Pengertian Manajemen, Jenis, Level, Fungsi, dan Tips Menjadi Manajer

pengertian manajemen 1

Apakah Anda mengetahui apa itu pengertian manajemen secara jelas? Manajemen yang efektif sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis. Ada berbagai jenis dan tingkat manajemen yang bertujuan untuk mengatur dan mengoordinasikan fungsi bisnis.

Manajemen yang baik adalah keterampilan bisnis penting yang membutuhkan pelatihan dan latihan untuk memperolehnya.

Pada artikel ini, kita membahas pengertian manajemen dan berbagai jenis, level, fungsi, dan tips menjadi manajer yang baik bagi bisnis.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses pengorganisasian dan pengkoordinasian kegiatan bisnis atau tim orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Manajemen merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan untuk produksi, selain keuangan, bahan baku dan mesin. Ini terdiri dari penulisan kebijakan perusahaan yang mencantumkan tujuan dan sasaran organisasi dan membentuk dasar untuk kegiatan perusahaan.

Ini kemudian diikuti oleh pengorganisasian, perencanaan, pengendalian dan pengarahan sumber daya untuk mencapai tujuan yang digariskan dalam kebijakan.

Perencanaan dan pengorganisasian sangat penting untuk manajemen yang kuat. Penting untuk memastikan bahwa semua anggota staf memahami tujuan dan sasaran perusahaan dan termotivasi untuk bekerja ke arah itu.

Manajer yang baik harus memahami bahwa persatuan di antara personel sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Menyediakan lingkungan di mana pekerja dapat mencapai tujuan ini adalah bagian penting dari manajemen.

Baca juga:9 Daftar Aplikasi Absensi dan Tips Memilihnya

Jenis Manajemen

Ada berbagai jenis manajemen, dan gaya ini terus berkembang dengan teknologi baru dan prosedur operasi serta perubahan peran manajer dan karyawan.

Tergantung pada tahap apa perusahaan berada, jenis manajemen dapat berubah agar sesuai dengan situasi. Semua jenis manajemen memiliki tujuan yang sama untuk mendukung pekerja mencapai tujuan perusahaan dengan tetap menjaga standar.

Berikut ini adalah jenis-jenis manajemen lengkap dengan pengertiannya:

Pacesetting

Manajer dengan gaya pacesetting menuntut dan aktif dan didedikasikan untuk perusahaan. Mereka mengharapkan bentuk yang sama dari staf mereka, yang harus memberikan performa berkualitas tinggi dalam kerangka waktu yang diharapkan.

Jenis manajemen ini visioner dengan standar yang sulit untuk kompromi. Tidak ada ruang untuk negosiasi dengan jenis manajemen ini, solusi lain atau sudut pandang alternatif tidak dapat diterima.

Jika bisnis sedang berjuang atau transisi, jenis manajemen ini mungkin cocok, tetapi jika itu adalah jenis biasa, karyawan mungkin merasa kurang dihargai.

Authoritative

Jenis manajemen ini menggunakan kepemimpinan yang kuat dan memiliki visi tunggal yang sangat spesifik untuk perusahaan dengan misi perusahaan yang kuat. Penting bagi para manajer ini bahwa karyawannya penuh perhatian dan patuh.

Manajemen ini berwibawa dan beberapa karyawan dapat menganggap pemikiran bebas ini sombong dan menyesakkan.

Afiliasi

Manajemen afiliasi menganggap perusahaan sebagai satu keluarga dan mereka ingin karyawan merasa ada ikatan yang kuat antara mereka dan manajemen dapat menjadi inspirasi bagi karyawan untuk memiliki afiliasi dan koneksi ini, tetapi dapat menyebabkan kurangnya arahan atau kesulitan dengan umpan balik kinerja. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan penurunan produktivitas.

Manajer afiliasi mudah didekati dan ramah dan ingin membangun hubungan yang kuat dengan staf dengan mengadakan pertemuan yang memberikan umpan balik dua arah dan manajer menanyakan kepada karyawan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu mereka.

Ini adalah gaya manajemen yang bagus untuk digunakan untuk membangun kepercayaan setelah PHK atau pemotongan anggaran. Dalam jangka panjang, dapat menjadi tantangan untuk mengelola perusahaan jika staf tidak menerima umpan balik kinerja yang bermanfaat.

Baca juga: Onboarding Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Metriknya

Coaching

Jenis pembinaan atau coaching memprioritaskan pemaksimalan pelatihan dan peningkatan karyawan. Ini mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki seorang karyawan dan kemudian menemukan cara untuk meningkatkan keterampilan ini atau memperluas keahlian mereka.

Ini adalah jenis manajemen intensif waktu yang membutuhkan manajer yang sangat terampil untuk menerapkan dengan baik dan harus dihindari oleh manajer baru yang stafnya belum belajar untuk percaya.

Masalah utama adalah bahwa beberapa karyawan atau anggota manajemen mungkin tidak ingin dilatih atau mengakui bahwa keterampilan mereka dapat ditingkatkan. Ketika ini terjadi, sistem manajemen mungkin mengalami kesulitan dalam bergerak maju dan mencapai tujuan.

Memaksa

Dengan jenis manajemen ini, manajer mencegah karyawan untuk berbagi masukan. Manajer harus berhati-hati untuk tidak merusak moral karyawan, tetapi ini bisa menjadi jenis manajemen yang berguna selama krisis yang membutuhkan manajemen yang jelas dan langsung.

Demokratis

Jenis manajemen demokratis melibatkan karyawan dengan pengambilan keputusan dan bertujuan untuk membentuk konsensus.

Ini bisa menjadi tantangan jika karyawan merasa bahwa manajer mereka murah hati dan berpikiran terbuka dan tidak cukup berwibawa. Setiap perubahan yang dibutuhkan perusahaan dapat berjalan lambat karena banyak orang yang terlibat.

Manajer ingin mencari tahu apa titik kesulitannya dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan manajemen yang demokratis, karyawan cenderung merasa memiliki saham di perusahaan.

Perusahaan dapat menemukan bahwa mereka kekurangan hasil yang mereka butuhkan karena karyawan tidak cukup senior dengan pemahaman yang cukup untuk berkontribusi pada pengambilan keputusan dengan sukses.

Baca juga: 14 Cara Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

pengertian manajemen 2

Tingkat manajemen

Pengertian tingkat manajemen mengacu pada cara posisi manajerial dibagi dalam organisasi bisnis. Sebuah bisnis kecil mungkin hanya memiliki satu tingkat manajemen, tetapi dengan bertambahnya jumlah karyawan, demikian pula jumlah manajemen, dengan organisasi yang lebih besar memiliki beberapa tingkat.

Tingkatan manajemen dapat dibagi menjadi tiga kategori:

Manajer tingkat rendah

Manajer pada tingkat ini dapat memiliki jabatan penyelia, pemimpin bagian atau mandor. Mereka juga dapat disebut sebagai manajer tingkat pertama dan sangat terlibat dalam aktivitas sehari-hari para pekerja.

Mereka menetapkan tugas, membimbing dan mengawasi untuk memastikan bahwa standar kualitas terpenuhi dan menangani masalah karyawan. Memotivasi staf dan memberikan umpan balik kinerja juga merupakan bagian dari peran tersebut.

Manajer tingkat menengah

Manajer tingkat menengah dapat memiliki jabatan seperti manajer umum, cabang atau departemen. Mereka mungkin mengawasi pekerjaan manajer tingkat bawah dan mereka bertanggung jawab kepada manajemen tingkat atas.

Tingkat manajemen ini sangat terlibat dalam organisasi bisnis dan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Peran tersebut melibatkan memotivasi manajemen tingkat bawah untuk kinerja terbaik dan memantau indikator kinerja.

Manajer tingkat menengah harus menyelesaikan masalah apa pun di antara kelompok kerja dan menerapkan sistem penghargaan untuk kinerja dan kerja sama yang baik.

Manajer tingkat atas

Manajer tingkat atas dapat ditemukan dalam peran seperti wakil presiden, presiden dan Chief Executive Officer dan peran tersebut melibatkan kontrol keseluruhan perusahaan.

Mereka membuat rencana dan kebijakan strategis dan mengendalikan arah bisnis. Manajer tingkat atas bertanggung jawab kepada pemegang saham dan masyarakat umum.

Baca juga: Analisis Jabatan: Pengertian, Metode dan Manfaatnya

Fungsi Manajemen

Adalah mungkin untuk membagi manajemen ke dalam fungsi-fungsi yang terpisah meskipun, dalam praktiknya, fungsi-fungsi ini tumpang tindih dan saling mempengaruhi. Secara umum, proses manajemen memiliki lima fungsi berikut:

1. Perencanaan

Perencanaan berarti Anda membuat garis besar tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Anda harus merencanakan perjalanan untuk pergi dari tempat Anda saat ini ke tempat yang Anda inginkan di masa depan dengan memikirkan masalah yang dapat Anda hadapi dan keputusan yang perlu Anda buat sebelum Anda dapat mencapai tujuan Anda.

Perencanaan harus menjadi metode sistematis yang digunakan untuk memastikan bahwa sumber daya digunakan dengan benar dan tanpa pemborosan. Rencana yang tepat harus menghindari kebingungan, risiko, pemborosan, dan ketidakpastian.

2. Pengorganisasian

Organisasi melibatkan membawa berbagai jenis sumber daya bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Idenya adalah untuk mengembangkan hubungan antara personel, sumber daya keuangan dan fisik dan menyediakan tindakan dengan segala yang dibutuhkan untuk berhasil.

Organisasi memiliki tahapan berbeda yang memerlukan pengidentifikasian dan pengklasifikasian aktivitas bisnis, menentukan tugas apa yang dibutuhkan dan siapa yang akan melaksanakannya, serta memutuskan dan mengoordinasikan wewenang dan tanggung jawab.

3. Kepegawaian

Penetapan staf melibatkan pencarian dan pengawasan personel dalam organisasi dengan gagasan untuk menggunakan orang yang paling cocok untuk pekerjaan apa pun.

Tahap pertama adalah merencanakan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis, kemudian pemilihan staf yang tepat melalui rekrutmen, diikuti dengan pelatihan dan pengembangan yang efektif, kemudian pengawasan dan manajemen personel yang benar dan terakhir penilaian dan promosi berkelanjutan seperti yang ditunjukkan.

Baca juga: Apa itu NDA dalam Hubungan Kerjasama? Berikut Penjelasannya

4. Pengarahan

Fungsi manajerial ini melibatkan pengawasan, memotivasi, mengarahkan dan membimbing staf. Hal ini juga dapat disebut sebagai terkemuka dan berkaitan dengan tenaga kerja manusia dari suatu bisnis.

Pengarahan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk tindakan dan benar-benar memulai pekerjaan, daripada membuat persiapan untuk itu seperti fungsi sebelumnya. Arah membutuhkan kepemimpinan yang sangat baik, komunikasi dan keterampilan interpersonal.

5. Mengontrol

Sebuah bisnis membutuhkan standar kinerja yang mapan, dan fungsi pengendalian adalah mengukur pencapaian terhadap standar ini dan menggunakan koreksi yang sesuai jika gagal atau menyimpang dengan cara lain.

Kontrol memastikan bahwa semua tindakan dan hasil sesuai dengan standar dan dapat memprediksi masalah sebelum terjadi. Ini adalah cara untuk memeriksa bahwa jumlah dan arah kemajuan yang tepat sedang berlangsung dan jika tidak, membuat perubahan yang sesuai.

Pengendalian melibatkan penetapan standar dan pengukuran kinerja, menentukan penyimpangan dari standar dan kemudian mengambil tindakan korektif.

gajihub 3

Lima Tugas Dasar Seorang Manajer

Secara umum, ada lima fungsi dasar seorang manajer:

1. Menetapkan tujuan

Menetapkan dan mencapai tujuan adalah cara utama seorang manajer menyelesaikan dan mempertahankan kesuksesan. Mereka juga harus mampu menyampaikannya kepada staf atau karyawannya dengan cara yang menarik.

Misalnya, manajer restoran dapat menyatakan bahwa mereka ingin meningkatkan waktu layanan dan mengingatkan karyawan bahwa layanan yang lebih cepat meningkatkan pendapatan dan tip.

2. Pengorganisasian

Manajer mengevaluasi jenis pekerjaan, membaginya menjadi tugas-tugas yang dapat dicapai dan secara efektif mendelegasikannya kepada staf.

Organisasi terdiri dari serangkaian hubungan antara staf individu serta departemen atau entitas di dalam organisasi.

Merupakan tanggung jawab manajer untuk memastikan bahwa individu dan entitas ini bekerja sama secara harmonis, termasuk memotivasi anggota staf dan departemen untuk tetap menjalankan tugas.

Seorang manajer yang baik terampil dalam membangun hubungan interpersonal di antara anggota tim mereka dan dapat memecahkan masalah ketika anggota bingung menghadapi tantangan mereka.

Organisasi juga membutuhkan seorang manajer untuk membangun hubungan otoritas di antara anggota tim mereka. Memaksimalkan pengaturan organisasi dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi perusahaan di pasar, mengurangi biaya bisnis, dan meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Pengertian Analisis Swot, Manfaat, Cara Membuat, dan Contoh Kasusnya

3. Memotivasi tim

Selain tugas-tugas organisasi dan delegasi, motivasi termasuk memiliki keterampilan untuk menangani berbagai jenis kepribadian dalam sebuah tim.

Seorang manajer yang efektif harus tahu bagaimana membentuk dan memimpin tim yang sukses dan tahu bagaimana menggembleng anggota tim di sekitar suatu tujuan.

4. Merancang sistem pengukuran

Manajer perlu menetapkan target atau indikator kinerja utama yang menjadi tujuan tim dan kemudian menghasilkan cara untuk mengukur apakah tim mereka berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan tersebut.

Karena sulit untuk menemukan cara yang terukur untuk memahami kinerja, manajer sering kali harus kreatif dan bijaksana. Namun, seperti fungsi manajemen lainnya, pengukuran sangat penting untuk meningkatkan kinerja bisnis.

5. Pengembangan keterampilan

Selain memimpin tim mereka menuju tujuan dan mengukur kemajuan mereka di sepanjang jalan, manajer yang baik berinvestasi dalam pengembangan staf mereka.

Manajer dapat, misalnya, bekerja dengan tim mereka untuk membantu mereka menetapkan tujuan untuk meningkatkan karier mereka.

Manajer harus memiliki keterampilan kepemimpinan untuk menggunakan lima operasi ini dengan sukses. Mereka bertanggung jawab untuk melatih anggota tim mereka dengan membantu mereka mengenali kekuatan dan kelemahan mereka dan meningkatkan kinerja mereka.

Manajer yang berbeda mungkin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Terlepas dari gaya mereka, manajer harus mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka untuk menjadi supervisor yang efektif.

Tips Menjadi Manajer Baik

Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan manajemen Anda, termasuk:

Komunikasi

Penting untuk berkomunikasi dengan tim Anda sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka, mengevaluasi kemajuan mereka dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Menjadi positif

Anda harus menjadi orang yang memberi contoh untuk diikuti oleh tim Anda. Bersikaplah positif selama interaksi Anda dengan tim Anda sehingga mereka merasa lebih nyaman berkomunikasi dengan Anda.

Melakukan pelatihan

Nilai keterampilan tim Anda dan lihat apakah Anda dapat meningkatkan area apa pun dengan pelatihan. Pelatihan juga membantu tim Anda mempelajari keterampilan baru dan mendorong pertumbuhan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Jasa Outsourcing dan Fungsinya Bagi Bisnis

Berkolaborasi

Sebagai seorang manajer, Anda harus merasa nyaman mendelegasikan tugas, tetapi Anda juga bekerja dengan tim Anda untuk mencapai tujuan bersama. Berkolaborasi dengan tim Anda juga akan memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk membantu rekan satu tim atau tim secara keseluruhan.

Mempraktikan keterampilan Anda

Mungkin cara terbaik untuk memperoleh keterampilan baru adalah dengan mempraktikkannya dalam pengaturan manajemen kehidupan nyata.

Mendapatkan pengalaman di tempat kerja dalam keterampilan ini akan membantu Anda menaiki tangga promosi. Lakukan yang terbaik untuk tim Anda, layani sebagai pemimpin dan perlakukan tim Anda dengan adil.

Kesimpulan

Itulah pengertian manajemen juga cara menjadi manajer yang baik untuk bisnis Anda. Keterampilan kepemimpinan memang merupakan suatu hal yang sangat penting jika Anda ingin menjadi manajer yang baik dan membangun manajemen bisnis yang optimal.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting saat Anda mengelola manajemen bisnis adalah dengan menggunakan alat yang tepat untuk proses pengelolaan yang lebih baik, salah satunya dalam pengelolaan HR management atau manajemen SDM dalam bisnis, salah satunya menggunakan software HR dan payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll buatan Indonesia yang memiliki fitur terbaik dengan harga terjangkau. Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan manajemen SDM, pengelolaan payroll, absensi karyawan, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *