Pentingnya Reward Management untuk Perusahaan dan Karyawan

reward management banner

Selain gaji, benefit, atau tunjangan lainnya ternyata perusahaan juga perlu mempertimbangkan pemberian reward kepada karyawan dengan cara yang adil dan konsisten. Hal itulah yang membuat reward management berperan penting dalam meningkatkan kepuasan karyawan.  

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu reward management, pentingnya bagi perusahaan, jenis, hingga tips mengoptimalkannya.

Apa yang Dimaksud dengan Reward Management?

Reward management atau manajemen penghargaan adalah bagian penting dalam SDM yang berfokus pada memberikan penghargaan dan insentif kepada karyawan.

Manajemen penghargaan juga bisa diartikan sebagai cara untuk mengenali, mengukur, dan memberikan penghargaan atas perilaku dan hasil kerja, yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan strategisnya.

Adanya manajemen ini bertujuan agar karyawan merasa termotivasi, berdedikasi, dan memiliki tujuan yang jelas. Hal ini juga berfungsi untuk memastikan bahwa karyawan diberi penghargaan atas perilaku dan hasil kerja yang sesuai, serta memahami dengan jelas apa yang mereka harapkan.

Beberapa orang menganggap manajemen penghargaan sebagai cara untuk memberikan motivasi kepada karyawan dengan memberikan penghargaan atas prestasi dan kesuksesan mereka.

Reward management juga mencakup pengembangan dan penerapan kebijakan serta prosedur yang adil dan konsisten dalam memberikan penghargaan kepada karyawan di seluruh perusahaan.

Baca Juga: Wellness Program: Arti, Manfaat, Contoh, dan Tips Merancangnya

reward management

Pentingnya Reward Management bagi Perusahaan

Berikut adalah alasan yang membuat setiap perusahaan harus memiliki manajemen perusahaan:

1. Menarik dan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Dengan memberikan penghargaan yang pantas, perusahaan dapat menarik dan mempertahankan karyawan terbaik di berbagai bidang. Apabila karyawan merasa dihargai, tentu mereka akan tetap tinggal dalam organisasi.

2. Meningkatkan Budaya Perusahaan

Manajemen penghargaan membantu meningkatkan budaya perusahaan. Melalui pemberian penghargaan yang efektif, reputasi perusahaan menjadi baik di pasaran. Selain itu, sistem ini juga membantu perusahaan untuk lebih dikenal di industri.

3. Motivasi dan Produktivitas

Strategi terbaik untuk memotivasi karyawan adalah dengan manajemen penghargaan. Sistem penghargaan yang baik dapat mendorong kompetisi di perusahaan, sehingga karyawan lebih bersemangat dan meningkatkan produktivitas.

Hal ini memberikan dampak positif pada keseluruhan produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

4. Karyawan Lebih Setia

Dengan pengelolaan penghargaan yang tepat, karyawan menjadi lebih setia kepada perusahaan. Selain itu, sistem penghargaan yang baik juga membantu agar karyawan mempromosikan perusahaan dengan lebih baik.

5. Lingkungan Kerja yang Sehat

Melalui pemberian penghargaan atas kinerja yang baik, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat, sehingga karyawan merasa lebih nyaman dan tidak stres dalam bekerja.

Baca Juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

gajihub 2

Jenis-Jenis Reward

Ada dua jenis reward yang perlu Anda ketahui, yaitu extrinsic reward dan intrinsic reward.

Penghargaan ekstrinsik meliputi:

1. Bonus

Setiap perusahaan memiliki aturan bonus karyawan yang berbeda-beda. Ada yang bersifat tetap, artinya karyawan akan memperoleh bonus jika perusahaan mencatat keuntungan lebih tinggi atau lebih rendah pada akhir tahun.

Ada juga bonus yang diberikan saat perusahaan berhasil dengan baik dan mendapatkan keuntungan besar.

2. Kenaikan Gaji

Kenaikan gaji akan diberikan setelah karyawan bekerja keras, berusaha, mencapai prestasi, atau memperoleh keterampilan baru. Hal ini merupakan bentuk penghargaan atas kontribusi karyawan dalam perusahaan.

Dengan adanya kenaikan gaji, karyawan pun dapat lebih termotivasi dan bisa memberikan kepuasan jangka panjang.

3. Hadiah

Hadiah diberikan sebagai tanda penghargaan atas pencapaian tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Setiap karyawan pasti senang menerima pengakuan dan apresiasi dari manajemen.

Melalui pemberian hadiah, karyawan dapat mengetahui arah yang benar untuk meningkatkan usaha pereka dan mencapai prestasi lebih tinggi.

4. Promosi

Promosi adalah kenaikan jabatan karyawan dengan tanggung jawab dan gaji yang lebih tinggi. Hal ini diberikan karena usaha karyawan yang berpengaurh pada keberhasilan jangka panjang perusahaan.

Dengan promosi ini, karyawan akan lebih termotivasi untuk terus berkontribusi dan mendapatkan kepercayaan serta tanggung jawab dari manajemen.

Baca Juga: Succession Planning: Arti, Manfaat, Tahap, Hingga Tantangannya

Sementara penghargaan intrinsic meliputi:

1. Pengakuan

Pengakuan merupakan tindakan mengakui kinerja seorang karyawan melalui pujian atau kata-kata penghargaan.

Penghargaan semacam ini bisa berupa pertemuan resmi untuk menghargai seseorang atau tindakan yang lebih santai, seperti memberikan pujian atau tepukan ringan di punggung untuk meningkatkan rasa percaya diri, serta kebahagiaan karyawan.

Hal ini dapat mendorong mereka untuk memberikan usaha lebih dalam pekerjaan.

2. Kepercayaan dan Pemberdayaan

Kepercayaan dan pemberdayaan dalam organisasi antara manajer dan karyawan memberi nilai tambah pada hubungan tersebut. Seorang karyawan yang sangat dipercaya perusahaan, tidak akan diawasi dengan ketat.

Dengan demikian, mereka memiliki kebebasan dalam melakukan pekerjaan dibandingkan dengan karyawan yang kurang dipercayai, dan mungkin mendapatkan pengawasan yang ketat.

Sementara itu, pemberdayaan terjadi ketika manajer memberikan tugas dan tanggung jawab kepada karyawan, sehingga memberikan nilai penting pada keputusan dan tindakan karyawan.

Baca Juga: Mengenal Optimalisasi Tenaga Kerja, Contoh, Manfaat, dan Strateginya

reward management

Pendekatan dalam Reward Management

Sebagai profesional HR, Anda harus memahami tiga pendekatan dalam manajemen penghargaan yang penting untuk dilakukan:

1. Evaluasi Pekerjaan

Evaluasi pekerjaan adalah proses sistematis dan formal untuk mengukur nilai pekerjaan di dalam perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menentukan tingkatan relatif antar pekerjaan.

Ada dua cara dalam evaluasi pekerjaan, yaitu skema analitis dan non-analitis. Skema analitis memecah pekerjaan menjadi beberapa elemen atau faktor yang dinilai, seperti tanggung jawab, keputusan, dan keterampilan.

Sementra skema non-analitis membandingkan keseluruhan pekerjaan untuk menentukan peringkatnya tanpa memperhatikan elemen atau faktor yang ada.

2. Penetapan Harga Pasar

Penetapan harga pasar artinya membandingkan gaji perusahaan dengan gaji di perusahaan pesaing. Hal ini membantu untuk menentukan seberapa kompetitif gaji perusahaan dan seberapa menariknya bagi calon karyawan.

3. Struktur Grade dan Gaji

Struktur grade dan gaji adalah kerangka kerja di mana perusahaan mengatur kebijakan gaji. Struktur ini mencakup hierarki grade atau level pekerjaan, yang menempatkan pekerjaan dengan kesamaan tingkat kesulitan pada level yang sama.

Setiap level memiliki rentang gaji yang berbeda. Pendekatan ini menggabungkan evaluasi pekerjaan dan gaji di pasaran, serta memastikan konsistensi dalam pengelolaan penghargaan oleh perusahaan.

Dengan memahami ketiga pendekatan ini, perusahaan dapat mengatur sistem penghargaan yang efektif dan adil untuk karyawan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kinerja mereka dalam bekerja.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Menyusun Strategi Kompensasi dengan Tepat

Elemen Penting dalam Reward Management

Berikut adalah elemen-elemen dari sistem manajemen penghargaan yang efektif:

1. Komprehensif

Sistem penghargaan yang baik mengakui pencapaian karyawan, baik besar maupun kecil. Setiap pencapaian kecil juga penting untuk diapresiasi untuk mendorong peningkatan secara berkelanjutan.

Selain itu, penting bagi Anda untuk memahami bahwa kesuksesan besar bisanya dibangun dari langkah-langkah kecil.

2. Keadilan

Penting untuk mengelola penghargaan secara adil. Semua anggota tim harus diberi kompensasi dan penghargaan dengan cara yang adil berdasarkan kinerja mereka.

3. Ketepatan Waktu

Reward yang diberikan secara tepat waktu memiliki dampak lebih besar dibandingkan penghargaan yang tertunda. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pujian atau pengakuan setelah karyawan melakukan kontribusi agar mereka lebih termotivasi dalam bekerja.

4. Spesifik

Karyawan harus dipuji secara spesifik atas prestasi mereka yang luar biasa. Berikan penghargaan dan pengakuan sesuai dengan kontribusi yang telah diberikan oleh karyawan.

Baca Juga: Analisis Kompensasi: Arti, Konsep Penting, Hingga Langkah-Langkahnya

5. Kesesuaian dengan Budaya Perusahaan

Sistem penghargaan harus sejalan denga nilai-nnilai dan budaya perusahaan, sebab hal tersebut akan membantu memperkuat nilai-nilai yang ada dan mencerminkan karakter unik dari perusahaan.

6. Konsistensi

Keputusan mengenai pemberian penghargaan harus konsisten dan berdasarkan kriteria yang jelas dan tidak boleh ada perlakuan yang sewenang-wenang antara karyawan.

7. Transparansi

Terakhir, reward management juga harus memuat elemen transparasi, yaitu semua karyawan harus mengetahui bagaimana sistem penghargaan berjalan dan bagaimana mereka bisa mendapatkan penghargaan.

Transparansi ini membantu menciptakan kepercayaan dan pemahaman yang lebih baik di antara karyawan.

Baca Juga: Pentingnya Analisis Kesetaraan Gaji bagi Pekerja dan Perusahaan

Tantangan dalam Reward Management

Berikut adalah tantangan-tantangan yang akan Anda hadapi dalam pelaksanaan sistem manajemen penghargaan:

1. Respon Individu yang Berbeda

Setiap orang merespons motivasi dengan cara yang berbeda. Artinya, tidak semua karyawan akan terdorong oleh penghargaan tertentu. Beberapa karyawan mungkin akan terinspiransi dengan adanya penghargaan, tetapi ada juga yang tidak terpengaruh atau kurang termotivasi.

2. Dampak Finansial yang Terbatas

Penghargaan berupa insentif finansial mungkin hanya akan memotivasi karyawan yang menerimanya, sementara yang lain tidak mendapatkan insentif tersebut, yang membuat mereka kurang termotivasi.

3. Ketidakadilan dalam Sistem Analisis Harga Pasar

Perbedaan dalam skema analisis harga pasar dapat menyebabkan demotivasi bagi mereka yang tidak bisa bernegosiasi atau yang bergabung dengan organisasi saat harga pasar sedang rendah.

Hal ini dapat menyebabkan orang-orang berbakat meninggalkan organisasi dan memilih penghargaan yang lebih baik di tempat lain.

4. Ketergantungan pada Pengukuran Kinerja yang Akurat dan Terpercaya

Sistem penghargaan bergantung pada metode pengukuran kinerja, kontribusi, kompetensi, dan keterampilan yang akurat dan dapat diandalkan, yang mungkin tidak selalu ada.

5. Penilaian Kinerja yang Tergantung pada Penilaian Manajer

Penilaian kinerja dalam organisasi tergantung pada penilaian manajer, yang umumnya tanpa kriteria tertentu, sehingga dikhawatirkan dapat menjadi subjektif, tidak konsisten, dan tidak berdasar yang menyebabkan ketidakpuasan dalam sistem reward management. 

Baca Juga: Mengetahui Graphic Rating Scale dalam Penilaian Kinerja

Evaluasi Efektivitas Reward Management

Perusahaan perlu mengukur seberapa baik program reward mereka berfungsi untuk mengetahui apakah program tersebut adil dan efektif. Dengan demikian, perusahaan bisa melihat pengaruh sistem penghargaan pada karyawan dan hasil yang diperoleh dari investasi perusahaan.

Berikut adalah contoh cara-cara untuk mengukur efektivitas sistem penghargaan:

1. Survei Pendapat Karyawan

Lakukan survei pendapat karyawan untuk mengetahui bagaimana pandangan karyawan dan manajer mengenai kesetaraan dalam program penghargaan karyawan.

Dalam survei ini, perusahaan perlu mengetahui apakah karyawan memahami tujuan program penghargaan dan apakah mereka menyukai jenis penghargaan yang ditawarkan.

2. Evaluasi Tingkat Pergantian dan Keterlibatan Karyawan

Perusahaan perlu menghitung tingkat pergantian karyawan dan melihat bagaimana tingkat pergantian tersebut dipengaruhi oleh sistem penghargaan.

3. Menghitung Return on Investment (ROI)

Perusahaan perlu menghitung biaya program penghargaan dan membandingkannya dengan hasil yang dapat diukur, seperti peningkatan produktivitas, kepuasan pelanggan, dan pengurangan biaya operasional.

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Proses Training dan Pentingnya Bagi Perusahaan

4. Praktik Penghargaan dari Perusahaan Lain

Lakukan survei di pasaran untuk melihat bagaimana perusahaan lain memberi penghargaan kepada karyawan mereka. Hal ini akan membantu perusahaan mengevaluasi apakah sistem penghargaan mereka saat ini adil atau tidak jika dibandingkan dengan perusahaan lain.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Employee Retention Metrics Bagi Perusahaan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa reward management penting untuk dipertimbangkan perusahaan agar karyawan lebih merasa termotivasi dan berdedikasi dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Selain itu, adanya sistem reward yang diberikan kepada karyawan juga membantu meningkatkan retensi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Agar Anda lebih fokus dalam mengatur strategi reward management yang sesuai dengan perusahaan, Anda dapat menyerahkan urusan pengelolaan data karyawan kepada Gajihub, sebuah software payroll dan HR yang memiliki beragam fitur menarik.

Dengan Gajihub, Anda akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan SDM, mulai dari slip gaji, mengelola absensi dan HRISpenghitungan PPh 21 dan BPJSreimbursementemployee self service (ESS), dan masih banyak lagi.

Yuk, coba gratis selama 14 hari melalui tautan ini dan rasakan kemudahannya.

Catatan Kaki:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *