10 Jurusan HRD yang Cocok untuk Anda Beserta Tugasnya

jurusan HRD

HRD jadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Buat Anda yang tertarik menjadi seorang HRD, Anda wajib mengetahui jurusan HRD yang cocok dan juga tugas dari HRD ini.

Profesional manajemen sumber daya manusia membutuhkan keterampilan dalam komunikasi, bisnis, keuangan, pemasaran, layanan manusia, dan manajemen, yang semuanya dapat dikembangkan dengan mendapatkan gelar sumber daya manusia.

Berikut 10 jurusan terbaik untuk mendukung karir HRD masa depan. Meskipun kemungkinannya tidak terbatas, daftar ini akan membantu Anda memulai pencarian karir yang sempurna di bidang sumber daya manusia. Gelar apa yang Anda butuhkan untuk sumber daya manusia?

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Jurusan Kuliah untuk HRD

jurusan hrd

1. Administrasi Bisnis

Jurusan HRD pertama yang direkomendasikan adalah dari jurusan administrasi bisnis. Jurusan ini memberi para profesional sumber daya manusia pemahaman yang kuat tentang bisnis di berbagai industri. Profesional administrasi bisnis biasanya bertanggung jawab untuk:

  • Menganalisis masalah
  • Menemukan solusi
  • Meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan

Cangkupan administrasi bisnis mencakup bidang-bidang seperti teknologi informasi, sumber daya manusia, pemasaran, dan logistik. Penting untuk memilih program gelar bisnis dengan kurikulum yang mencakup kursus sumber daya manusia pilihan yang mengajarkan hubungan karyawan, kompensasi dan tunjangan, dan pelatihan.

Fresh graduate tanpa pengalaman di lapangan harus mencari program magang untuk mendapatkan pengalaman langsung yang berharga dalam lingkungan bisnis profesional.

Baca Juga: HR Recruiter: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

2. Psikologi

Psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah paling populer dan di antara jurusan lainnya, banyak HRD yang berasal dari jurusan ini.

Gelar sarjana dalam bidang psikologi memberikan pemahaman yang luas tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku dan kinerja. Program menawarkan kursus yang berkembang:

  • Berpikir kritis
  • Pemecahan masalah ilmiah
  • Keterampilan penelitian
  • Kemampuan menulis teknis

Profesional manajemen sumber daya manusia masa depan dapat menggunakan keterampilan ini untuk memahami apa yang memotivasi staf mereka, menciptakan insentif yang berarti, dan meningkatkan kinerja karyawan melalui teori kontemporer dalam psikologi.

Sebagian besar program dapat diselesaikan dalam empat tahun termasuk pengalaman magang atau proyek senior. Lulusan dipersiapkan untuk bekerja sebagai:

  • Instruktur kecakapan hidup
  • Rekan riset
  • Pelatihan dan pengembangan profesional
  • Manajer kasus
  • Konsultan

Beberapa program menawarkan jalur program atau minor dalam bisnis yang dapat menjadi pujian yang bagus bagi siswa yang berencana untuk mengejar manajemen atau sumber daya manusia. Banyak lulusan menggunakan gelar ini sebagai batu loncatan untuk pekerjaan pascasarjana di bidang psikologi, sumber daya manusia, administrasi kesehatan, atau bisnis.

Permintaan psikolog diperkirakan akan tumbuh sebesar 14% hingga tahun 2026, atau lebih cepat dari rata-rata. Meskipun dibutuhkan gelar doktor untuk menjadi seorang psikolog, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui program tingkat sarjana memberikan siswa kemampuan untuk bekerja di berbagai bidang termasuk untuk bekerja di bidang HRD dan pelayanan sosial.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Rute paling langsung untuk berkarir di sumber daya manusia adalah dengan mengambil jurusan manajemen SDM di perguruan tinggi. Spesialis sumber daya manusia bertanggung jawab untuk merekrut, mempekerjakan, dan melatih karyawan baru.

Mereka biasanya bekerja di kantor meskipun profesional HR dalam peran perekrutan dapat melakukan perjalanan secara ekstensif. Penting untuk memilih program gelar sarjana SDM dengan kurikulum yang sejalan dengan rekomendasi yang ditetapkan oleh Society for Human Resource Management (SHRM).

Kursus biasanya mencakup bidang-bidang seperti hukum dan etika bisnis, hubungan manusia, kepemimpinan dan manajemen, dan komunikasi. Beberapa program juga mempersiapkan siswa untuk mendapatkan sertifikasi industri seperti PHR, SPRH, dan SHRM-Certified Professional.

Sertifikasi ini dapat menjadi aset nyata bagi lulusan baru yang melamar posisi SDM. Siswa tanpa pengalaman di lapangan harus mencari program dengan magang untuk mendapatkan pengalaman dan pelatihan SDM yang berharga.

Baca Juga: Tugas Admin HRD dan Skill yang Dibutuhkan

4. Humaniora

Humaniora adalah bidang ilmu sosial yang menyelidiki konstruksi manusia dan hubungan sosial. Program humaniora itu unik. Sebagian besar memungkinkan siswa untuk memilih program studi mereka sendiri yang selaras dengan minat pribadi dan profesional mereka.

Meraih gelar sarjana humaniora dapat membantu para profesional sumber daya manusia dengan memberi mereka dasar yang kuat dalam komunikasi, pemecahan masalah, dan kesadaran budaya. Kursus biasanya mencakup bidang-bidang seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi.

Sebagian besar program humaniora membutuhkan waktu empat tahun untuk diselesaikan. Program online yang fleksibel dapat mempersingkat waktu tersebut. Lulusan humaniora dapat ditemukan di berbagai organisasi layanan manusia seperti:

  • Manajer layanan sosial dan masyarakat
  • Asisten layanan manusia
  • Petugas sosialisasi

5. Pemasaran

Bagaimana sebuah organisasi menemukan orang yang tepat untuk dipekerjakan untuk memenuhi nilai dan kebutuhan bisnis inti mereka? Jurusan HRD perlu memiliki keterampilan pemasaran yang diperlukan untuk menciptakan, berkomunikasi, dan menyampaikan harapan yang jelas untuk menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Pemasaran dapat menjadi latar belakang yang bagus bagi individu yang mencari posisi sumber daya manusia. Meraih gelar sarjana di bidang pemasaran biasanya membutuhkan waktu empat tahun.

Dibutuhkan lebih lama jika menghadiri paruh waktu. Banyak program tersedia secara online. Mahasiswa juga dapat mendapatkan pengetahuan ini dengan cara mengambil kursus di bidang pemasaran, ilmu sosial, dan bisnis.

Beberapa program mungkin memerlukan pengalaman praktikum atau magang yang merupakan peluang besar untuk mendapatkan pengalaman dan pelatihan langsung yang berharga. Manajer pemasaran sangat dibutuhkan.

Prospek pekerjaan untuk manajer periklanan, promosi, dan pemasaran diperkirakan akan meningkat sebesar 10% hingga tahun 2026. Memperoleh gelar sarjana dalam pemasaran dapat membuka pintu untuk pekerjaan yang bekerja dengan perusahaan perekrutan, agen konsultan, dan pelatihan dan pengembangan.

Baca Juga: Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

6. Ilmu Hukum

Buat Anda yang ingin menjadi HRD, bisa memilih jurusan hukum. Jurusan ini cocok karena di dunia HRD, Anda akan berhubungan langsung dengan pasal dan Undang-Undang khususnya tentang tenaga kerja dan hak asasi manusia.

Ketika seseorang dari jurusan hukum menjadi HRD, ketika terjadi masalah dengan karyawan yang ada di perusahaan HRD bisa memberikan solusi sesuai dengan hukum yang berlaku. HRD juga bisa memastikan karyawan telah bekerja sesuai Undang-Undang yang berlaku.

gajihub 4

7. Komunikasi

Profesional komunikasi dibutuhkan di hampir setiap industri termasuk sumber daya manusia. Ada kebutuhan untuk profesional komunikasi yang memahami bagaimana berinteraksi dan mengkomunikasikan pesan mereka secara efektif.

Memperoleh gelar sarjana dalam komunikasi dapat mengajarkan siswa keterampilan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan baru, berbagi informasi manfaat, melakukan tinjauan kinerja, dan menyelesaikan kegiatan pelatihan kerja.

Kursus komunikasi khusus dapat ditawarkan dalam komunikasi organisasi, media massa, dan media sosial. Pengalaman magang memberi siswa pelatihan langsung yang berharga bekerja dengan profesional komunikasi lainnya.S

ebagian besar program membutuhkan waktu empat tahun untuk diselesaikan. Beberapa ditawarkan secara online. Gelar sarjana dalam komunikasi dapat membantu mengamankan posisi manajemen dan kepemimpinan dan peluang kemajuan karir di berbagai pengaturan.

Pengaturan ini dapat mencakup perusahaan perekrutan dan agen bakat. Komunikasi adala bagian penting dari industri sumber daya manusia. Menghasilkan gelar sarjana yang berspesialisasi dalam komunikasi organisasi dapat membuat Anda lebih kompetitif di pasar kerja.

Pekerjaan komunikasi dan media diperkirakan akan tumbuh sebesar 11% hingga tahun 2026. Itu lebih cepat dari rata-rata untuk profesi lain, menurut BLS.

Baca Juga: Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu

8. Hubungan Masyarakat

Setiap perusahaan membutuhkan tim hubungan masyarakat. Profesional SDM dengan latar belakang hubungan masyarakat dapat menjadi aset besar. Profesional PR memiliki keterampilan dan bakat yang dibutuhkan untuk:

  • Menulis siaran pers
  • Bekerja sama dengan pers
  • Mengatur wawancara, mengelola krisis
  • Draf komunikasi internal

Kursus biasanya ditemukan dalam program gelar sarjana PR termasuk yayasan sosial dan hukum, hubungan strategis, penulisan yang efektif, dan yayasan bisnis dan ekonomi. Siswa harus menyelesaikan magang atau pengalaman praktikum untuk merasakan bagaimana rasanya bekerja di berbagai pengaturan PR.

Sebagian besar program dapat diselesaikan dalam empat tahun studi penuh waktu. Siswa paruh waktu akan memakan waktu lebih lama. Dengan gelar sarjana dalam hubungan masyarakat, siswa dapat bekerja dalam berbagai peran untuk memastikan pesan yang konsisten, mempertahankan interaksi positif dengan karyawan saat ini dan mantan, dan memastikan citra publik yang positif.

Meraih gelar dalam hubungan masyarakat dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para profesional sumber daya manusia yang bekerja di pemerintahan, perawatan kesehatan, atau pendidikan tinggi. Industri hubungan masyarakat diharapkan tumbuh 9% pada tahun 2026 menurut BLS.

9. Keuangan

Semua profesional SDM membutuhkan pemahaman yang kuat tentang keuangan. Meraih gelar sarjana di bidang keuangan dapat memberi siswa pemahaman yang kuat tentang bidang-bidang seperti manajemen risiko, akuntansi keuangan, investasi, dan keuangan perusahaan.

Profesional SDM dapat menggunakan keterampilan ini saat mendiskusikan rencana pensiun dengan karyawan, memahami pemotongan pajak, dan mengelola manfaat seperti asuransi. Gelar di bidang keuangan akan mempersiapkan siswa untuk posisi entry-level di organisasi nirlaba dan nirlaba.

Program gelar keuangan tersedia online dan di kampus. Mereka biasanya membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya. Untuk menjadi sukses, siswa harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dan minat dalam matematika atau akuntansi.

Siswa harus mencari program yang memegang akreditasi regional bersama dengan akreditasi khusus dari AACSB, ACBSP, atau IACBE. Prospek pekerjaan untuk analis keuangan diperkirakan akan tumbuh sebesar 11% hingga 2026. Itu lebih cepat dari rata-rata, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.

Baca Juga: Kepanjangan HRD, Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Tips Menjadi HRD

10. Ekonomi

Calon profesional SDM dengan minat pada kompensasi dan tunjangan mungkin tertarik untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang ekonomi. Administrator tunjangan dan kompensasi bekerja untuk menentukan paket gaji dan tunjangan untuk berbagai pekerjaan yang berbeda di seluruh sektor.

Mereka perlu memahami dampak keuangan dari rencana ini pada organisasi dan memastikan mereka mematuhi berbagai undang-undang dan peraturan. Lulusan ekonomi juga bekerja sebagai analis penggajian.

Peran penting ini memastikan bahwa semua karyawan dibayar kapan dan berapa yang harus mereka bayar. Mereka juga membantu dengan audit dan membuat laporan untuk organisasi.

Program gelar sarjana ekonomi menawarkan kursus dalam bisnis, keuangan, dan akuntansi. Mereka tersedia secara online dan di kampus dan membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya.

Beberapa program menampilkan magang untuk mendapatkan pengalaman industri yang penting. Hingga tahun 2026, permintaan para ekonom diperkirakan akan tumbuh sebesar 6%. Itu secepat rata-rata, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.

Baca Juga: Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

Tugas HRD

jurusan hrd

Menjadi seorang HRD, pastinya memiliki tugas yang harus dipertanggung jawabkan. Oleh karenanya, memilih jurusan HRD yang cocok sangat penting karena akan mempermudah HRD dalam menjalankan tugas.

Lalu apa saja tugas HRD yang menjadi alasan harus memilih jurusan yang sesuai? Yuk simak penjelasannay di bawah ini:

1. Perencanaan

Tugas HRD yang pertama adalah melakukan perencanaan. Salah satu perencanaan yang dilakukan oleh HRD adalah perencanaan tenaga kerja atau perencanaan SDM.

Makanya tidak heran jika HRD membutuhkan orang dari jurusan manajemen. Selain memiliki kemampuan dalam pengelolaan karyawan, manajemen juga memiliki ilmu dasar dalam perencanaan.

Selain jurusan manajemen, jurusan administrasi bisnis dan ekonomi juga memiliki dasar ilmu perencanaan. Jadi, inilah alasan mengapa HRD diperuntukan bagi mereka dari jurusan-jurusan tersebut.

2. Merekrut Karyawan Baru

Tugas selanjutnya dari HRD adalah merekrut karyawan baru. Di sini dibutuhkan seseorang dengan ilmu psikologi. Orang yang berasal dari bidang psikologi bisa memahami bagaimana karakteristik dari gerak-gerik orang tersebut.

Psikologi memegang peranan penting dalam proses rekrutmen karyawan. Selain memahami karakter kandidat calon karyawan, sarjana psikologi juga memiliki kemampuan dalam memahami apa yang memotivasi staf mereka, menciptakan insentif yang berarti, dan meningkatkan kinerja karyawan melalui teori kontemporer dalam psikologi.

Selain psikologi, jurusan yang relevan dalam proses rekrutmen karyawan adalah jurusan komunikasi dan jurusan SDM. Kemampuan dan ilmu yang dimiliki oleh lulusan jurusan tersebut akan membantu mempermudah proses rekrutmen di perusahaan.

3. Training dan Development

Selain bertugas merekrut karyawan baru, tugas selanjutnya yang dimiliki oleh HRD adalah melakukan pendidikan dan pengembangan bagi karyawan baru tersebut. Orang-orang dari jurusan komunikasi, humaniora, hubungan masyarakat, hingga psikologi dibutuhkan untuk kelancaran proses training dan development ini.

Orang-orang dari jurusan ini nantinya bisa memberikan hasil yang baik untuk perusahaan melalui pelatihan dan pendidikan kepada karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

4. Merancang Program Kompensasi

Buat Anda yang penasaran dimana korelasi jurusan hukum dengan HRD, maka jawabannya adalah merancang program kompensasi. HRD adalah divisi yang memiliki wewenang dalam melakukan perancangan program kompensasi baik itu berupa upah, asuransi kesehatan, hingga asuransi ketenagakerjaan.

Jurusan hukum memahami Undang-Undang dan semua peraturan yang berlaku di Indonesaia. Dengan begitu, HRD bisa memastikan karyawan di perusahaan sudah mendapatkan hak yang semestinya.

5. Administrasi Personalia

Tugas selanjutnya adalah administrasi personalia. Tugas ini berhubungan erat dengan dukungan terhadap fungsi HR lainnya. Ada beberapa tugas yang ada di bawah administrasi personalia, diantaranya:

  • Bertanggung jawab terhadapĀ databaseĀ karyawan
  • Payroll dan benefit lainnya
  • Manajemen pinjaman karyawan
  • Absensi
  • Cuti
  • Kontrak kerja

Ada beberapa jurusan yang relevan dengan tugas ini, di antaranya psikologi, hukum, administrasi bisnis, ekonomi, dan pastinya jurusan SDM.

6. Perencanaan Karir

Tugas berikutnya yang diemban oleh HRD adalah perencanaan karir karyawan yang ada di perusahaan. Perusahaan memiliki tanggung jawab dalam mengetahui dan memahami perencanaan karir setiap karyawannya.

Ini bisa mencegah karyawan resign atau mengundurkan diri karena merasa tidak memiliki prospek pengembangan karir di perusahaan. Ilmu psikologi dan ilmu sosial lainnya seperti humaniora dan komunikasi sangat penting untuk tugas ini. Jadi, ini alasan mengapa jurusan ini cocok menjadi HRD.

7. Membuat Program untuk Perusahaan

Membuat atau merancang program untuk perusahaan juga menjadi tugas HRD. HRD wajib memastikan bahwa program yang dibuat memiliki manfaat untuk perusahaan. Salah satu manfaat yang dimilikinya adalah bisa membantu karyawan lebih memahami perusahaan tempat ia bekerja.

Jurusan manajemen dan ekonomi bisa mempermudah dalam pembuatan program ini. Selain itu orang-orang dari jurusan sosial humaniora juga akan membuat program bisa berjalan dengan baik karena mereka memiliki kemampuan sosial yang tinggi.

 

gajihub 1

Baca Juga: Rekrutmen Internal dan Eksternal: Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai jurusan HRD dan tugas HRD yang wajib untuk Anda pahami. Buat Anda yang tertarik berkarir sebagai HRD, penting bagi Anda untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kebutuhan HRD.

Manajemen sumber daya manusia di perusahaan jadi bagian penting. Untuk memudahkan pengelolaannya, Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “10 Jurusan HRD yang Cocok untuk Anda Beserta Tugasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *