Tips Memilih Kandidat Karyawan Terbaik

memilih-kandidat-karyawan-1

Memilih kandidat karyawan yang ideal untuk posisi apa pun membutuhkan pengalaman dan pemahaman tentang praktik terbaik untuk menarik karyawan baru.

Tujuan perekrutan adalah untuk menemukan karyawan yang berdedikasi dan berencana untuk tetap berada di posisi tersebut selama jangka waktu yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui tips perekrutan, Anda dapat mengembangkan pendekatan yang mengakomodasi semua peraturan perundang-undangan dan mengidentifikasi sekumpulan kandidat yang sesuai yang kemungkinan besar mencakup individu yang cocok untuk peran tersebut.

Dalam artikel ini, kami memberikan daftar 13 tips rekrutmen yang dapat Anda gunakan untuk merancang strategi perekrutan dan memilih karyawan kandidat terbaik.

13 Tips Perekrutan untuk Memilih Kandidat Karyawan yang Ideal

Tips perekrutan berikut ini dapat membantu Anda menghasilkan strategi perekrutan yang efektif untuk industri apa pun di sektor apa pun:

1. Identifikasi tujuan Anda

Jika Anda adalah seorang profesional di bidang perekrutan karyawan, langkah pertama dalam proses perekrutan adalah menentukan apa yang Anda butuhkan dari karyawan.

Apakah Anda bekerja secara mandiri atau melalui perusahaan penempatan kerja, penting untuk mengetahui dengan jelas tentang hal-hal penting dari peran tersebut.

Menetapkan definisi tetap untuk posisi karyawan akan memastikan bahwa persyaratan posisi tersebut jelas, dan Anda akan menerima pertanyaan dari kandidat yang memenuhi syarat.

Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada kandidat yang menjanjikan, daripada korespondensi dari kandidat yang kuat menjadi berkurang dengan pertanyaan lain.

Cara ini berfungsi sebagai rubrik yang dapat Anda gunakan untuk menilai calon karyawan. Menjaga deskripsi tetap konsisten di semua platform iklan lowongan kerja dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari calon karyawan yang mencari tahu tentang posisi tersebut di beberapa situs.

Ketika sebagian besar tanggapan untuk iklan Anda relevan, ini dapat menghemat waktu Anda dengan membiarkan Anda fokus pada kandidat yang lebih mungkin memenuhi ekspektasi posisi.

2. Tetapkan deadline yang jelas

Deadline adalah aspek penting dalam perekrutan. Dalam banyak situasi, perekrut profesional mencari tenaga kerja sementara untuk menggantikan karyawan yang cuti melahirkan atau absen dalam jangka pendek.

Perusahaan lain bertujuan untuk merekrut seseorang yang memiliki kredensial dan pengalaman khusus untuk melanjutkan tugas pekerjaan yang baru saja kosong.

Semua situasi membutuhkan jadwal yang jelas yang menyatakan tanggal penutupan posisi. Hal ini akan memberikan rasa urgensi dan membuat jadwal yang dapat Anda gunakan untuk menyusun proses perekrutan.

3. Tetapkan target audiens Anda

Teliti kandidat untuk posisi tersebut dengan mengidentifikasi target demografis Anda. Pekerjaan adalah produk yang dijual oleh perekrut kepada karyawan.

Pada gilirannya, kandidat melakukan pekerjaan yang menawarkan nilai tertentu dan menerima kompensasi untuk tugas-tugas tersebut.

Mengidentifikasi orang-orang yang mungkin tertarik pada peran tersebut melibatkan keseimbangan antara penelitian dan logika.

Banyak lamaran kerja yang menyertakan survei atau penilaian kepribadian sebagai salah satu bagian pertama dari proyek.

Hal ini dapat membantu menentukan posisi yang dapat diisi oleh kandidat, dan ketertarikan mereka terhadap peran tersebut, dan memberikan penilaian kepribadian secara umum.

Baca juga: Karyawan Kutu Loncat: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

4. Lakukan riset untuk teknik pengoptimalan iklan lamaran kerja

Setelah Anda mengetahui target audiens, Anda dapat menargetkan individu yang memenuhi persyaratan spesifik Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menentukan bahwa Anda mencari seorang profesional dengan setidaknya dua tahun pengalaman dan sertifikaasi akuntansi untuk menjalankan tugas sebagai profesional payroll atau pembukuan.

Mengoptimalkan iklan Anda melibatkan penelitian kata kunci dan konten yang berhubungan dengan posisi tertentu. Memasukkan headline yang tepat dan frasa populer ke dalam konten Anda dapat membantu Anda menjangkau audiens menggunakan pendekatan organik.

5. Pertimbangkan iklan alternatif

Setiap perusahaan memiliki anggaran untuk onboarding, termasuk waktu perekrutan yang digunakan untuk mengidentifikasi, mewawancarai, dan memeriksa kandidat.

Dalam situasi tertentu, terutama jika itu adalah posisi yang membutuhkan keahlian khusus, Anda bisa menggunakan pendekatan iklan berbayar.

Pendekatan ini memang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya, namun dapat memberikan manfaat yang signifikan jika Anda memiliki deadline yang ketat.

Hal ini juga dapat membantu alat rekrutmen Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Media berbayar mendorong lalu lintas awal, dan dalam situasi yang ideal, peningkatan lalu lintas ini mendorong lebih banyak keterlibatan dengan lowongan pekerjaan Anda.

6. Terhubung melalui beberapa platform

Untuk mengotentikasi lowongan pekerjaan, banyak kandidat mencari daftar di lebih dari satu platform.

Beberapa kandidat memilih untuk melamar secara langsung melalui sebuah situs, sementara yang lain mengandalkan privasi yang ditawarkan oleh mesin pencari karir.

Ketika Anda menggabungkan beberapa platform, termasuk media sosial yang berlaku, halaman arahan di situs web Anda, dan mencantumkan pekerjaan di beberapa papan, ini akan meningkatkan kemungkinan untuk menjangkau kandidat yang cocok.

Baca juga: Tips Memilih Karyawan Fresh Graduate Bagi Bisnis

7. Hargai pekerjaan semua karyawan

Rekrutmen membutuhkan keterlibatan dalam pekerjaan karyawan yang Anda tempatkan pada suatu posisi. Saat berada di bawah lingkup Anda, penting untuk menciptakan lingkungan yang menghormati dan menunjukkan penghargaan terhadap setiap karyawan yang direkrut.

Meskipun seseorang tidak cocok untuk posisi yang terbuka, bersikap profesional dan ramah dapat mengarah pada penempatan di masa depan.

Perekrut mengidentifikasi para profesional dengan keterampilan yang sesuai dengan suatu peran dan menunjukkan rasa hormat yang tulus terhadap kompetensi tersebut dapat menciptakan budaya tempat kerja yang positif.

8. Mengambil inisiatif

Perekrut yang hebat adalah ia yang membuat platform bagi kandidat untuk mengambil inisiatif dan melamar posisi yang tersedia.

Aspek lain dari perekrutan lebih aktif dan melibatkan pencarian profesional yang sesuai. Ada berbagai macam perangkat lunak jaringan dan platform pencarian kerja.

Kandidat yang menyediakan resume untuk calon pemberi kerja menunjukkan keterbukaan untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan membuat titik kontak pertama, menggunakan platform tepercaya, Anda dapat secara aktif merekrut sementara upaya pasif Anda terus berfungsi di latar belakang.

memilih kandidat karyawan 2

9. Mengidentifikasi pelamar yang berkinerja tinggi

Setelah Anda menerima tanggapan atas lowongan pekerjaan Anda, Anda bisa mengidentifikasi kandidat yang memiliki kinerja tinggi.

Dengan meninjau pernyataan objektif pada resume kandidat, Anda bisa dengan cepat menilai posisi apa yang bisa mereka isi. Mengambil inisiatif untuk berbicara dengan para profesional tingkat tinggi dapat membantu Anda membangun jaringan dan merekrut untuk sebuah posisi.

Bahkan jika profesional tersebut tidak sedang mencari pekerjaan, mereka mungkin mengenal orang lain di industri ini dan bisa membantu Anda terhubung dengan kandidat yang ideal.

Pertimbangkan bahwa semakin banyak pengalaman yang dimiliki oleh seorang kandidat, semakin tinggi ekspektasi gajinya.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Resign dari Pekerjaan

10. Tentukan calon karyawan yang dapat Anda latih

Ada banyak pelamar yang memenuhi persyaratan namun tidak selalu tampil sebagai kandidat karyawan yang ideal selama proses lamaran.

Dalam banyak kasus, ini adalah masalah komunikasi yang berkaitan dengan surat lamaran atau resume. Kecuali jika rekrutmen membutuhkan keterampilan komunikasi untuk posisi tersebut, kandidat dengan resume di bawah standar dapat menjadi karyawan yang cocok.

Dalam beberapa situasi, ada kendala bahasa, atau kandidat hanya memiliki sedikit pengalaman dalam melamar pekerjaan. Lihatlah fakta-fakta dari resume dan bertujuan untuk mengidentifikasi potensi yang ada pada calon karyawan.

11. Pertimbangkan semua undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku

Ada banyak undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku dalam proses perekrutan. Baik mengenai kontrak kerja atau gaji.

Yang lainnya bervariasi sesuai dengan provinsi, dengan beberapa menetapkan aturan yang tegas dalam hal jam kerja, penjadwalan, dan tingkat gaji.

Pastikan bahwa posisi apa pun yang Anda iklankan memenuhi peraturan provinsi agen perekrutan dan lokasi posisi. Jika posisi tersebut jauh, pertimbangkan juga peraturan yang berhubungan dengan provinsi atau wilayah tempat tinggal kandidat.

12. Memastikan keuntungan bersama

Pekerjaan adalah pertukaran waktu dan keterampilan dengan uang, dan bisa bersifat sementara, penuh waktu, paruh waktu, atau kontrak.

Dalam pasar yang seimbang, pemberi kerja mendapatkan keuntungan dari tenaga dan waktu karyawan yang direkrut, sehingga berkontribusi pada keuntungan bersih perusahaan.

Sebagai gantinya, karyawan menerima kompensasi uang, dan dalam beberapa kasus juga tunjangan, cuti, opsi saham, atau fasilitas lainnya.

Perekrut adalah penghubung antara manajer perekrutan dan calon karyawan. Dengan menghubungkan kandidat yang cocok dan pemberi kerja, perekrut menerima sebagian kecil dari gaji karyawan untuk waktu yang singkat.

Untuk menunjukkan nilai Anda sebagai seorang profesional perekrutan, jelaskan manfaatnya kepada kandidat dengan menunjukkan efisiensi dan akses ke peluang kerja eksklusif.

Baca juga: Standar Kinerja: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Menetapkannya

13. Tetaplah tegas

Terutama ketika perekrut menyeimbangkan pendekatan dalam mengiklankan posisi dan menilai kandidat, biasanya akan ada banyak kandidat yang direkrut.

Kebanyakan perekrut mempertimbangkan pelamar secara kronologis, berkomunikasi dengan pelamar sebelum mereka melamar peran tersebut dikemudian hari. Pertahankan tanggal penutupan Anda dan tunggu hingga waktu tersebut untuk berhenti menerima resume.

Anda masih bisa terhubung dengan kandidat selama periode ini dan menutup lowongan jika Anda menemukan kandidat yang cocok.

Ketegasan membantu Anda mengidentifikasi solusi dan menjaga kepercayaan diri dalam keputusan tersebut. Hal ini dapat membantu perekrut meningkatkan efisiensi dan menghasilkan lebih banyak dengan melakukan penempatan kerja yang efektif secara tepat waktu.

gajihub 2

Tips Interview saat Memilih Kandidat Karyawan Terbaik

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih kandidat karyawan terbaik adalah dengan memperhatikan 8 hal di bawah ini:

1. Baca bahasa tubuh mereka

Carilah petunjuk tentang kandidat dari gerakan lengan, gerak tubuh, jabat tangan, dan kontak mata. Bahasa tubuh kandidat dapat memberikan gambaran tentang bagaimana perasaan mereka, orang seperti apa mereka, dan seberapa tertarik mereka pada kesempatan Anda.

2. Fokus pada pengalaman & pencapaian spesifik

Sebagai pewawancara, Anda bisa mencari jawaban kandidat yang mengikuti metode S-T-A-R (situasi, target, tindakan, hasil). Ini adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan wawasan tentang pengalaman masa lalu dan pencapaian penting.

3. Evaluasi etos kerja & sikap mereka

Waspadai bahasa yang mengindikasikan bahwa kandidat pernah mengalami kesulitan dalam bekerja dengan rekan kerja atau manajemen di masa lalu.

Dan ajukan pertanyaan tentang bagaimana kandidat menangani beban kerja yang berat, pergeseran prioritas, dan organisasi.

4. Cari tahu apakah mereka seorang Life-Long Learner

Karyawan dengan potensi besar cenderung sangat ingin tahu. Mereka ingin terus belajar – menambahkan keterampilan dan alat baru ke dalam gudang pengetahuan mereka.

Kandidat ini bisa berkembang di perusahaan Anda dan menjadi sumber daya yang tak ternilai.

Baca juga: Cara Membuat Perencanaan Komisi Business Development

5. Dapatkan feedback dari orang-orang yang tidak hadir dalam wawancara

Anda bisa meminta beberapa anggota tim untuk mewawancarai kandidat. Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan tim dalam keputusan perekrutan.

Namun, penting juga untuk mendapatkan umpan balik dari mereka yang berinteraksi dengan kandidat di luar wawancara.

Bagaimana kandidat memperlakukan karyawan resepsionis yang menyapanya? Jika mereka diajak berkeliling kantor, apa kesan pertama dari mereka yang bertemu dengan kandidat secara singkat?

6. Tanyakan pada mereka tentang sesuatu yang mereka sukai

Ingin belajar lebih banyak tentang kandidat? Jadilah percakapan dan terbuka. Bicarakanlah topik-topik pekerjaan yang membuat kandidat merasa nyaman dan percaya diri untuk dibicarakan dalam wawancara Anda.

Anda akan mendapatkan pengamatan berharga tentang mereka dan mengetahui apa yang membuat mereka “berdetak”.

7. Beri mereka proyek atau masalah untuk dipecahkan

Memberi kandidat sebuah proyek untuk dikerjakan atau masalah untuk dipecahkan bukanlah tentang melihat hasil akhirnya.

Ini adalah cara yang cerdas untuk menentukan bagaimana mereka mengembangkan proses dan bagaimana mereka mencari solusi.

Baca juga: Pengertian Employee Engagement, Cara Ukur, dan Meningkatkannya

8. Perhatikan pertanyaan yang mereka ajukan

Semua kandidat yang hebat seharusnya memiliki pertanyaan tentang pekerjaan, perusahaan Anda, dan budaya. Apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut berwawasan luas?

Apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut memberikan indikasi betapa antusiasnya mereka terhadap pekerjaan tersebut?

Anda bisa mendapatkan informasi yang berarti tentang tingkat ketertarikan mereka, cara mereka mendiagnosa masalah, bagaimana mereka memproses data, dan banyak lagi.

9. Ajukan 5 pertanyaan kepada diri Anda sendiri

Ada 5 pertanyaan utama yang harus Anda jawab sebelum Anda menawarkan sebuah peran kepada kandidat:

  • Apakah kandidat bisa melakukan pekerjaan itu?
  • Apakah mereka termotivasi untuk melakukan pekerjaan itu?
  • Apakah kandidat tertarik untuk mempelajari keterampilan baru?
  • Apakah kandidat bisa dilatih?
  • Apakah mereka cocok dengan budaya tim Anda?

Pastikan Anda melihat lebih dari sekadar keterampilan dan bagaimana kandidat terlihat di atas kertas. Kandidat terbaik harus memiliki keterampilan yang paling dibutuhkan dan potensi untuk berkembang dan cocok dengan budaya tim Anda.

Baca juga: Open Door Policy: Pengertian, Manfaat, dan Cara Implementasinya

Kesimpulan

Memilih kandidat karyawan yang tepat memang bukanlah perkara mudah, ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan, terlebih jika jabatan yang tersedia memerlukan keahlian khusus.

Akan sangat penting bagi Anda memiliki pengalaman dalam menghadapi berbagai karakteristik kandidat untuk mengetahui secara mendalam siftat asli mereka hanya dari proses wawancara dan CV yang mereka berikan.

Disisi lain, untuk kemudahan proses pengelolaan manajamen data karyawan dan proses HR, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR yang mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan memiliki harga terjangkau.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Tips Memilih Kandidat Karyawan Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *