Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

CV fresh graduate

CV dibutuhkan ketika Anda ingin melamar kerja. Bagi lulusan baru atau fresh graduate membutuhkan CV fresh graduate yang sesuai mengingat banyak di antara lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja.

Apakah Anda tahu cara membuat CV fresh graduate yang sesuai? Karena belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, ada beberapa bagian yang berbeda dengan CV pada umumnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai CV fresh graduate ini, Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Pengertian CV

Buat lulusan baru atau fresh graduate, CV jadi sesuatu yang wajib diketahui. CV ini akan menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan ketika melamar pekerjaan.

Nah, sebenarnya apa sih CV itu? CV atau singkatan dari Curriculum Vitae merupakan dokumen yang di dalamnya berisi pencapaian akademis dan juga profesional.

CV dibuat dalam format daftar kronologis yang di dalamnya berisi pendidikan dan pengalaman pekerjaan. Tidak ada aturan khusus mengenai berapa halaman CV dibuat, namun semakin banyak pencapaian dan pengalaman, maka semakin tebal CV yang dibuat.

Baca Juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

Format CV Fresh Graduate

cv fresh graduate

Ada beberapa format yang dimiliki oleh CV fresh graduate yang biasanya berbeda dengan jenis CV lainnya, yaitu:

  1. Informasi mengenai latar belakang pendidikan formal dan pelatihan seperti kursus. Anda juga bisa mencantumkan informasi mengenai prestasi yang Anda miliki jika ada;
  2. Cantumkan pengelaman kerja yang pernah Anda lakukan. Termasuk di dalamnya tugas dan tanggung jawab yang Anda pegang;
  3. Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkan pengalaman organisasi ataupun kepanitiaan yang pernah Anda ikuti selama sekolah atau selama Anda kuliah;
  4. Cantumkan informasi terkait aktivitas Anda lainnya, seperti mengikuti seminar atau kegiatan sosial. Jika Anda memiliki sertifikat kegiatan tersebut, Anda bisa melampirkannya;
  5. Data-data pribadi Anda, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi.

Baca Juga: Pengertian Personalia, Fungsi, Lingkup Tugas, Tujuan dan Prinsipnya

Cara Membuat CV Fresh Graduate yang Baik

Agar CV fresh graduate Anda bisa menarik HRD, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan, yakni:

1. Perhatikan Tata Letak

Cara pertama yang harus Anda perhatikan ketika membuat CV fresh graduate adalah perhatikan tata letak CV Anda. Perlu diketahui, saat ini ada 2 (dua) jenis CV yakni CV kreatif dan CV biasa.

Perbedaan antara CV kreatif dengan CV biasa adalah terkait desainnya. Memang, sebisa mungkin Anda harus membuat CV yang menarik, namun pastikan HRD tidak kebingungan saat membaca CV Anda.

Jadi, Anda harus memperhatikan tata letak CV Anda. Pastikan Anda sudah tepat dalam meletakan informasi-informasi tentang Anda dan juga foto Anda.

2. Data Diri dan Informasi Kontak Anda

Selain memperhatikan desain CV yang dibuat, Anda juga wajib membubuhkan informasi mengenai data diri dan kontak Anda dengan benar. Informasi data diri adalah hal dasar agar HRD bisa mengetahui siapa diri Anda.

Sedangkan kontak akan membantu HRD dalam menghubungi Anda untuk proses rekrutmen selanjutnya. Anda bisa mengisi kontak ini dengan alaman email, nomor telepon, hingga akun media sosial Anda.

Biasanya HRD akan mengecek media sosial Anda dan melihat bagaimana perilaku Anda di media sosial. Jadi, pastikan Anda membuat personal branding yang baik di media sosial.

3. Rangkuman Pengalaman yang Dimiliki

Selain data diri dan kontak yang bisa dihubungi, cara selanjurnya adalah dengan membuat rangkuman pengalaman yang dimiliki. Bagi Anda yang telah memiliki pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkan pengalaman kerja Anda di sini.

Bagi fresh graduate Anda bisa mencantumkan pengalaman organisasi atau pengalaman mengikuti kegiatan sosial selama kuliah atau sekolah.

4. Pencapaian Anda

Selain rangkuman pengalaman yang dimiliki, Anda juga bisa mencantumkan pencapaian Anda selama ini. Pencapaian yang dimaksud seperti pencapaian prestasi Anda selama sekolah atau kuliah.

Jika Anda memiliki prestasi dalam satu bidang, Anda bisa menyertakannya ke dalam CV ini. Prestasi ini dapat menjadi pertimbangan HRD dalam memilih Anda.

5. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan jadi bagian yang bisa Anda masukan ke dalam CV. Ada beberapa CV yang mencantumkan riwayat pendidikan dari sekolah dasar hingga pendidikan terakhir.

Namun ada juga CV yang hanya mencantumkan pendidikan terakhir dengan jurusan yang dipilih.

Baca Juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

6. Pengalaman Magang

Anda memiliki pengalaman magang? Ini bisa menjadi pertimbangan HRD dan Anda wajib menyertakannya ke dalam CV Anda.

Pengalaman magang ditulis dengan format tempat magang, waktu magang, hingga apa yang Anda kerjakan selama magang.

7. Kegiatan Sosial atau Sukarelawan

Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, pengalaman di kegiatan sosial atau sukarelawan bisa menjadi penggantu pengalaman kerja Anda. Makanya tidak heran jika banyak mahasiswa atau pelajar yang mencari kegiatan sosial selama mereka sekolah atau kuliah.

Pengalaman kegiatan sosial atau sukarelawan ini bisa menjadi pertimbangan HRD karena biasanya orang yang punya pengalaman kegiatan sosial memiliki kemampuan memimpin yang baik.

8. Skill atau Keterampilan

Skill atau keterampilan menjadi cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membuat CV fresh graduate yang menarik. Di tengah perkembangan digitalitasasi, ada banyak perusahaan yang lebih mempertimbangkan skill atau keterampilan dibandingkan pengalaman kerja.

Jika Anda memiliki skill penting bagi Anda untuk memasukannya ke dalam CV Anda. Dengan adanya keterangan skill atau keterampilan Anda, HRD bisa mempertimbangkan untuk menerima Anda karena Anda berkemampuan.

9. Hobi dan Minat

Hobi dan minat bisa menjadi bagian dari CV yang Anda buat. Tujuan dari adanya informasi hobi dan minat adalah agar bisa menciptakan work life balance.

Anda bisa mencantumkan hobi yang bisa mendukung pekerjaan Anda. Misalnya Anda melamar kerja sebagai desainer grafis, Anda bisa memasukan hobi menggambar ke dalam CV Anda.

gajihub 5

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

Tips CV Fresh Graduate

Berikut beberapa tips membuat CV fresh graduate yang bisa untuk Anda lakukan. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Buat Identitas Diri secara Lengkap

Tips yang pertama adalah buatlah identitas diri Anda secara lengkap. Mulai dari nama, tanggal lahir, kontak, hingga media sosial Anda. Lengkap ini juga berarti sesuai dengan yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

Jadi, Anda tidak perlu mencantumkan identitas diri yang tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda nantinya.

2. Deskripsikan Diri dengan Baik

Selain berupa daftar kronologis, ada bagian dalam CV yang berisi deskripsi diri Anda. Pastikan Anda mendeskripsikan diri Anda dengan baik. Buatlah deskripsi yang singkat, padat, dan jelas, terlebih karena bagian ini hanya berupa satu paragraf.

3. Lengkapi dengan Soft Skill dan Hard Skill

Anda juga perlu melengkapi CV Anda dengan soft skill dan hard skill yang Anda miliki. Soft skill ini dapat berupa kemampuan Anda yang berhubungan dengan kepribadian seperti kemampuan kepemimpinan, kemampuan komunikasi, hingga kemampuan kerjasama.

Sedangkan hard skill berhubungan dengan kemampuan yang Anda dapat dari pelatihan, pendidikan, hingga dari program magang.

4. Pengalaman dan Prestasi

Pengalaman dan prestasi wajib untuk ditulis ketika Anda membuat CV. Meski Anda masih berstatus sebagai lulusan baru, namun pengalaman dan prestasi yang Anda miliki bisa menjadi nilai lebih bahwa Anda memiliki kemampuan di bidang tersebut.

5. Berikan Link Portofolio

Selain pengalaman dan prestasi, Anda juga perlu memberikan link portofolio Anda. Portofolio adalah hasil karya yang bisa mendukung pekerjaan Anda kedepannya.

Misalnya Anda ingin melamar sebagai penulis konten, Anda bisa mencantumkan link portofolio blog, website, atau tulisan yang dimuat di media. Begitu pula ketika Anda melamar kerja di bidang desain, Anda bisa menyertakan link media sosial tempat desain Anda dipublish.

6. Perhatikan Desain CV

Desain juga jadi bagian yang wajib untuk Anda pertimbangkan. Memang tidak ada salahnya jika Anda membuat desain semenarik mungkin, namun jika terlalu melenceng dari formal, HRD justru tidak akan tertarik dengan CV Anda.

Buatlah desain yang menarik namun tetap bisa menujukan sisi formal. Anda juga bisa menyesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika berhubungan dengan pekerjaan formal seperti keuangan, buatlah CV seformal mungkin.

gajihub 2

Baca Juga: Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Contoh CV Fresh Graduate

Berikut beberapa contoh CV fresh graduate yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat CV:

Contoh Satu

contoh satu

Contoh Dua

contoh dua

Contoh Tiga

contoh cv

Contoh Empat

contoh cv fresh graduate

Contoh Lima

cv fresh graduate

Baca Juga: Peraturan Magang di Indonesia Menurut Undang-Undang

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai CV fresh graduate yang wajib untuk Anda ketahui. Pengelolaan karyawan menjadi bagian penting bagi sebuah perusahaan. Pengelolaan karyawan ini dilakukan tidak hanya kepada karyawan yang telah bekerja di perusahaan, tetapi juga kepada kandidat yang melamar kerja.

GajiHub hadir sebagai software payroll dan aplikasi HRIS yang akan membantu memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *