Career Capital: Pengertian dan Cara Mengembangkannya

career capital 1

Apakah Anda pernah mendengar tentang career capital? Jika belum mari kita bahas lebih jauh. Bayangkan jika Anda berencana berpindah industri sebagai seorang profesional yang sudah mapan, mungkin ini adalah hal yang sangat menantang, tetapi Anda sering kali memiliki keterampilan, pengetahuan, dan koneksi yang berguna untuk menemukan kesuksesan di bidang lain.

Penting untuk menentukan nilai Anda sebagai seorang profesional ketika membangun diri Anda di industri lain, sehingga Anda bisa mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

Para profesional industri yang sedang mencari perubahan karier dapat memperoleh manfaat dari mempelajari konsep ini dan bagaimana hal ini membantu pengembangan karier.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu career capital, mengapa penting bagi para profesional untuk membangunnya, bagaimana cara memanfaatkannya, dan beberapa tips untuk membantu Anda menggunakannya untuk karier Anda sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Career Capital?

Career capital adalah keterampilan, pengetahuan, kredensial, sifat kepribadian, sumber daya keuangan, atau koneksi apa pun yang membantu Anda menghasilkan nilai ekonomi atau menghasilkan pengaruh yang lebih besar di masa depan.

Para profesional sering menggunakan keterampilan dan pengalaman ini sebagai pengaruh dalam membangun karier mereka pada awalnya.

Career capital biasanya membantu para profesional berinvestasi dalam diri mereka sendiri dan mengembangkan berbagai sifat yang membantu mereka maju dalam karir mereka.

Career capital juga biasanya membantu orang dalam semua tahap kehidupan profesional mereka dengan mengembangkan nilai mereka sebagai karyawan dan membantu mereka mencapai posisi pekerjaan yang diinginkan.

Banyak orang mengembangkan career capital saat mereka memperoleh pendidikan, menerima peluang profesional baru, mendapatkan pengalaman hidup baru, dan secara sadar mengembangkan keterampilan tertentu.

Sebagian orang berfokus pada pengembangan keterampilan mereka dalam industri tertentu, sementara yang lain berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan berharga yang diperlukan untuk banyak industri.

Memilih jalur untuk mengembangkan career capital biasanya tergantung pada tujuan dan hasrat seorang profesional.

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

Mengapa Membangun Career Capital itu Penting?

Membangun career capital penting karena biasanya mempersiapkan para profesional untuk karier yang sukses di bidang yang mereka inginkan.

Berikut daftar manfaat dan alasan lain mengapa career capital penting bagi para profesional:

  • Merencanakan lintasan karier
  • Membangun personal branding Anda
  • Mendapatkan eksposur multidisiplin
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan kinerja karier
  • Melacak kemajuan tujuan Anda
  • Mendapatkan otonomi dalam karier Anda
  • Memastikan keberhasilan dalam semua tahap kehidupan
  • Mempelajari dan meningkatkan keterampilan yang berharga baik untuk kehidupan profesional maupun pribadi

Baca juga: Tugas Admin HRD dan Skill yang Dibutuhkan

career capital 2

Cara Meningkatkan Career Capital Anda

Ada banyak metode untuk meningkatkan career capital, dan para profesional sering memilih dan menyesuaikan metode ini untuk karier mereka sendiri.

Pertimbangkan daftar umum langkah-langkah untuk meningkatkan career capital Anda untuk industri baru:

1. Pertimbangkan apa yang bisa Anda tawarkan

Langkah pertama dalam memanfaatkan career capital adalah menemukan apa yang dapat Anda tawarkan kepada industri yang Anda inginkan atau posisi spesifik yang Anda cari.

Pertimbangkan keterampilan, pengetahuan, koneksi, dan manfaat tambahan yang Anda miliki yang dihargai oleh industri atau posisi yang Anda inginkan dalam diri seorang profesional.

Penting juga untuk mempertimbangkan sifat-sifat yang mungkin Anda kembangkan dalam industri karena ini dapat membantu Anda menentukan cara untuk maju sebagai seorang profesional secara umum atau di bidang yang Anda inginkan.

Salah satu cara untuk menentukan bagaimana mengembangkan sifat-sifat tambahan untuk suatu industri adalah dengan mengamati beberapa profesional lain dalam hidup Anda.

Pertimbangkan keterampilan yang telah digunakan rekan-rekan Anda dan bagaimana mereka menggunakannya untuk maju di jalur karier mereka sendiri.

Anda juga dapat berpikir untuk mengembangkan beberapa keterampilan tersebut untuk diri Anda sendiri.

Berinvestasi dalam upaya bimbingan dengan seorang profesional industri yang berpengalaman juga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk suatu industri.

2. Terus belajar

Penting untuk terus belajar sepanjang karier Anda, karena hal ini dapat membantu Anda meningkatkan career capital Anda.

Misalnya, Anda dapat mempraktikkan pembelajaran berkelanjutan melalui pekerjaan Anda dengan menerima tugas-tugas baru, bekerja dengan orang-orang baru, dan mengembangkan keterampilan baru.

Kesempatan lain untuk terus belajar termasuk menghadiri kelas formal dan informal, lokakarya, konferensi, dan acara-acara lain yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kadang-kadang pembelajaran berkelanjutan tidak selalu membutuhkan upaya sadar. Anda dapat mengamati rekan-rekan Anda, supervisor Anda, dan para pemimpin lainnya.

Terkadang berkonsultasi dengan mentor juga dapat membantu Anda mempelajari keterampilan baru dan membuat koneksi baru, terutama ketika orang tersebut memiliki pengalaman dalam industri yang Anda inginkan.

Baca juga: 360 Degree Feedback: Pengertian Lengkap dan Contoh Pertanyaannya

3. Meminta feedback

Umpan balik atau feedback adalah cara penting untuk menentukan dan memfokuskan kembali kemajuan Anda karena sering kali membantu para profesional mempelajari apa yang berhasil mereka lakukan dan aspek atau tindakan apa yang mungkin memerlukan perbaikan.

Beberapa supervisor dan pemimpin mungkin tidak selalu memberikan umpan balik yang konsisten, jadi meminta bantuan seorang mentor dalam situasi ini juga dapat membantu Anda.

Umpan balik dari individu berpengalaman yang pernah berada dalam situasi yang sama dapat memberi Anda kiat atau saran yang terfokus untuk mencapai tujuan Anda. Mentor juga biasanya menawarkan ruang di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan dengan nyaman.

4. Bersikap terbuka terhadap perubahan

Kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas sering menguntungkan para profesional karena teknologi, pasar kerja dan aspek profesional lainnya di dunia terus berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Tetap terbuka terhadap perubahan seiring dengan pergeseran iklim profesional dan ekonomi dapat membantu Anda mempertahankan kesuksesan Anda dan bertransisi ke area baru di mana Anda mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar.

Memasukkan fleksibilitas ke dalam career capital Anda juga dapat membantu Anda bertransisi ke bidang-bidang alternatif jika Anda memutuskan untuk mengubah karier atau mengejar posisi yang berbeda.

Salah satu cara agar Anda tetap terbuka terhadap perubahan adalah dengan mempelajari keterampilan baru atau mendapatkan kredensial yang dapat Anda terapkan pada industri yang berbeda.

Baca juga: Tugas Staff Operasional dan Skill yang Dibutuhkan

5. Tetapkan tujuan

Sasaran biasanya membantu para profesional untuk tetap fokus, melacak kemajuan mereka, dan menjaga diri mereka tetap bertanggung jawab.

Beberapa orang menetapkan tujuan yang lebih kecil yang membantu mereka maju untuk menyelesaikan tujuan jangka panjang yang lebih besar. Saat menetapkan sasaran Anda sendiri, pastikan sasaran tersebut tetap realistis dan sesuai.

Ini berarti menetapkan sasaran yang dapat Anda selesaikan secara wajar dalam jangka waktu tertentu. Ini juga berarti menetapkan sasaran yang membantu Anda mencapai karier yang Anda inginkan.

Misalnya, sasaran kecil yang terdiri dari pengembangan keterampilan baru dapat membantu Anda mencapai sasaran jangka panjang untuk memajukan karier Anda.

6. Bersabarlah

Mencapai tujuan, mempelajari keterampilan baru, dan memajukan karier Anda biasanya membutuhkan banyak usaha dan waktu.

Menyadari hal ini dapat membantu para profesional belajar bagaimana terus bekerja mencapai tujuan mereka sambil membuat kemajuan dalam rencana jangka panjang.

Kesabaran juga dapat membantu para profesional menganalisis tindakan mereka di masa sekarang dan bagaimana tindakan tersebut dapat memengaruhi masa depan mereka.

Kesabaran terkadang memberikan para profesional alat untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan membuat koneksi.

Ketika Anda menyadari bahwa beberapa hal memerlukan waktu, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk fokus pada masa kini dan memastikan bahwa Anda mempersiapkan diri secara memadai untuk masa depan.

Baca juga: 25+ Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

gajihub 2

Tips untuk Mengambangkan Career Capital Anda

Pertimbangkan tips berikut ini ketika mengembangkan dan memanfaatkan career capital Anda:

Bekerja di perusahaan yang mapan dengan reputasi kinerja tinggi

Bekerja di perusahaan dengan reputasi kinerja tinggi dapat membantu Anda meningkatkan kinerja Anda sendiri dalam industri yang Anda inginkan dengan memberi Anda sumber daya dan dukungan untuk mengejar kesuksesan.

Perusahaan-perusahaan ini sering melibatkan orang-orang yang sangat produktif yang dapat membantu Anda membangun jaringan dan keterampilan Anda.

Meskipun perusahaan-perusahaan ini biasanya bukan tempat kerja yang diinginkan oleh para profesional, namun biasanya perusahaan-perusahaan ini membantu membangun career capital.

Beberapa contoh dari perusahaan-perusahaan ini termasuk perusahaan konsultan, jasa akuntansi dan penasihat, rekayasa perangkat lunak atau bisnis ilmu data, perusahaan nirlaba dan posisi dalam perusahaan media besar.

Bergabung dengan organisasi profesional

Beberapa organisasi profesional juga membantu para profesional mengembangkan jaringan mereka dan belajar tentang peluang atau acara pengembangan karier baru. Berikut daftar manfaat bergabung dengan organisasi profesional:

  • Melanjutkan pendidikan dengan belajar tentang praktik dan kebijakan industri saat ini
  • Meningkatkan prospek kerja dengan membangun jaringan dengan profesional lainnya
  • Berpartisipasi dalam program bimbingan
  • Terhubung dengan para pemimpin dalam suatu industri
  • Mengakses sumber daya seperti publikasi dan pertemuan
  • Mendapatkan perspektif baru tentang suatu topik atau ide
  • Meningkatkan visibilitas Anda sendiri sebagai seorang profesional
  • Memperoleh bantuan sertifikasi dan mendapatkan kredensial baru
  • Bertemu orang-orang dengan minat yang sama

Mengikuti sekolah pascasarjana

Mengikuti program pascasarjana yang memberikan Anda relevansi dan opsi cadangan dapat membantu Anda mengembangkan career capital Anda.

Misalnya, pertimbangkan program yang melibatkan ekonomi, pembelajaran mesin, hubungan internasional, kebijakan publik dan bidang terkait lainnya.

Anda mungkin menemukan bahwa mata pelajaran ini memberi Anda pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja di berbagai industri yang berbeda.

Sebagian besar profesional bisa mendapatkan manfaat dari mengejar studi tambahan untuk mendapatkan career capital umum, meskipun Anda mungkin lebih fokus pada gelar pascasarjana atau Master jika tujuan Anda terutama melibatkan bekerja di bidang akademis.

Baca juga: 8 Jenis Tes Kepribadian yang Sering Digunakan Perusahaan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai career capital dalam pengembangan karir dan tips yang bisa Anda gunakan dalam meningkatkan career capital diri Anda sendiri.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau bagian dari tim HR yang sedang membutuhkan solusi untuk kemdahan pengelolaan HR dan payroll dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HRIS online yang tidak hanya akan membuat proses pengelolaan HR menjadi lebih praktis, namun juga akan memudahkan karyawan Anda dalam melakukan pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, sampai melihat slip gaji secara online melalui smartphone.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

1 thought on “Career Capital: Pengertian dan Cara Mengembangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *