Pengertian Open Interview dan Tips Sukses Melakukannya

open interview 1

Beberapa perusahaan menggunakan open interview untuk bertemu dengan banyak kandidat dan mengisi posisi dalam waktu singkat.

Jika Anda tertarik untuk menghadiri open interview, akan sangat bermanfaat untuk mengetahui cara kerjanya dan bagaimana mempersiapkan diri untuk open interview.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu open interview dan 10 tips agar Anda sukses melewati open interview.

Apa itu Open Interview?

Open interview, juga terkadang disebut walk-in interview, adalah acara di mana kandidat bertemu dengan manajer perekrutan tanpa membuat janji temu.

Pemberi kerja mewawancarai kandidat saat mereka datang, dan sering kali membuat keputusan perekrutan segera setelah mereka menyelesaikan pertemuan.

Beberapa manajer perekrutan atau tim HR meminta sejumlah kandidat terpilih untuk kembali untuk wawancara kedua.

Format wawancara ini bisa mengurangi waktu perekrutan bagi pemberi kerja dan kandidat, sehingga ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mencari pekerjaan dengan cepat. Anda biasanya bisa menemukan open interview di lokasi fisik bisnis dan di bursa kerja.

Baca juga: Bonus Karyawan: Pengertian, Jenis, dan Persentasenya

Bagaimana Cara Kerja Open Interview?

Berikut ini cara kerja open interview berdasarkan lokasinya:

Bisnis

Bisnis sering mengadakan open interview di lokasi jika mereka memiliki beberapa posisi yang harus diisi pada saat yang sama.

Mereka bisa mengadakan open interview hanya satu hari atau beberapa hari, tergantung pada jumlah posisi yang perlu mereka isi.

Misalnya, sebuah restoran yang akan dibuka bisa mengadakan open interview untuk semua posisi staf front-of-house pada satu hari dan semua pekerjaan dapur pada hari berikutnya.

Job fair

Job fair biasanya merupakan acara besar di mana beberapa perusahaan yang berbeda menarik calon karyawan dan mengadakan open interview.

Setiap perusahaan biasanya memiliki stan atau meja yang diawasi oleh perwakilan atau manajer perekrutan. Kandidat mendekati stan yang berbeda, berbicara dengan perwakilan, menawarkan resume mereka dan terkadang menyelesaikan wawancara.

Baca juga: Tips Sukses Interview Lewat Telepon

open interview 2

Tips Sukses Melakukan Open Interview

1. Baca deskripsi acara

Dalam deskripsi acara perekrutan, pemberi kerja akan memberikan petunjuk penting tentang apa yang diharapkan.

Misalnya, pemberi kerja mungkin mengindikasikan apakah mereka berencana membuat penawaran di tempat atau apakah mereka akan mewawancarai kandidat dan menghubungi Anda tentang keputusan perekrutan nanti.

Mereka mungkin juga menyertakan persyaratan pekerjaan, seperti sertifikasi yang diperlukan, persyaratan fisik pekerjaan, atau detail lain yang akan membantu Anda menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok untuk Anda. Mereka juga mungkin memberi tahu Anda apa yang perlu Anda bawa dan kenakan saat wawancara.

2. Teliti perusahaan

Acara perekrutan dan open interview dirancang bagi perusahaan untuk bertemu banyak kandidat sekaligus. Meneliti perusahaan sebelum wawancara akan membantu Anda menonjol dari yang lain.

Cari tahu dengan detail informasi perusahaan dan baca tentang bagaimana rasanya bekerja di sana dari karyawan saat ini dan mantan karyawan.

Jika perusahaan memiliki lokasi ritel atau tempat makan, Anda mungkin ingin mengunjungi sebelum acara untuk mendapatkan pemahaman tentang operasi sehari-hari. Lihat profil media sosial mereka dan kunjungi situs web perusahaan.

Baca juga: Stress Interview: Pengertian, Persiapan, dan Contoh Pertanyaannya

3. Perbarui resume Anda

Tinjau resume Anda untuk memastikannya relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan di acara perekrutan. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan merefleksikan pengalaman kerja Anda sebelumnya saat Anda membaca deskripsi acara.

Pertimbangkan bagaimana persyaratan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi Anda. Buatlah perubahan pada resume Anda yang akan memudahkan pemberi kerja ini untuk melihat Anda memiliki keahlian yang dibutuhkan.

4. Berpakaian dengan pantas

Dalam deskripsi acara, pemberi kerja mungkin mengindikasikan apakah ada aturan berpakaian. Jika tidak ada instruksi tentang apa yang harus dikenakan, riset Anda tentang perusahaan dapat membantu Anda memahami apa yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Untuk situasi apa pun, berpakaianlah dengan rapi dan sopan. Dalam banyak kasus, memilih celana jeans gelap, celana panjang, atau rok yang dipasangkan dengan kemeja berkancing, kemeja polo, atau blus mungkin merupakan kombinasi yang baik.

5. Latihlah jawaban Anda

Interview di acara perekrutan mungkin lebih singkat daripada melakukan interview secara konvensional. Latihlah ringkasan singkat tentang diri Anda (satu menit atau kurang) untuk dibagikan kepada calon pemberi kerja sehingga Anda dapat dengan cepat memberikan gambaran tentang apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

Tinjaulah artikel berikut ini untuk mengetahui contoh-contoh pertanyaan wawancara yang mungkin ditanyakan kepada Anda (dan pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada pewawancara Anda):

6. Pelajari etika wawancara

Anda ingin menampilkan versi terbaik dari diri Anda kepada calon pemberi kerja. Segera setelah Anda melangkah keluar dari rumah pada pagi hari saat acara perekrutan, pastikan Anda bersikap sopan kepada semua orang yang Anda temui.

Bersikaplah baik kepada mereka yang Anda temui di transportasi umum, di tempat parkir, atau di dalam lift: orang-orang ini mungkin saja adalah pewawancara potensial atau calon kolega Anda di masa depan.

Di tempat acara, perlakukan semua orang dengan hormat, termasuk siapa saja yang tampaknya memfasilitasi acara dan membantu pendaftaran. Orang-orang ini mungkin akan dimintai umpan balik tentang perilaku Anda sebelum keputusan perekrutan dibuat.

7. Bersiaplah untuk menunggu

Salah satu umpan balik yang umum tentang acara perekrutan dan open interview adalah bahwa mungkin ada beberapa hal yang harus ditunggu.

Seperti namanya, acara-acara ini terbuka untuk banyak orang sekaligus, dan ini berarti Anda mungkin perlu menunggu giliran untuk diwawancarai. Biasanya, kandidat diwawancarai berdasarkan siapa cepat dia dapat.

Untuk membantu pemberi kerja mendapatkan jumlah peserta yang akurat, Anda harus melakukan RSVP sebelumnya jika Anda bisa.

Usahakan untuk datang sedikit lebih awal atau sedekat mungkin dengan waktu mulai acara. Perhatikan bahwa pemberi kerja mungkin tidak dapat bertemu dengan semua orang dalam jangka waktu yang tersedia. Dalam hal ini, mereka mungkin meminta Anda untuk kembali di hari lain.

Mengetahui bahwa mungkin akan ada waktu tunggu, bersiaplah dengan sesuatu untuk dilakukan pada waktu itu, seperti buku atau majalah.

Beberapa acara perekrutan mungkin menawarkan makanan dan minuman, tetapi Anda mungkin ingin membawa makanan dan minuman Anda sendiri, untuk berjaga-jaga.

Ingat: Anda harus berada dalam suasana hati yang baik ketika Anda bertemu dengan calon pemberi kerja. Bawalah hal-hal yang akan membantu Anda tetap tenang, nyaman dan bersemangat menjelang pertemuan itu.

Baca juga: Expense Management: Pengertian Lengkap dan Tips Mengelolanya

8. Jangan berharap banyak privasi

Aspek lain dari open interview adalah Anda mungkin tidak diwawancarai di ruang pribadi atau bilik. Kadang-kadang wawancara dilakukan dalam suasana kelompok, dengan beberapa kandidat pekerjaan ditanyai dan menjawab pertanyaan bersama-sama.

Di lain waktu, Anda mungkin bertemu dengan perekrut satu lawan satu, tetapi di ruangan terbuka dengan kegiatan lain yang sedang berlangsung.

Beberapa peserta acara perekrutan melihat ini sebagai hal yang positif. Ini memungkinkan percakapan yang lebih santai dan menarik daripada wawancara tradisional.

Jika Anda mewawancarai untuk pekerjaan yang berlangsung di lingkungan yang serba cepat, pengaturan wawancara ini dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk fokus dan terhubung dengan orang lain di tempat kerja yang ramai.

9. Bawa resume lebih banyak

Bawalah setidaknya lima salinan cetak resume Anda dan daftar referensi. Dalam beberapa kasus, pemberi kerja mungkin meminta Anda untuk membawa sertifikasi tertentu ke acara perekrutan.

Periksa kembali deskripsi acara untuk mengetahui detailnya. Pro-tips: Bawalah semua barang Anda dalam map atau portofolio profesional sehingga Anda bisa tetap rapi dan teratur selama acara berlangsung.

Baca juga: Pengertian Interview User dan Bedanya dengan Interview HRD

10. Tindak lanjuti setelah acara

Saat Anda menyelesaikan percakapan Anda, mintalah kartu nama mereka kepada perekrut di acara perekrutan. Setelah acara, kirimkan email tindak lanjut kepada mereka.

Ini adalah cara yang sederhana dan sopan untuk berterima kasih atas waktu mereka – dan ini dapat membantu Anda menonjol dalam ingatan mereka dari sekian banyak kandidat yang mereka temui.

gajihub 1

Contoh Open Interview

Mempelajari cara kerja open interview yang berbeda dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk prosesnya. Berikut ini beberapa contoh open interview yang bisa Anda alami:

Bisnis

Tora’s Boutique perlu merekrut empat rekan penjualan lantai dan dua kasir. Manajer ritel mengadakan open interview pada hari Sabtu dari jam 9 pagi hingga 5 sore di toko.

Mereka menetapkan pukul 9 pagi hingga 2 siang untuk rekan penjualan lantai dan pukul 2 siang hingga 5 sore untuk kasir.

Mereka meminta para kandidat untuk mengisi lamaran sambil menunggu wawancara, yang dilakukan berdasarkan siapa cepat dia dapat.

Setelah wawancara selesai, mereka memberi tahu para kandidat bahwa mereka akan menginformasikan keputusan perekrutan mereka pada hari Senin.

Job fair

Universitas ABC mengadakan bursa kerja atau job fair dari siang hingga pukul 6 sore yang dapat dihadiri oleh para siswa.

Baby Bun Bakery, sebuah toko roti dan kafe lokal, menghadiri bursa kerja untuk mengadakan open interview untuk rekanan pembelian barang.

Mereka meminta resume siswa dan melakukan wawancara berdasarkan informasi yang diberikan siswa pada resume mereka.

Perwakilan Baby Bun Bakery mewawancarai 10 kandidat di bursa kerja dan meminta tiga orang untuk menghadiri wawancara kedua di toko roti minggu berikutnya.

Baca juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai open interview dan juga tips agar Anda sukses melalui wawancara tersebut.

Pada saaat melakukan open interview, perusahaan mencari kandidat yang potensial untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jadi, pastikan Anda melakukan semuanya dengan perencanaan yang baik, bahkan sebelum Anda berangkat ke tempat wawancara tersebut.

Disisi lain jika Anda pemilik bisnis atau bagian dari tim HR, untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan pengelolaan sistem HR dan payroll yang lebih baik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software payroll terbaik dan mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau yang sangat cocok untuk semua jenis dan skala bisnis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

1 thought on “Pengertian Open Interview dan Tips Sukses Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *