7 Contoh Adaptif dalam Bekerja dan Cara Meningkatkannya

contoh adaptif dalam bekerja banner

Dalam dunia kerja, kemampuan adaptif menjadi salah satu skill yang penting untuk miliki. Skill ini dapat membantu Anda untuk cepat beradaptasi dalam menghadapi perubahan teknologi, tuntutan pasar, ataupun situasi tak terduga. Lantas, bagaimana contoh adaptif dalam bekerja?

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas contoh-contohnya, apa itu kemampuan adaptif, hingga bagaimana cara meningkatkannya.

Apa itu Kemampuan Adaptif?

Keterampilan adaptif adalah keterampilan yang membuat individu dan tim mampu beradaptasi dan berkembang dengan baik saat menghadapi perubahan atau tantangan baru. Kemampuan ini sangat penting bagi pemimpin dan tim mereka saat menghadapi krisis, contohnya pandemi.

Saat lingkungan kerja berubah cepat, individu dan tim yang bisa beradaptsi dapat menyesuaikan diri dengan cepat tanpa harus mengurangi produktivitas atau kualitas.

Ada tigas jenis keterampilan adaptif, yaitu fleksibilitas kognitif, fleksibilitas sosial, dan fleksibilitas perilaku.

Dua yang pertama berkaitan dengan cara Anda mengadaptasi pemikiran dan interaksi dengan orang lain, sementara yang ketiga berkaitan dengan cara Anda mengadaptasi suatu tindakan.

Berbeda dengan kemampuan problem solving, kemampuan adaptif lebih berfokus tentang bagaimana Anda merespons perubahan saat menghadapi di luar kendali Anda, sehingga cenderunug lebih kuat dan kreatif.

Sementara problem solving merupakan keterampilan memecahkan masalah untuk menemukan solusi yang tepat.

Adaptif ini juga berkaitan dengan keterampilan berhubungan dengan orang lain, seperti mendengarkan aktif dan pola pikir pertembahan, serta keterampilan berpikir kritis. Selain itu, kemampuan ini juga mencakup skill seperti komunikasi, kerja sama, dan leadership. 

Baca Juga: 7 Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, Tips, Dan Contohnya

contoh adaptif dalam bekerja

Apa Manfaat Perilaku Adaptif dalam Bekerja?

Manfaat perilaku adaptif kemampuan beradaptasi di tempat kerja memiliki banyak manfaat yang berharga. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda rasakan:

1. Nilai Lebih Tinggi di Tempat Kerja

Organisasi menghargai karyawan yang fleksibel dan mudah untuk beradaptasi dengan perubahan. Kemampuan adaptasi ini, membuat Anda lebih bernilai di mata perusahaan, sehingga dapat meningkatkan peluang untuk promosi dan diakui.

2. Efektivitas Kepemimpinan

Jika nantinya Anda ditunjuk sebagai pemimpin, Anda harus mampu mengatasi tantangan dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga perlu siap dalam menghadapi perubahan dan bisa memotivasi anggota tim untuk mengikuti jejak yang sama.

3. Kesejahteraan Pribadi

Kemampuan beradaptasi membawa kebahagian pribadi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah saat menghadapi tantangan psikologis dan menjalani hidup dengan lebih positif. Kemampuan beradaptasi ini juga memperkuat ketahanan mental Anda.

4. Kemudahan dalam Berkarier

Dalam situasi perubahan atau restrukturisasi, apabila Anda mampu beradaptasi, maka Anda cenderung lebih mudah untuk menemukan peluang baru dan sukses saat harus menjalani peran baru. Dengan demikian, Anda lebih siap menghadapi perubahan dalam dinamika karier.

5. Ketanggungan dalam Krisis

Kemampuan beradaptasi membantu Anda bertahan dan bagkit dari situasi krisis atau kesulitan. Anda juga lebih mampu untuk menemukan solusi kreatif ketika menghadapi sesuatu yang tidak terduga.

Baca Juga: Manajemen Krisis: Pengertian dan Peran Tim HR di Dalamnya

6. Kemampuan Memecahkan Masalah

Sebagai karyawan yang adaptif, Anda akan memiliki kemampuan problem solving. Melalui kemampuan tersebut, Anda bisa lebih cepat untuk menemukan solusi alternatif ketika dihadapkan pada suatu tantangan.

7. Pengembangan Diri

Beradaptasi dengan perubahan memungkinkan Anda untuk terus belajar dan berkembang. Anda akan memiliki keterampilan yang lebih luas dan pengetahuan mendalam dalam berbagai aspek pekerjaan.

8. Hubungan Tim yang Kuat

Kemampuan beradaptasi meningkatkan kerja sama dan hubungan tim. Saat Anda bisa beradaptasi, Anda pun akan lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan mampu  berkontribusi pada tim dengan lebih efektif dan efisien.

9. Keunggulan Kompetitif

Dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah, kemampuan beradaptasi memberikan keunggulan kompetitif, sehingga Anda lebih siap saat menghadapi persaingan dan perubahan pasar.

10. Kemampuan Mengatasi Tekanan

Dengan melakukan berbagai contoh adaptif dalam bekerja, Anda pun akan lebih baik dalam mengelola tekanan dan stres. Selain itu, mudah bagi Anda untuk berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya tanpa kehilangan produktivitas.

Baca Juga: 10 Tips Mengembangkan Potensi Diri dan Skill yang Dibutuhkan

gajihub 3

7 Contoh Adaptif dalam Bekerja

Contoh adaptif dalam bekerja dapat ditunjukan dengan banyak cara. Misalnya, dengan mau menerima gagasan atau konsep baru. Selain itu, kemampuan beraptasi ini juga bisa terlihat dari bagaimana seseorang dapat bekerja sama dari latar belakang yang berbeda.

Berikut adalah beberapa contoh adaptif dalam bekerja:

1. Beradaptasi dengan Perubahan Cara Kerja

Dahulu, kantor-kantor biasanya menempati gedung yang menampung beberapa perusahaan. Namun, semenjak pandemi banyak perusahaan yang memilih bekerja secara work from home atau hibrid, karena dirasa lebih nyaman dan fleksibel.

Karyawan yang bisa beradaptasi dengan perubahan ini menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi, sehingga mereka merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja. Dengan demikian, perilaku adaptif dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.

2. Berpindah ke Teknologi dan Proses Baru

Contoh adaptif dalam bekerja selanjutnya adalah mampu beradaptasi dengan teknologi dan metode baru di lingkungan kerja yang modern. Misalnya, saat perusahaan menerapkan bekerja jarak jauh, maka dibutuhkan skill baru seperti berkomunikasi efektif melalui Zoom atau Google Meet.

3. Pemecahan Masalah Kreatif

Saat menghadapi masalah yang menantang, sebagai karyawan yang adaptif, Anda akan mampu berpikir kreatif dan menemukan solusi yang inovatif. Mereka bisa melihat gambaran besar dan mengidentifikasi peluang perbaikan, bahkan dalam situasi yang tidak pasti.

4. Terbuka terhadap Masukan

Dengan memiliki perilaku yang adaptif, Anda dapat lebih terbuka untuk menerima masukan dari anggota tim dan pihak lain yang berkepentingan. Anda dapat memanfaatkan masukan ini untuk membuat perubahan, menyesuaikan pendekatan yang digunakan, dan meningkatkan kinerja Anda.

5. Membangun Tim yang Beragam

Seseorang yang mampu beradaptasi akan mengakui nilai keberagaman di tempat kerja dan lebih termotivasi untuk membangun tim yang mencerminkan berbagai latar belakang, pengalaman, dan pandangan.

Hal ini membantu menciptakan budaya inovasi dan adaptabilitas, di mana anggota tim bisa belajar satu sama lain dan beradaptasi dengan perubahan.

Baca Juga: 12 Jenis Budaya Organisasi dan Peran HR dalam Membentuknya

6. Menanggapi Perubahan Terkait Prioritas

Prioritas bisa berubah dengan cepat di tempat kerja, oleh karena itu setiap karyawan harus bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Misalnya, dalam hal mengubah prioritas tugas, mengalokasikan sumber daya ulang, atau memindahkan anggota tim ke proyek yang berbeda.

7. Menghadapi Situasi Tak Terduga

Bayangkan saat mendapat permintaan mendesak dari klien, tiba-tiba muncul masalah teknis yang tidak terduga.

Dua anggota dari tim langsung cepat beradaptasi, mencari alternatif, dan berkomunikasi dengan klien, serta anggota tim internal. Perilaku adaptif tersebut dapat membuat kepercayaan klien meningkat.

Adaptif di tempat kerja juga berarti bisa cepat beradaptasi dengan perubahan dalam struktur organisasi, seperti penggabungan dan akuisisi. Terkadang, perubahan struktural ini bisa membutuhkan karyawan untuk mengambil peran yang mungkin kurang familiar.

Dengan skill adaptif yang dimiliki, Anda pun dapat dengan cepat beradaptasi dan belajar keterampilan baru, dan tetap mempertahankan kinerja Anda.

Tanpa perilaku adaptif, akan sulit untuk mencapai keselarasan, karena cara tim bekerja tidak sesuai dengan budaya kerja atau norma perusahaan.

Hal ini bisa menyebabkan ketegangan, konflik, dan pada akhirnya menyebabkan kinerja buruk dari anggota tim.

Baca Juga: 6 Jenis Konflik di Tempat Kerja dan Tips Mengelolanya

contoh adaptif dalam bekerja

Cara Mendorong Kemampuan Adaptif dalam Bekerja

Berikut adalah beberapa cara untuk mendorong kemampuan beradaptasi di tempat kerja:

1. Jadilah Contoh

Apabila Anda seorang pemimpin, tunjukan pada tim Anda bagaimana cara beradaptasi, dengan terbuka terhadap ide dan konsep baru. Kemudian, hadapi perubahan dengan positif dan cepat, serta melihat tantangan sebagai peluang untuk menemukan solusi baru.

Dengan berbagai sikap positif tersebut, Anda dapat beraktivitas dengan situasi baru. Selain itu, penting untuk mempelajari keterampilan baru sebagai bekal untuk menghadapi perubahan.

2. Miliki Tujuan Bersama yang Jelas

Adanya perubahan dapat menyebabkan kesulitan untuk tetap fokus pada tujuan utama, terutama jika prioritas juga berubah. Namun, untuk mencapai hasil yang diinginkan, Anda dan tim harus memahami terlebih dahulu apa yang ingin dicapai.

Oleh karena itu, komunikasikan tujuan Anda secara jelas kepada tim, tentukan indikator kesuksesan, dan pastikan tim Anda selaras dengan harapan ini, serta tetap menjaganya sebagai fokus utama.

Dengan menetapkan tujuan bersama dan mendefinisikan harapan dengan jelas, tim atau karyawan pun dapat menyesuaikan rencana dan solusi, serta mampu mencapai hasil yang diinginkan bahkan saat terjadi perubahan di masa depan.

3.Tingkatkan Kreativitas Melalui Keragaman

Karyawan dari latar belakang, pengalaman, dan pandangan yang berbeda akan membawa ide-ide segar, sehingga penting untuk mengindari pemikiran yang monoton, terutama saat menghadapi perubahan.

Dorong karyawan untuk mendengar pendapat satu sama lain tanpa menghakimi ketika mereka mengajukan solusi baru.

4. Adopsi Inovasi

Saat perubahan besar terjadi, perusahaan harus melakukan inovasi. Dukung karyawan untuk mencari solusi baru dalam menghadapi masalah terkait perubahan tersebut. Ingatkan kepada mereka bahwa kegagalan merupakan bagian alami dari proses tersebut.

Selain itu, dukung mereka untuk terus berkreasi dan menghasilkan gagasan baru.

Baca Juga: Activity Based Working: Arti, Manfaat, Hingga Tips Penerapannya

5. Kerjasama yang Efektif

Dorong karyawan untuk membantu satu sama lain dalam beradaptasi dan berinovasi dengan meningkatkan kerjasama yang teratur dan produktif. Melalui kerjasama tersebut, karyawan dapat berkomunikasi dengan transparan, berbagai pengetahuan baru, dan saling mendukung.

6. Lakukan Eksperimen

Berikan ruang bagi karyawan untuk bereksperimen dan mempelajari hasilnya. Cari masalah kecil yang bisa diatasi dengan pendekatan baru.

Ajak karyawan untuk mengajukan solusi, menerapkannya, mengukur hasilnya, dan kemudian mengevaluasi ulang untuk melihat apakah diperlukan perubahan.

7. Dorong Peningkatan Keterampilan

Dukung karyawan untuk selalu meningkatkan keterampilan mereka, sebab mereka yang berani keluar dari zona nyaman untuk belajar akan lebih siap menghadapi perubahan.

8. Membentuk Tim yang Adaptif

Memiliki karyawan yang dapat dengan cepat beradaptasi adalah kunci sukses dalam dunia kerja yang selalu berubah. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan memiliki tim yang siap menghadapi tantantan masa depan.

Baca Juga: Agile HR: Arti, Manfaat, Hingga Contoh Penerapannya

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perilaku adaptif atau kemampuan beradaptasi penting untuk dimiliki setiap karyawan, agar dapat menyesuaikan diri dengan cepat saat terjadi perubahan ataupun suatu masalah.

Salah satu contoh adaptif dalam bekerja adalah mampu menyesuaikan diri dengan teknologi baru.

Untuk mendukung hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan beberapa teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan karyawan, contohnya penggunaan HRIS untuk pengelolaan SDM.

Jika saat ini perusahaan Anda sedang mencari software tersebut, Anda dapat mencoba untuk menggunakan Gajihub, sebuah software payroll dan HR yang memiliki beragam fitur canggih, mulai dari absensi, payroll, ESS, hingga pencatatan kasbon karyawan.

Tertarik untuk mencoba fituf-fitur menariknya? Yuk, kunjungi tautan ini dan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *