13 Tips LinkedIn HR untuk Menarik Rekruter Hingga Bakat Terbaik

tips linkedin HR banner

Di era digital seperti saat ini, memiliki media sosial, terutama LinkedIn merupakan hal penting dalam dunia HR. Jadi, baik bagi Anda yang baru memulai  karier ataupun berpengalaman, perlu mengoptimalkan media sosial tersebut dengan melakukan beberapa tips LinkedIn HR.

Selain itu, dengan membangun citra pribadi di media sosial juga berpotensi membantu Anda menjalin hubungan profesional, memperkuat citra perusahaan tempat Anda bekerja, serta membantu Anda memperoleh pekerjaan di bidang HR.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat optimalisasi profil LinkedIn untuk HR dan beberapa tips LinkedIn HR yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan visibilitas.

Apakah HR Penting untuk Mengoptimalkan LinkedIn?

Ya, penting bagi HR untuk mengoptimalkan profil dengan melakukan tips linkedin HR. Berikut sejumlah alasannya:

1. Lebih Mudah Ditemukan

Dengan mengoptimalkan profil LinkedIn Anda dengan keyword yang sesuai, hal tersebut akan memudahkan pihak HR untuk menemukan Anda.

Ketika mereka mencari kandidat dengan kemampuan untuk pengalaman tertentu, profil Anda akan lebih mudah muncul dalam hasil pencarian.

Hal ini memudahkan profes perkrutan dan memungkinkan HR untuk menjangkau calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Optimalisasi profil LinkedIn membantu Anda membangun kepercayaan di mata HR dan claon karyawan.

Dengan menyertakan informasi lengkap tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi Anda, Anda menunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional yang dapat dipercaya di dunia HR.

Hal ini sangat penting jika Anda mencari pekerjaan di bidang HR atau ingin menjadi pemimpin dalam peran HR, karena kredibilitas merupakan kunci penting.

3. Memperluas Jaringan HR

Mengoptimalkan profil LinkedIn memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan profesional dalam dunia SDM. Dengan mencantumkan minat, keterampilan, dan tujuan, Anda bisa menarik profesional HR lain yang memiliki minat sama.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan kelompok dan komunitas yang relevan dalam bidang HR, yang dapat membantu Anda terhubung dengan sesama profesional dan memahami tren terbaru dalam industri ini.

4. Menciptakan Kesan yang Baik pada Calon Karyawan

Dalam peran HR, menciptakan kesan yang baik merupakan hal penting. Dengan demikian, mengoptimalkan profil LinkedIn bisa memberikan kesan positif kepada calon karyawan.

Hal ini membantu Anda untuk menarik bakat yang berkualitas dan membantu tim HR perusaahaan dalam membangun hubungan positif dengan calon karyawan, yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan perusahaan dan tim HR Anda.

Baca Juga: 8 Rekomendasi HR Training untuk Tim SDM

Apa Saja Tips LinkedIn HR?

Sebagai HR, ada beberapa tips LinkedIn HR yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan profil Anda, yaitu:

1. Foto Profesional

Saat Anda menggunakan LinkedIn, ingatlah bahwa ini adalah platform untuk berhubungan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan foto profil Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat:

Jaringan profesional

LinkedIn adalah tempat untuk menjalin hubungan bisnis dan profesional, bukan untuk bersenang-senang seperti di Instagram.

Foto terkini

Jika Anda tidak memiliki foto di profil LinkedIn atau bahkan menggunakan foto yang diambil lebih dari 10 tahun lalu, Anda perlu memperbarui foto tersebut.

Profesi

Pastikan foto Anda terlihat profesional dan sesuai dengan peran Anda di dunia kerja.

Apabila perusahaan Anda telah mengambil foto untuk situs web atau karyawan, sebaiknya Anda gunakan foto tersebut. Jika tidak, Anda bisa meminta perusahaan untuk mengambil foto untuk selurh tim, sehingga semua orang bisa memperbarui profil LinkedIn mereka.

Pastikan untuk menggunakan foto yang jelas dan sesuai dengan ukuran optimal LinkedIn, yaitu 300px x 300px. Dengan begitu, profil Anda akan lebih profesional dan menarik. Hal ini adalah salah satu langkah awal untuk membangun citra profesional Anda di LinkedIn.

tips linkedin HR

2. Buat Headline yang Menarik

Pada profil LinkedIn, terdapat bagian headline di mana Anda bisa menjelaskan siapa Anda dan pekerjaan Anda.

Headline ini hanya boleh ditulis dalam 120 karakter, yang artinya Anda hanya punya sedikit kata-kata utuk menjelaskan diri Anda.

Banyak orang yang mencantumkan pekerjaan dan nama perusahaan di headline mereka. Padahal, sebenarnya Anda bisa membuatnya lebih menarik dengan beberapa tips LinkedIn HR berikut:

Gunakan bahasa yang sesuai

Pilih kata-kata yang relevan dengan audiens Anda.

Kalimat pendek dan jelas

Buat kalimat singkat yang menjelaskan apa yang Anda lakukan dalam pekerjaan Anda.

Tawarkan hal yang bisa Anda “jual”

Anda bisa menambahkan bagaimana Anda berkontribusi dalam pekerjaan Anda, seperti [Admin HR]: membantu X melakukan Y.

Berikut beberapa contoh headline yang menarik:

  • Admin HR: Membantu proses pengelolaan SDM.
  • People Management:
  • “Spesialis Pemasaran Digital: Membantu Bisnis Tumbuh”
  • “Analisis Data yang Menyediakan Wawasan Bisnis”

Dengan judul yang menarik, Anda bisa membuat profil LinkedIn Anda lebih mencolok dan menarik perhatian orang dengan baik.

3. Manfaatkan Ruang Ringkasan (Summary)

Jelaskan diri Anda dengan mencantumkanya pada space ringkasan atau summary yang ada di bagian profil LinkedIn Anda. Bagian tersebut merupakan bagian yang sempurna untuk menulis tentang pengalaman Anda sebelumnya, tujuan, dan prestasi.

Apabila Anda bingung bagaimana cara menulis ringkasan LinkedIn yang baik, berikut beberapa tips yang dapat dijadikan inspirasi:

  • Mulai ringkasan dengan kalimat menarik yang berkaitan dengan bidang SDM.
  • Lakukan riset kata kunci terkait SDM dan tambahkan kata-kata tersebut ke dalam ringkasan Anda. Hal ini dapat membantu calon karyawan atau rekruter menemukan Anda dengan mudah, sehingga mereka dapat dengan cepat mengidentifiksi profil Anda sebagai seseorang yang fokus di bidang SDM.
  • Tulis deskripsi Anda dengan gaya yang sesuai dengan cara Anda bekerja di ingkungan kerj adan tunjukkan kepribadian Anda melalui deskripsi tersebut.
  • Batas karakter yang diizinkan adalah 2000 kata, jadi jangan ragu untuk menggunakannya. Kemudian, disarankan untuk memecahnya menjadi paragraf kecil dan poin-poin untuk memudahkan dibaca.

4. Tambahkan Gambar Banner ke Profil Anda

Menambahkan banner ke profil Anda dapat membantu Anda menciptakan kesan pertama yang terbaik. Hal ini akan menarik lebih banyak perhatian dan pekerjaan, serta menunjukkan bahwa Anda adalah perwakilan dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Perlu Anda ketahui bahwa dimensi gambar banner atau sampul LinkedIn adalah 1536 piksel (lebar) x 768 piksel (tinggi).

Baca Juga: 9 Tips LinkedIn Digital Marketing untuk Tingkatkan Peluang

gajihub 3

5. Membagikan Konten sebagai Penulis di LinkedIn

Jika Anda ingin menjadi sosok yang berpengaruh di dunia HR, mulailah membuat konten yang dapat menunjukkan tentang keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang tersebut.

Dengan menulis konten, Anda bisa meningkatkan visibilitas profil dan memperlihatkan pengalaman Anda, baik kepada rekruter maupun para job seeker. 

6. Ceritakan Pencapaian di Bidang HR

Saat menjelaskan pengalaman Anda di bidang HR, sebutkan pencapaian yang pernah Anda raih ke dalam profil LinkedIn. Jika Anda pernah bekerja untuk proyek besar, sertakan 1-2 kalimat dengan penjelasan singkat mengenai proyek tersebut dan dampak yang telah dihasilkan.

Sebagai contoh, Anda berhasil melakukan onboarding bagi 50 orang secara efektif sepanjang tahun, sehingga mengurangi biaya turnover karaywan.

7. Buat URL Khusus di LinkedIn

Meskipun terdengar sepele, tetapi ini dapat meningkatkan kemudahan pencarian profil LinkedIn Anda oleh search engine, sehingga orang dapat menemukan Anda dengan lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat URL di LinkedIn:

  1. Buka halaman profil Anda. Anda akan melihat opsi ‘Edit profil publik dan URL’ di sudut kanan atas.
  2. Di halaman edit, klik ikon pensil kecil dan ubah URL Anda agar mencerminkan nama depan dan belakang Anda. Hapus angka atau huruf setelah nama Anda.

8. Aktif di Komuitas

LinkedIn merupakan tempat di mana banyak profesional sumber daya manusia dan manajer SDM, Untuk itu, selain memiliki profil yang terlihat bagus, Anda juga perlu berinteraksi secara aktif dengan komunitas di bidang HR.

Agar bisa tetap terhubung dengan jaringan Anda, Anda harus secara rutin memposting, memberikan komentar pada posting orang lain, dan aktif mencoba memperluas jaringan.

Dengan membangun berbagai koneksi dengan rekan kerja, klien, dan kenalan dalam berbagai industri, hal ini bisa menghasilkan rekomendasi untuk perusahaan Anda atau untuk peran di masa depan.

Baca Juga: 5 Cara dan Tips LinkedIn Programmer untuk Menarik HRD 

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia HR, Anda perlu memperluas jaringan Anda, terutama jika Anda terlibat dalam proses rekrutmen.

Jadi pertimbangkan untuk menerima permintaan koneksi dari siapapun, dan apabila mereka menganggu, Anda dapat menghapus mereka dari jaringan Anda.

10. Tambahkan Deskripsi Perusahaan pada Bagian Pengalaman

Ketika orang mencari profil LinkedIn seorang HR, mereka ingin tahu leih banyak tentang apa yang Anda lakukan dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Kemudian, meskipun lebih mudah untuk menyebutkan pengalaman secara langsung, jangan lupa untuk menambahkan 1-2 kalimat di awal untuk menjelaskan apa yang dilakukan perusaahaan tersebut, misalnya berfokus dalam bidang tertentu.

Dengan demikian, orang yag mengunjungi profil Anda akan lebih mudah memahami apa yang Anda lakukan.

tips linkedin HR

11. Tambahkan Media ke Profil dan Pengalaman

Saat menuliskan pengalaman kerja, Anda juga bisa menambahkan media, seperti PDF, gambar, dan dokumen yang untuk menunjukkan apa yang telah Anda lakukan.

Hal ini dapat menciptakan peluang yang lebih tinggi untuk menarik rekruter, sementara orang-orang lain juga dapat mengetahui kemampuan Anda.

Namun, apabila saat ini Anda belum memiliki prestasi atau penghargaan pribadi, Anda bisa menambahkan pencapaian dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Misalnya dengan menyebutkan informasi umum tentang perusahaan, seperti video pengantar atau PDF yang menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan.

12. Bergabung dengan Grup LinkedIn HR

Hal ini merupakan cara yang tepat untuk terhubung dengan profesional HR lain yang memiliki minat sama dan bisa memperluas jaringan Anda.

Tidak hanya itu, grup-grup tersebut juga dibuat dengan niat untuk membantu orang lain dalam mengembangkan diri di bidang HR.

Berikut adalah beberapa grup yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan:

  • Linked:HR
  • Human Resources Professionals Worldwide
  • HR Professionals powered by HRCI and HRPA
  • HR.com
  • Human Resources Professionals
  • Ikuti divisi LinkedIn HR di Indonesia untuk saran dan tips yang lebih lokal

13. Bersikap Ramah Saat Mengundang Orang Lain untuk Terhubung

Jika Anda pengguna aktif LinkedIn, mungkin Anda pernah melihat undangan LinkedIn yang ditulis secara general dan berulang kali seperti “Saya ingin menambahkan Anda ke jaringan profesional saya di LinkedIn.” 

Padahal, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk membuat kalimat undangan yag lebih personal, untuk meingkatkan kemungkinan undangan diterima.

Sebagai contoh, apabila Anda pernah bertemu seseorang saat job fair dan kemudian menambahkan jaringan di LinkedIn, Anda bisa menyertakan catatan tambahan yang berkaitan dengan diri mereka.

Baca Juga: Sosial Media Rekrutmen: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Kesimpulan

Sebagai seorang profesional di bidang HR, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan profil LinkedIn. Sebab, Anda adalah orang yang mewakili perusahaan, sehingga hal ini dapat menjadi pendukung yang signifikan.

Anda bisa mengoptimalkan profil dengan mengunggah gambar sampul yang mencerminkan perusahaan, hingga membuat URL khusus milik Anda sendiri.

Selain itu, ingatlah bahwa LinkedIn memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk menarik rekruter maupun bakat terbaik.

Nah, jika LinkedIn merupakan platform untuk memudahkan Anda mencari bakat terbaik dalam proses rekrutmen, selanjutnya guna mempermudah segala urusan administrasi karyawan, mulai dari penggajian, presensi hingga pengajuan cuti dan izin Anda bisa menggunakan Gajihub .

Gajihub merupakan software payroll dan HR yang dapat mengotomatisasi proses payrollyang mampu menghitung seluruh komponen gaji, mulai dari bonus hingga potongan.

Tertarik untuk menggunakannya? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *