Kepribadian ENFJ: Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Anda

kepribadian enfj

ENFJ merupakan salah satu kepribadian yang ada dalam MBTI. Kepribadian ini disebut sebagai protagonis karena orang-orang dengan kepribadian ini memiliki karakter yang ramah, bersahabat, hangat, setia, dan suka membantu orang lain.

Kepribadian ini bisa juga lho menjadi acuan Anda dalam mencari pekerjaan yang Anda impikan. Dengan melihat kepribadian Anda berdasarkan MBTI, Anda bisa menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kepribadian ENJF ini, Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Kepribadian dalam MBTI

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kepribadian ENFJ, apakah Anda sudah mengetahui apa itu MBTI? MBTI atau Myers Briggs Type Indicator merupakan pengujian kepribadian yang diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers di tahun 1942.

MBTI bersandar pada teori psikologi Carl Jung. MBTI menjelaskan ada banyak kepribadian, jadi tidak hanya kepribadian introvert dan ekstrovert. Tes MBTI                   membagi kepribadian seseorang berdasarkan beberapa dikotomi kategori, yaitu:

  • Introversion (I) vs Extraversion (E)
  • Intuitive (N) vs Sensory (S)
  • Thinking (T) vs Feeling (F)
  • Judging (J) vs Perceiving (P)

Dari sinilah ditemukan 16 kepribadian MBTI yang dapat dimiliki oleh seseorang. Perusahaan melalui HRD sering menjadikan MBTI ini sebagai salah satu tahap rekrutmen.

MBTI dapat membantu perusahaan untuk mengenali kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun banyak pakar psikologi yang tidak setuju dengan MBTI ini karena MBTI diangkap tidak akurat dan tidak konsisten.

Meski demikian, MBTI masih dianggap sebagai tes kepribadian yang efektif oleh perusahaan-perusahaan yang ada di dunia.

Baca Juga: Tech Recruiter: Arti, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki

Apa Itu Kepribadian ENFJ?

ENFJ menjadi salah satu kepribadian dalam MBTI. Kepribadian ini memiliki kepanjangan yakni Extrovert Intuitive Feeling Judging. Berikut karakter setiap kepanjangan dari kepribadian ini:

1. Ekstrovert

Ekstrovert merupakan kepribadian yang suka bersosialisasi dan mudah bergaul. Orang dengan kepribadian ektrovert akan menyukai berada di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang. Tidak heran jika kepribadian ini sering dianggap sebagai kepribadian yang supel.

2. Intuitive

Intuitive merupakan kepribadian yang memiliki intuisi yang kuat dan orang dengan kepribadian ini fokus terhadap masa depan. Seorang intuitive bisa melihat hubungan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

3. Feeling

Seseorang dengan kepribadian feeling menggunakan perasaan atau emosi sehingga mereka lebih peka dan memiliki empati yang tinggi.

4. Judging

Judging membuat seseorang selalu berpikir sebelum melakukan sesuatu. Ini membuat seseorang dengan karkateristik ini selalu membuat rencana yang matang dan tersetruktur sebelum melakukan sesuatu.

Baca Juga: 6 Jenis Konflik di Tempat Kerja dan Tips Mengelolanya

Karakter Kepribadian ENFJ

Seperti apa sih seseorang dengan kepribadian ENFJ ini? Sesuai dengan julukan ENFJ ini yaitu protagonis, orang dengan kepribadian ini memiliki sikap yang loyal, peka, dan peduli dengan orang lain.

Mereka cenderung imajinatif dan kreatif. Dengan semua kepribadian ini seorang ENFJ mudah bergaul dengan semua orang baik itu orang dengan kepribadian ektrovert ataupun introvert.

gajihub 6

Baca Juga: Ketahui Macam-Macam Job Desk Administrasi di Berbagai Bidang

Kelebihan dan Kekurangan ENFJ

Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian ini:

Kelebihan Kepribadian ENFJ

1. Memiliki Empati yang Tinggi

Kelebihan yang pertama adalah seorang ENFJ memiliki rasa empati yang tinggi. Dengan kepekaan yang dimilikinya, kepribadian ini bisa berempati lebih tinggi kepada orang lain.

Tidak heran jika mereka sering menjadi tempat curhat teman-temannya. Ini karena katerbukaan yang dimilikinya bisa membantu orang lain mengungkapkan apa yang sedang dirasakan.

2. Supel dan Setia Kawan

Karena sikap yang ramah dan hangat, membuat ENFJ menjadi seorang teman yang supel dan setia kawan. Mereka bisa bergaul dengan mudah sehingga bisa menjadi teman yang menyenangkan.

ENFJ merasa diri mereka memiliki kemampuan untuk bermanfaat dan membantu orang lain. Dengan begitu mereka merasa puas ketika mereka bisa bermanfaat dan dapat membantu orang lain.

3. Semangat dan Ambisius

Kepribadian ini juga terkenal memiliki semangat yang tinggi dan juga ambisius. Ketika mereka memiliki keinginan, semangat mereka akan menggebu-gebu dan mereka akan melakukan berbagai cara agar keinginan dapat tercapai.

ENFJ juga memiliki berbagai hobi dan aktivitas, mulai dari hobi memasak, jalan-jalan, merawat tanaman, dan hal lainnya yang mereka minati.

4. Bisa Diandalkan

ENFJ merupakan seseorang yang bisa diandalkan. Mereka memiliki banyak kemampuan dan juga terkenal ramah, jadi tidak mengherankan jika banyak orang yang percaya dan mengandalkan mereka.

Baca Juga: Pahami Prinsip dan Keuntungan Menerapkan Servant Leadership di Tempat Kerja

Kekurangan Kepribadian ENFJ

1. Terlalu Memikirkan Orang Lain

Membicarakan kekurangan ENFJ, kepribadian ini memiliki sikap yang terlalu memikirkan orang lain. Sikap ini membuat mereka terlalu fokus membantu orang lain hingga kepentingan diri sendiri terabaikan.

Mereka menganggap masalah yang dialami oleh orang lain juga menjadi masalah mereka. Ini membuat mereka kelelahan fisik dan rentan mengalami burn out hingga mengalami permasalahan psikis.

2. Sering Menyalahkan Diri Sendiri

Karena sifat ambius yang begitu tinggi, orang dengan ENFJ sering menyalahkan diri sendiri, terlebih ketika ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang direncanakannya. Tentu ini akan merugikan diri sendiri, mengingat tidak semua hal bisa berjalan sesuai keinginan kita.

3. Idealis

Selain sering menyalahkan diri, mereka juga memiliki rasa idealis yang tinggi. Mereka bersikap sangat tegas terhadap hal-hal yang mereka inginkan.

Tidak jarang mereka menganggap orang lain juga memiliki ide dan gagasan yang sama dengan mereka. Hal ini membuat mereka kaget ketika menemukan ide, gagasan, dan pendapat yang berbeda dengan ide, gagasan, dan pendapat mereka.

4. Suka Menggurui

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh kepribadian ini adalah mereka cenderung suka menggurui. Seorang ENFJ memiliki sifat yang suka memberikan pengajaran terhadap hal-hal yang dianggap benar oleh mereka.

Jadi, ketika mereka menemui hal yang tidak sejalan dengan apa yang mereka anggap benar, mereka akan melakukan segala cara agar orang lain bisa sejalan dengan mereka. Bagi orang lain, hal ini bisa dianggap sebagai sesuatu yang sangat menyebalkan.

Baca Juga: Succession Planning: Arti, Manfaat, Tahap, Hingga Tantangannya

Pekerjaan untuk ENFJ 

Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk ENFJ:

1. HRD

Buat seorang ENFJ, karir sebagai HRD bisa menjadi pilihan karir. Menjadi HRD akan membuat Anda bertemu dengan orang yang berbeda-beda.

Dengan kemampuan ENFJ dalam bersosialisasi, mereka akan bisa menjadi HRD yang baik. Mereka juga mampu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan.

2. Sales

Menjadi sales juga dibutuhkan kemampuan sosialisasi yang baik. Tentu ini cocok dijadikan karir oleh ENFJ. Ini sesuai dengan kemampuan ENFJ yang senang membantu orang lain.

Sales memiliki tugas menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan memberikan rekomendasi dengan antusias. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh ENFJ, mereka akan mendahulukan kebutuhan pelanggan dibandingkan menjual produk itu sendiri,

Jadi, produk yang dijual akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

3. Event Organizer

Seorang event organizer membuat seseorang akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda-beda. Ini sangat cocok bagi orang dengan kepribadian ENFJ.

ENFJ akan sangat menikmati setiap interaksi dengan klien yang ditanganinya. Jadi, pekerjaan jadi super menyenangkan dan klien bisa puas karena dilakukan sesuai yang disukai oleh ENFJ.

4. Psikolog

Psikolog juga membuat seseorang sering bertemu dengan orang lain. Psikolog membantu orang lain menyelesaikan masalah yang ada di hidup mereka atau sekadar bercerita tentang keresahan yang sedang dirasakan.

ENFJ yang memiliki kepedulian terhadap orang lain juga senang membantu orang lain akan membuatnya menikmati pekerjaan sebagai psikolog.

5. Guru

Seperti yang diketahui, menjadi seorang guru dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Guru dituntut bisa menyampaikan apa yang diketahuinya kepada anak didik yang sedang diajar.

Ini sangat cocok bagi seorang ENFJ untuk mengambil pekerjaan ini. ENFJ yang senang membantu orang lain sangat cocok untuk berkarir sebagai seorang guru.

6. Personal Traner

Buat Anda yang menyukai dunia olahraga, Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan personal traner. Personal traner memiliki tugas membantu klien dalam mengurangi berat badan, membentuk tubuh, hingga latihan untuk maraton.

Ini sangat cocok dengan karakter yang dimiliki oleh ENFJ. Jadi, buat Anda yang suka olahraga, pertimbangkan pekerjaan ini!

7. Perawat

Di bidang kesehatan, seseorang dengan kepribadian ENFJ bisa mempertimbangkan karir sebagai perawat. Perawat memiliki tugas mendampingi dan memeriksa kesehatan pasien.

Pekerjaan ini membutuhkan empati dan rasa ingin membantu yang tinggi. Jelas ini sangat cocok untuk ENFJ yang suka membantu orang lain.

Jadi, buat Anda ENFJ yang ingin berkarir di dunia kesehatan, perawat bisa jadi pilihan karir Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Surat Paklaring Kerja: Arti, Fungsi, Syarat hingga Templatenya

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ENFJ. Bagaimana, apakah Anda tertarik berkarir di pekerjaan ini?

Menentukan pekerjaan sesuai dengan kepribadian bisa membantu kita lebih menyukai pekerjaan yang sedang dijalani. Jadi, bekerja rasanya jadi lebih menyenangkan dan dengan sendirinya kita bisa lebih produktif dalam bekerja.

Selain didukung oleh sesuainya pekerjaan dengan kepribadian, agar karyawan bisa produktif perusahaan harus mendukungnya dengan kemudahan dalam bekerja. Seperti menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan mudahkan pengelolaan karyawan. Karyawan juga bisa dimudahkan karena bisa absensi langsung dari HP hingga mengajukan cuti dan izin dari aplikasi GajiHub.

Gimana, tertarik menggunakan GajiHub? Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan dari HP Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *