360 Degree Feedback: Pengertian Lengkap dan Contoh Pertanyaannya

360 Degree Feedback 1

Dengan mempraktikkan 360 degree feedback, karyawan di semua level dapat meninjau kinerja rekan kerja mereka.

Sebagai pemilik bisnis atau bagian tim HR, Anda bisa mendapatkan manfaat dari 360 degree feedback karena memungkinkan semua aspek pekerjaan karyawan dipertimbangkan selama peninjauan kinerja.

360 degree feedback juga dapat memberikan wawasan tentang hubungan kerja, karena berbagai orang meninjau pekerjaan satu sama lain. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu 360 degree feedback dan mengeksplorasi cara menggunakannya di tempat kerja.

Apa itu 360 Degree Feedback?

Survei 360 degree feedback adalah metode pengumpulan informasi secara anonim tentang kekuatan dan bidang peluang karyawan tertentu dari beberapa orang di seluruh organisasi.

Kuesioner 360 degree feedback sering diberikan kepada rekan kerja, bawahan langsung dan tim HR untuk mengumpulkan pendapat tentang bagaimana kinerja karyawan di bidang-bidang seperti kepemimpinan, komunikasi, kerja tim dan keterampilan khusus yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pemberi kerja juga dapat memberikan kuesioner kepada karyawan yang sedang dievaluasi untuk mengevaluasi sendiri kinerja mereka dan bidang-bidang kekuatan dan peluang untuk berkembang.

Survei 360 degree feedback biasanya mencakup serangkaian pertanyaan yang dijawab dengan menggunakan skala penilaian.

Kuesioner biasanya mencakup antara 50 dan 100 area untuk dinilai pada skala yang dapat berkisar antara satu hingga sepuluh, dengan satu berarti karyawan perlu perbaikan dan sepuluh berarti mereka unggul di bidang itu.

Survei-survei ini juga dapat mencakup beberapa pertanyaan terbuka yang memungkinkan individu untuk mengisi kuesioner untuk menguraikan alasan mereka untuk jawaban tertentu.

Setelah semua kuesioner selesai, informasi dikumpulkan untuk membuat laporan yang menunjukkan kekuatan dan area untuk pengembangan karyawan yang sedang dinilai.

Hasil-hasil ini dapat membantu karyawan memahami bagaimana kinerja mereka dipandang oleh orang lain di tempat kerja dan merefleksikan bidang-bidang yang dapat mereka tingkatkan.

Baca juga: JKK dan JKM: Pengertian, Regulasi, Manfaat, dan Iurannya

Bagaimana Cara Kerja 360 Degree Feedback?

360 degree feedback melibatkan pendistribusian, penyelesaian, dan pengajuan survei secara anonim, biasanya melalui platform online.

Proses ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengatur karyawan ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan bagaimana mereka berhubungan dengan karyawan yang sedang ditinjau, seperti rekan kerja yang mereka temui setiap hari, manajer yang mengawasi kinerja mereka, dan rekan-rekan di kantor yang mungkin berinteraksi dengan mereka.

Kelompok karyawan yang dipilih untuk melakukan peninjauan kemudian menyelesaikan survei, yang mengajukan pertanyaan berbasis kompetensi tentang kinerja dan keterampilan kerja seseorang, seperti mencapai sasaran, keterampilan komunikasi dan keterampilan kepemimpinan.

Semua tanggapan bersifat anonim, sehingga karyawan dapat berbicara secara bebas dan terbuka tentang pengamatan mereka.

Karyawan yang sedang ditinjau juga melengkapi survei, sehingga mereka dapat membandingkan evaluasi diri mereka dengan tanggapan yang mereka terima dari peserta lain dalam survei.

Baca juga: 4 Jenis dan 17 Indikator Penilaian Kinerja Karyawan

Siapa Saja yang Bisa ikut Serta dalam 360 Degree Feedback?

Karyawan di tingkat mana pun di kantor dapat memberikan 360 degree feedback dan menerimanya.

Namun, karyawan yang memberikan umpan balik perlu dilatih dengan baik dalam prosesnya dan harus memiliki pengalaman memberikan umpan balik yang objektif dan konstruktif.

Dengan membuka praktik 360 degree feedback kepada semua karyawan, perusahaan dapat mengumpulkan informasi yang lebih menyeluruh tentang bagaimana kinerja karyawan mereka di tempat kerja, karena umpan balik berasal dari berbagai sumber yang berinteraksi dengan karyawan yang sedang ditinjau dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Manfaat Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

Apa Manfaat dari 360 Degree Feedback?

Proses 360 degree feedback menawarkan banyak manfaat. Beberapa manfaat dari 360 degree feedback termasuk kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari beragam sumber yang berbeda dan menggunakan informasi tersebut untuk menawarkan umpan balik yang membangun bagi karyawan.

360 degree feedback juga dapat meningkatkan kerja sama tim dan akuntabilitas dengan membuat setiap karyawan sadar bahwa mereka semua mungkin akan mengambil bagian dalam evaluasi kinerja satu sama lain, yang dapat mendorong setiap orang untuk bekerja lebih efektif.

Selain itu, 360 degree feedback dapat mengidentifikasi area kantor yang mungkin memerlukan perbaikan dengan mengungkapkan operasi mana di tempat kerja yang dapat menjadi tantangan bagi karyawan untuk diselesaikan.

Salah satu manfaat paling jelas dari 360 degree feedback adalah nilai yang bisa ditambahkan pada tindakan individu dan kontribusi yang diberikan karyawan kepada perusahaan, karena rekan kerja bisa saling memuji keberhasilan satu sama lain dan mengidentifikasi tindakan positif yang mungkin tidak disadari oleh para profesional manajemen tingkat tinggi.

Baca juga: 13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

Berapa Banyak Pertanyaan yang Harus Anda Ajukan dalam Survei 360 Degree Feedback?

Jumlah pertanyaan pada survei 360 degree feedback dapat bervariasi di seluruh perusahaan dan bergantung pada beberapa faktor, seperti aspek kinerja mana yang sedang dievaluasi dan seberapa cepat perputaran umpan balik yang dibutuhkan.

Beberapa pertanyaan mungkin berlaku lebih dekat dengan tim tertentu di kantor, sementara yang lain mungkin berlaku lebih dekat dengan operasi manajerial.

Meskipun tidak ada standar untuk jumlah pertanyaan yang harus Anda sertakan dalam survei 360 degree feedback, Anda dapat menentukan berapa banyak pertanyaan yang Anda butuhkan dengan mempertimbangkan keterampilan dan perilaku apa yang ingin Anda tinjau dan memastikan Anda mencakup semua subjek yang relevan dalam survei Anda.

Anda juga dapat mendasarkan jumlah pertanyaan yang Anda gunakan pada berapa banyak karyawan yang ingin Anda evaluasi dan berapa banyak ulasan yang perlu diselesaikan oleh setiap karyawan terhadap rekan kerja mereka untuk memastikan bahwa Anda menggunakan waktu secara efektif.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

360 Degree Feedback 2

Beberapa Contoh Pertanyaan Kuesioner 360 Degree Feedback

Pemberi kerja dapat menggunakan kuesioner 360 degree feedback baik untuk mengevaluasi manajer saat ini maupun untuk menemukan calon pemimpin masa depan yang potensial dalam organisasi mereka.

Pemimpin yang efektif memotivasi dan menginspirasi tim mereka untuk berkinerja baik. Mengajukan pertanyaan 360 degree feedback yang tepat untuk manajer dapat membantu menunjukkan kepada Anda manajer mana yang efektif dalam peran mereka dan karyawan mana yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk pindah ke peran kepemimpinan.

Contoh pertanyaan 360 degree feedback untuk mengevaluasi manajer saat ini dalam organisasi Anda:

  • Apakah manajer ini efektif dalam memecahkan masalah?
  • Apakah manajer ini memperlakukan orang lain dengan hormat?
  • Apakah tindakan manajer ini menginspirasi pertumbuhan dan perkembangan orang lain?
  • Apakah manajer ini mampu menyelesaikan konflik dengan tepat?
  • Apakah Anda menerima umpan balik yang konstruktif dan bermanfaat dari manajer ini?
  • Apakah manajer ini bersedia memberikan bantuan dan umpan balik ketika Anda menginginkannya?
  • Ketika membuat keputusan penting, apakah manajer ini mempertimbangkan pendapat orang lain?
  • Apakah manajer ini secara konsisten memberi penghargaan kepada karyawan atas kinerja atau perilaku yang baik?
  • Apakah Anda merasa manajer ini menetapkan arah yang jelas yang selaras dengan strategi organisasi?
  • Apakah manajer ini selalu mengendalikan emosi dan perilaku, bahkan ketika dihadapkan pada situasi konflik atau stres yang tinggi?

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

Contoh pertanyaan 360 degree feedback untuk mengidentifikasi pemimpin potensial dalam organisasi Anda:

  • Apakah karyawan ini bertindak secara profesional?
  • Apakah karyawan ini menggunakan waktu mereka secara efektif?
  • Apakah Anda yakin karyawan ini jujur, etis dan dapat dipercaya?
  • Apakah karyawan ini telah menunjukkan bahwa mereka menerapkan umpan balik yang mereka terima untuk belajar dan tumbuh?
  • Apakah karyawan ini memprioritaskan kebutuhan pelanggan?
  • Apakah karyawan ini menunjukkan inisiatif untuk memecahkan masalah?
  • Apakah karyawan ini memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan?
  • Apakah karyawan ini menunjukkan inisiatif untuk memimpin proyek atau tugas tim?
  • Apakah Anda yakin karyawan ini mengetahui dan mewakili tujuan dan nilai-nilai perusahaan kita?
  • Dapatkah Anda mengandalkan karyawan ini untuk menindaklanjuti janji dan tanggung jawabnya?

gajihub 1

Baca juga: 5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

Pertanyaan 360 degree feedback terkait komunikasi

Pertanyaan-pertanyaan di bawah kompetensi komunikasi berusaha mengidentifikasi seberapa baik karyawan mendengarkan dan berkomunikasi secara verbal, non-verbal, dan dalam komunikasi tertulis.

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menargetkan bagaimana karyawan berkomunikasi dengan pelanggan, rekan sejawat, dan penyelia.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan untuk mengevaluasi keterampilan komunikasi karyawan di tempat kerja:

  • Apakah karyawan ini pendengar aktif yang baik?
  • Apakah karyawan ini berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan?
  • Apakah karyawan ini berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja?
  • Apakah karyawan ini berkomunikasi dengan baik dengan supervisor?
  • Ketika karyawan ini menyampaikan presentasi, apakah mereka tampak melakukannya dengan mudah dan tenang?
  • Apakah karyawan ini mengambil inisiatif untuk mencari klarifikasi tentang hal-hal yang tidak mereka pahami?
  • Apakah karyawan ini secara proaktif berusaha memahami pandangan dan pendapat orang lain?
  • Apakah karyawan ini terbuka untuk menerima umpan balik dari penyelia dan rekan kerja?
  • Apakah komunikasi karyawan ini disajikan dengan cara yang jelas, ringkas, dan teratur?
  • Apakah karyawan ini menulis dengan jelas dan ringkas, menggunakan tata bahasa dan gaya yang sesuai?

Baca juga: Pengukuran Kinerja: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tips Melakukannya

Pertanyaan 360 degree feedback untuk keterampilan interpersonal

Pertanyaan-pertanyaan di bawah kompetensi keterampilan interpersonal berupaya mengidentifikasi seberapa baik karyawan menciptakan dan mempertahankan hubungan interpersonal dalam organisasi.

Pertanyaan-pertanyaan ini berkaitan dengan moral dan produktivitas keseluruhan yang dikontribusikan karyawan kepada perusahaan.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan untuk mengevaluasi keterampilan interpersonal karyawan di tempat kerja:

  • Apakah karyawan ini bekerja sama dengan baik dengan orang lain untuk menyelesaikan sesuatu?
  • Apakah karyawan ini mengikuti instruksi untuk mencapai hasil yang diinginkan?
  • Apakah karyawan ini membantu menciptakan budaya yang memupuk dan menghargai kolaborasi?
  • Apakah karyawan ini berusaha meningkatkan diri dengan mempelajari keterampilan dan teknik baru?
  • Apakah karyawan ini membangun hubungan yang bermakna dan positif dengan orang lain?
  • Apakah karyawan ini menampilkan diri sebagai anggota tim yang andal dan berkomitmen?
  • Apakah karyawan ini efektif dalam mengelola emosi mereka sendiri dan emosi orang lain?
  • Dapatkah karyawan ini mengenali dan mengelola efek stres pribadi dan stres orang lain?
  • Apakah tindakan karyawan ini menunjukkan belas kasih, empati, dan rasa hormat kepada orang lain?
  • Apakah tindakan karyawan ini menunjukkan nilai-nilai inti perusahaan dan berupaya menginspirasi budaya perusahaan yang positif?

Baca juga: 6 Metode Penilaian Kinerja yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

Pertanyaan 360 degree feedback untuk keterampilan pemecahan masalah

Pertanyaan-pertanyaan di bawah kompetensi keterampilan pemecahan masalah berusaha mengidentifikasi seberapa baik karyawan dapat mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan sampai pada solusi yang jelas dan kreatif untuk suatu masalah.

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan untuk mengevaluasi keterampilan pemecahan masalah karyawan di tempat kerja:

  • Apakah karyawan ini mengajukan pertanyaan untuk mengevaluasi masalah?
  • Apakah karyawan ini mampu bekerja secara mandiri (tanpa arahan)?
  • Apakah karyawan ini bereaksi dengan cepat dan tepat terhadap tantangan yang tidak terduga?
  • Apakah solusi karyawan ini terhadap masalah dan tantangan jelas dan efektif?
  • Apakah pendekatan karyawan ini untuk menyelesaikan masalah inovatif dan imajinatif?
  • Dapatkah karyawan ini mengidentifikasi pola-pola dalam informasi, data, atau peristiwa yang bertentangan?
  • Apakah karyawan ini mencari pendapat orang lain dan menggunakan masukan ini ketika menyelesaikan masalah?
  • Apakah karyawan ini menyatukan informasi dari sumber-sumber yang relevan ketika membuat keputusan?
  • Dapatkah karyawan ini secara efektif menganalisis masalah dan memecahnya menjadi komponen-komponennya?
  • Apakah karyawan ini memahami implikasi jangka pendek dan jangka panjang dari keputusan mereka?

Baca juga: Perencanaan Kinerja: Pengertian, Proses, Metodologi, dan Contohnya

Pertanyaan terbuka untuk kuesioner penilaian 360

Anda dapat memasukkan pertanyaan terbuka setelah setiap pertanyaan, di akhir setiap bagian kompetensi atau di akhir kuesioner.

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan terbuka yang dapat Anda ajukan untuk mendorong penjelasan jawaban yang terperinci:

  • Apakah Anda memiliki umpan balik tambahan tentang bidang ini?
  • Dapatkah Anda memberikan contoh spesifik tentang sesuatu yang dilakukan karyawan ini dengan baik?
  • Dapatkah Anda memberikan contoh spesifik tentang bidang yang bisa ditingkatkan oleh karyawan ini?
  • Apa yang membedakan karyawan ini dari orang lain dalam tim mereka atau dalam organisasi?

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai 360 degree feedback dalam proses penilaian kinerja karyawan pada bisnis Anda. Dengan selalu mengevaluasi dan melakukan penilaian kinerja,  Anda tentu akan lebih memahami setiap karyawan yang bekerja dalam bisnis Anda.

Selain itu, ini akan menciptakan budaya kerja yang positif dan memberikan Anda pemahaman tentang proses operasional bisnis secara keseluruhan.

Disisi lain, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen data karyawan dan proses HR yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan sistem payroll dan HR yang modern seperti software payroll dan HR Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll online yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan proses HRIS untuk banyak bisnis di Indonesia.

Kini, jadikan proses HRIS lebih mudah dan praktis dengan menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

1 thought on “360 Degree Feedback: Pengertian Lengkap dan Contoh Pertanyaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *