Download Contoh Surat Keterangan Gaji Gratis dan Mudah

surat keterangan gaji 1

Surat keterangan  gaji adalah dokumen penting bagi karyawan yang bekerja yang biasa digunakan untuk melakukan pengajuan pinjaman atau keperluan tertentu.

Surat keterangan ini pada dasarnya adalah informasi lengkap tentang gaji karyawan yang mencakup total pendapatan bulanan mereka, total potongan bulanan, rinciannya dan ringkasan gaji bersih yang diterima selama sebulan. Tetapi mungkin ada beberapa kasus ketika seorang karyawan diharuskan menulis surat kepada HR atau manajer untuk meminta surat keterangan ini.

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu surat keterangan gaji beserta contohnya dan komponen di dalamnya juga file softcopy yang bisa Anda download secara gratis.

Apa itu Surat Keterangan Gaji?

Surat keterangan gaji atau penghasilan adalah dokumen formal yang menyatakan rincian gaji bulanan karyawan. Surat keterangan gaji dapat dikeluarkan berdasarkan dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang pemberi kerja dan dari sudut pandang karyawan.

Seorang karyawan dapat mengajukan permohonan surat keterangn penghasilan setiap tiga bulan atau sesuai permintaan karyawan. Semua rincian tentang surat keterangan ini tergantung pada kebijakan organisasi

Lalu apa perbedaanya dengan slip gaji?

Surat keterangan gaji karyawan berisi berbagai rincian terkait gaji, seperti pendapatan dan potongan. Ini juga menandakan hubungan antara karyawan dan organisasi.

Sedangkan slip gaji terdiri dari rincian gaji bulanan dan dikeluarkan setiap bulan untuk seorang karyawan. Pada saat yang sama, surat keterangan gaji didasarkan pada periode tertentu, yang bisa setahun atau seluruh masa kerja perusahaan.

Surat keterangan gaji juga memainkan peran penting dalam organisasi dan dokumentasi karyawan. Selain itu surat keterangan gaji tidak selalu berisi komponen gaji bulanan karyawan, berbeda dengan slip gaji yang berisi detail  tunjangan, potongan gaji, dan cara hitung PPh 21.

Baca juga: 25+ Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

surat keterangan gaji 2

Sturuktur dan Komponen Surat Keterangan Gaji

Format surat keterangan gaji adalah format standar yang digunakan oleh pemberi kerja dalam menyajikan informasi mengenai gaji karyawan mereka saat ini atau di masa lalu.

Ini sering dimulai dengan judul dan kemudian menyajikan persyaratan untuk informasi yang akan diberikan dalam dokumen gaji.

Surat keterangan ini mungkin bervariasi dari satu bisnis bagian ke bisnis lainnya, namun struktur dasar dari suratnya tetap sama.

Surat keterangan ini tersedia dalam berbagai format, sesuai dengan perjanjian kerja dan kewajiban. Sebagian besar perusahaan menyediakan surat keterangan  penghasilan dalam bentuk tradisional (kop surat, nama karyawan, stempel perusahaan, tanggal pengesahan, dll.)

Untuk komponennya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Rincian Gaji
  • Nama Perusahaan Pemberi Kerja
  • Nama Karyawan
  • Tanggal lahir karyawan
  • Rincian tempat tinggal karyawan
  • Nama organisasi
  • Tanggal dan tahun bergabung dengan organisasi
  • Peruntukan dan rincian departemen organisasi
  • Rincian pembayaran tunjangan

Baca juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

Contoh Tempalate Surat Keterangan Gaji Penghasilan yang Bisa Anda Download

Berikut adalah contoh template surat keterangan penghasilan yang bisa Anda gunakan dalam bisnis dan tersedia juga file format .docs yang bisa Anda download secara gratis di bawah ini.

Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              :

Jabatan           :

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama              :

Jabatan           :

Adalah benar merupakan karyawan [Nama Perusahaan] sejak Mei 2020 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara [Nama Karyawan] setiap bulan, khususnya pada Februari 2022, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok                   :

Uang makan                :

Transport                     :

Kesehatan                   :

Lain-lain                      :

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan kredit di bank.

[Tempat dan Tanggal]

TTD

[Nama Karyawan]

Anda juga bisa mengunduh contoh file diatas dengan format .docs melalui tautan ini.

gajihub 3

Baca juga: Mengenal Komponen Gaji di Indonesia Menurut Undang-Undang

Manfaat Surat Keterangan Penghasilan

Berikut adalah beberapa fungsi dari surat keterangan gaji atau penghasilan yang biasanya diajukan oleh karyawan ke perusahaan.

Biasanya surat ini akan digunakan untuk keperluan mengajukan visa, pinjaman ke bank, mencari beasiswa, hingga untuk pencairan dana JHT di BPJS Ketenagakerjaan.

Pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Meski umumnya karyawan mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan pada saat tidak bekerja atau pensiun, namun mereka juga bisa mencairkannya ketika masih bekerja.

Ketentuannya, mereka hanya bisa mencairkan 30% dari total keseluruhan dana JHT yang dimiliki. Biasanya, pihak BPJS akan meminta surat keterangan pengasilan sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan ketika ingin melakukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Pengajuan pinjaman atau kartu kredit

Sebelum menyetujui pengajuan, pihak bank membutuhkan seseorang untuk melampirkan surat keterangan penghasilan dan surat keterangan kerja karyawan untuk memastikan bahwa mereka dapat mengembalikan uang yang mereka pinjam sesuai dengan tenggat waktu dan syarat-syarat yang sudah disetujui sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Potongan Gaji dan Besarannya

Pembuatan Visa

Beberapa negara mengharuskan WNI esia untuk melampirkan surat keterangan penghasilan sebagai salah satu syarat administrasi pembuatan visa.

Syarat ini diterapkan untuk memastikan bahwa seseorang berkecukupan secara finansial untuk mengunjungi negara mereka.

Pendaftaran beasiswa

Ketika seorang karyawan mengajukan beasiswa melalui jalur profesional, pihak universitas akan meminta surat keterangan penghasilan ini sebagai salah satu syarat administrasi. Selain itu, dibutuhkan juga surat rekomendasi dari atasan sebagai syarat lainnya.

Melamar pekerjaan baru

Meski tidak semuanya, beberapa perusahaan mengharuskan para kandidat untuk turut melampirkan surat keterangan penghasilan mereka yang terbaru sebagai bagian dari proses verifikasi.

Selain itu, lewat detail gaji karyawan tersebut, perusahaan juga bisa menentukan seberapa besar gaji mereka.

Baca juga: Gaji Outsourcing 2022: Ini Peraturan Menurut Undang-Undang

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai surat keterangan penghasilan. Format surat keterangan pengahasilan karyawan adalah dokumen yang harus diserahkan oleh setiap karyawan agar gajinya dapat ditelusuri kembali.

Surat keterangan ini membantu menghindari perselisihan antara pemberi kerja dan karyawan dan mengurangi kemungkinan penyelewengan dana oleh salah satu pihak.

Pemberi kerja menyajikan persyaratan kerja dan tunjangan yang dinikmati karyawan. Pemberi kerja atau pihak berwenang mungkin memerlukannya sebagai bukti pembayaran upah dan tunjangan lainnya. Selain itu surat keterangan ini adalah hak karyawan atas transparansi informasi yang diberikan perusahaan.

Untuk kemudahan dalam pengelolaan

karyawan, Anda sebagai pemilik bisnis atau tim HR bisa menggunakan solusi payroll dan HR yang lebih modern seperti menggunakan software payroll dan HR dari dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah memberikan slip gaji secara online dan bisa langsung dilihat oleh karyawan melalui aplikasi Gajihub di smartphonenya.

Selain itu, karyawan juga akan merasa dimudahkan, karena dengan Gajihub mereka bisa melakukan pengajuan cuti yang lebih praktis dan melakukan pencatatan kehadiran kapanpun dan dimanapun.

Tertarik membuat proses operasional HR dan sistem penggajian lebih mudah? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

3 thoughts on “Download Contoh Surat Keterangan Gaji Gratis dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *