8 Rekomendasi HR Training untuk Tim SDM

HR training banner

HR training berperan penting dalam meningkatkan keterampilan para profesional HR. Melalui pelaihan ini, Anda dapat berkontribusi lebih baik pada kesuksesan perusahaan, up-to-date dengan perkembangan di bidang SDM, serta mampu merencanakan strategi SDM dengan lebih matang.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu HR training, manfaat, dan beberapa rekomendasinya.

Apa itu HR Training?

HR training atau pelatihan SDM adalah program yang ditujukan untuk para profesional di bidang SDM.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu Anda, sebagai profesional HR untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan kompetensi dalam mengelola SDM di suatu perusahaan.

Pelatihan ini bisa mencakup berbagai hal, mulai dari pengenalan teknologi baru, pemahaman tentang tren terkini, atau pemenuhan persyaratan hukum yang berkaitan dengan SDM.

Melalui HR training, Anda akan tetap up-to-date dalam peran dan tanggung jawab Anda, memastikan perusahaan mematuhi berbagai peraturan hukum, serta memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Saat ini sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan berbagai pelatihan atau kursus SDM, baik yang dilaksanakan secara online, campuran (blended learning), atau offline. 

Perkembangan teknologi tersebut membuat Anda dapat belajar dengan lebih mudah, karena bisa mengakses pelatihan di mana saja dan kapan pun melalui berbagai perangkat.

Baca Juga: Employee Feedback: Arti, Manfaat, Hingga Contohnya

HR training

Apakah HR Wajib Mengikuti HR Training?

Ya, seperti yang Anda ketahui, departemen SDM memiliki peran strategis yang vital sebagai penghubung antara pemilik bisnis dan karyawan. Dan seperti karyawan lainnya, staf SDM juga membutuhkan pelatihan berkelanjutan untuk menjalankan tugas-tugas mereka dengan efisien.

Berikut beberapa alasan yang membuat HR training sangat penting:

1. Melaksanakan Peran dan Tanggung Jawab Sehari-hari

SDM memiliki tugas sehari-hari yang melibatkan pengelolaan kehadiran karayawan, pengelolan cuti, dan menangani keluhan. Dengan demikian, pelatihan SDM dapat membantu Anda untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Untuk mengoptimalkan tugas-tugs Anda sebagai HR, Anda bisa mengandalkan Gajihub, sebuah software payroll dan HR, yang akan membantu Anda dalam pengelolaan data karyawan, mulai dari data kehadiran, izin dan cuti, hingga penyediaan slip gaji.

Selain itu, Gajihub juga dilengkapi dengan fitur BPJS yang akan mempermudah Anda untuk melakukan setup perhitungan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan dengan besaran upah karyawan.

Dengan demikian, Anda bisa lebih berfokus pada aspek-aspek SDM yang membutuhkan strategi dan pertimbangan secara matang.

Klik gambar di bawah ini untuk daftar dan coba gratis selama 14 hari:

gajihub 3

2. Tetap Mengikuti Perkembangan Hukum

Hukum ketenagakerjaan selalu berubah, dan SDM harus selalu mengikuti perkembangan tersebut. Melalui pelatihan, Anda dapat memahami dan mematuhi Undang-Undang Ketenagakerjaan yang berlaku saat ini.

3. Menilai dan Memenuhi Tujuan Bisnis

Sebagai HR, Anda berperan untuk merekrut, melatih, dan mempertahankan talenta terbaik serta memastikan kegiatan operasional bisnis berjalan lancar. Dengan mengikuti pelatihan, Anda dapat menilai dan mencapai tujuan bisnis tersebut.

4. Memainkan Peran sebagai Mitra Bisnis Strategis

HR berperan sebagai mitra bsinis strategis dalam membantu membentuk masa depan perusahaan. Inilah yang membuat program pembelajaran dan pengembangan dalam perusahaan menjadi bagian penting dari perencanaan bisnis strategis SDM.

Melalui HR training, Anda lebih siap untuk peran tersebut.

Dengan pelatihan yang tepat, tim SDM dapat menjadi lebih efisien dalam menjalankan tugas-tugas mereka dan memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Employee Recognition, Hingga Tips Melakukannya

HR training

Apa Saja Rekomendasi HR Training Terbaik?

Berikut adalah beberapa platform terpopuler untuk program HR training yang bisa Anda coba:

1. Strategic Human Resources oleh LinkedIn Learning

LinkedIn Learning merupakan HR training yang sudah disetujui oleh Lembaga Sertifikasi SDM (HR Certification Institute). Artinya, Anda dapat memperoleh kredit untuk berbagai sertifikat dengan membayar kursus setiap bulan.

Dalam kelas ini, Anda akan belajar cara mencari, merekut, dan mengelola karyawan. Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara menarik talenta terbaik, mengidentifikasi kebutuhan rekrutmen perusahaan, dan metode apa yang harus digunakan untuk merekrut talenta baru.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut beberapa materi yang akan Anda dapatkan dari pelatihan ini:

  • Dasar-dasar HR
  • Dasar-dasar Rekrutmen
  • Teknik interview HR
  • Onboarding untuk Karyawan Baru sebagai Manajer
  • Strategi SDM
  • Persiapan sertifikasi: Profesional di bidang SDM
Harga:

Apabila mengambil paket langganan setahun, Anda akan mendapat coba gratis selama 1 bulan dan selanjutnya dikenakan biaya Rp308.200/bulan.

Sementara jika mengambil paket bulanan, Anda juga mendapat coba gratis selama 1 bulan dan selanjutnya dikenakan biaya Rp462.400/bulan.

Untuk mengikuti training ini, Anda dapat mengunjungi halaman ini. 

2. Udemy

Udemy menawarkan kursus pelatihan SDM online gratis, di mana Anda akan mempelajari materi administrasi SDM untuk pemula. Platform ini juga menyediakan materi terkait cara memanfaatkan analisis SDM menggunakan Ms. Excel secara efektif untuk menilai kinerja karyawan.

Sebab, untuk berkembang dalam profesi terkait SDM, Anda juga harus memahami cara menganalisis dan mengintepretasikan data.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut beberapa materi yang akan Anda dapat pada kursus ini:

  • Menggunakan dan memvisualisasikan data SDM untuk administrasi bisnis terkait manajemen SDM.
  • Menghitung data SDM, termasuk tingkat retensi karyawan dan proyeksi karyawan menggunakan Ms.Excel.
  • Menggunakan data yang diperoleh unuk memecahkan masalah SDM.
Harga:

Kursus Udemy bisa Anda dapatkan secara gratis atau membayar hingga Rp519.000 untuk kelas-kelas tertentu.

Untuk mengikuti training ini, Anda dapat mengunjungi halaman ini. 

3. The Preparing to Manage Human Resources oleh Course Coursera

Coursera adalah sebuah platform online yang menawarkan berbagai program pelatihan untuk para manajer, yang ingin meningkatkan keterampilan untuk mengelola SDM.

Kursus-kursus yang disediakan oleh Coursera didesain secara khusus melalui kerjasama dengan universitas dan platform pendidikan lainnya. Menariknya lagi, beberapa kursus tersebut tersedia secara gratis.

Selain itu, kursus Coursera juga bersifat fleksibel, dapat diambil secara mandiri, dan memiliki beragam durasi, mulai dari satu jam hingga enam bulan dan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program pelatihan.

The Preparing to Manage Human Resources Course merupakan salah satu program kursus yang paling efektif.

Hal yang Akan Dipelajari

Dalam kursus ini, Anda akan mendapatkan beberapa materi seperti:

  • Menciptakan strategi SDM yang efektif.
  • Memahami aspek hukum yang relevan.
  • Mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat memotivasi karyawan.
  • Mengelola kinerja karyawan.
  • Melakukan proses rekrutmen.
  • Teknik manajemen.
  • Memahami psikologi karyawan.
  • Mengembangkan keterampilan manajemen SDM.
Harga:

Coursera menyediakan beberapa pelatihan gratis, namun ada opsi berbayar untuk materi tambahan, yakni mulai dari $1. Jika Anda tertarik Anda dapat melakukan pendaftaran melalui halaman ini.

4. HR University

HR University adalah HR training berbasis online yang menawarkan beberapa progam sertifikasi. Kursus-kursus mereka merupakan kompilasi dari kursus video sesuai permintaan, yang dipimpin oleh para ahli dengan teknik pembelajaran yang interaktif.

HR University memungkinkan Anda sebagai profesional HR untuk mengembangkan pengetahuan mengenai topik-topik HR.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut beberapa topik program sertifikasi yang bisa Anda ambil:

  • HR Generalist Certification
  • Diversity and Inclusion Certification
  • HR Management Certification
  • HR Business Partner Certification
  • People Analytics Certification
  • Change Management Certification
Harga:

Mulai dari $199 hingga $349. Selain itu, Anda bisa mendapatkan akses ke semua program dengan harga $499. Kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: 10 Macam Training Metrics Penting yang Wajib HR Tahu

5. Program Digital: Human Resources dari Kelas.com

Program Digital: Human Resources dari Kelas.com menawarkan pelatihan SDM dengan pendekatan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada teori semata.

Dalam program ini, Anda akan terlibat dalam berbagai simulasi yang bertujuan untuk membentuk Anda menjadi seorang profesional HR yang kompeten.

Selain aspek pembelajaran, program yang berbentuk bootcamp ini juga memberikan Anda kesempatan untuk terlibat dalam komunitas yang terdiri dari para praktisi SDM. Dengan demikian, Anda dapat bertanya langsung kepada para ahli.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut beberapa materi yang dipelajari dalam bootcamp dari Kelas.com:

  • Fundamental Human Resources
  • Recruitment & Selection
  • People Development
  • Compensation & Benefit
Harga:

Untuk mengikuti bootcamp ini, Anda perlu membayar sejumlah Rp499.000. Kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.

6. Kursus Sertifikasi HRD Management dari Arkademi

Saat mengikuti HR training dari Arkademi, Anda akan belajar memahami dasar-dasar manajemen SDM dalam perusahaan. Setiap berhasil menyelesaikan kursus, Anda akan mendapatkan sertifikat elektronik yang bisa Anda gunakan sebagai bukti skill yang Anda kuasai saat melamar pekerjaan.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut adalah beberapa materi yang akan Anda pelajari pada tingkat basic: 

  • Pengantar manajemen SDM.
  • Mengapa manajemen SDM.
  • 8 Fungsi Manajemen SDM.
  • Berkarier di Manajemen SDM.
Harga:

Untuk mengikuti kursus ini, Anda perlu membayar sejumlah Rp499.000. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui halaman ini.

7. Human Capital Staff dari Kita Kompeten

Program Human Capital Staff dari Kita Kompeten dirancang khusus untuk Anda yang ingin memulai karier di bidang manajemen SDM, yang saat ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Program ini terbuka untuk berbagai latar belakang pendidikan.

Melalui program ini, Anda akan diperkenalkan pada berbagai kompetensi yang diperlukan oleh seorang staf SDM, seperti pengelolaan administrasi personalia, penggajian, dan proses rekrutmen.

Setelah mengikuti program ini, Anda akan menjadi seorang staf SDM yang kompeten sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Hal yang Akan Dipelajari

Materi yang akan Anda pelajari di kelas ini meliputi:

  • Pengelolaan administrasi karyawan.
  • Pelaksanaan administrasi pengupahan.
  • Rekrutmen.
  • Menghitung upah lembur.
Harga:

Kursus ini bisa Anda ikuti hanya dengan Rp99.000. Kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya.

8. Diploma SDM oleh Alison

Alison menawarkan 36 kursus pelatihan dan pengembangan di bidang manajemen SDM yang ditujukan untuk karyawan dan manajer. Kursus-kursus ini mencakup berbagai topik, seperti dasar-dasar SDM, proses rekrutmen dan seleksi, dan masih banyak lagi.

Hal yang Akan Dipelajari

Berikut adalah beberapa materi yang akan Anda pelajari di kursus ini:

  • Dasar-dasar SDM
  • Proses rekrutmen dan orientasi.
  • Resolusi konflik di tempat kerja.
  • Rerkutmen yang lebih aman.
Harga:

Beberapa kursus dari Alison dapat diikuti secara gratis, namun untuk mendapatkan sertifikat Anda perlu membayar dengan biaya tertentu. Jika Anda tertarik, lakukan pendaftaran melalui halaman ini.

Baca Juga: Pengertian Training Needs Analysis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Memilih HR Training yang Tepat?

Simak beberapa cara untuk memilih kursus HR yang cocok untuk Anda:

1. Tentukan Tujuan

Pertimbangkan apa yang ingin Anda capai saat memilih kursus HR. Apakah Anda ingin mendapatkan sertifikasi, atau lebih fokus pada keterampilan yang ingin dipelajari?

Selain itu, pertimbangkan juga apakah Anda berniat mempelajari skill baru atau meningkatkan skill yang sudah dimiliki.

2. Perhatikan Dampak Bisnis

Pelatihan dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan. Menurut Huffington Post, perusahaan yang melakukan pelatihan dapat meningkatkan profit hingga 24% karena tingginya tingkat retensi karyawan.

Program pelatihan yang efektif akan mengurangi karyawan yang resign, sehingga menghemat biaya rekrutmen karyawan baru.

3. Sesuaikan dengan Pengalaman

Pilih HR training yang sesuai dengan tingkat pengalaman Anda. Apabila Anda adalah HR Generalist pemula, Anda mungkin bisa mengikuti kursus HR untuk pemula.

Sementara jika Anda dalah seorang profesional HR yang lebih berpengalaman, Anda bisa mendaftarkan diri dalam program sertifikasi khusus.

4. Jelajahi Berbagai Bidang

HR memiliki berbagai jalur karier. Hampir setiap industri memiliki departemen HR, mulai dari kesehatan, industri, arsitektur, akademisi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, tenaga profesional HR umumnya selalu ada di setiap perusahaan dan jumlahnya tergantung pada ukuran serta banyaknya karyawan.

Baca Juga: Evaluasi Pelatihan, Ketahui Arti, Manfaat, Hingga Langkahnya

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa sebagai profesional HR, penting bagi Anda untuk mengikuti HR training, untuk meningkatkan keterampilan di bidang SDM.

Dengan berbekan keterampilan tersebut, Anda pun dapat mengatasi berbagai urusan karyawan, mulai dari kebutuhan administrasi, penyusunan strategi terkait SDM, serta mampu menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan bagi karyawan.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam bekerja, Anda dapat menggunakan Gajihub yang memiliki berbagai fitur menarik, mulai dari payroll, absensi, pengelolaan BPJS, hingga pencatatan kasbon karyawan.

Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi tautan ini dan daftar untuk coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *