Pentingnya Employee Recognition, Hingga Tips Melakukannya

employee recognition banner

Employee recognition atau pengakuan terhap karyawan merupakan suatu elemen penting untuk menjaga motivasi dan produktivitas di tempat kerja. Sebab, ketika karyawan merasa dihargai dan diakui atas kontribusinya, mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu employee recognition, manfaat, tipe, hingga cara melakukannya.

Apa yang Dimaksud dengan Employee Recognition?

Employee recognition atau pengakuan karyawan adalah tindakan mengakui karyawan secara terbuka atas identitas dan prestasi mereka. Hal ini biasanya meliputi memberikan feedback positif mengenai kekuatan karyawan dan apa yang telah berhasil mereka lakukan.

Pengakuan karyawan bertujuan untuk menciptakan budaya, di mana karyawan merasa dihargai, mendorong keterlibatan, meningkatkan produktivitas, serta mempertahankan karyawan.

Berbagai hal tersebut nantinya dapat membentuk lingkungan kerja yang lebih inklusif dan cara utuk saling mengenal sesama anggota tim, serta meningkatkan kualitas kerja secara keseluruhan.

Namun, meskipun employee recognition dapat memperkuat tim dan memabawa kesuksesan bagi perusahaan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Workhuman dan Gallup, hanya sekitar 26% yang merasa mendapatkan pengakuan yang setara dengan kontribusi mereka.

Oleh karena itu, untuk membawa kesuksesan bagi perusahaan, pengakuan karyawan harus dilakukan secara tepat dan efektif.

Baca Juga: 18 Contoh KPI Sales, Arti, serta Pentingnya bagi Perusahaan

employee recognition

Apakah Employee Recognition dan Employee Reward itu Sama?

Meskipun terlihat sama, ternyata employee recognition dan employee reward (penghargaan karyawan) memiliki perbedaan dalam tujuan dan bentuknya.

Penghargaan karyawan adalah hal-hal fisik atau insentif tertentu yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas kontribusi terbaik mereka, seperti makan siang bersama tim, tambahan cuti, dan berbagai hal yang tidak termasuk dalam kebijakan perusahaan.

Sementara itu, pengakuan karyawan lebih berfokus pada pemberian apresiasi dan memupuk semangat karyawan.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara seperti mengucapkan terima kasih secara terbuka saat meeting, memberikan upacan terima kasih secara pribadi, atau mengadakan acara makan siang bersama tim yang dirancang khusus untuk menghargai kerja keras setiap karyawan.

Baca Juga: Pentingnya Reward dan Punishment dan Strategi Penerapannya

Apakah Employee Recognition itu Penting?

Ya, pengakuan karyawan sangat penting bagi perusahaan karena membawa banyak manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Retensi Karyawan

Ketika karyawan merasa dihargai dan mendapatkan pengakuan yang sesuai dengan kerja kerasnya, mereka cenderung bertahan lebih lama di perusahaan.

Baca Juga: 20 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

2. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Pengakuan membuat karyawan lebih terlibat dalam pekerjaan mereka dan lebih antusias dalam melakukan tugas, serta tanggung jawab mereka.

3. Membina Hubungan dan Kerja Sama Tim

Employee recognition dapat memperkuat hubungan di antara anggota tim dan mendorong kerja sama yang lebih baik. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang positif dan meningkatkan kerja sama.

4. Menciptakan Budaya Penghargaan

Penting bagi perusahaan untuk menyertakan pengakuan sebagai bagian dari budaya kerja sehari-hari, bukan hanya kegiatan sesekali, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang penuh dengan rasa terima kasih.

5. Memperkuat Nilai-Nilai Perusahaan

Praktik-praktik seperti pengakuan yang adil dapat mendukung nilai-nilai perusahaan secara merata. Semua karyawan tanpa memandang latar belakang, harus mendapatkan pengakuan yang setara.

6. Membangun Citra Positif Perusahaan

Budaya pengakuan membantu membangun citra positif perusahaan, yang dapat menarik lebih banyak karyawan berkualitas dan meningkatkan kesuksesan organisasi.

7. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Saat pengakuan disesuaikan dengan preferensi masing-masing karyawan, maka motivasi karyawan pun akan meningkat.

Baca Juga: Pentingnya Reward Management untuk Perusahaan dan Karyawan

Apa Saja Jenis-Jenis Employee Recognition?

Terdapat beberapa jenis employee recognition yang dapat Anda terapkan untuk menghargai dan mengakui kontribusi karyawan, yaitu:

1. Pengakuan Formal

Pengakuan formal atau pengakan publik adalah ketika Anda memuji karyawan dengan cara yang dapat dilihat oleh orang lain. Hal ini bisa berupa acara tatap muka seperti rapat atau secara online melalui email dan unggahan di media sosial perusahaan.

Menurut sebuah penelitian, 84% perusahaan mengatakan bahwa pengakuan sosial atau publik perdampak positif pada produktivitas karyawan mereka.

2. Pengakuan Informal

Pengakuan informal atau pribadi memuji karyawan secara pribadi melalui percakapan langsung, email, atau pujian yang ditulis tangan.

Meskipun tidak memberikan pengakuan yang dapat dilihat oleh orang lain, namun pengakuan yang personal dapat membangun hubungan yang lebih baik antar rekan kerja.

3. Pengakuan Sosial atau Rekan Kerja

Bentuk pengakuan ini memperkuat budaya perusahaan karena setiap karyawan akan saling menghargai kerja keras satu sama lain. Hal ini bisa dilakukan di depan umum atau secara pribadi dan sangat merupakan pengakuan yang sangat berarti, sebab berasal dari rekan kerja.

4. Pengakuan Finansial

Pengakuan ini mencakup pujian di depan umum atau pribadi yang disertai dengan hadiah uang, seperti uang tunai atau voucher. Manfaat finansial ini akan menambah motivasi  bagi karyawan untuk bekerja lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Kompensasi Finansial dan Non Finansial untuk Karyawan

5. Pengakuan dari Atas ke Bawah

Sesuai namanya, pengakuan dari atas ke bawah berasal dari atasan ke bawahan. Misalnya, pimpinan proyek yang memberikan penghargaan kepada manajer, dan selanjutnya manajer akan memberikan penghargaan kepada anggota timnya.

6. Pengakuan Melalui Laporan Langsung

Pengakuan laporan langsung adalah bentuk pengakuan pribadi one-on-one terhadap anggota tim dari manajer mereka. Hal ini menunjukkan bahwa manajer mengamati dan menghargai pekerjaan karyawan.

7. Pengakuan Sehari-Hari

Pengakuan ini tidak perlu disampaikan apda acara khusus dan dilakukan untuk pencapain kecil setiap harinya. Pengakuan sehari-hari yang dilakukan secara rutin dapat menciptakan hubungan yang kuat antar karyawan.

8. Pengakuan di Atas Ekspektasi

Employee recognition jenis ini diberikan kepada karyawan yang bekerja lebih dari yang seharusnya dan menunjukkan inisiatif, serta keinginan yang kuat untuk bekerja dengan baik.

Sebagai contoh, seorang sales executive yang bekerja jauh melampaui perannya untuk bekerja sama dengan tim lain, guna membantu seorang klien.

9. Pengakuan Karier

Pengakuan ini juga disebut sebagai pengakuan pencapaian, untuk mengakui karyawan yang telah menyelesaikan suatu pencapaian.

Misalnya, Anda dapat memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah bekerja sealam 10 tahun atau telah berhasil melakukan closing sebanyak 100 penjualan, yang membuat pendapatan perusahaan meningkat.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai kontribusi karyawan dan membantu mereka untuk tetap termotivasi dalam mencapai kesuksesan.

10. Acara Perayaan

Acara perayaan merupakan bentuk pengakuan yang diberikan untuk merayakan keberhasilan tim.

Anda dapat memberikan piala penghargaan, mengadakan pesta di kantor atau di luar kantor, membelikan camilan, dan sebagainya merupakan cara yang menarik untuk menunjukkan apresiasi kepada para karyawan.

Baca Juga: Team Work: Pengertian, Manfaat, dan Juga Cara Membangunnya

gajihub 2

Bagaimana Cara Melakukan Employee Recognition?

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan employee recognition yang sukses dan efektif:

1. Komitmen Organisasi

Penting bahwa manajer dan direktur secara aktif mendukung program ini dan berpartisipasi di dalamnya. Mereka harus menunjukkan komitmen dengan menyediakan sumber daya yang cukup.

2. Keselarasan dengan Tujuan Organisasi

Program penghargaan harus sejalan dengan tujuan dan nilai-nilai peruahaan. Apabila tidak, maka karyawan akan merasa bahwa terdapat ketidaksesuaian antara kata-kata dan tindakan dari manajemen perusahaan.

3. Kesesuaian

Penghargaan harus mencerminkan pencapaian karyawan dan memiliki makna bagi karyawan. Jangan memberikan penghargaan yang malah terkesan meremehkan usaha karyawan.

4. Waktu yang Tepat

Employee recognition perlu dilakukan secara real-time agar lebih efektif. Dengan kata lain, jangan menunda memberikan pengakuan terlalu lama, karena hal tersebut bisa mengurangi motivasi karyawan.

5. Evaluasi Rutin

Selalu lakukan evaluasi rutin terhadap program ini untuk memastikan relevansinya, serta menemukan area yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Baca Juga: Pengertian Employee Spotlight dan Contohnya

Contoh Employee Recognition

Sebagai referensi, berikut adalah 8 contoh pengakuan karyawan yang bisa Anda coba di dalam lingkungan kerja:

1. Tanyakan kepada Karyawan tentang Preferensi Mereka

Selalu tanyakan kepada tim Anda apa cara terbaik untuk memberikan pengakuan yang sesuai dengan keinginan dan nilai-nilai mereka.

2. Buat Program Pengakuan Rekan Kerja

Buat budaya penghargaan yang mendorong setiap karyawan untuk memberikan penghargaan kepada rekan kerja mereka.

3. Mengadakan Hari Khusus untuk Tim

Rayakan keberhasilan tim dengan aktivitas di luar kantor yang menyenangkan untuk memperkuat ikatan tim.

4. Tulis Catatan

Buat ucapan terima kasih secara tertulis apabila karyawan Anda lebih menyukai cara ini.

5. Tawarkan Camilan

Berikan camilan atau tawarkan makan siang sebagai bentuk penghargaan yang tidak terduga.

6. Mendukung Pengembangan Profesional

Dukung dan biayai karyawan untuk mengikuti sertifikasi yang relevan sesuai dengan pilihan mereka, untuk mengembangkan keahlian mereka.

7. Tampilkan Karyawan di Media Sosial

Berikan pengakuan kepada karyawan di media sosial perusahaan untuk menginformasikan pencapaian mereka kepada teman dan keluarga, misalnya dengan membuat postingan yang menarik di Linkedin mengenai keberhasilan mereka ataupun di Instagram.

Baca Juga: 20 Ide Kreatif Penghargaan Pegawai dan Strateginya

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Employee Recognition?

Dalam melakukan employee recognition, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Berikut penjelasannya:

Hal yang Boleh Dilakukan dalam Pengakuan Karyawan

  • Buatlah setiap karyawan merasa istimewa
  • Tawarkan tunjangan pribadi
  • Tunjukkan penghargaan yang jujur atas tugas yang telah diselesaikan
  • Luncurkan program penghargaan karyawan yang mencerminkan budaya perusahaan
  • Bersikaplah adil dalam hal pengakuan karyawan
  • Bersikaplah proaktif dalam mengenali karyawan Anda
  • Jelaskan mengapa Anda memilih untuk memberikan penghargaan kepada karyawan tertentu
  • Kenali tim dengan baik
  • Umumkan pengakuan karyawan kepada publik

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Pengakuan Karyawan

  • Jangan buat penghargaan menjadi hal yang bersifat kompetitif
  • Jangan lupa untuk memberikan pengakuan atas segala bentuk kontribusi terhadap bisnis
  • Jangan menetapkan standar yang terlalu tinggi
  • Jangan lupa untuk menghargai upaya tim
  • Jangan abaikan hobi karyawan Anda sehingga Anda bisa menghargai kerja keras mereka dengan fasilitas yang sesuai preferensi mereka
  • Jangan lupa untuk membuat pengakuan karyawan menjadi menyenangkan
  • Jangan lupa untuk menyemangati karyawan Anda, meskipun mereka belum memberikan hasil yang luar biasa

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Pemberdayaan Karyawan

employee recognition

Bagaimana Tips Membuat Karyawan Merasa Diakui?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memastikan employee recognition berjalan efektif:

1. Jadilah Spesifik

Saat memberikan pengakuan kepada karyawan, sertakan sebanyak mungkin detail tentang tindakan atau hasil spesifik yang hendak dipuji. Menetapkan rincian ini akan membuat pengakuan lebih terasa personal dan karyawan merasa dihargai atas kontribusinya.

2. Pilih Jenis Pengakuan yang Tepat

Karyawan memiliki preferensi yang berbeda dalam merespons pujian. Dengan mengetahui dan mengidentifikasi faktor yang bisa memotivasi kayawan, Anda dapat memberikan pengakuan secara tepat.

3. Manfaatkan Acara Spesial

Gunakan acara-acara seperti ulang tahun, hari jadi, atau saat karyawan menerima promosi sebagai kesempatan untuk memberikan penghargaan. Ini adalah momen yang bagus untuk menunjukkan apresiasi Anda terhadap kontribusi karyawan baik di tingkat profesional maupun personal.

4. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan khusus bagi karyawan dapat menjadi cara terbaik untuk memotivasi mereka. Hal ini juga menciptakan semangat kompetisi yang sehat di tempat kerja.

Oleh karena itu, pastikan pengakuan atau penghargaan sesuai dengan nilai dan tujuan perusahaan, sehingga karyawan merasa lebih terhubung.

Baca Juga: 25 KPI Marketing untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat diketahui bahwa employee recognition berperan penting dalam meningkatkan motivasi karyawan dan mempertahankan produktivitas mereka, dan membantu perusahaan dalam mempertahankan bakat terbaik.

Pengakuan kepada karyawan dapat diberikan dengan berbagai macam bentuk, mulai dari pengakuan publik, pengakuan sehari-hari, pengakuan finansial hingga pengakuan yang disampaikan dalam acara-acara khusus.

Selain berbagai hal yang telah disebutkan tadi, Anda juga bisa memberikan pengakuan dan penghargaan kepada karyawan dengan memberikan otonomi kepada mereka.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajiub yang memiliki fitur employee self service (ESS) yang membuat karyawan dapat melakukan presensi secara mandiri, mengajukan cuti dan izin melalui smartphone, mencatat jam lembur, dan sebagainya.

Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi tautan ini dan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *