Mengenal Kompensasi Finansial dan Non Finansial untuk Karyawan

kompensasi finansial 1

Kompensasi memiliki  pengaruh motivasi positif pada seseorang yang membantu meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa segala tindakan yang dilakukan manajemen untuk meningkatkan kinerja karyawannya adalah sebuah kompensasi, baik kompensasi finansial maupun non finansial.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu kompensasi finansial dan non finansial berikut juga contohnya untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen kompensasi untuk karyawan Anda.

Apa itu Kompensasi?

Menurut definisi, kompensasi dapat dipahami sebagai jumlah total penggantian uang dan non-moneter yang diberikan kepada seorang individu sebagai imbalan atas tenaga kerja.

Dalam tindakan pembayaran ini, ada tiga jenis kompensasi umum termasuk langsung, tidak langsung dan non-finansial.

Kompensasi finansial langsung adalah bentuk kompensasi yang paling banyak dikenal dan diakui. Jenis ini paling dicari oleh pekerja, kompensasi langsung adalah uang yang dibayarkan langsung kepada karyawan sebagai imbalan atas kerja mereka. Ini mencakup semuanya, mulai dari upah per jam, hingga gaji yang ditetapkan, bonus, tip, dan komisi.

Kompensasi finansial tidak langsung mencakup semua uang yang dibayarkan kepada karyawan yang tidak termasuk dalam kompensasi langsung. Bentuk kompensasi ini sering dipahami sebagai bagian dari kontrak karyawan yang mencakup hal-hal seperti cuti sementara, tunjangan dan rencana pensiun.

Kompensasi non-moneter berbeda dari pembayaran langsung dan tidak langsung karena tidak memiliki nilai moneter. Insentif non-keuangan adalah jenis penghargaan yang bukan merupakan bagian dari gaji karyawan.

Insentif non-moneter biasanya efektif untuk karyawan yang merasa nyaman dengan gaji mereka atau telah berada di posisi itu untuk waktu yang lama.

Kompensasi jika sifat ini dapat mencakup: Penghargaan prestasi, peluang kepemimpinan tim, hari pribadi, hadiah, pelatihan berbayar, kartu hadiah, peningkatan kantor atau ruang kerja baru, atau bahkan tiket parkir atau transit berbayar.

Baca juga: Apa itu NDA dalam Hubungan Kerjasama? Berikut Penjelasannya

gajihub 2

Apa itu Kompensasi Finansial?

Dalam kondisi sosial ekonomi saat ini uang telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kita membutuhkan uang untuk memenuhi hampir semua kebutuhan kita karena memiliki daya beli.

Dengan demikian, kompensasi atau insentif keuangan mengacu pada insentif yang dalam bentuk moneter langsung yaitu uang atau dapat diukur dalam istilah moneter.

Kompensasi keuangan dapat diberikan pada individu atau kelompok dan memenuhi kebutuhan moneter dan keamanan masa depan individu. Insentif keuangan yang paling umum digunakan adalah:

Gaji dan tunjangan

Gaji adalah insentif dasar bagi setiap karyawan untuk bekerja secara efisien untuk sebuah organisasi. Gaji tersebut meliputi gaji pokok, tunjangan kerja, tunjangan sewa rumah, dan tunjangan lain yang sejenis.

Di bawah sistem gaji, karyawan diberikan kenaikan gaji pokok setiap tahun dan juga kenaikan tunjangan mereka dari waktu ke waktu. Terkadang kenaikan ini didasarkan pada kinerja karyawan sepanjang tahun.

Bonus

Ini adalah sejumlah uang yang ditawarkan kepada seorang karyawan di atas gaji atau upah sebagai imbalan atas kinerjanya yang baik.

Baca juga: Timesheet Karyawan: Pengertian Lengkap, Cara Buat, dan Template yang Bisa Anda Download

Insentif upah terkait produktivitas

Banyak insentif upah dikaitkan dengan peningkatan produktivitas di tingkat individu atau kelompok.

Misalnya, seorang pekerja di pabrik konveksi dibayar 10.000 rupiah per potong jika dia menghasilkan 50 potong sehari tetapi jika dia menghasilkan lebih dari 50 potong sehari, dia dibayar tambahan 5000 rupiah per potong. Jadi, pada potongan ke-51, dia akan dibayar 505.000 rupiah.

Bagi hasil

Terkadang karyawan diberi bagian dalam keuntungan organisasi. Hal ini memotivasi mereka untuk bekerja secara efisien dan memberikan yang terbaik untuk meningkatkan keuntungan organisasi.

Manfaat pensiun

Manfaat pensiun seperti tunjangan pensiun, dana pensiun, pencairan cuti, dll memberikan keamanan finansial kepada karyawan pasca pensiun mereka. Dengan demikian, mereka bekerja dengan baik ketika mereka dalam pelayanan.

Opsi saham atau kemitraan bersama

Di bawah rencana opsi saham karyawan, karyawan ditawari saham biasa perusahaan dengan harga lebih rendah dari harga pasarnya untuk jangka waktu tertentu.

Ini adalah penawaran non-standar dan saham dikeluarkan sebagai kontrak pribadi antara majikan dan karyawan. Ini umumnya ditawarkan kepada manajemen sebagai bagian dari paket kompensasi manajerial mereka.

Penjatahan saham menimbulkan rasa memiliki pada karyawan dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Infosys, GoDaddy dan The Cheesecake Factory adalah beberapa perusahaan yang telah menerapkan skema opsi saham.

Baca juga: Aplikasi Saham Terbaik Terdaftar OJK Untuk Pemula

Komisi

Beberapa organisasi menawarkan komisi selain gaji kepada karyawan untuk memenuhi target dengan sangat baik. Insentif ini mendorong karyawan untuk meningkatkan basis klien organisasi.

Fasilitas jabatan

Beberapa organisasi menawarkan fasilitas tambahan dan tunjangan seperti akomodasi, tunjangan mobil, fasilitas medis, fasilitas pendidikan, fasilitas rekreasi, dll selain gaji dan tunjangan untuk karyawannya. Insentif ini juga memotivasi karyawan untuk bekerja secara efisien.

Baca juga: Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu

kompensasi finansial 2

Kompensasi Non Finansial

Selain kebutuhan moneter dan keamanan masa depan, individu juga memiliki kebutuhan psikologis, sosial dan emosional.

Memuaskan kebutuhan ini juga memainkan peran penting dalam motivasi mereka. Kompensasi non finansial fokus terutama pada pemenuhan kebutuhan ini dan dengan demikian tidak dapat diukur dalam bentuk uang.

Namun, ada kemungkinan bahwa insentif non-finansial tertentu juga dapat melibatkan insentif keuangan. Misalnya, ketika seseorang dipromosikan, kebutuhan psikologisnya terpenuhi karena dia mendapat lebih banyak otoritas, statusnya meningkat, tetapi pada saat yang sama, dia juga mendapat keuntungan finansial karena dia mendapat kenaikan gaji. Insentif non-keuangan yang paling umum adalah:

Status

Dengan mengacu pada suatu organisasi, status mengacu pada posisi dalam hierarki bagan organisasi. Tingkat otoritas, tanggung jawab, pengakuan, gaji, tunjangan, dll menentukan status seorang karyawan dalam organisasi.

Seseorang di manajemen tingkat atas memiliki lebih banyak wewenang, tanggung jawab, pengakuan dan gaji dan sebaliknya. Status memenuhi harga diri dan kebutuhan psikologis individu dan pada gilirannya memotivasi dia untuk bekerja keras.

Iklim Organisasi

Iklim organisasi mengacu pada karakteristik lingkungan organisasi yang dirasakan oleh karyawannya tentang organisasi dan memiliki pengaruh besar pada perilaku mereka. Setiap organisasi memiliki iklim organisasi yang berbeda yang membedakannya dengan organisasi lainnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi iklim organisasi suatu perusahaan adalah struktur organisasi, tanggung jawab individu, penghargaan, risiko dan pengambilan risiko, kehangatan dan dukungan dan toleransi dan konflik. Ketika iklim organisasi positif, karyawan cenderung lebih termotivasi.

Peluang peningkatan karir

Sangat penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki program pengembangan keterampilan yang tepat dan kebijakan promosi yang baik bagi karyawannya yang berfungsi sebagai pendorong bagi mereka untuk berkinerja baik dan dipromosikan.

Setiap karyawan menginginkan pertumbuhan dalam suatu organisasi dan ketika dia mendapatkan promosi sebagai penghargaan atas pekerjaannya dia termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Baca juga: Cara Buat Absen Online Gratis Menggunakan Excel Dengan Mudah

Peningkatan jobdesk

Ini mengacu pada perancangan pekerjaan sedemikian rupa sehingga melibatkan tingkat pengetahuan dan keterampilan yang lebih tinggi, berbagai konten pekerjaan, lebih banyak otonomi dan tanggung jawab karyawan, pengalaman kerja yang bermakna dan lebih banyak peluang pertumbuhan. Ketika pekerjaan itu menarik, pekerjaan itu sendiri berfungsi sebagai sumber motivasi.

Keamanan Kerja

Keamanan kerja memberikan stabilitas masa depan dan rasa aman di antara karyawan. Karyawan tidak khawatir tentang masa depan dan dengan demikian bekerja dengan lebih antusias.

Karena masalah pengangguran di negara kita, keamanan kerja bekerja sebagai insentif yang besar bagi karyawan. Namun, ada juga aspek negatif dari insentif ini bahwa karyawan cenderung menerima pekerjaan mereka begitu saja dan tidak bekerja secara efisien.

Program pengakuan karyawan

Pengakuan berarti pengakuan dan penghargaan atas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Pengakuan dalam organisasi meningkatkan harga diri mereka dan mereka merasa termotivasi.

Misalnya, mendeklarasikan kinerja terbaik minggu atau bulan, menampilkan nama mereka di papan pengumuman dan memberi mereka penghargaan, termasuk dalam program pengakuan Karyawan.

Partisipasi Karyawan

Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mereka seperti komite kantin, komite kerja, dll juga membantu dalam memotivasi mereka dan menumbuhkan rasa memiliki di dalamnya.

Pemberdayaan karyawan

Memberi lebih banyak otonomi dan kekuasaan kepada bawahan juga membuat mereka merasa bahwa mereka penting bagi organisasi dan pada gilirannya mereka melayani organisasi dengan lebih baik.

Baca juga: Employee Self Service (ESS): Pengertian, Fitur, Manfaat, dan Perannya dalam HR

Kesimpulan

Itulah pembahasan kompensasi finansial dan non finansial dan juga contohnya. Kompensasi dan insentif merupakan salah satu pertimbangan penting untuk calon karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda.

Memastikan Anda memberikan kompensasi yang jelas, akan membuat Anda memiliki talenta terbaik juga membuat operasional bisnis Anda berjalan dengan optimal.

Disisi lain, untuk mengelola proses HR, payroll, dan manajemen kompensasi lebih mudah, Anda harus menggunakan sistem HR terbaik agar proses berjalan lebih baik.

Salah satu software HR dan payroll terbaik adalah Gajihub yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSproses akuntansi dan reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Mengenal Kompensasi Finansial dan Non Finansial untuk Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *