8 Jenis Tes Kepribadian yang Sering Digunakan Perusahaan

jenis tes kepribadian 1

Tes kepribadian  atau personality test adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa orang tersebut dan apa yang memotivasi mereka, dan dalam dunia kerja sangat banyak jenis tes kepribadian.

Perusahaan sering menggunakan tes kepribadian untuk mengenal kandidat dan menentukan apakah mereka cocok untuk peran tertentu.

Mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis tes kepribadian yang tersedia dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan atau wawancara yang mungkin melibatkan pengambilan salah satu dari tes ini sebagai bagian dari proses rekrutmen.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan berbagai jenis tes kepribadian, menjelaskan sejarahnya, daftar delapan tes umum yang mungkin digunakan perusahaan, mendiskusikan mengapa mengambil tes kepribadian berguna, dan memberikan tips untuk lolos tes kepribadian.

Jenis Tes Kepribadian

Ada dua jenis utama tes kepribadian: tes proyektif dan self-report inventories. Tes proyektif tidak mengajukan pertanyaan kepada peserta tes. Sebaliknya, tes ini menyajikan adegan, objek, atau skenario dan meminta interpretasi dari peserta tes.

Sebagai contoh, tes Rorschach Inkblot mengharuskan penguji untuk menunjukkan kepada peserta tes 10 kartu dengan inkblot yang berbeda pada kartu tersebut.

Pemeriksa menanyakan kepada peserta tes apa yang mereka lihat pada setiap kartu, yang dapat memberi tahu pemeriksa lebih banyak tentang kepribadian, pola berpikir, dan fungsi emosional peserta tes.

Self-report inventories meminta peserta tes membaca pertanyaan atau pernyataan dan menilai seberapa baik pertanyaan atau pernyataan tersebut berlaku untuk mereka.

Misalnya, pernyataan self-report inventories mungkin, “Saya menyelesaikan semua tugas saya tepat waktu” dan peserta tes memilih apakah mereka sangat tidak setuju, tidak setuju, merasa netral, setuju, atau sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Baca juga: Pengertian Personalia, Fungsi, Lingkup Tugas, Tujuan dan Prinsipnya

Sejarah Tes Kepribadian

Akar dari tes kepribadian atau personality test adalah satu dengan ilmu psikologi, muncul sebagai ilmu yang sudah lama digunakan.

Psikologi itu sendiri berawal dari Wilhelm Wundt, “Bapak Psikologi”, yang pertama kali membuat perbedaan antara kepribadian manusia dan tubuh manusia selama abad ke-19.

Tetapi tes kepribadian tidak ada sampai pasca-Perang Dunia I pada tahun 1900-an dengan Lembar Data Pribadi Woodworth, yang digunakan untuk menilai trauma psikologis pada tentara yang kembali.

Sekitar waktu itu, tes kepribadian lain yang mulai populer adalah tes inkblot psikoanalis Hermann Rorschach, yang lebih dikenal sebagai tes Rorschach, yang kadang-kadang masih digunakan dalam psikologi saat ini.

Baca juga: Contoh Surat Undangan Rapat dan File yang Bisa Anda Download

jenis tes kepribadian 2

8 Jenis Tes Kepribadian yang Biasa Digunakan Perusahaan

Beberapa perusahaan mungkin mengharuskan Anda untuk menyelesaikan tes kepribadian sebagai bagian dari proses aplikasi atau perekrutan untuk suatu posisi. Berikut adalah beberapa tes kepribadian yang mungkin mereka gunakan:

1. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Myers-Briggs Type Indicator adalah kuesioner self report yang menggambarkan bagaimana orang membuat keputusan dan memandang dunia.

Peserta tes harus memutuskan bagaimana 93 pertanyaan atau pernyataan berhubungan dengan mereka. Kemudian, hasilnya menunjukkan bagaimana peserta tes berada dalam empat pengelompokan utama: ekstraversi vs introversi, menilai vs mempersepsikan, intuisi vs penginderaan, dan berpikir vs perasaan.

Tergantung pada skor mereka di setiap pengelompokan, peserta tes menerima hasil dari salah satu dari 16 tipe kepribadian.

2. Caliper Profile

Caliper Profile mengukur bagaimana sifat-sifat kepribadian seorang pelamar atau karyawan berkorelasi dengan kinerja mereka dalam peran kerja mereka.

Perusahaan sering menggunakan tes ini dalam melakukan screening. Ketika mengikuti tes ini, responden menjawab pertanyaan dalam berbagai format, yang paling umum adalah menyajikan serangkaian pernyataan yang menanyakan seberapa dekat pandangan mereka dengan masing-masing pernyataan.

Format pertanyaan lainnya termasuk benar atau salah, pilihan ganda, dan skala derajat kesepakatan.

Penilaian ini melihat kualitas yang berpotensi negatif dan positif dari seorang kandidat untuk memberikan gambaran yang lebih luas tentang bagaimana mereka akan bekerja dalam suatu peran.

Pemberi kerja juga dapat menyesuaikannya untuk menargetkan perilaku spesifik yang sangat penting untuk pekerjaan atau fungsi tertentu.

Baca juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

3. 16 Personality Factor Questionnaire

16 Personality Factor Questionnaire, juga dikenal sebagai 16PF, adalah jenis lain dari tes kepribadian self-report. Raymond B. Cattell, Maurice Tatsuoka, dan Herbert Eber menciptakannya untuk menilai kepribadian atau membantu para profesional kesehatan mental mendiagnosis gangguan kejiwaan.

Peserta tes menjawab 185 pertanyaan pilihan ganda yang menilai 16 faktor yang berbeda, termasuk yang berikut ini:

  1. Keramahan
  2. Penalaran
  3. Dominasi
  4. Keaktifan
  5. Stabilitas emosional
  6. Kemandirian
  7. Kesadaran aturan
  8. Keberanian sosial
  9. Kepekaan
  10. Kewaspadaan
  11. Keabstrakan
  12. Privat
  13. Kekhawatiran
  14. Keterbukaan terhadap perubahan
  15. Perfeksionisme
  16. Ketegangan

4. Kuesioner Kepribadian Kerja SHL

Kuesioner Kepribadian Kerja SHL (SHL Occupational Personality Questionnaire), yang juga disebut OPQ32, memberikan wawasan tentang bagaimana ciri-ciri kepribadian dan perilaku individu dapat memengaruhi kinerja kerja.

Kuesioner ini mencakup 104 pertanyaan yang mengukur 32 karakteristik utama, yang dikategorikan ke dalam tiga bidang utama yang memengaruhi perilaku individu di tempat kerja: emosi, gaya berpikir dan perasaan, serta hubungan dengan orang lain.

Setiap pertanyaan mencakup beberapa pernyataan, dan responden memilih salah satu yang paling menggambarkan mereka dan yang paling tidak menggambarkan mereka.

Hasilnya berupa laporan yang disesuaikan untuk setiap peserta, yang menjelaskan kekuatan dan kelemahan mereka secara terperinci, serta ringkasan grafis yang dapat digunakan untuk membandingkan pelamar satu sama lain.

5. HEXACO Personality Inventory-Revised

Lebih dari dua dekade yang lalu, para peneliti membangun IHEXACO Personality Inventory untuk menilai berbagai dimensi kepribadian individu dan bagaimana mereka menerapkan interpretasi teoretis mereka sendiri ke berbagai situasi.

Tes ini mengukur enam dimensi kepribadian utama: kejujuran/kesopanan, stabilitas emosi, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Dalam versi revisi, ada tiga pilihan panjang penilaian: panjang penuh (200 pertanyaan), setengah panjang (100 pertanyaan), dan HEXACO 60 (60 pertanyaan).

Baca juga: Contoh Pertanyaan Tes EQ dalam Proses Interview Karyawan

6. Revised NEO Personality Inventory

Tes ini mengukur dan menguji lima trait utama yang diuraikan dalam model kepribadian lima faktor: neuroticism, keterbukaan terhadap pengalaman, agreeableness, conscientiousness, dan extraversion, dengan masing-masing dari lima trait tersebut dipecah menjadi subkategori lebih lanjut.

Misalnya, sifat neuroticism mencakup kerentanan terhadap stres, kecemasan, depresi, impulsif, dan kesadaran diri. Banyak dari sifat-sifat yang diukurnya penting di tempat kerja, yang telah menyebabkan peningkatan penggunaannya sebagai alat penyaringan pekerjaan.

7. Eysenck Personality Inventory

Hans Jürgen Eysenck dan Sybil B. G. Eysenck menciptakan Kuesioner Kepribadian Eysenck untuk menilai ciri-ciri kepribadian seseorang.

Kuesioner ini menilai ekstraversi vs introversi peserta tes, neurotisisme vs stabilitas, psikotisisme vs sosialisasi, dan kebohongan vs keinginan sosial. Tes ini mencakup 100 pertanyaan, tetapi responden dapat mengambil versi singkat dengan 57 pertanyaan ya atau tidak.

Baca juga: Metode Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Saat Rekrutmen Karyawan

8. Tes kepribadian DISC

DISC adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiousness, karena ini adalah empat kategori yang dinilai oleh tes ini.

Tipe kepribadian dominan cenderung lebih percaya diri, tipe kepribadian influence bersifat persuasif, tipe kepribadian steadiness dapat diandalkan, sementara tipe kepribadian conscientious akurat.

Tes ini mencakup 28 pernyataan yang dinilai responden pada skala seberapa dekat mereka mengidentifikasi diri mereka dengan masing-masing pernyataan. Ini menghasilkan salah satu dari 12 tipe kepribadian berbeda yang didasarkan pada empat kategori DISC.

gajihub 1

Apa Gunanya Tes Kepribadian?

Bahkan jika perusahaan tidak meminta Anda untuk mengambil tes kepribadian, tes kepribadian tetap berguna untuk alasan-alasan berikut:

Untuk membantu Anda memahami keterampilan dan minat Anda sendiri

Mengikuti psikotes kepribadian dapat mendorong Anda untuk berpikir lebih banyak tentang apa kekuatan Anda dan apa yang Anda minati.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menyoroti keahlian atau minat spesifik di resume Anda, membantu Anda lebih menonjol dibandingkan kandidat lain.

Untuk mengidentifikasi jalur karier yang menjanjikan

Banyak kuis kepribadian yang memberi tahu Anda tentang karier yang bisa dinikmati tipe kepribadian Anda. Misalnya, seseorang yang lebih ekstrovert mungkin lebih suka peran layanan pelanggan.

Untuk mempresentasikan diri Anda secara positif kepada pemberi kerja

Mengetahui lebih banyak tentang tipe kepribadian Anda dapat membantu Anda memberi tahu pemberi kerja lebih banyak tentang diri Anda.

Anda bisa menggunakan kata sifat positif yang muncul dalam hasil tes Anda, seperti dapat diandalkan atau jujur, untuk berbicara dengan percaya diri tentang diri Anda dalam wawancara.

Untuk mengidentifikasi lingkungan dan hubungan kerja yang ideal

Mengetahui tipe kepribadian Anda bisa membantu Anda menentukan tipe lingkungan tempat Anda bekerja yang terbaik.

Misalnya, jika Anda introvert, Anda mungkin lebih suka kantor pribadi yang tenang daripada peran yang sering berinteraksi dengan klien secara tatap muka.

Menyadari potensi tantangan di tempat kerja

Anda mungkin merasa tugas atau situasi tertentu lebih menantang daripada yang lain, jadi menyadari tantangan ini dapat membantu Anda mengatasinya.

Contohnya, jika Anda tahu bahwa Anda merasa deadline yang ketat itu menantang, Anda bisa mengatur waktu Anda dengan lebih baik dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan cara yang berbeda untuk mematuhi deadline tersebut.

Baca juga: Download Surat Skorsing Karyawan Beserta Pengertian dan Komponennya

Tips untuk Mengikuti Tes Kepribadian

Tidak ada jawaban yang salah dalam psikotes kepribadian, tetapi untuk memastikan hasil tes mencerminkan diri Anda dengan benar, pertimbangkan tips-tips berikut ini:

  • Jujurlah. Meskipun Anda mungkin ingin menampilkan kepribadian tertentu kepada atasan, penting bagi Anda untuk jujur saat mengikuti tes. Hal ini memungkinkan Anda untuk menonjolkan kepribadian asli Anda dan menemukan karier yang cocok untuk Anda.
  • Baca instruksinya. Setiap tes kepribadian berbeda, jadi pastikan Anda membaca instruksi dengan seksama sebelum memulai. Ini akan membatasi kesalahan atau miskomunikasi, sehingga hasil Anda seakurat mungkin.
  • Luangkan waktu Anda. Beberapa jensi teskepribadian bisa memakan waktu, tetapi penting bagi Anda untuk mendedikasikan waktu yang diperlukan untuk itu. Luangkan waktu Anda sehingga Anda bisa yakin hasil Anda mencerminkan kepribadian Anda secara akurat.

Baca juga: Tips Memilih Software Payroll Perusahaan Dagang

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis tes kepribadian yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan dalam menyeleksi kandidat karyawan. Perekrutan karyawan memang bukanlah hal yang sederhana, terlebih banyak tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan screening karyawan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Tugas tim HR tidak sampai disitu, mereka juga harus menyimpan data setiap karyawan dengan benar dan aman untuk memastikan data tersebut tidak disalahgunakan.

Jika Anda masih menggunakan proses pengelolaan HR secara manual, mungkin kini saatnya Anda menggunakan solusi HR modern untuk memudahkan seluruh proses dalam sistem operasional bisnis.

Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR Gajihub yang memiliki fitur terbaik dan harga terjangkau yang telah memudahkan banyak pemilik bisnis di Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

4 thoughts on “8 Jenis Tes Kepribadian yang Sering Digunakan Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *