Contoh Slip Gaji Sederhana yang Bisa Anda Download

slip gaji sederhana 3

Apakah Anda sedang mencari file slip gaji sederhana yang bisa Anda download secara gratis? Anda berada di tempat yang tepat.

Slip gaji sendiri adalah dokumen penting bagi karyawan. Dokumen ini berisi rincian gaji dan pemberi kerja Anda menerbitkan slip gaji sebelum gaji dikreditkan ke rekening bank Anda.

Pada artikel ini kami akan memberikan Anda template slip gaji sederhana secara gratis beserta membahas komponen penting dalam slip gaji yang harus Anda ketahui.

Apa itu Slip Gaji?

Slip gaji atau sering juga disebut pay slip adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bukti pembayaran gaji setiap bulannya.

Slip gaji berisi informasi penting seperti jumlah gaji yang diterima, potongan-potongan yang diterapkan, dan tunjangan-tunjangan lain yang diberikan. Slip gaji juga mencantumkan informasi penting lainnya seperti nama karyawan, nomor identitas karyawan, periode pembayaran gaji, jumlah pajak yang dipotong, jumlah premi asuransi yang dibayarkan, dan lain sebagainya.

Slip gaji adalah salah satu dokumen penting bagi karyawan karena dapat digunakan sebagai bukti penghasilan saat mengajukan pinjaman atau membeli properti. Selain itu, slip gaji juga dapat membantu karyawan dalam mengelola keuangan pribadinya dan merencanakan keuangan di masa depan.

Baca juga: 10 Contoh Tenaga Kerja Rohani di Indonesia

Aturan mengenai slip gaji

Pasal 53 PP 36/2021 memberi kewajiban untuk perusahaan memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan (atau sering disebut sebagai slip gaji).

Lebih lanjut pasal 52 PP 36/2021 memberi hak bagi pekerja atau kuasanya untuk meminta keterangan mengenai rincian pembayaran upah tersebut.

Dan apabila permintaan keterangan tidak berhasil maka pekerja atau kuasanya berhak meminta bantuan kepada Pengawas Ketenagakerjaan yang ada di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota setempat.

Bagi perusahaan yang melanggar kewajiban memberikan slip gaji dapat dikenai sanksi administratif berupa:

  • teguran tertulis;
  • pembatasan kegiatan usaha;
  • penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi; dan
  • pembekuan kegiatan usaha (pasal 79 ayat (1) PP 36/2021).

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Email Permintaan Tidak Masuk Kerja

Komponen dalam Slip Gaji Sederhana

Nama perusahaan

Ini adalah identitas perusahaan yang memberikan upah karyawan yang bekerja. Keberadaannya harus ada sebagai bukti keabsahan slip gaji bagi karyawan.

Anda harus mencantumkan nama perusahaan, alamat, serta informasi kontak yang dapat dihubungi. Secara garis besar, penulisannya mirip dengan kop surat pada surat resmi perusahaan.

Identitas karyawan

Identitas karyawan yang mencakup nama dan posisi atau jabatan karyawan wajib dicantumkan sebagai bagian dari komponen slip gaji.

Hal ini penting untuk memastikan identitas penerima. Supaya format slip gaji semakin baik, lebih baik melengkapinya dengan Nomor Induk Karyawan (NIK) dan Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP).

Pernyataan kerahasiaan

Gaji merupakan hal yang bersifat personal. Hanya penerima dan pemberi gaji yang berhak mengetahuinya. Oleh karena itu, kerahasiaannya harus dipastikan.

Maka, pastikan terdapat pernyataan kerahasiaan dalam format slip gaji yang dibuat. Bentuknya bisa berupa pemuatan kalimat seperti Private and Confidential.

Baca juga: Berbagai Contoh Kompensasi Non Finansial dan Manfaatnya

Periode pembayaran

Dalam format slip gaji, baik slip gaji sederhana maupun lengkap, pastikan tertera periode pembayaran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa gaji merupakan pembayaran dalam masa kerja tertentu.

Adapun penulisan periode pembayaran bisa dikembalikan ke setiap perusahaan. Bisa dicantumkan waktu kerja secara detail atau hanya penyebutan bulan atau minggunya saja.

Perincian gaji

Rincian gaji termasuk komponen slip gaji yang wajib. Di dalamnya berisi detail penghasilan yang diperoleh di dalam periode pembayaran tersebut. Anda bisa mencantumkan gaji pokok, uang lembur, bonus, hingga tunjangan.

Potongan

Anda harus memasukkan informasi mengenai potongan yang dikenakan di gaji karyawan. Cantumkan supaya karyawan tahu persis. Adapun aneka jenis potongan yang biasanya muncul adalah pajak penghasilan, iuran BPJS, tabungan pensiun, ataupun pinjaman karyawan.

Total penghasilan bersih

Ini adalah informasi tentang gaji bersih yang diterima oleh karyawan setelah penghasilannya dipotong oleh berbagai hal. Nilainya menunjukkan jumlah uang yang diperoleh karyawan pada periode pembayaran gaji tersebut atau biasa disebut dengan take home pay.

Bukti pengesahan

Komponen slip gaji lain yang pantang dilupakan ialah pengesahan dari pemberi gaji. Wujudnya berupa tanda tangan, cap, atau identitas dari pihak yang berwenang memberikan gaji. Pengesahan semacam ini penting untuk memastikan validitas slip gaji.

Baca juga: Cara Hitung Gaji Masa Percobaan Karyawan Sesuai Regulasi

Contoh Slip Gaji

Berikut adalah template atau contoh slip gaji sederhana dalam bentuk tabel:

NAMA PERUSAHAAN
Alamat Perusahaan
Slip Gaji Periode Mei-21
Nama Karyawan Total Hari Kerja
ID Karyawan Tanggal Cut Off
Jabatan Hari Masuk Kerja
Departemen Nama Bank
Tanggal Bergabung Bank A/c Tidak
Penghasilan Potongan
Upah pokok Rp0,00 PPh 21 Rp0,00
Tunjangan kinerja Rp0,00 BPJS Kesehatan Rp0,00
Tunjangan makan Rp0,00 BPJS Ketenagakerjaan Rp0,00
Tunjangan Transportasi Rp0,00 Tagihan hutang Rp0,00
Tunjangan kesehatan Rp0,00
Tunjangan jabatan Rp0,00
Total pendapatan Rp0,00 Total Potongan Rp0,00
Pembayaran Bersih Rp0,00
Jumlah dalam Kata-Kata
Tanda Tangan Pemberi Kerja Tanda Tangan Karyawan

Contoh slip gaji sederhana dalam format gambar:

 

slip gaji sederhana 1 slip gaji sederhana 2

Baca juga: Pengertian Kompensasi Tidak Langsung, Manfaat, dan Contohnya

Download contoh slip sederhana dalam berbagi format

  • Download contoh slip gaji format excel (.xls) disini.
  • Download contoh slip gaji format word (.docs) disini.
  • Download contoh slip gaji format .pdf disini.

Apa Sebenarnya Manfaat Slip Gaji?

1. Mengetahui rincian gaji

Fungsi pertama dari slip gaji tentu saja untuk mengetahui rincian komponen dari nominal gaji yang kita terima setiap bulannya. Komponen gaji tersebut berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Menurut Planday, secara umum ada tiga bagian yang harus ada di dalam dokumen tersebut, antara lain:

  • gaji pokok
  • pajak, potongan, dan kontribusi
  • jumlah gaji bersih yang diterima

Jadi selain jumlah gaji pokok, kamu juga akan melihat berapa jumlah uang hasil kontribusimu misalnya saat mendapatkan bonus atau THR.

Begitu juga dengan informasi mengenai jumlah potongan misalnya untuk pajak atau bahkan karena adanya pelanggaran saat bekerja misalnya karena terlambat.

Baca juga: 9 Jenis Struktur Komisi Penjualan dan Cara Memilihnya

2. Sebagai syarat pengajuan kredit

Tidak hanya berguna untuk mengetahui jumlah pasti gaji saja, rupanya slip gaji juga sangat bermanfaat saat kita ingin mengambil melakukan pengajuan kredit, baik itu KPR, kredit kendaraan bermotor, maupun kredit barang elektronik.

Salah satu persyaratan bagi bank  atau pemberi kredit  untuk mengklasifikasi orang-orang yang akan mengajukan kredit adalah slip gaji.Nominal limit kredit yang bisa diambil juga tergantung pada jumlah gaji yang Anda terima setiap bulannya.

3. Negosiasi gaji

Selain bermanfaat untuk syarat pengajuan kredit, slip gaji rupanya juga berguna untuk negosiasi gaji saat melamar kerja. Dikutip dari Naukri, slip gaji dapat membantu karyawan saat sedang negosiasi gaji dengan pemberi kerja.

Pasalnya, informasi gaji tersebut bisa membantu karyawan untuk meminta gaji yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya.Bagi pemberi kerja, informasi tersebut juga dapat membantu menentukan kisaran gaji yang akan diberikan kepada calon karyawan.

Jadi, mereka akan menggunakan angka tersebut sebagai referensi untuk memperkirakan berapa nominal gaji yang pantas diberikan dengan kompetensi yang dimiliki karyawan itu.

Baca juga: Pengertian Broadbanding dalam Sistem Payroll

gajihub 3

Buat dan Lihat Slip Gaji Lebih Mudah dengan Gajihub

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang masih membuat dan menggunakan slip gaji manual, saatnya Anda beralih ke solusi yang lebih moden dan praktis.

Membuat slip gaji secara manual tidak hanya memakan waktu, namun juga rentan kesalahan sehingga mengakibatkan hubungan antara perusahaan dan karyawan kurang baik.

Sebagai solusi Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Dengan Gajihub Anda bisa mengelola proses payroll yang terintegrasi secara otomatis dengan sistem pencatatan kehadiran karyawan, dan juga memudahkan karyawan dalam mendapatkan slip gaji, pengajuan cuti, sampai melakukan pencatatan kehadiran hanya melalui smartphone.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *