10 Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ESTJ, Simak Di Sini

kepribadian estj

Kepribadian ESTJ merupakan salah satu kepribadian yang terdapat dalam tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indikator. Seseorang dengan ESTJ dikenal sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Lalu apa saja pekerjaan yang cocok untuk ESTJ ini? Bagaimana juga dengan karakteristik ESTJ? Di kesempatan kali ini GajiHub akan membahas mengenai kepribadian ESTJ dan pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini.

Simak penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Itu Kepribadian ESTJ?

ESTJ merupakan singkatan dari extroverted, sensing, thinking, judging dan merupakan salah satu kepribadian yang ada dalam tes Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI. Seorang ESTJ dikenal sebagai seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap semua pikiran dan tindakannya.

Karakter ini juga dikenal memiliki jiwa kepemimpinan yang hebat dan juga kemampuan organisasi. Dengan semua karakteristik ini, tidak mengherankan jika ESTJ ini dijuluki sebagai ‘sang pengarah’.

Sebagai pribadi yang ekstrover, ESTJ akan mendapatkan energi dengan cara menghabiskan waktu bersama orang lain yang ada di sekitarnya. Ketika dihadapkan pada pengambilan keputusan, ESTJ lebih mengandalkan bukti konkret dan pendekatan yang logis untuk penyelesaian masalah yang tepat.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Paling Cocok untuk Kepribadian INTJ, Apa Saja?

Apa Saja Karkateristik Utama ESTJ?

Berikut karakteristik utama yang dimiliki oleh seorang ESTJ:

1. Berjiwa Pemimpin

Karakter utama pertama yang dimiliki oleh ESTJ adalah mereka berjiwa pemimpin. Orang dengan kepribadian ESTJ memiliki kemampuan untuk memimpin dengan dedikasi, komitmen, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Bisa dikatakan ESTJ adalah sosok ideal untuk menjadi seorang pemimpin. Mereka memiliki kemampuan untuk mendistribusikan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain dengan adil dan objektif.

2. Disiplin

Karakter kedua yakni disiplin. Seorang ESTJ memiliki sifat disiplin yang tinggi. Ini juga menjadi modal penting untuk menjadi seorang pemimpin. ESTJ dikenal mampu membuat keputusan yang tepat dengan karakter disiplin ini.

Mereka bisa membagi setiap pekerjaan dan aktivitas sesuai dengan tingkat prioritas masing-masing. Meski demikian, dengan karakter ini, ESTJ terkesan terburu-buru dan tidak sabaran.

3. Suka Fakta Konkret

Orang dengan ESTJ menyukai hal-hal berdasarkan fakta konkret. Mereka suka mempelajari hal-hal nyata yang bisa langsung diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, orang dengan ESTJ tidak menyukai hal-hal yang bersifat teoritis dan abstrak.

4. Tegas

Selain disiplin, ESTJ juga dikenal sebagai pribadi yang tegas. Ini adalah modal yang sangat baik untuk menjadi seorang pemimpin.

Mereka tidak segan untuk memberikan sanksi bagi orang-orang yang tidak mematuhi aturan yang telah disepakati sebelumnya.

5. Suka Bersosialisasi

Sebagai seorang ekstrover, ESTJ dikenal suka bersosialisasi. Bertemu dengan banyak orang atau bersosialisasi merupakan aktivitas yang bisa memberikan energi ke pribadi ESTJ.

Selain suka bersosialisasi, ESTJ juga suka menjadi pusat perhatian. Mereka adalah titik dimana ketika banyak orang, ESTJ bisa mengalihkan perhatian dan hanya terarah kepadanya.

kepribadian ESTJ

Baca Juga: Pahami Karakteristik Kepribadian ISTP di Tempat Kerja

Bagaimana Pembagian Kepribadian ESTJ?

ESTJ dibagi menjadi 2 (dua) jenis kepribadian yakni ESTJ-A atau ESTJ Asertive dan ESTJ-T atau ESTJ Turbulent. Mereka dengan karakter ESTJ-A atau Asertive Executive menganggap diri mereka lebih memiliki tujuan jika dibandingkan dengan karakter ESTJ-T atau Turbulent Executive.

Meski demikian, sebenarnya kedua adalah pribadi yang sama-sama memiliki tujuan di masa depan. Dari segi emosional, mereka dengan pribadi ESTJ-T lebih emosional dan mudah marah. Sedangkan ESTJ-A lebih santai saat dihadapkan pada emosi.

Kekurangannya adalah karakter tersebut membuat ESTJ tampak seperti kurang sensitif dan tidak peduli. Namun dengan kekurangan tersebut, ESTJ bisa lebih mudah memaafkan karena karakter kurang peduli ini.

Baca Juga: 9 Profesi Terbaik untuk Kepribadian INFJ, Berikut Daftarnya

Apa Kelebihan Kepribadian ESTJ?

ESTJ dikenal dengan kelebihannya yang membuat mereka mampu menjadi seorang pemimpin yang baik. Untuk mendukungnya menjadi pemimpin yang baik, Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Terorganir

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh ESTJ adalah mereka termasuk ke dalam orang-orang yang terorganisir. Mereka akan membuat jadwal secara teratur dan menepatinya.

Mereka terbiasa dengan pekerjaan yang terjadwal sehingga pekerjaan mereka bisa lebih efisien. Ini berlaku juga di ruangan atau meja kerja ESTJ, semuanya tersusun dengan rapi sehingga bisa memudahkan ESTJ ketika membutuhkan barang tertentu.

2. Dapat Diandalkan

ESTJ memiliki kelebihan yakni dapat diandalkan. Sifatnya yang terorganisir dan disiplin, membuat ia dipercaya oleh orang lain. Dengan bukti nyata yang bisa diberikan ESTJ, tidak sulit bagi orang lain untuk mengandalkan ESTJ ini.

3. Mampu Memimpin

ESTJ juga memiliki kelebihan kemampuan memimpin. Ia adalah seorang ekstrover yang omongannya akan didengar oleh banyak orang. Ketika ESTJ berbicara, maka perhatian bisa mengarah kepadanya.

Ini adalah bekal yang kuat untuk menjadi seorang pemimpin. Dengan kebiasaan disiplin yang dimilikinya, ESTJ dipercaya mampu menjadi pemimpin yang baik.

4. Pekerja Keras

Orang dengan kepribadian ESTJ juga terkenal pekerja keras. Ketika ia memiliki keinginan atau impian, ia akan berjuang mewujudkan impian tersebut.

Baca Juga: Kepribadian ESTP, Ini 7 Pekerjaan Paling Cocok Untuk Anda

Apa Kekurangan Kepribadian ESTJ?

Kekurangan yang dimiliki oleh ESTJ adalah mereka terkenal sebagai orang yang kaku dan tidak fleksibel. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca penjelasan di bawah ini:

1. Pribadi yang Kaku

Orang dengan karakter disiplin memang terkenal memiliki pribadi yang kaku. Ini juga berlaku bagi ESTJ. Ketika ia memiliki rencana, ia akan terpaku kepada rencana tersebut dan akan berjalan di atas hingga rencananya terwujud.

Ini juga berlaku bagi orang-orang di sekelilingnya. Orang yang ada di bawah kepemimpinannya mau tidak mau harus mengikuti peraturan yang telah ia buat dan menaatinya.

2. Tidak Fleksibel

Selain kaku, ESTJ juga terkenal memiliki karkater yang tidak fleksibel. Ia benar-benar terorganisir sehingga sulit untuk mengubah peraturan yang telah ia buat dan disepakati bersama.

3. Keras Kepala

ESTJ juga terkenal sebagai pribadi yang keras kepala. Ia tahu apa yang ia mau dan prioritas dalam hidupnya. Ia membuat ia tidak mudah luluh atau mengubah pikirannya.

4. Suka Memerintah

Kekurangan ESTJ selanjutnya adalah ia suka memerintah. Ia sering beranggapan bahwa untuk mewujudkan suatu tujuan, semua orang harus mengikuti rencana yang telah ia buat. Ini yang akhirnya membuat ESTJ memiliki sifat suka memerintah.

5. Kurang Peka

Kekurangan ESTJ selanjutnya adalah ia kurang peka, baik itu terhadap suatu keadaan ataupun perasaan orang lain. Ini juga sering membuat ESTJ dilabeli sebagai orang yang egois.

gajihub 1

Baca Juga: Kepribadian ENFJ: Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Anda

Bagaimana Kepribadian ESTJ di Tempat Kerja?

Kepribadian ESTJ di tempat kerja dikenal sebagai pribadi yang unggul. ESTJ memiliki kemampuan dalam mempelajari lebih lanjut terkait aktivitas, lingkungan, dan hubungan di tempat kerja.

Ini yang akhirnya menentukan karir apa yang disukai oleh seorang ESTJ. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai bagaimana ESTJ di tempat kerja:

1. Aktivitas yang Disukai di Tempat Kerja

Seperti apa aktivitas yang disukai oleh ESTJ? ESTJ menyukai aktivitas yang di dalamnya mereka unggul dalam hal kepemimpinan. ESTJ suka memimpin orang lain karena mereka menganggap ide-ide yang mereka miliki akan bekerja dengan baik.

ESTJ memiliki kelebihan disiplin dan terorganir ini membuat mereka akan membuat rencana dan membuat rincian setiap langkah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka akan memastikan setiap anggota tim di bawah dapat bekerja sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan dan mereka akan mengomunikasikannya dengan konstan.

2. Lingkungan Kerja yang Disukai

ESTJ menyukai lingkungan kerja yang telah memiliki aturan kerja dan pedoman khusus, sehingga banyak di antara mereka yang memilih bekerja di perusahaan mapan dimana telah memiliki tingkatan kepemimpinan karyawan.

Dengan adanya tingkatan kepemimpinan atau hirarki ini, ESTJ akan mengatahui dengan mudah kepada siapa mereka akan melapor dan siapa saja yang akan melapor kepada mereka. Mudahnya, mereka akan mengetahui siapa atasan dan siapa bawahan mereka.

3. Hubungan Profesional di Tempat Kerja

ESTJ merupakan pemimpin yang baik. Mereka memiliki kemampuan dalam hal mengarahkan orang lain dan menegakkan peraturan yang dibuat perusahaan. Kehadiran mereka di perusahaan akan memperlancar suatu proyek hingga bisa terselesaikan.

ESTJ lebih memilih komunikasi secara langsung di tempat kerja. Mereka tidak keberatan ketika diminta memberikan arahan secara langsung dan tim yang ada di bawahnya bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

kepribadian estj

Baca Juga: 8 Jenis Tes Kepribadian yang Sering Digunakan Perusahaan

Apa Saja Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ESTJ?

Kepribadian ESTJ cocok dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan kepemimpian. Apa saja pekerjaan tersebut? Simak 10 pekerjaan yang cocok untuk ESTJ berikut ini:

1. Engineer

Salah satu peran utama seorang insinyur adalah menggunakan pengetahuan teknis dan keterampilan pemecahan masalah untuk merancang atau meningkatkan produk, sistem, atau proses.

Mereka bertanggung jawab untuk memastikan pekerjaan mereka memenuhi standar kualitas dan keselamatan serta peraturan lingkungan. Insinyur dapat mengelola proyek atau berkolaborasi dengan profesional lain, seperti arsitek atau ilmuwan.

Dengan karakter yang dimiliki oleh ESTJ, pekerjaan engineer cocok dipilih sebagai pilihan karir ESTJ.

2. Pengacara

Peran pengacara adalah memberikan nasihat hukum dan representasi kepada klien. Mereka melindungi hak-hak hukum klien mereka, menjaga kerahasiaan, dan harus selalu bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka.

Untuk menjadi pengacara, Anda harus menyelesaikan gelar sarjana, mengikuti ujian,, dan mendapatkan gelar advokat dari sekolah hukum yang terakreditasi.

ESTJ adalah orang yang logis, analitis, dan berorientasi pada detail, yang semuanya merupakan sifat-sifat penting bagi seorang pengacara. Mereka adalah pemimpin alami dan senang mengambil alih, yang dapat membantu saat mengelola tim profesional hukum.

3. Politikus

Politikus jadi pilihan pekerjaan bagi seorang ESTJ. Politikus akan membuat ESTJ menjadi seorang pemimpin, baik itu tingkat daerah ataupun nasional.

Ketika ESTJ menjadi politikus, mereka memiliki kemampuan untuk mengorganisasi hal-hal yang ada di kendalinya. Ini sangat cocok dengan karakteristik yang dimiliki oleh ESTJ.

4. Hakim

Masih di bidang hukum, Anda dengan kepribadian ESTJ bisa mempertimbangkan berkarir sebagai hakim. Hakim adalah pekerjaan yang berhubungan dengan penegakan keadilan di hadapan hukum.

ESTJ dikenal sebagai orang yang taat hukum dan ini adalah bekal yang akan membuat ESTJ benar-benar menegakan keadilan saat bekerja sebagai hakim.

5. Tentara

ESTJ dikenal karena keyakinan dan komitmen mereka yang kuat terhadap keteraturan dan struktur. Mereka tidak hanya menghormati dan mengikuti aturan dan tradisi yang ditetapkan oleh figur otoritas, tetapi mereka juga menganggap orang lain melakukan hal yang sama.

Rasa hormat terhadap hukum dan ketertiban ini membuat para Direktur berkembang pesat di bidang militer dan penegakan hukum, terutama saat diberi peran sebagai pengawas.

6. Guru

Berhadap dengan murid setiap hari akan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi ESTJ. Tidak heran jika guru bisa menjadi pilihan karir yang dipertimbangkan ESTJ.

Menjadi guru juga akan membuat ESTJ memimpin saat berada di dalam kelas. Jadi, buat Anda yang sedang bingung memilih karir bagi ESTJ, guru bisa menjadi pilihan yang baik.

7. HR Manager

Dedikasi dan komitmen mereka terhadap pekerjaan membuat ESTJ paling cocok untuk mewakili perusahaan. Para eksekutif tidak hanya pekerja keras dan dapat diandalkan, tetapi mereka juga memimpin dengan memberi contoh.

ESTJ yang ramah dan mudah bergaul juga merupakan penghubung yang baik yang terhubung dengan baik dengan orang lain. Kualitas-kualitas ini membantu mereka menjunjung citra publik yang positif dan mendorong semua orang di perusahaan untuk melakukan hal yang sama.

8. Manajer

Memegang kendali dan menegakkan disiplin serta ketertiban memberikan sensasi tersendiri bagi seorang Eksekutif. Sebagai pemimpin yang terlahir secara alamiah dan dibantu dengan kemampuan komunikasi yang sangat baik, ESTJ pandai mengawasi karyawan, mengelola operasi sehari-hari, dan memastikan bahwa tujuan-tujuan tercapai.

Sebagai orang yang berprestasi, para manajer yang memiliki motivasi diri ini sangat baik dalam mendorong dan menginspirasi orang-orang untuk menyelesaikan sesuatu.

9. Sales

Sales juga bisa menjadi pilihan karir seorang ESTJ. Kemampuan menjadi pusat perhatian sangat cocok untuk pekerjaan sales.

Kemampuan ESTJ dalam bersosialisasi juga akan membantu sales mendapatkan lebih banyak klien.

10. Senior Akuntan

ESTJ sangat efisien dan sangat teliti. Mereka sangat baik dalam menangani pekerjaan yang membutuhkan akurasi dan detail sambil memastikan bahwa pekerjaan yang diberikan sangat baik dan memenuhi tenggat waktu.

Sebagai akuntan senior, ESTJ menggunakan kejeniusan organisasi mereka untuk mengkonsolidasikan dan memverifikasi catatan dan transaksi, menjaga saldo dan laporan, serta memantau dan mengawasi akuntan junior.

Baca Juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, kepribadian ESTJ merupakan kepribadian yang memiliki kemampuan memimpin, terorganisir, dan juga disiplin. Untuk itu pekerjaan seperti engineer, pengacara, hakim, manager, sales, hingga senior akuntan sangat cocok untuk kepribadian ESTJ.

Dibandingkan bekerja secara jarak jauh atau WFH, ESTJ lebih cocok bekerja di kantor. Bekerja di kantor akan membuat ESTJ bertemu dengan tim secara langsung dan ini akan menjadi kekuatan ESTJ untuk menciptakan ide-ide baru.

Untuk memudahkan pekerjaan dari kantor, Anda bisa memilih software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan baik yang bekerja dari jarak jauh (remote) ataupun yang bekerja di kantor.

Salah satu fitur dari GajiHub yang membantu karyawan bekerja dari kantor adalah Presensi dengan GPS. Di fitur ini, karyawan hanya bisa melakukan presensi di sekitar kantor dan fitur ini juga dilengkapi dengan fitur foto selfi. Jadi, nggak bisa tuh karyawan untuk absensi di luar kantor.

Tertarik untuk mencoba fitur-fiturnya? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *