Bonus Karyawan: Pengertian, Jenis, dan Persentasenya

bonus karyawan 1

Tergantung pada bidang pekerjaan Anda, bonus karyawan bisa menjadi bagian penting dari cara Anda dibayar di tempat kerja atau menjadi kejutan sesekali.

Bonus memperkuat hubungan antara kinerja karyawan dan gaji dengan menetapkan ekspektasi kinerja dan memberi penghargaan kepada orang-orang yang memenuhi standar tersebut.

Perusahaan menggunakan berbagai jenis bonus yang berbeda, tergantung pada bagaimana mereka berharap untuk memotivasi karyawan mereka.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan berbagai jenis bonus karyawan yang berbeda dan bagaimana bonus tersebut dapat memengaruhi kompensasi Anda di tempat kerja.

Apa yang Dimaksud dengan Bonus Karyawan?

Bonus adalah bayaran tambahan karyawan di atas gaji reguler atau tarif gaji per jam mereka. Bonus dapat didasarkan pada program insentif yang unik, yang dibangun ke dalam kontrak kerja, atau berdasarkan pembagian keuntungan.

Banyak perusahaan memiliki program bonus yang menguraikan rincian spesifik yang membuat karyawan memenuhi syarat untuk menerima bonus, sementara yang lain mungkin memberikan bonus tahunan kepada semua karyawan di perusahaan.

Setiap bisnis dapat menentukan seberapa sering memberikan bonus dan berapa banyak bonus yang seharusnya diberikan, jadi penting untuk memahami kebijakan perusahaan Anda untuk sepenuhnya memahami bagaimana Anda akan dikompensasi sebelum menerima pekerjaan.

Baca juga: Pengertian Tunjangan: Ini Jenis dan Penjelasan Menurut Undang-Undang

Mengapa Perusahaan Memberikan Bonus?

Perusahaan memberikan bonus untuk memotivasi karyawan, meningkatkan semangat kerja dan mendorong kinerja yang berkualitas.

Memberi penghargaan kepada karyawan yang bekerja dengan baik membantu mereka melihat indikator fisik bahwa pekerjaan mereka memengaruhi kompensasi mereka.

Peningkatan kecil pada gaji bisa menjadi motivator besar bagi karyawan, yang sering melihat bonus sebagai pengakuan atas upaya mereka. Ketika karyawan merasa dihargai, mereka sering kali menjadi lebih berinvestasi di tempat kerja mereka dan bisa mendapatkan kepuasan lebih dari pekerjaan mereka.

Bisnis juga menawarkan bonus kepada karyawan mereka agar tetap kompetitif karena calon pemberi kerja ingin mempekerjakan kandidat yang paling berkualitas.

Kandidat yang memilih di antara dua perusahaan yang serupa mungkin lebih tertarik pada perusahaan yang menawarkan peluang bonus yang besar.

Struktur bonus juga menarik kandidat termotivasi yang ingin memanfaatkan peluang untuk melakukan upaya ekstra dalam pekerjaan mereka dan mendapatkan lebih banyak uang.

Baca juga: Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Bagaimana Cara Kerja Bonus Karyawan?

Program bonus setiap perusahaan bekerja secara berbeda, tetapi beberapa pedoman umum dan praktik terbaik menginformasikan bagaimana perusahaan memberikan bonus.

Bonus dapat dimasukkan ke dalam anggaran keseluruhan perusahaan dalam dana diskresioner atau ditentukan oleh keberhasilan departemen Anda secara keseluruhan. Beberapa bonus memiliki beberapa kriteria, termasuk keberhasilan finansial perusahaan, kinerja tim Anda dan hasil evaluasi individu Anda.

Bisnis mungkin menetapkan ekspektasi minimum untuk menerima bonus, atau mereka mungkin hanya memberikan bonus kepada orang-orang yang berupaya ekstra untuk menjadi karyawan terbaik.

Ekspektasi ini bisa mencakup peningkatan laba dan penjualan atau pedoman non-moneter seperti kepuasan pelanggan dan umpan balik positif dari rekan kerja.

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Berapa Persentase Bonus Rata-rata?

Jumlah yang bisa Anda peroleh dari bonus memiliki rentang yang luas tergantung pada jenis bonus dan tingkat senioritas Anda. Meskipun karyawan tingkat pemula mungkin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus, para eksekutif dapat menerima kompensasi lebih dari 100% dari gaji tahunan mereka.

Para profesional dalam posisi penjualan mungkin mengandalkan bonus untuk menghasilkan sebagian besar gaji mereka. Demikian juga, orang yang bekerja untuk organisasi nirlaba jarang mendapatkan bonus karena anggaran yang terbatas dan kurangnya peluang keuntungan.

Bonus juga bisa bertambah seiring waktu. Bonus 2% dapat digabungkan dengan bonus lainnya seperti bonus tahunan, bonus liburan, dan bonus insentif acak untuk menambahkan jumlah yang signifikan pada keseluruhan kompensasi Anda.

Baca juga: 16 Contoh Pertanyaan Untuk Survei Kepuasan Karyawan

bonus karyawan 2

Apa Saja Jenis Bonus Karyawan?

Teliti jenis-jenis bonus yang ditawarkan perusahaan Anda untuk memahami ekspektasi yang sesuai untuk mendapatkan bonus di tempat kerja.

Ada beberapa situasi di mana perusahaan biasanya memberikan bonus, meskipun beberapa perusahaan mungkin menerapkan bonus berdasarkan kasus per kasus. Jenis bonus yang paling umum mencakup:

1. Bonus tahunan

Salah satu jenis bonus yang paling umum adalah bonus tahunan, yang diberikan pemberi kerja setahun sekali. Bonus tahunan biasanya didasarkan pada kinerja Anda secara keseluruhan, meskipun perusahaan yang menggunakan imbalan bagi hasil dapat mendistribusikan bonus berdasarkan keberhasilan dan keuntungan perusahaan.

Bonus tahunan memotivasi karyawan untuk tetap bersama perusahaan sepanjang tahun, memberi setiap orang sesuatu yang dinanti-nantikan dan memberikan insentif untuk mempertahankan kualitas kerja yang baik secara konsisten.

Bonus tahunan memiliki rentang yang luas dalam jumlah rata-rata dan dapat bervariasi setiap tahun. Anda mungkin mendapatkan bonus satu tahun tetapi tidak ada bonus di tahun berikutnya, jadi pastikan Anda memahami bagaimana atasan Anda memilih orang untuk menerima bonus akhir tahun.

Para eksekutif menerima bonus lebih tinggi yang dapat berlipat ganda berdasarkan kinerja, sementara sebagian besar karyawan mendapatkan bonus sebesar 1 kali hingga 3 kaliĀ  dari keseluruhan gaji mereka.

2. On-the-spot

Bonus on-the-spot atau spot bonus adalah bonus satu kali untuk menghargai pekerjaan luar biasa dalam keadaan yang unik.

Pemberi kerja menggunakan bonus spot untuk mengimbangi kerja ekstra dan memberi penghargaan kepada orang-orang yang menunjukkan ambisi dan motivasi. Jumlah bonus ini biasanya tergantung pada kebijaksanaan manajer Anda dan kemungkinan lebih kecil daripada jenis bonus lainnya.

Insentif di tempat biasanya jauh lebih kecil daripada jenis bonus lainnya, karena insentif ini terjadi berdasarkan kasus per kasus, bukannya diperhitungkan ke dalam anggaran reguler. Insentif ini biasanya kurang dari 1% dari gaji tahunan Anda dan bahkan mungkin di bawah seperempat persen.

Baca juga: Tips Sukses Interview Lewat Telepon

3. Signing

Bonus satu kali lainnya yang umum adalah bonus signing, jumlah ekstra yang Anda peroleh sebagai hadiah karena bergabung dengan perusahaan.

Bonus jenis ini biasanya terjadi ketika bisnis mencoba merekrut seseorang dengan keahlian tertentu atau berharap seorang kandidat akan pindah untuk bekerja untuk mereka.

Perusahaan menggunakan bonus penandatanganan untuk mengimbangi biaya apa pun dari perubahan posisi dan transisi ke pekerjaan baru Anda.

Bonus signing memberi insentif kepada kandidat untuk menerima pekerjaan, terutama jika perusahaan tersebut tidak dapat menawarkan gaji yang lebih kompetitif karena keterbatasan anggaran yang sedang berlangsung.

Bonus ini Anda mungkin berupa jumlah tetap yang ditawarkan kepada semua karyawan baru atau persentase gaji mulai dari 5% hingga 25%.

4. Retensi

Pemberi kerja memberikan bonus retensi untuk menunjukkan apresiasi bagi karyawan yang tetap bertahan di perusahaan mereka. Posisi dengan tingkat perputaran yang tinggi mungkin menawarkan bonus retensi setelah waktu tertentu, mendorong karyawan baru untuk bekerja melalui periode pelatihan yang sulit dan menghabiskan waktu menyesuaikan diri dengan pekerjaan mereka.

Bonus retensi juga umum diberikan selama merger perusahaan atau perubahan organisasi. Untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan lancar dan memungkinkan karyawan baru dilatih dengan baik, beberapa perusahaan mungkin juga menawarkan bonus retensi jika seseorang yang memegang peran kunci berencana untuk keluar.

Karena bonus retensi secara langsung memengaruhi transisi kepegawaian, bonus ini bisa sangat signifikan, yaitu 10 hingga 15% dari keseluruhan gaji.

Baca juga: Cara Menghitung Upah Per Jam Menurut Undang-Undang Terbaru

5. Referral

Selain mempertahankan karyawan yang hebat, perusahaan menggunakan bonus untuk menarik talenta baru. Banyak bisnis memiliki sistem referral atua rujukan yang memberi penghargaan kepada karyawan jika mereka membawa pelamar yang memenuhi syarat untuk posisi terbuka.

Perusahaan biasanya memberikan bonus referral setelah karyawan baru menunjukkan bahwa mereka dapat berhasil dalam peran tersebut selama beberapa bulan.

Meskipun beberapa program referral memiliki tarif tetap untuk setiap karyawan, perusahaan mungkin menawarkan bonus rujukan yang lebih besar untuk peran yang sulit diisi atau memiliki persyaratan unik.

Kadang-kadang, bonus referral diperluas ke karyawan saat ini dan orang yang dirujuk. Ini berarti bahwa karyawan baru dan siapa pun yang menyarankan mereka untuk pekerjaan itu akan menerima bonus setelah periode tertentu. Bonus rujukan biasanya berupa jumlah tetap mulai dari beberapa ratus hingga beberapa ribu dolar.

6. Liburan

Pemberi kerja terkadang memberikan bonus liburan untuk mendukung budaya perusahaan mereka dan memberikan kompensasi tambahan kepada karyawan untuk membayar biaya liburan.

Mengeluarkan biaya tambahan untuk gaji selama liburan yang mahal menunjukkan kepada karyawan bahwa atasan mereka menghargai waktu mereka dan menghargai pekerjaan mereka.

Beberapa perusahaan memberikan hadiah uang kecil kepada semua orang di perusahaan, sementara yang lain membayarkan persentase dari gaji mereka, biasanya berkisar antara 1% hingga 10%, tergantung pada senioritas.

Beberapa bisnis mungkin menggabungkan bonus liburan dan bonus tahunan, sehingga meningkatkan persentasenya secara signifikan.

Baca juga: Cara Menghitung Kenaikan Gaji Secara Berkala

Apa Perbedaan antara Bonus dan Komisi Karyawan?

Bonus dan komisi keduanya adalah bayaran tambahan yang ditambahkan oleh pemberi kerja ke gaji standar Anda, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan utama.

Sering kali, komisi dimasukkan ke dalam struktur gaji karyawan, memahami bahwa kinerja mereka menentukan berapa banyak mereka dibayar.

Karyawan yang bekerja dengan komisi biasanya menerima pembayaran komisi setiap kali gajian, dan jumlah yang mereka peroleh berkorelasi langsung dengan keuntungan yang mereka hasilkan untuk perusahaan mereka.

Baca juga: Bonus dan Insentif: Pengertian, Manfaat dan Perbedaan Keduanya

Bagaimana Saya tahu Apakah Bonus yang Saya Terima Sesuai?

Pastikan bahwa bonus Anda adil dengan meneliti struktur bonus pemberi kerja sebelum menerima posisi.

Dalam putaran akhir wawancara, atau kapan pun Anda mendiskusikan kompensasi dengan calon pemberi kerja, tanyakan secara langsung tentang cara kerja bonus.

Perhatikan berapa banyak dari gaji Anda yang akan menjadi bonus dan standar untuk mendapatkan setiap bonus. Anda juga dapat meneliti perusahaan lain dalam bidang Anda untuk memberi Anda gambaran tentang kompensasi yang ditawarkan oleh bisnis yang berbeda.

Jika sebuah perusahaan menawarkan paket bonus yang besar, pastikan Anda memahami semua kualifikasi yang diperlukan untuk mendapatkannya dan item apa pun yang mungkin menghalangi Anda untuk mencapainya, seperti gaji pokok.

Pertimbangkan bagaimana jumlahnya dibandingkan dengan gaji pokok Anda untuk bonus satu kali seperti bonus penandatanganan. Menegosiasikan gaji awal yang lebih tinggi dibandingkan dengan bonus sekaligus yang besar mungkin bermanfaat, terutama jika Anda berharap untuk tumbuh di perusahaan untuk waktu yang lama.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Gaji, Komponen, dan File yang Bisa Anda Download

Kesimpulan

Bonus terkadang menjadi alasan utama mengapa kandidat terbaik bekerja di perusahaan. Dengan memiliki sistem penghitungan bonus yang transparan akan meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan.

Jika Anda pemilik bisnis atau praktisi HR, mengetahui beberapa jenis bonus dan cara menghitungnya sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan talenta terbaik, karena kebanyakan dari calon pekerja memilih perusahaan dari benefit yang perusahaan berikan kepada mereka.

Untuk menghitung bonus, tunjangan, dan gaji bersih pegawai yang lebih praktis dan akurat, Anda bisa memanfaatkan software payroll dan HR seperti GajiHub yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap.

Tunggu apalagi? Mudahkan pengelolaan gaji dan bonus karyawan dengan produk payroll application dari Gajihub dengan mencoba Gajihub secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 5

1 thought on “Bonus Karyawan: Pengertian, Jenis, dan Persentasenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *