UMR Adalah: Pengertian, Komponen, dan Perbedaan UMR, UMP, dan UMK

umr adalah

UMR selalu jadi bagian penting dalam dunia kerja. UMR adalah batas minimum upah yang harus diberikan perusahaan kepada pekerja yang bekerja di perusahaan tersebut.

UMR ini ditentukan berdasarkan daerah dimana perusahaan tersebut berbeda dan setiap tahun jumlah UMR selalu mengalami kenaikan. Sebagai seorang pekerja ataupun pemilik bisnis, mengetahui pengertian UMR adalah hingga mengetahui perbedaan UMP dan UMK adalah hal yang wajib.

Buat Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai UMR adalah, cara hitung, hingga perbedaan dengan UMP dan UMK, Anda wajib membaca artikel ini hingga selesai.

Pengertian UMR Adalah

umr adalah

Upah minimum adalah gaji terendah yang dapat dibayarkan oleh pemilik perusahaan secara sah kepada karyawan mereka tanpa dikecualikan, baik menurut undang-undang atau menurut kontrak kerja. UMR ini memiliki jumlah yang berbeda-beda di setiap daerah yang ada di Indonesia dan biasanya setiap tahun selalu mengalami kenaikan.

Setiap menjelang awal tahun, pemerintah daerah akan membuat peraturan baru mengenai penetapan UMR ini. Di Indonesia penetapan UMR adalah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 1 Tahun 1999.

Untuk menetapkan besaran UMR setiap tahunnya, dilakukan proses panjang melalui rapay Dewan Pengupahan Daerah (DPD). Sebelum rapat ini, DPD sudah menunjuk tim survey yang bertugas mencari informasi mengenai harga kebutuhan pokok di pasaran.

Kenaikan UMR ini memang harus disesuaikan dengan harga kebutuhan pokok yang ada di pasaran. Semakin besar kenaikan UMR, maka semakin besar pula kenaikan kebutuhan pokok di pasaran.

Amerika Serikat melalui Undang-undang Standar Buruh yang Adil tahun 2009 menaikkan upah minimum federal menjadi $7,25 per jam, tetapi sejak saat itu, biaya hidup dan inflasi telah melampaui upah minimum itu. Dolar memiliki tingkat inflasi rata-rata 2,18% per tahun antara 2009 dan 2021, menghasilkan kenaikan harga kumulatif 29,56%.

Hal ini menyebabkan banyak orang menyimpulkan bahwa kenaikan upah minimum lainnya sudah terlambat. Ini menjadi bukti bahwa menaikan UMR tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tanpa riset yang panjang.

Baca juga: Apa Itu Tunjangan Jabatan? Ini Pengertian, Jenis, dan Nilainya

Kenaikan UMR: Pro dan Kontra

Seperti kebanyakan hal yang berkaitan dengan bisnis, ada pro dan kontra ekonomi berbasis luas untuk kenaikan upah minimum atau UMR ini. Kelebihan dari perubahan ini antara lain:

Meningkatkan Perekonomian

Cara terbaik untuk meningkatkan perekonomian adalah dengan memberikan dana yang dibutuhkan masyarakat untuk membeli produk, barang, dan jasa. Meningkatkan upah minimum memberi individu lebih banyak daya beli, dan ekonomi dapat mengalami peningkatan karena peningkatan pengeluaran.

Lebih Banyak Pekerjaan

Ketika orang terus merangsang ekonomi dengan daya beli baru mereka, permintaan meningkat, yang dapat mengarah pada penciptaan lebih banyak pekerjaan untuk memenuhi permintaan. Perusahaan kemudian perlu mempekerjakan lebih banyak pekerja sehingga mereka dapat mengikuti.

Membantu Karyawan dan Keluarga Mereka

Selain dapat membeli lebih banyak barang, karyawan dan keluarga mereka mendapat manfaat dari kenaikan upah minimum karena membantu mereka mengatasi inflasi harga dan kenaikan biaya hidup yang tak terhindarkan. Menaikkan upah minimum menarik banyak keluarga keluar dari kemiskinan.

Sebaliknya, ada juga kontra dari perubahan upah minimum, termasuk:

Biaya Produk yang Lebih Tinggi

Kenaikan upah minimum menambah biaya overhead operasional bisnis Anda, yang dapat mengakibatkan titik harga yang lebih tinggi diteruskan ke konsumen. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan biaya hidup yang lebih tinggi dan kenaikan upah minimum yang lebih tinggi.

Pasar Kerja yang Macet

Karena meningkatnya biaya dalam menjalankan bisnis, perusahaan dapat menghentikan perekrutan untuk menjaga biaya serendah mungkin. Ini berarti bahwa orang yang menganggur atau orang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencari pekerjaan sebelum dipekerjakan.

Lebih Banyak Outsourcing

Jika biaya pekerjaan outsourcing kurang dari biaya perekrutan karyawan baru, perusahaan mungkin tertarik pada outsourcing untuk menjaga biaya overhead pada jumlah yang dapat dikelola untuk operasi yang sukses.

Baca Juga: Arti Salary Adalah:Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Upah

Manfaat Menaikkan UMR

Selain kelebihan yang tercantum di atas, ada manfaat tambahan yang lebih spesifik untuk bisnis dari menaikkan upah minimum di tempat kerja Anda, termasuk:

1. Kepuasan Kerja

Ketika mereka menerima gaji yang lebih tinggi, karyawan mungkin merasa lebih puas dalam pekerjaan mereka. Kepuasan kerja sama dengan tingkat kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi yang lebih tinggi di antara semua karyawan.

2. Loyalitas Karyawan

Karyawan yang puas dengan gaji mereka lebih cenderung setia kepada majikan mereka saat ini daripada mencari pekerjaan di tempat lain. Ini membantu bisnis karena, dengan pergantian karyawan yang lebih sedikit, biaya untuk merekrut dan melatih staf baru berkurang.

3. Motivasi

Dibayar lebih memotivasi karyawan. Mereka ingin bekerja keras untuk memastikan mereka memenuhi harapan dan mempertahankan pekerjaan mereka.

4. Kinerja

Jika karyawan dibayar lebih dari sebelumnya, Anda mungkin melihat kinerja yang lebih baik dari staf Anda, terutama jika mereka pernah mengerjakan dua pekerjaan untuk membayar tagihan mereka. Karyawan mungkin berhenti bekerja di pekerjaan sampingan mereka, yang berarti mereka akan lebih siap dan fokus ketika datang untuk bekerja di bisnis Anda.

Baca Juga: Apa Itu Payroll? Berikut Artinya, Proses, dan Tips Mengelola Payroll

Perbedaan UMR, UMP, dan UMK

Selain UMR, dalam dunia penggajian dikenal juga UMP dan UMK. Nah, apa sih sebenarnya UMP dan UMK ini? Lalu apa perbedaannya dengan UMR?

UMP (Upah Minimum Provinsi)

UMP atau Upah Minimum Provinsi merupakan besaran upah minumum yang berlaku di suatu provinsi. UMP ini adalah nilai minimum yang harus dibayarkan oleh pengusaha kepada seluruh karyawan yang bekerja di sana.

UMP ini ditentukan oleh gubernur berdasarkan Pasal 4 Kepnaker Nomor 226 Tahun 2000. Sebelumnya UMP ini disebut sebagau UMR atau Upah Minimum Regional. Jadi, bisa dikatakan UMR sudah tidak tepat digunakan karena telah berubah menjadi UMP atau Upah Minimum Provinsi.

Setiap provinsi memiliki besaran UMP yang berbeda-beda dan akan diperbarui setiap tahun oleh gubernur. Perbedaan ini mengikuti besaran biaya untuk memenuhi kebutuhan di daerah tersebut.

Penetapan UMP ini ditetapkan oleh gubernur paling lambat tanggal 21 November dan akan mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari.

UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota)

UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota merupakan upah minimum yang berlaku di suatu kabupaten atau kota. UMK ini ditentukan oleh gubernur namun bupati atau walikota yang mengajukan besaran UMK ini.

Sama halnya dengan UMP, UMK di setiap kota atau kabupaten juga berbeda. Ini mengikuti pertumbuhan ekonomi yang ada di daerah tersebut dan tingkat inflasi di daerah tersebut.

Komponen UMR

umr adalah

Ada beberapa komponen yang menentukan UMR yang didasarkan pada Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 yang membahas tentang Pengelompokan Komponen Upah dan Pendapatan Non-Upah, yakni sebagai berikut:

1. Gaji Pokok

Komponen UMR yang pertama adalah gaji pokok. Gaji pokok ini merupakan besaran upah atau gaji karyawan atau pekerja yang wajib dibayarkan oleh perusahaan sesuai kesepakatan bersama. Gaji pokok ini akan diterima oleh karyawan yang bersangkutan dan ditambah dengan tunjang tetap dan tidak tetap.

2. Tunjangan Tetap

Selain gaji pokok, besaran UMR juga termasuk tunjangan tetap di dalamnya. Tunjangan tetap ini diberikan bersamaan dengan gaji pokok dan besarannya selalu sama setiap bulannya.

Beberapa tunjangan yang masuk ke dalam tunjangan tetap antara lain tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan perumahan, tunjangan kematian, hingga tunjangan daerah. Tunjangan makan dan tunjangan transport bisa dimasukan ke dalam tunjangan tetap apabila pemberian tunjangan tidak berkaitan dengan kehadiran dan penerimaannya dilakukan secara tetap setiap bulannya.

3. Tunjangan Tidak Tetap

Komponen ketiga dari UMR adalah tunjangan tidak tetap. Tunjangan ini dibayarkan secara langsung ataupun tidak langsung kepada pekerja atau karyawan dan pemberiannya dilakukan secara tidak tetap.

Tunjangan yang masuk ke dalam tunjangan tidak tetap antara lain tunjangan transport yang ditetapkan berdasarkan kehadiran, dan tunjangan makan yang diberikan jika mengikuti kehadiran pekerja.

Baca Juga: Contoh Slip Gaji, Beserta Pengertian, Fungsi dan Tips Membuatnya

gajihub 1

Cara Menentukan Kenaikan Gaji Karyawan

Mungkin ada saatnya selama menjalankan bisnis ketika Anda mempertimbangkan untuk meningkatkan gaji pokok bagi karyawan. Inilah cara Anda dapat menentukan apakah itu langkah yang tepat:

1. Pertimbangkan biaya hidup

Karena biaya hidup berfluktuasi, karyawan beralih ke tempat kerja mereka dan mengharapkan lebih banyak uang untuk mengimbangi pergeseran ekonomi. Jika Anda dapat mengakomodasi perubahan itu dengan memberikan gaji pokok yang lebih tinggi, Anda mungkin melihat lebih banyak kandidat untuk posisi terbuka Anda dan etos kerja yang lebih kuat di tempat kerja.

2. Pikirkan tentang bakat Anda saat ini

Jika tenaga kerja Anda dapat menggunakan penyegaran, meningkatkan tarif dasar Anda dapat memotivasi staf saat ini untuk melakukan upaya tambahan dan membuat perusahaan Anda menarik bagi pencari kerja yang akan menjadi karyawan hebat.

3. Lihat tarif pasar

Tarif pasar menentukan berapa banyak karyawan Anda saat ini dan calon karyawan mengharapkan Anda membayar mereka. Jika Anda tidak mampu membayar kenaikan yang cukup untuk mencocokkan harga pasar untuk posisi yang sama, tingkatkan paket manfaat.

Salah satu perbaikan yang mungkin adalah menawarkan lebih banyak waktu liburan.
Sangat membantu untuk mendahului kenaikan upah minimum federal sehingga bisnis Anda terbiasa beroperasi dengan biaya ini daripada harus melakukan penyesuaian cepat setiap kali Kongres mengesahkan undang-undang upah baru.

Baca Juga: Internship Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mencari Tempat Internship

Cara Mempersiapkan Kenaikan UMR

Banyak yang percaya bahwa kenaikan UMR tidak dapat dihindari, jadi penting untuk bersiap mulai dari sekarang untuk menempatkan bisnis Anda dalam posisi untuk menanggung kenaikan biaya operasional ini. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat bisnis Anda dapat sukses ketika terjadi kenaikan gaji pokok di perusahaan Anda:

1. Perhatikan Jam

Banyak perusahaan membayar waktu setengah untuk lembur, yang dapat bertambah dengan cepat. Beri tahu karyawan bahwa Anda tidak akan mengizinkan lembur kecuali jika telah disetujui sebelumnya untuk proyek penting.

Ini akan mengurangi upah tenaga kerja Anda. Cara lain untuk menghemat gaji adalah dengan mencegah karyawan masuk kerja lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan.

2. Buat Strategi harga

Peningkatan biaya overhead pasti bisa menyebabkan peningkatan harga barang Anda. Alih-alih menaikkan harga semua yang Anda hasilkan, jadilah lebih strategis dengan model penetapan harga baru Anda.

Dasarkan harga baru pada produk serupa yang dijual di pasar, dan bedakan produk Anda sebagai produk unggulan yang sepadan dengan biaya tambahannya.

3. Buat Anggaran untuk Pengeluaran

Bagian dari persiapan termasuk penganggaran untuk biaya ini. Hitung dampak kenaikan baik secara finansial maupun sebaliknya, misalnya, dalam pertimbangan pemutusan hubungan kerja atau restrukturisasi tenaga kerja.

Lihat apa yang Anda bayarkan kepada orang lain di organisasi Anda. Dengan kenaikan upah minimum ini, karyawan dengan bayaran terendah mungkin mengalami kenaikan gaji yang menempatkan mereka tepat atau hanya sedikit di bawah anggota staf yang telah melalui promosi dan kenaikan gaji atau telah menghabiskan lebih banyak waktu di perusahaan.

Dengan kata lain, kenaikan upah minimum juga dapat menempatkan Anda pada posisi yang perlu memberikan kenaikan gaji kepada karyawan lain karena keadilan bagi mereka.

Bersiaplah sesuai untuk perubahan sifat ini, dan Anda mungkin tidak perlu berputar pada menit terakhir ketika upah minimum baru diluncurkan. Plus, karyawan Anda akan menghargai kejujuran dan perhatian Anda tentang status gaji mereka untuk menerapkan rencana sebagai langkah persiapan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai UMR adalah yang dapat Anda ketahui. Meskipun UMR telah diganti menjadi UMP, namun penggunaan istilah UMR masih dipakai hingga sekarang. Nah, kira-kira gaji yang Anda terima atau gaji yang Anda berikan kepada karyawan (bagi pemilik bisnis) sudah sesuai dengan ketentuan UMR yang berlaku belum?

Menentukan besaran gaji ini memang bukan sesuatu yang mudah, termasuk dalam pengelolaan gaji atau payroll ini. Untuk itu diperlukan penggunakan software payroll dan aplikasi HRIS seperti GajiHub yang akan membantu memudahkan pengelolaan gaji di perusahaan Anda.

Jadi tunggu apa lagi, yuk gunaka aplikasi payroll dan HRIS GajiHub dan daftar di link ini untuk merasakan kemudahan pengelolaan gaji di perusahaan Anda.

3 thoughts on “UMR Adalah: Pengertian, Komponen, dan Perbedaan UMR, UMP, dan UMK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *