profesional lainnya. Cantumkan tanggal penulisan, nama dan alamat calon. Letakkan ini di sudut kiri atas kertas.

2. Tulis paragraf pembuka

Mulailah dengan Yang Terhormat dan gunakan gelar kehormatan dan nama belakang kandidat yang benar. Jika budaya perusahaan Anda lebih santai atau informal, Anda dapat memilih untuk menggunakan nama depan kandidat sebagai pengganti gelar kehormatan dan nama belakang.

Referensi tanggal wawancara atau wawancara ketika orang ini bertemu dengan perusahaan Anda. Langkah ini mungkin berguna jika Anda telah terlibat dalam proses perekrutan yang panjang.

Perjelas bahwa ini adalah tawaran untuk pekerjaan itu dan cantumkan nama perusahaan Anda. Sertakan tanggal tetap kerja untuk posisi kontrak. Anda juga dapat menambahkan jadwal kerja kandidat dan nama atau posisi orang yang mereka laporkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Negosiasi Gaji? Berikut Tips dan Contohnya

3. Buat daftar tunjangan pekerjaan

Bagian ini memberikan rincian spesifik tentang kompensasi dan tunjangan yang diterima karyawan dari bekerja dengan perusahaan Anda. Ini semua adalah hak mereka selama bekerja. Tambahkan detail tentang:

  • Gaji atau tingkat upah
  • Paket asuransi
  • THR
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Cuti
  • Waktu sakit
  • Terdapat aturan resign atau PHK
  • Bantuan pendidikan atau pinjaman
  • Pilihan bekerja dari rumah
  • Fasilitas tambahan seperti makanan gratis atau diskon karyawan

Di bagian ini, Anda juga dapat memasukkan jika ada peluang untuk kenaikan gaji atau bonus. Nyatakan prosedur atau keadaan di mana kondisi ini dapat terjadi.

4. Sertakan perjanjian kerahasiaan

Bagian ini mencantumkan kontinjensi pekerjaan untuk kandidat. Ini dapat mencakup informasi tentang perjanjian kerahasiaan, klausul nonkompetitif, atau kepemilikan perusahaan atas perangkat dan dokumen.

Pertimbangkan untuk membuat daftar formulir hukum apa pun yang dapat ditandatangani oleh karyawan sebelum tanggal mulai mereka yang terkait dengan jenis informasi ini.

5. Tambahkan tenggat waktu

Beri kandidat tenggat waktu untuk menerima kontrak. Cantumkan tanggal yang Anda harapkan untuk menerima tanggapan dan persyaratan penerimaan kontrak.

Anda dapat memilih untuk menambahkan penafian bahwa ini adalah kontrak untuk surat penawaran kerja dan bukan kontrak itu sendiri.

Ingatkan kandidat bahwa Anda dapat meminta mereka untuk menandatangani kontrak resmi antara saat mereka mengembalikan surat penawaran dan hari pertama kerja. Anda juga dapat memasukkan informasi kontak Anda di bagian ini jika kandidat memiliki pertanyaan tentang surat atau persyaratan kerja.

6. Berikan kesimpulannya

Tutup surat Anda dengan ucapan selamat dan sambut kandidat baru di perusahaan. Masuk dengan nama Anda. Cantumkan tempat bagi Anda atau perwakilan perusahaan lain dan kandidat untuk menandatangani dan memberi tanggal pada surat tersebut.

Hal ini memberikan pengakuan dari kedua belah pihak. Dokumen yang ditandatangani dapat disimpan dalam arsip karyawan dan catatan perusahaan selama masa jabatan mereka.

Baca juga: Mengetahui Apa Saja Tugas Supervisor dalam Bisnis

Download Template Surat Kontrak Kerja Docs

Jika Anda masih bingung dalam membuat surat kontrak kerja manual, Anda bisa mengunduh template surat berikut ini:

DOWNLOAD TEMPLATE SURAT KONTRAK KERJA

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai surat kontrak kerja beserta templatenya yang bisa Anda download. Pada dasarnya, kontrak kerja adalah hal yang cukup krusial di dalam perusahaan. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati untuk membuat kontrak kerja agar tidak merugikan Anda dan juga karyawan tersebut.

Untuk membantu menangani hal tersebut, perlu digunakan software payroll dan aplikasi HRIS seperti GajiHub agar pendataan karyawan kontrak tidak salah yang tentu akan sangat merugikan karyawan kontrak tersebut.

Pastikan juga bahwa kontrak kerja yang Anda buat sudah sesuai dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku di Indonesia. Dan yang terpenting, jika kontrak kerja karyawan segera habis, Anda harus segera memutuskan apakah melanjutkan kontrak kerja dengan karyawan yang bersangkutan atau mengangkatnya menjadi karyawan tetap.

Dengan menggunakan aplikasi employee self service dari GajiHub, akan ada notifikasi apabila kontrak karyawan dan masa probation mereka akan segera habis agar Anda bisa segera memperbaruinya.

Jadi tunggu apalagi? Mudahkan pengelolaan sistem manajemen SDM dengan menggunakan sistem HR yang modern seperti Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Download Surat Kontrak Kerja Beserta Tips dan Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *