10 Pekerjaan untuk Introvert, Bisa Kerja dari Rumah!

pekerjaan untuk introvert

Introvert merupakan salah satu jenis kepribadian yang diidentikan dengan seseorang yang pendiam dan suka menyendiri. Pekerjaan untuk introvert jadi hal yang menarik untuk dibahas mengingat orang dengan kepribadian ini tidak suka bertemu dengan banyak orang.

Apakah Anda adalah seseorang yang memiliki kepribadian introvert ini? Lalu pekerjaan apa saja yang cocok untuk kepribadian introvert Anda ini? Buat Anda yang ingin mengetahuinya yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Baca artikel ini hingga selesai dan temukan pekerjaan yang paling cocok untuk Anda!

Apa Itu Introvert

pekerjaan untuk introvert

Introvert selalu diidentikan dengan seseorang yang memiliki sifat pemalu, pendiam, dan bahkan banyak yang menganggapnya sebagai seseorang yang anti sosial. Padahal sebenarnya introvert adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang memfokuskan diri pada pikiran dan perasaan.

Introvert adalah tentang bagaimana seseorang bisa mendapatkan energi dan menghabiskan energi. Seorang introvert bisa mendapatkan energi ketika menyendiri dalam waktu yang lama, sedangkan ketika bertemu banyak orang akan membuat introvert kehilangan banyak energi.

Makanya tidak heran jika seorang introvert lebih sering menyendiri, karena sejatinya saat menyendiri seorang introvert sedang mengumpulkan energi agar bisa bertemu orang banyak setelahnya. Menemukan pekerja yang cocok untuk introvert adalah hal yang wajib dilakukan.

Jika bisa bekerja sembari terus charge energi dengan cara menyendiri, kenapa enggak?

Baca Juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Karakteristik Introvert

Ada beberapa karakteristik yang identik dengan seorang introvert, apa saja?

1. Lelah Ketika Bertemu Banyak Orang

Karakteristik pertama seorang introvert adalah introvert merasa lelah ketika bertemu dengan banyak orang. Ini dikarenakan ketika bertemu dengan banyak orang introvert akan kehilangan banyak energi.

Introvert akan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekelilingnya, mulai dari pembicaraan, guyonan, hingga cara berpikir mereka. Inilah yang menyebabkan energi seorang introvert cepat habis ketika bertemu dengan banyak orang.

Jika Anda tetap memaksakan diri untuk terus berada di sekeliling banyak orang, maka energi Anda akan habis dan Anda merasa kelelahan. Untuk mengembalikan energi lagi, Anda harus menyendiri dalam waktu yang lama.

2. Menyukai Kesendirian

Karakteristik kedua yang identik dengan introvert adalah menyukai kesendirian. Ini sesuai dengan cara introvert mendapatkan energi yakni dengan menyendiri. Ketika introvert menyendiri, energi akan semakin bertambah dan menjadi lebih bersemangat.

Meski demikian, bukan berarti seorang introvert harus menyendiri selama seharian penuh. Introvert juga tetap bisa menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, namun biasanya hanya teman dan keluarga yang dekat dan yang sudah dipercaya.

3. Berteman Berdasarkan Kualitas

Introvert memang tidak memiliki banyak teman, namun bisa dipastikan teman-teman yang dimiliki introvert adalah teman-teman yang berkualitas. Lingkup pertemanan introvert adalah mereka yang sudah dekat dan mengerti satu sama lain.

Bahkan bisa jadi pertemanan dalam lingkup introvert sudah seperti keluarga dekat. Mereka bisa menghabiskan waktu seharian bersama dan energi tidak terkuras habis.

Baca Juga: Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

4. Tertarik ke Pekerjaan Mandiri

Karena karakteristiknya yang cepat kehabisan energi saat bertemu banyak orang, membuat introvert tertarik ke pekerjaan mandiri. Introvert menyukai pekerjaan mandiri karena ia tidak perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

5. Mudah Terdistraksi

Karakteristik selanjutnya adalah introvert adalah seseorang yang bisa dengan mudah terdistraksi dengan lingkungan sekitar. Ini terjadi ketika introvert berada di keramaian.

Introvert akan merasa bingung hingga akhirnya kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi.

6. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Dikenal sebagai kepribadian yang lebih peka terhadap pikiran dan perasaan membuat introvert lebih mengenal dirinya sendiri. Ini dikarena introvert memiliki banyak waktu menyendiri yang bisa digunakan untuk berpikir dan memahami diri sendiri.

Saat menyendiri, introvert akan menggunakan waktunya untuk belajar atau me time. Di saat-saat seperti ini, mereka bisa mengajak ngobrol diri sendiri hingga akghirnya bisa lebih mengenal diri sendiri.

Baca Juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

7. Memiliki Cara Belajar Observasi

Ketika memasuki lingkungan baru atau mengenal orang baru, introvert akan mempelajari lingkungan atau orang tersebut dengan cara observasi. Introvert akan diam mengamati sebelum akhirnya berusaha memasuki lingkungan tersebut.

Makanya tidak heran karena karakteristiknya ini, banyak yang menganggap introvert adalah seseorang yang sombong.

gajihub 6

Jenis-Jenis Introvert

Ada beberapa jenis introvert yang wajib Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

1. Introvert Sosial

Introvert sosial ialah orang-orang yang lebih suka ketika berada di kelompok kecil dan juga suasana tenang. Jenis introvert sosial ini tidak suka dengan keramaian, jadi sebisa mungkin mereka akan memilih menghabiskan waktu sendirian daripada bersama teman.

2. Berpikir Introvert

Jenis introvert yang kedua adalah berpikir introvert. Jenis berpikir introvert adalah mereka yang suka menghabiskan waktu dengan melamun dan berkhayal.

Orang dengan karakter berpikir introvert senang menghabiskan waktu dengan pikiran sendiri dan memiliki imajinasi yang kreatif.

3. Introvert yang Cemas

Berbeda dengan jenis introvert lainnya yang sering menghabiskan waktu sendiri dikarenakan mereka menyukainya, jenis introvert yang cemas lebih suka menghabiskan waktu sendiri karena merasa canggung dengan orang-orang di sekitarnya. Jadi, dibandingkan merasa cemas saat bertemu orang lain, introvert yang cemas ini lebih memilih berdiam diri di rumah.

4. Introvert yang Tertahan

Apakah Anda pernah menemui seorang introvert yang selalu berpikir matang sebelum bertindak? Nah, mereka ini adalah jenis introvert yang tertahan. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa membuat keputusan secara spontan.

Untuk mengambil sebuah keputusan, introvert yang tertahan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk berpikir dan mempertimbangkan pilihan yang akan dibuat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

Mitos Tentang Introvert

Ada beberapa mitos yang selalu dikaitkan dengan orang introvert. Mitos-mitos ini yang akhirnya melabeli introvert, padahal sebenarnya mereka bukan tipe orang yang seperti ini. Apa saja mitos-mitos tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Tidak Bisa Jadi Pemimpin

Mitos yang pertama adalah seorang introvert dianggap tidak bisa menjadi pemimpin. Mereka dianggap pendiam dan anto sosial sehingga akan memberikan pengaruh yang buruk ketika memimpin orang lain.

Padahal ini hanya mitos. Introvert tetap bisa menjadi pemimpin. Apalagi seorang introvert biasanya adalah seorang pendengar yang baik, jadi dari sini introvert bisa menjadi pemimpin yang baik dengan mendengarkan pendapat dari anggota timnya.

2. Dapat Disembuhkan atau Diubah

Banyak yang menganggap orang introvert adalah pribadi yang aneh dan memaksa introvert untuk berubah. Padahal sejatinya introvert bukanlah orang dengan gangguan kepribadin sehingga bisa disembuhkan atau diubah.

Introvert adalah kepribadian yang mendapatkan energi dengan cara menyendiri. Jadi mereka berusaha menghindari keramaian untuk mengurangi risiko kehilangan banyak energi.

3. Sombong

Mitos selanjutnya yang selalu dikaitkan dengan para introvert adalah introvert dianggap sebagai orang yang sombong. Apalagi orang introvert adalah tipikal yang tidak akan berbicara kecuali di situasi yang sangat dibutuhkan.

Karena sifat inilah introvert dianggap sombong, padahal sebenarnya mereka sulit untuk memulai pembicaraan dan bicara seperlunya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Buat Anda seorang intovert dan sedang bingung memilih pekerjaan untuk Anda, berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk introvert:

1. Penulis Konten

Pilihan pekerjaan pertama yang bisa dipilih oleh introvert adalah penulis konten atau content writer. Penulis konten atau content writer adalah mereka yang bekerja menulis konten dengan tujuan pemasaran produk di suatu perusahaan.

Ketika Anda menjadi penulis konten, Anda bisa bekerja dari mana saja tanpa harus berinteraksi langsung dengan orang lain. Makanya tidak heran jika banyak perusahaan menerapkan remote working untuk bagian ini.

Buat seorang intovert, tentu pekerjaan ini akan sangat menyenangkan. Anda bisa bekerja tanpa harus menghabiskan banyak energi Anda.

2. Penerjemah

Menjadi penerjemah atau translator juga bisa menjadi pilihan pekerjaan untuk introvert. Sama seperti penulis konten, menjadi penerjemah bisa dilakukan dari mana saja tanpa harus terikat dengan kantor offline.

Anda juga bisa bekerja secara freelance. Selagi Anda memiliki kemampuan menerjemahkan antar bahasa, Anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bertemu banyak orang.

Baca Juga: Mengenal Jabatan Perusahaan di Indonesia 

3. Desainer Grafis

Di tengah perkembangan digital seperti saat ini, ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus berinteraksi langsung dengan rekan kerja. Desainer grafis adalah salah satu pekerjaan tersebut.

Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis, bisa banget memiliki karir ini dan bekerja dari rumah.

4. Akuntan

Pekerjaan untuk introvert selanjutnya yang bisa dipilih adalah akuntan. Meski banyak perusahaan yang mewajibkan akuntan work from office, namun pekerjaan sebagai akuntan tidak membutuhkan interaksi terlalu banyak dengan orang lain.

Akuntan fokus ke penghitungan keuangan perusahaan dan lainnya yang berkaitan dengan keuangan. Jadi, biasanya interaksi hanya berlaku dengan rekan satu tim di pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajibannya

5. Digital Marketer

Digital marketer juga bisa jadi pilihan pekerjaan buat Anda para introvert. Pekerjaan digital marketer hanya akan berfokus kepada pembuatan konten dibandingkan harus berinteraksi langsung dengan konsumen.

Dengan begitu Anda tidak perlu menghadapi banyak orang karena fokus Anda adalah membuat konten digital untuk pemasaran produk.

6. Programmer

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, programmer adalah bagian yang sangat dibutuhkan. Sama seperti penulis konten dan desainer grafis, programmer juga bisa dilakukan secara remote dari rumah atau dari mana saja.

Anda hanya perlu melakukan interaksi dengan rekan kerja secara online. Jadi, pekerjaan ini sangat cocok untuk introvert.

7. Fotografer

Dalam dunia fotografi, hal yang paling dilihat adalah bagaimana kreativitas fotografer tersebut. Memang, ada jenis pekerjaan fotografer yang mewajibkan berinteraksi dengan banyak orang, namun fotografer tetap memiliki jam kerja fleksibel yang berbeda dengan jam kerja di kantor.

Jadi, pekerjaan satu ini sangat cocok bagi Anda seorang introvert.

Baca Juga: Tugas HRD dan Kualifikasi HRD yang Wajib Anda Ketahui

8. Arsitek

Selanjutnya adalah arsitek. Arsitek berfokus kepada desain dan pembangunan sebuah gedung atau rumah. Ketika Anda memilih pekerjaan ini, Anda akan disibukan dengan pembuatan desain hingga memantau pembangunan gedung atau rumah.

Anda hanya perlu bertemu dengan klien untuk pembahasan pembangunan gedung dan desain yang diinginkan, selebihnya Anda bisa bekerja secara mandiri atau bersama tim inti yang Anda miliki.

9. Editor

Sama halnya seperti penulis konten, menjadi editor juga pekerjaan yang sangat cocok untuk introvert. Editor berfokus kepada editing naskah atau tulisan sebelum tulisan tersebut diterbitkan, baik secara online atau cetak.

Biasanya seorang editor akan berkomunikasi dengan penulis untuk proses editing naskah, setelah itu editor akan bekerja secara mandiri.

Baca Juga: Part Time Adalah Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Mengelolanya

10. Video Editor

Pekerjaan introvert terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah video editor. Di zaman yang serba digital, video editor sangat dibutuhkan khususnya untuk konten-konten YouTube dan berbasis video lainnya.

Ketika memilih pekerjaan ini, Anda hanya perlu berinteraksi dengan atasan Anda dan selebihnya pekerjaan dilakukan dari depan layar komputer atau laptop Anda.

gajihub 3

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pekerjaan untuk introvert yang dapat membantu Anda menentukan karir Anda kedepannya. Memilih pekerjaan yang sesuai untuk karakter Anda sangatlah penting karena bisa menghindari burnout saat bekerja.

Sedangkan bagi perusahaan, melakukan pengelolaan karyawan juga tak kalah pentingnya. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang pastinya akan membuat pengelolaan karyawan di perusahaan Anda jadi super mudah. Yuk daftar di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

3 thoughts on “10 Pekerjaan untuk Introvert, Bisa Kerja dari Rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *