Cara Membuat Tentang Saya di CV agar Menarik

tentang saya cv 1

CV Anda adalah dokumen yang menampilkan gambaran diri Anda sebagai kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi yang Anda lamar. Mencantumkan bagian “tentang saya” dalam CV Anda dapat membantu Anda menonjol sebagai kandidat yang ingin dipelajari lebih lanjut oleh manajer perekrutan atau perekrut, yang dapat membantu Anda mendapatkan wawancara.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan bagian “tentang saya” dalam CV, manfaat menyertakan bagian “tentang saya”, dan contoh cara menulisnya.

Apa yang Dimaksud dengan Bagian ‘Tentang Saya’ dalam CV?

‘Tentang saya’ dalam CV adalah tempat Anda mendeskripsikan kepribadian Anda yang meliputi kekuatan, keterampilan, keahlian, pencapaian profesional, dll.

Karena ini bukan profil pribadi tetapi profil profesional, maka harus mencakup hal-hal berikut:

Gelar profesional Anda: Ini harus dijelaskan dengan jelas agar pembaca dapat memahami pengalaman kerja Anda yang relevan, detail latar belakang profesional, dan jenis tanggung jawab yang ingin Anda lakukan.

Keahlian dan pencapaian: Anda harus menyoroti keterampilan Anda yang relevan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Menyertakan pencapaian profesional akan membantu Anda menambahkan bobot ekstra pada CV Anda.

Tujuan karir: ‘Tentang saya’ dalam CV juga harus menyertakan tujuan karir jangka pendek dan jangka panjang yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Hal ini akan memberikan manajer perekrutan sebuah gambaran tentang bagaimana Anda melihat diri Anda di masa depan dan juga memberikan gambaran sekilas tentang perjalanan karir Anda.

Area lain yang perlu dimasukkan dalam bagian “tentang saya”

CV Anda bukan satu-satunya area di mana bagian “tentang saya” dapat membantu Anda menonjol di mata perekrut dan manajer perekrutan.

Hal-hal seperti surat lamaran dan profil jejaring sosial profesional Anda dapat menyertakan bagian “tentang saya” yang lebih rinci.

Bagian “tentang saya” dalam surat lamaran dan profil profesional harus mengikuti struktur yang sama dengan bagian “tentang saya” dalam CV. Namun, bagian ini bisa lebih panjang jika Anda perlu menyertakan pengalaman dan pencapaian yang lebih relevan.

Baca juga: 12 Tantangan Manajemen Kinerja yang Harus Dipahami

Manfaat dari Bagian CV “Tentang Saya”

Ada beberapa manfaat dari menyertakan bagian “tentang saya” dalam CV Anda, termasuk:

Bagian ini merangkum seluruh CV Anda

Bagian “tentang saya” akan meringkas secara singkat informasi terpenting yang Anda ingin pembaca ketahui dari CV Anda. Jika perekrut atau manajer perekrutan tidak memiliki banyak waktu untuk memilah-milah CV, bagian “tentang saya” dapat membantu Anda dengan cepat menonjol dari kandidat lain.

Bagian ini menggambarkan citra profesional Anda

Bagian “tentang saya” menambahkan karakter pada CV Anda dengan menggunakan contoh spesifik dari keahlian yang Anda cantumkan di seluruh CV.

Cobalah untuk memasukkan kata-kata deskriptif dan kata kerja aksi yang menunjukkan kepribadian Anda dan mengidentifikasi merek profesional pribadi yang ingin Anda gambarkan.

Ini mengukur pengalaman Anda.

Bagian “tentang saya” adalah tempat yang ideal untuk menyoroti pencapaian profesional terbesar Anda dengan menggunakan deskripsi yang mengukur nilai Anda.

Baca juga: Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

Bagaimana Cara Menulis ‘Tentang Saya’ dalam CV?

Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda menulis ‘Tentang Saya’ yang efektif dalam CV

Identitas

Ini adalah langkah pertama untuk menulis tentang diri Anda dalam CV. Anda harus bisa mengidentifikasi dan mencantumkan gelar profesional Anda dengan jelas.

Berdasarkan peran Anda sebelumnya, Anda harus mendefinisikan dengan jelas jabatan Anda dan pengalaman profesional yang relevan yang Anda miliki.

Jika Anda adalah seorang yang baru, istilah seperti ‘entry level professional’ dapat digunakan di bagian ini. Bingung dengan gelar profesional yang akan digunakan? Baca artikel kamu tentang Cara Memasukan Professional Achievements dalam Resume.

Memeriksa jabatan dari perusahaan target Anda adalah langkah yang cerdas! Selain itu, menjelajahi situs-situs seperti LinkedIn dapat membantu Anda menyebutkan jabatan Anda berdasarkan peran Anda sebelumnya dengan lebih jelas.

Jelaskan

Di sinilah Anda mendeskripsikan diri Anda, menyoroti latar belakang profesional Anda, dan kekuatan Anda serta memproyeksikan diri Anda sebagai kandidat potensial terbaik untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Soft skill, kemampuan teknis, pengalaman profesional, pencapaian profesional Anda – semua memainkan peran yang baik untuk menggambarkan citra yang kuat tentang Anda sebagai kandidat yang berkualitas.

Tuliskan garis besar

Manajer perekrutan ingin memahami bagaimana Anda memandang jalur karier Anda. Oleh karena itu, menguraikan tujuan karir jangka pendek dan jangka panjang sehubungan dengan posisi yang Anda lamar sangatlah penting.

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

tentang saya cv 2

Contoh ‘Tentang saya’ dalam CV

Penting untuk dicatat bahwa ‘Tentang saya’ dalam CV untuk para pekerja baru sangat berbeda dengan CV seorang profesional yang sudah berpengalaman.

Sementara orang yang berpengalaman bisa menyoroti keahliannya, pengalamannya, dan lain-lain, seorang fresh graduate hanya bisa mengandalkan CV yang semenarik mungkin.

Tambahkan kata-kata ini ketika Anda menulis tentang diri Anda dalam CV: Fleksibel, Berpengalaman, Termotivasi, Proaktif, Dapat diandalkan, Energik, Inovatif, Pemula.

Berikut ini adalah beberapa contoh ‘Tentang saya’ di CV untuk berbagai macam profesi, untuk memberi Anda gambaran kasar tentang bagaimana Anda dapat menggunakan keterampilan, pencapaian profesional, kualitas, dll. di bagian ini:

Customer service executive

Customer service executive yang berkualitas dengan sikap positif dan pendekatan yang ramah. Saya memiliki pengalaman yang luas dalam keterlibatan pelanggan, transaksi pelanggan, dan melayani pertanyaan pelanggan dengan bantuan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif, multi-tasking, dan keterampilan interpersonal yang kuat.

Saya juga telah menerima sejumlah penghargaan dari rekan sejawat dan ulasan positif dari pelanggan untuk menangani keluhan pelanggan selama 5 tahun karier saya di bidang layanan pelanggan yang sangat baik. Saya telah membantu meningkatkan average repeat customer scores di hampir semua perusahaan tempat saya bekerja.

Saat ini saya sedang mencari posisi supervisor tim layanan pelanggan untuk melanjutkan pertumbuhan karier saya di bidang manajemen.

Baca juga: CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

Business executive

Business executive yang terorganisir dengan baik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam merencanakan strategi pemasaran dan menciptakan bisnis baru.

Karena latar belakang pendidikan saya di bidang manajemen, kemampuan pemecahan masalah yang mendalam, analisis, dan kemampuan menangani tim, saya berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan saya sebelumnya sekitar 25%.

Saya juga menerima penghargaan ‘Manager Of The Year Award’ pada jabatan sebelumnya. Untuk melanjutkan pertumbuhan karier saya, saya mencari posisi Direktur Eksekutif di perusahaan Anda.

Penulis konten

Telah menulis artikel tentang makanan dan gaya hidup. Seiring dengan minat saya dalam menulis, saya telah mendapatkan penghargaan untuk fotografi saya di berbagai kompetisi internasional.

Karena kemampuan menulis dan penelitian saya serta minat saya dalam perjalanan, saya mencari posisi Travel Writer di perusahaan Abc.

Baca juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

Data science (Fresh Graduate)

Sebagai lulusan teknik di bidang Ilmu Komputer, saya telah melakukan lima kali magang di bidang data science di berbagai organisasi.

Karena pengalaman magang saya, saya terampil dalam pembersihan dan transformasi data, analisis data statistik, pemrograman Python, dan Pengembangan Bisnis. Saya mencari posisi Junior Data Scientist di perusahaan Anda.

Ahli SEO

Memiliki pengalaman 4 tahun sebagai spesialis SEO. Selama bertahun-tahun ini saya telah menjadi ahli dalam HTML, CSS, PHP, blogging, plugin SEO, pemasaran media sosial, dan pemasaran digital.

Sebagai seorang ahli SEO, saya selalu mengikuti tren pasar dan meningkatkan keterampilan saya dengan bantuan kursus online dari waktu ke waktu.

Dengan pengetahuan dan pengalaman saya, saya telah mampu meningkatkan situs web klien saya, memungkinkan mereka untuk mendapatkan peringkat yang tinggi.

Baca juga: Tips Memilih Kandidat Karyawan Terbaik

Chef

Koki profesional dengan 10 tahun pengalaman luas dalam masakan kontinental. Telah mengelola layanan makan hingga 100 meja.

Semangat tim dan sikap positif saya membantu saya dalam mengelola dan memotivasi staf untuk bekerja dengan baik. Saya adalah koki eksekutif bersertifikat dan karena keahlian saya dan ulasan pelanggan yang positif telah terdaftar di Top 20 Chef Kontinental oleh majalah Xyz.

Manajer proyek

Seorang manajer proyek bersertifikat PMP dengan pengalaman lebih dari 4 tahun. Dalam peran saya sebelumnya, saya telah menguasai semua tahapan siklus hidup proyek mulai dari awal hingga pemantauan hingga penutupan dan menyelesaikan proyek yang memenuhi batas waktu dan anggaran.

Di perusahaan Anda, saya mencari tanggung jawab yang lebih besar sebagai Manajer Proyek Senior untuk membawa karier saya ke depan.

Baca juga: Pengertian Open Interview dan Tips Sukses Melakukannya

gajihub 1

Tips untuk Menulis ‘Tentang Saya’ Terbaik dalam CV

Singkat dan jelas

Bagian ‘Tentang saya’ harus jelas dan efektif. Bagian ini harus membentuk citra positif tentang Anda saat pertama kali dibaca. Anda harus menggunakan pernyataan yang jelas tentang kekuatan, pengalaman, dan pencapaian utama Anda. Menyebutkan kelemahan Anda harus dihindari di bagian ini.

Jujur dan rendah hati

‘Tentang Saya’ dalam CV bukan hanya cermin dari profil profesional Anda, tetapi juga membantu untuk mengintip kepribadian Anda. Oleh karena itu, selain harus tajam dan jelas, Anda juga harus jujur dan rendah hati di bagian ini.

Karena ini adalah bagian pertama yang dibaca oleh hiring manager dalam CV Anda, ada kemungkinan Anda akan menghadapi banyak pertanyaan berdasarkan bagian ini selama wawancara kerja.

Oleh karena itu, tidak jujur di bagian ‘Tentang saya’ dapat menimbulkan masalah bagi Anda selama pertanyaan wawancara. Selain itu, meskipun Anda harus menyoroti keahlian Anda, Anda harus menahan diri untuk tidak membanggakan diri Anda di bagian ini.

Lakukan proofreading

Ini adalah satu langkah yang tidak boleh Anda lupakan dengan cara apa pun. Kesalahan di awal CV Anda mungkin akan berdampak bagi manajer perekrutan untuk membacanya.

Juga setelah ditulis, Anda harus membaca dengan keras bagian ini untuk melihat apakah sudah terdengar dengan baik dan mencari kesalahan tata bahasa atau pernyataan yang tidak dimengerti yang mungkin Anda buat di bagian ini.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Sederhana yang Bisa Anda Download

Buatlah relevan dengan deskripsi pekerjaan

Motif dari ‘Tentang saya’ dalam CV adalah untuk menarik perhatian pembaca dan membuat Anda menonjol sebagai kandidat potensial.

Oleh karena itu, membaca deskripsi pekerjaan dengan baik dan menyebutkan semua keterampilan utama di bagian ini bisa sangat berguna.

Anda bisa menemukan kata kunci dalam deskripsi pekerjaan dan menggunakan kata kunci yang sama di bagian ini untuk membuatnya lebih efektif.

Mengikuti tren pasar

Seiring dengan perkembangan pasar, tren perekrutan karyawan juga berubah. Oleh karena itu, Anda harus terus mengikuti perkembangan kondisi pasar.

Jadi, apakah itu dengan meningkatkan keterampilan diri Anda atau mengawasi jabatan, pengalaman, atau persyaratan lain dari industri ini, kuncinya adalah menyadari dan memastikan bahwa peran saat ini menawarkan peluang yang lebih baik daripada pengalaman Anda sebelumnya.

Baca juga: Berbagai Contoh Kompensasi Non Finansial dan Manfaatnya

Kesmpulan

Bagian ‘Tentang saya’ adalah tentang menulis sebuah presentasi singkat dan menarik tentang diri Anda untuk CV.

Sementara para profesional berpengalaman memiliki banyak hal yang harus disebutkan dalam CV mereka karena tingkat pengalaman mereka, mungkin sedikit sulit bagi para pekerja baru untuk memahami apa yang harus mereka sebutkan dalam CV mereka.

Oleh karena itu, untuk mahasiswa atau kandidat pemula, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan istilah-istilah yang menggambarkan sifat-sifat kepribadian atau soft skill mereka dan yang dapat membantu dalam pekerjaan yang ditugaskan.

Menggunakan istilah-istilah seperti bersemangat, cepat belajar, kemampuan komunikasi yang baik, mudah bergaul, termotivasi, efisien, tepat waktu, sabar bisa sangat membantu.

Sebagai contoh: Jika Anda melamar pekerjaan sales, sebutkan sifat-sifat seperti kemampuan interpersonal yang sangat baik, semangat untuk bepergian, termotivasi dan pendekatan yang positif akan membantu menggambarkan Anda sebagai kepribadian yang cocok untuk pekerjaan tersebut.

Demikian pula, jika Anda melamar pekerjaan guru sebagai pekerjaan pertama Anda, sifat-sifat seperti antusias, eksperimental, terbuka pada ide-ide baru, memiliki hubungan yang baik dengan anak-anak, dan sebagainya adalah beberapa istilah yang dapat digunakan.

Terakhir, mengambil sedikit bantuan dari contoh yang diberikan di atas dapat membantu Anda membentuk ide yang baik tentang bagaimana ‘Tentang saya’ dalam CV Anda harus dibentuk.

Membuatnya singkat dan jelas serta mencantumkan pengalaman, keterampilan, dan keahlian Anda dengan baik akan membantu Anda menyusun CV yang efektif yang menonjol dari yang lain dan memproyeksikan Anda sebagai kandidat yang menarik.

Disisi lain, sebagai tim HR atau pemilik bisnis, Anda harus selektif memastikan mana kandidat yang jujur dalam menulis ‘Tentang saya’ dalam CV meraka. Salah satu cara yang Anda dapat lakukan adalah dengan memberikan pertanyaan teknis atau melakukan tes terkait pekerjaan yang ia lamar.

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan software HR dan payroll modern untuk mempermudah proses pengelolaan data karyawan dalam bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap seperti penghitungan payroll yang terintegrasi dengan data kehadiran karyawan, penghitungan tunjangan dan PPh otomatis, manajemen cuti dan pencatatan kehadiran karyawan secara mobile melalui smartphone, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Cara Membuat Tentang Saya di CV agar Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *