6 Jenis Konflik di Tempat Kerja dan Tips Mengelolanya

konflik di tempat kerja banner

Konflik antar karyawan merupakan hal umum yang kerap terjadi di tempat kerja. Inilah yang membuat masing-masing karyawan wajib memiliki keterampilan untuk mengatasi konflik di tempat kerja.

Sebagai salah satu karyawan di perusahaan, Anda perlu memahami berbagai konflik yang mungkin muncul dan bagaimana cara mengatasinya agar hubungan antar rekan kerja menjadi lebih baik, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas tentang apa itu konflik di tempat kerja, manfaat mengindari konflik, serta jenis dan cara mengatasi konflik yang muncul saat bekerja.

Apa Itu Konflik di Tempat Kerja?

Konflik di tempat kerja adalah hal yang terjadi ketika karyawan tidak setuju karena perbedaan kepentingan, kepribadian, keyakinan, dan ide. Konflik tersebut biasa terjadi saat orang-orang dengan latar belakang dan pandangan yang berbeda bekerja sama untuk mencapai satu tujuan.

Konflik dapat terlihat dari berbagai situasi, seperti kurangnya kerjasama, ucapan kasar, intimidasi, kemarahan, pekerjaan yang kurang baik atau terlambat, kegagalan proyek, dan sebagainya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena konflik merupakan hal yang alami dan bahkan bisa menjadi hal postif jika ditangani dengan benar.

Baca Juga: Pentingnya Employee Journey bagi Karyawan dan Perusahaan

konflik di tempat kerja

Hal yang Menyebabkan Konflik di Tempat Kerja

Sebuah studi menemukan bahwa 85% karyawan dari berbagai level telah mengalami konflik di tempat kerja, dengan tingkat konflik yang berbeda-beda. Artinya, sebagian besar karyawan pernah menghadapi konflik saat bekerja.

Lantas, sebenarnya apa yang membuat konflik tersebut bisa terjadi? Berikut beberapa alsannya:

1. Komunikasi yang Buruk Antar Karyawan

Komunikasi yang kurang baik antara karyawan dan manajemen bisa menyebabkan salah paham, harapan yang kurang jelas, dan berbagai masalah lainnya.

Agar konflik bisa dihindari, penting bagi Anda untuk memahami cara mengurangi miskomunikasi di tempat kerja. 

2. Perbedaan Kepribadian dalam Tim

Setiap karyawan memiliki kepribadian dan pandangan yang berbeda. Hal ini terkadang menimbulkan tantangan ketika kepribadian yang berbeda bertabrakan dan saling tidak setuju.

Meskipun tidak semua orang akan selalu akur, penting bagi mereka untuk saling menghargai sebagai upaya mencapai keberhasilan tim.

3. Gaya Kerja dan Nilai-Nilai yang Berbeda

Setiap karyawan memiliki cara kerja dan nilai yang berbeda-beda. Jika tidak bisa saling menerima perbedaan, maka akan terjadi konflik yang dapat mengganggu kerjasama dan produktivitas tim.

4. Persaingan yang Tidak Sehat

Persaingan yang tidak sehat antar tim atau individu dapat menyebabkan masalah besar, misalnya membuat lingkungan kerja menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu, sebaiknya tingkatkan kerja sama dalam tim dan hindari persaingan tidak sehat dalam bekerja.

5. Harapan Kerja yang Tidak Jelas

Harapan kerja yang tidak diinformasikan dengan jelas bisa menyebabkan konflik dan perasaan negatif di antara karyawan. Jadi, pastikan setiap karyawan mengetahui secara jelas peran dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Insubordinasi di Dunia Kerja: Arti, Contoh, Hingga Upaya Pencegahannya

6. Kepemimpinan yang Kurang Baik

Konflik di tempat kerja kerap terjadi akibat kepemimpinan yang kurang kompeten. Oleh karena itu, penting bagi manajer dan pimpinan untuk memahami peran mereka dalam mengelola karyawan dan departemen dengan baik.

7. Budaya Kerja yang Toxic

Budaya kerja toxic dapat menyebabkan masalah besar di tempat kerja, mulai dari mempengaruhi produktivitas, kualitas kerja, dan kesehatan mental karyawan.

Dalam hal ini, sebagai profesional HR Anda perlu fokus terhadap penyebab masalah dari budaya tersebut. Carilah solusi yang dapat mengubah budaya toxic menjadi positif dengan cara yang terorganisir, terkendali, dan efektif.

8. Sumber Daya Terbatas dan Beban Kerja yang Berat

Jika karyawan merasa beban kerja mereka terlalu berat atau sumber daya tidak mencukupi, hal ini dapat menimbulkan rasa tertekan dan tidak puas dengan pekerjaannya mereka.

9. Tujuan Tim yang Bertentangan

Saat tim terbagi menjadi kelompok dengan tujuan yang berbeda, Anda perlu mendorong kolaborasi dan komunikasi terbuka agar semua tim tetap bekerja sama. Hal tersebut bisa meningkatkan rasa saling menghargai dan meminimalisir konflik.

10. Perubahan Mendadak di Tempat Kerja

Perubahan yang terjadi secara mendadak juga bisa membuat karyawan merasa frustasi, terutama jika tidak infomasi dan komunikasi yang jelas. Oleh karena itu, karaywan perlu dilibatkan dalam proses perubahan agar mereka merasa dihargai.

Baca Juga: Pahami Peran Penting HR dalam Penerapan Etika Organisasi

gajihub 3

6 Jenis Konflik di Tempat Kerja

Setelah mengetahui penyebab terjadinya konflik antar karyawan, berikut adalah beberapa jenis konflik yang mungkin terjadi di tempat kerja serta upaya penyelesaiannya:

1. Konflik Berbasis Tugas atau Interdependensi

Konflik ini muncul ketika dalam sebuah proyek, beberapa orang harus bekerja bersama dan saling bergantung untuk menyelesaikan tugas masing-masing.

Misalnya, seorang akuntan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya jika angka-angka yang diperlukan belum diserahkan oleh karyawan lain.

Jika karyawan yang bersangkutan terlambat menyampaikan laporan, hal ini bisa menghambat kemampuan akuntan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu.

Solusi: Bangun tanggung jawab dan akuntabilitas yang jelas pda setiap anggota tim. Selain itu, komunikasikan pentingnya kerjasama dan koordinasi dalam penyelesaian tugas.

Pastikan semua orang memahami peran mereka dalam proyek dan bersedia bekerja sama dalam batas waktu yang tersedia.

2. Konflik Kepemimpinan

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dan setiap karyawan dapat memberikan reaksi yang berbeda terhadap gaya kepemimpinan tersebut.

Ada pemimpin yang tegas dan karakteristik, sementara ada yang lebih ramah dan terbuka. Konflik umumnya bisa timbul akibat gaya kepemimpinan tidak sesuai dengan preferensi karyawan.

Solusi: Dorong tim untuk saling menghormati perbedaan dan kepemimpinan yang berebda-beda. Kemudian, para pemimpin juga harus menyadari gaya kepemimpinan mereka dan bagaimana cara berinteraksi dengan tim.

Mereka harus bisa beradaptasi dan terhubung dengan karyawan, tanpa memandang preferensi kepemimpinan mereka.

Baca Juga: 15 Jenis Kompetensi Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki Manajer

3. Konflik Gaya Kerja

Karyawan memiliki berbagai macam gaya bekerja. Beberapa dari mereka lebih suka bekerja sendiri, sementara yang lain lebih nyaman bekerja dalam kelompok.

Selain itu, ada yang lebih suka mengerjakan tugas dengan arahan jelas, sedangkan yang lain lebih menyukai bekerja secara mandiri.

Solusi: Saling menghormati dan memahami gaya kerja satu sama lain merupakan sebuah kunci penting. Meskipun setiap karyawan memiliki preferensi tertentu, namun mereka tetap harus belajar untuk berkolaborasi dan menghargai perbedaan agar bisa mencapai hasil yang lebih baik.

4. Konflik Berbasis Kepribadian

Bekerja sama dengan seseorang yang memiliki kepribadian berbeda bukanlah hal yang mudah. Namun, penting untuk tidak menilai seseorang hanya berdasarkan kesan awal. Perbedaan ini harus dihadapi dengan sikap empati dan pemahaman.

Solusi: Cobalah melihat situasi dari sudut pandang orang lain dan mencoba memahami perasaan mereka. Jangan biarkan kesan pertama menghalangi hubungan profesional yang lebih baik di masa depan.

5. Diskriminasi

Konflik di tempat kerja dapat menjadi serius apabila terjadi diskriminasi, seperti pelecehan atau perlakuan tidak adil berdasarkan usia, ras, etnis, jenis kelamin, dan lainnya.

Sebagi profesional HR, Anda perlu menangani masalah ini secara tegas dan memastikan adanya kesadaran tentang sikap terbuka, penerimaan, dan pemahaman di perusahaan.

6. Konflik Ide Kreatif

Saat menghasilkan ide dalam sebuah proyek, seringkali terjadi perbedaan pendapat antar anggota tim. Namun, konflik ini sebenarnya bisa menjadi kesempatan untuk menghasilkan ide yang lebih baik.

Salah satu caranya adalah dengan mengakui ide masing-masing dan berkolaborasi untuk menciptakan solusi yang inovatif.

Solusi: Jika terdapat perbedaan pendapat, bicarakan secara kooperatif dan bersikap kompromi. Apabila diperlukan, mintalah pendapat dari rekan kerja lain atau atasan untuk membantu dalam mediasi dan memberikan pandagan mengenai keputusan akhir.

Baca Juga: Manajemen Konflik: Pengertian, Gaya, Manfaat, dan Strateginya

konflik di tempat kerja

Tanda-Tanda Terjadinya Konflik di Tempat Kerja

Mengenali dan mengidentifikasi tanda-tanda konflik di tempat kerja sejak awal adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah sebelum merugikan perusahaan.

Ada beberapa tanda yang perlu diawasi agar bisa lebih aktif dalam menyelesaikan konflik. Berikut penjelasannya:

1. Kurangnya Produktivitas

Saat terjadi konflik di antara karyawan, biasanya produktivitas mereka akan menurun. Jika karyawan kesulitan bekerja sama dengan baik, pekerjaan bisa menjadi lebih lambat dan proyek bisa tertunda.

2. Tingkat Pergantian Karyawan dan Absensi yang Tinggi

Jika secara tiba-tiba banyak karyawan yang mengundurkan diri, atau sering tidak datang bekerja, itu bisa menjadi tanda terjadinya suatu konflik. Karyawan mungkin menghindari tempat kerja karena masalah yang belum terselesaikan.

3. Keluhan Langsung dari Karyawan

Apabila terdapat karyawan yang mengeluh langsung tentang masalah di tempat kerja, Anda perlu memperhatikannya dengan baik. Jangan abaikan keluhan mereka, karena bisa jadi ada konflik yang perlu diatasi.

4. Perubahan Interaksi antar Karyawan

Perhatikan apakah ada perubahan dalam cara karyawan berinteraksi satu sama lain. Jika ada perubahan tiba-tiba dalam sikap atau perilaku, hal tersebut bisa menunjukkan adanya konflik.

Ingatlah bahwa setiap konflik bisa berbeda-beda, tergantung pada orang-orang yang terlibat dan seberapa serius konflik tersebut.

Dengan mengenali tanda-tanda konflik sejak dini, Anda bisa lebih siap dalam menanganinya dan menjaga suasana kerja tetap sehat.

Baca Juga: Apa Itu Abseenteism? Simak Arti, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

Tips Meminimalisir Konflik di Tempat Kerja

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir konflik di tempat kerja, di antaranya adalah:

1. Berikan Pelatihan Terkait Penyelesaian Konflik

Anda dapat mengurangi dampak negatif dari konflik dengan membantu karyawan mengembangkan skill yang berkaitan dengan penyelesaian konflik.

Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam menyelesaikan konflik, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Kemudian, pelatihan itu juga dapat mengatasi konflik-konflik kecil yang terjadi di tempat kerja.

2. Berikan Pelatihan Keterampilan Komunikasi

Melalui pelatihan keterampilan komunikasi, karyawan dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai individu, serta mampu mengelola masalah komunikasi yang sering menjadi akar permasalahan di tempat kerja.

3. Bantu Karyawan Membangun Hubungan Kerja yang Postif

Beri kesempatan kepada karyawan untuk lebih mengenal satu sama lain. Hal ini dapat dilakukan melalui interaksi sosial yang dilakukan secara terus-menerus, memberikan tugas yang menghubungkan karyawan satu dengan lainnya, serta memberikan kesempatan pelatihan lintas karyawan. 

4. Lakukan Kegiatan Pengembangan Tim

Untuk meningkatkan hubungan dan kinerja tim secara signifikan, Anda dapat melakukan kegiatan pengembangan tim. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anggota tim untuk lebih akrab satu sama lain, serta mampu menentukan bagaimana masalah dan konflik tim akan diselesaikan.

5. Ciptakan Lingkungan yang Mendorong Partisipasi

Lingkungan ini dapat diciptakan melalui program-program keterlibatan karyawan, seperti kerja sama antar karyawan, mendorong karyawan untuk memberikan feedback, serta memberikan rewards atas partisipasi mereka.

Berbagai hal tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja individu dan organisasi.

6. Berikan Layanan Mediasi Konflik

Saat seorang manajer tidak bisa melakukan mediasi konflik antar karyawan, sebagai profesional HR Anda dapat membantu mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pastikan Anda netral dan objektif saat melakukan mediasi.

7. Infomasikan dengan Jelas Tujuan dan Prioritas Organisasi

Umumnya, konflik terjadi akibat perbedaan fakta, tujuan, metode, atau nilai. Dengan memastikan bahwa setiap karyawan memiliki pemahaman yang sama, maka kemungkinan konflik akan berkurang.

8. Perlakukan Semua Karyawan dengan Adil

Bersikap adil dengan semua karyawan merupakan hal yang sangat penting, sehingga pastikan Anda, manajer, dan pemimpin mampu bertindak dengan cara yang tidak memihak. Sebab, perilaku tersebut dikhawatirkan dapat menciptakan situasi konflik.

Baca Juga: Pahami Prinsip dan Keuntungan Menerapkan Servant Leadership di Tempat Kerja

Manfaat Penyelesaian Konflik di Tempat Kerja

Apabila dapat ditangani dengan baik, konflik di tempat kerja memberikan banyak manfaat. Haal ini membantu meningkatkan cara berkomunikasi dan bekerjasama, serta mampu membawa perubahan positif seperti berpikir kreatif dan kemampuan kerja tim yang baik.

Selain itu juga ada beberapa manfaat lainnya, seperti:

1. Kinerja dan Produktivitas Meningkat

Saat karyawan bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan baik, hasilnya sangat menguntungkan di tempat kerja.

Semua orang akan lebih bersemangat untuk bekerja dengan lebih baik, dan hasilnya, produktivitas pun meningkat. Selain itu, mereka yang terlibat akan merasa lebih termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik.

2. Pemimpin yang Efektif

Pemimpin yang baik ingin menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bagi semua orang. Penyelesaian konflik membantu mencapai tujuan ini dengan cara menyelesaikan masalah secara konstruktif.

Hal ini dapat membangun kepercayaan di antara anggota tim, yang sangat penting untuk kepemimpinan yang baik. Pemimpin yang bisa membangun kepercayaan dan hubungan baik akan lebih mudah dalam mengelola kinerja para stafnya.

3. Kepercayaan yang Lebih Kuat

Karyawan yang merasa percaya dan setia pada tempat kerjanya akan bekerja lebih baik. Dalam hal ini, penyelesaian konflik dapat membantu memperbaiki hubungan dengan menuntaskan masalah secara cepat dan baik.

Hasilnya, lingkungan kerja akan menjadi lebih kuat dan harmonis, di mana orang-orang dapat bekerja bersama tanpa masalah dan pertentangan.

4. Menciptakan Hubungan Kerja yang Baik

Penyelesaian konflik yang baik sangat penting untuk menciptakan kerja tim yang baik dan hubungan yang solid antar karyawan.

Hal ini membantu menyelesaikan masalah dengan tenang dan rasional, yang membuat hubungan antara karyawan dan manajer menjadi lebih baik. Selain itu, penyelesaian konflik juga berdampak positif pada semangat dan kepuasan karyawan.

5. Lingkungan Kerja yang Positif

Penyelesaian konflik dapat meningkatkan lingkungan kerja yang positif dengan mendorong komunikasi dan kerja sama lebih baik.

Akibatnya, stres dan ketegangan di antara anggota tim dan antara anggota tim dengan manajer pun akan berkurang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Kondusif?

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa konflik di tempat kerja merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Konflik yang terus diabaikan akan menyebabkan produktivitas menurun, lingkungan kerja yang kurang sehat, dan bahkan tingkat pergantian karyawan yang tinggi.

Oleh karena itu, agar Anda lebih berfokus pada strategi penyelesaian konflik di tempat kerja, Anda dapat menyerahkan urusan pengelolaan karyawan kepada Gajihub, sebuah software payroll dan HR yang memiliki  berbagai fitur lengkap.

Dengan Gajihub Anda akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan SDM, mulai dari slip gaji, mengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSreimbursementemployee self service (ESS), dan masih banyak lagi.

Yuk, coba gratis selama 14 hari melalui tautan ini dan rasakan kemudahannya.

Catatan Kaki:

1 thought on “6 Jenis Konflik di Tempat Kerja dan Tips Mengelolanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *