Pengertian Broadbanding dalam Sistem Payroll

broadbanding 1

Struktur gaji yang Anda gunakan adalah bagian penting dari operasi bisnis Anda. Struktur gaji broadbanding adalah cara yang mudah beradaptasi untuk memberikan kompensasi kepada karyawan Anda yang menawarkan banyak manfaat.

Memahami apa itu broadbanding dapat membantu Anda menentukan apakah struktur gaji ini cocok untuk perusahaan Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan broadbanding, menjelaskan secara singkat cara kerjanya, dan membuat daftar keuntungan dan kerugiannya untuk membantu Anda memutuskan apakah jenis kompensasi ini dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Broadbanding?

Broadbanding adalah ketika perusahaan menetapkan rentang gaji yang lebih luas dari biasanya, atau rentang gaji, untuk suatu level pekerjaan.

Perusahaan biasanya membuat banyak rentang gaji yang mencakup rentang gaji yang sempit. Rentang gaji ini sering kali tumpang tindih satu sama lain.

Ketika melakukan broadbanding, perusahaan biasanya membuat lebih sedikit rentang gaji yang masing-masing mencakup rentang gaji yang lebih luas. Dengan broadbanding, rentang gaji ini lebih jarang tumpang tindih.

Biasanya, perusahaan membuat rentang gaji yang luas di sekitar titik tengah gaji. Rentang gaji biasanya dimulai di bawahnya, sering kali 80% dari titik tengah gaji.

Ujung atas kisaran bisa mencapai 200% dari titik tengah gaji. Misalnya, jika Anda menetapkan titik tengah gaji pada 100.000 per tahun, batas bawahnya mungkin 80.000 per tahun (80%) dan batas atasnya mungkin 200.000.000 per tahun (200%).

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Pay Period dalam Proses Payroll dan Tips Menentukannya

Siapa yang Menggunakan Skema Payroll Broadbanding?

Perusahaan yang menentukan gaji karyawan berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka, bukan berdasarkan kinerja, sering kali menggunakan broadbanding untuk menentukan rentang gaji mereka.

Hirarki datar, atau perusahaan yang hanya memiliki beberapa manajer yang mengawasi sejumlah besar karyawan, juga biasanya menggunakan broadbanding.

Ini karena perusahaan-perusahaan ini sering kali memiliki level pekerjaan yang lebih sedikit sehingga mereka perlu menentukan rentang gaji.

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit, seperti perusahaan startup, juga sering menggunakan broadbanding. Bisnis ini terkadang memiliki karyawan dengan keahlian besar yang menjalankan banyak fungsi di dalam perusahaan.

Broadbanding memungkinkan perusahaan-perusahaan ini menemukan prospek multi-talenta yang dapat meningkatkan gaji mereka tanpa harus pindah ke posisi baru.

Baca juga: Annual Salary dan Annual Income: Pengertian dan Perbedaannya

Bagaimana Cara Kerja Broadbanding?

Broadbanding biasanya bekerja sebagai satu set skala gaji yang sangat sedikit dan sangat luas di mana Anda dapat menempatkan karyawan Anda.

Anda dapat menempatkan setiap pekerjaan di dalam perusahaan Anda ke dalam kategori yang terpisah berdasarkan kesamaan, seperti keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Anda kemudian bisa membuat hierarki untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut berdasarkan tingkat kepentingan masing-masing kelompok.

Dalam struktur gaji broadband, setiap kelompok memiliki berbagai potensi gaji yang dapat mereka peroleh. Sederhananya, setiap pekerjaan berbagi rentang gaji dengan banyak pekerjaan serupa lainnya di dalam perusahaan dengan manajer yang membawahi beberapa tim terkait.

Baca juga: Pengertian Audit Payroll, Manfaat, dan Tahapannya

broadbanding 2

Keuntungan Menggunakan Struktur Broadbanding

Broadbanding menawarkan banyak manfaat bagi bisnis, manajer, dan karyawan Anda. Hal ini memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka yang ada di dalam perusahaan Anda untuk membuat keputusan penting tentang peran dan kompensasi mereka. Beberapa keuntungan terpenting dari broadbanding antara lain:

Memungkinkan manajer Anda menentukan kompensasi karyawan mereka

Karena broadbanding menggunakan rentang yang luas untuk potensi gaji, hal ini membantu memberdayakan manajer Anda untuk memberikan kenaikan gaji kepada karyawan mereka.

Biasanya, perusahaan yang menggunakan struktur gaji broadbanding mengizinkan manajer mereka untuk membuat keputusan sendiri tentang kompensasi karyawan.

Ini karena rentang gaji yang luas memungkinkan setiap karyawan untuk mendapatkan gaji yang semakin besar dengan tetap berada di posisi yang sama.

Mendorong karyawan Anda untuk berkembang

Manajer yang menggunakan broadbanding biasanya menentukan gaji karyawan mereka berdasarkan keterampilan yang mereka miliki yang dapat menguntungkan perusahaan.

Manajer dapat melakukan ini karena level pekerjaan memiliki keterampilan dan kompetensi yang sama. Ketika karyawan mempelajari keahlian baru yang memungkinkan mereka melakukan lebih banyak peran dalam perusahaan, mereka meningkatkan gaji yang dapat mereka peroleh dalam level pekerjaan mereka.

Hal ini dapat membantu memotivasi karyawan Anda untuk mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Baca juga: Apa Itu UMK? Ini Pengertian, Manfaat, dan Peraturan di Indonesia

Merampingkan chain of command

Karena manajer di perusahaan yang menggunakan rentang gaji yang luas sering kali membawahi banyak tim, hal ini dapat menghasilkan jumlah manajer yang lebih sedikit daripada sebaliknya.

Hal ini menciptakan tim manajemen yang lebih kecil, yang dapat menyederhanakan komunikasi yang mereka miliki satu sama lain.

Setiap manajer sering kali hanya memiliki beberapa manajer di atas mereka untuk membantu mereka membuat keputusan penting atau kepada siapa mereka melaporkan masalah atau kemajuan.

Menghargai semua karyawan

Karyawan di perusahaan dengan struktur broadband dapat terus mendapatkan kenaikan gaji sambil tetap berada di posisi mereka saat ini.

Hal ini dapat membantu memotivasi mereka untuk terus berkinerja baik tanpa harus mencari promosi. Rentang gaji yang luas memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepada karyawan Anda betapa berharganya mereka bagi perusahaan, apa pun posisi mereka.

Membantu karyawan Anda merasa dihargai dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif, yang dapat membantu meningkatkan semangat kerja, komitmen dan produktivitas karyawan.

Mengurangi kebutuhan akan peran yang terspesialisasi

Karena rentang gaji yang luas memotivasi karyawan untuk memiliki beragam keterampilan, maka hal ini mengurangi kebutuhan banyak karyawan untuk memiliki keahlian khusus.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki banyak karyawan yang mampu menjalankan berbagai peran, tergantung pada kebutuhan perusahaan Anda.

Hal ini sangat membantu ketika memberikan tugas, menyelesaikan proyek dan menetapkan tujuan perusahaan.

Baca juga: Pengertian Prorata dan Cara Menghitung Gaji Prorata

Membuat bisnis Anda mudah beradaptasi

Broadbanding memungkinkan Anda untuk menerapkan kebijakan dan proses baru dengan mengurangi kebutuhan restrukturisasi.

Karena beberapa karyawan Anda mungkin mengisi berbagai peran, hal ini mengurangi kebutuhan untuk membuat peran baru saat menerapkan perubahan.

Sebaliknya, Anda dapat mendorong karyawan Anda untuk mempelajari keterampilan baru atau mempercayai manajer Anda untuk mengetahui karyawan mana yang dapat menyelesaikan tugas-tugas baru dengan baik.

gajihub 1

Kekurangan Menggunakan Sturktur Broadbanding

Broadbanding dapat memiliki beberapa kelemahan saat menciptakan motivasi bagi tim Anda. Akan sangat membantu jika Anda mempertimbangkan keuntungan-keuntungan ini saat memutuskan apakah struktur broadbanding adalah yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Beberapa kerugian dari broadbanding antara lain:

Menawarkan lebih sedikit promosi

Karena berkurangnya level pekerjaan, karyawan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mendapatkan promosi. Beberapa karyawan mungkin melihat promosi sebagai faktor pendorong untuk bekerja lebih baik.

Namun, Anda dapat menggunakan potensi mereka untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dalam peran mereka untuk terus memotivasi mereka.

Anda juga dapat mempertimbangkan insentif lain yang memotivasi, seperti pesta kantor dan hadiah untuk mencapai tujuan.

Baca juga: Mengenal Prosedur Sistem Penggajian dan Cara Kerjanya

Sulit untuk membandingkan gaji dengan harga pasar

Karena banyak karyawan yang memiliki peran yang lebih umum, mungkin sulit untuk menemukan harga pasar untuk posisi mereka.

Hal ini bisa membuat manajer dan karyawan Anda tidak jelas saat menentukan berapa gaji yang seharusnya mereka dapatkan untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Mungkin akan sangat membantu jika Anda menemukan rata-rata posisi lain yang serupa yang umum di pasar kerja untuk menentukan gaji yang umum.

Anda mungkin juga akan terbantu dengan menentukan tugas yang paling sering dilakukan oleh karyawan Anda untuk membantu Anda dan mereka menentukan berapa gaji yang mungkin diberikan.

Midpoint yang tidak jelas

Karena sifat umum dari setiap tingkat gaji, terkadang tidak jelas di mana midpoint titik tengah gaji seharusnya.

Untuk membantu mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk mengelompokkan keahlian setiap level pekerjaan berdasarkan tujuan bisnis yang lebih spesifik, seperti tujuan penjualan.

Ini bisa membantu Anda menentukan gaji rata-rata untuk peran yang biasanya bisa mencapai tujuan tersebut. Akan sangat membantu jika Anda mendasarkan titik tengah gaji di sekitar rata-rata ini.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mencari tahu berapa banyak peran yang mungkin dilakukan oleh rata-rata karyawan Anda dan seberapa penting peran tersebut bagi perusahaan untuk membantu Anda menentukan gaji pokok rata-rata untuk level pekerjaan tersebut.

Baca juga: Take Home Pay Adalah: Pengertian, Komponen, dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Struktur penggajian broadbanding sering diterapkan oleh banyak startup untuk meningkatkan daya saing dan mendapatkan talenta terbaik sesuai spesialisasi yang dibutuhkan perusahaan. Anda tidak harus menggunakan struktur penggajian ini jika Anda memiliki anggaran yang terbatas.

Sesuaikanlah kemampuan finansial perusahaan Anda dengan struktur penggajian yang cocok untuk organisasi Anda. Untuk mengetahui berbagai jenis struktur gaji yang banyak digunakan oleh perusahaan, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan alat yang tepat untuk proses penghitungan dan pengelolaan gaji dalam bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan software HR dan payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll, HR, dan absensi mobile yang sudah digunakan banyak pemilik bisnis dan memudahkan proses pencatatan kehadiran karyawan juga pengajuan cuti melalui smartphone.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melaui tautan ini.

1 thought on “Pengertian Broadbanding dalam Sistem Payroll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *