Pengertian Prorata dan Cara Menghitung Gaji Prorata

pengertian prorata 1

Apakah Anda mengetahui pengertian prorata dan cara menghitung gaji prorata? Mengetahui apa itu prorata penting bagi Anda seorang karyawan atau pemilik bisnis.

Ketika Anda dipekerjakan untuk pekerjaan baru, Anda biasanya menerima paket tunjangan yang tidak hanya mencakup tunjangan liburan dan asuransi, tetapi juga informasi gaji. Namun, gaji dan bonus Anda bisa berbeda dari yang Anda perkirakan, tergantung kapan Anda dipekerjakan selama periode pembayaran atau tahun tersebut.

Perusahaan memprorata gaji karena beberapa alasan dan memahami bagaimana mereka berniat melakukannya sebelumnya dapat membuka peluang untuk menegosiasikan gaji prorata Anda atau tunjangan lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian prorata, situasi di mana Anda kemungkinan akan menerima gaji prorata dan bagaimana cara menghitung gaji prorata.

Pengertian Prorata?

Prorata, kadang-kadang disebut sebagai “prorated”, adalah kata Latin yang digunakan untuk menggambarkan alokasi atau penetapan nilai secara proporsional.

Prorata diterjemahkan menjadi “dalam proporsi” dan berarti bahwa apa pun yang disebut sebagai prorata didistribusikan dalam jatah yang setara.

Sementara prorata tidak selalu menandakan bahwa semua bagian adalah sama, itu berarti memberikan setiap bagian nilai yang sebanding dengan sesuatu yang lain.

Prorata sering digunakan ketika nilai eksak tidak mudah dilihat dengan sendirinya tetapi dapat diberikan nilai proporsi dibandingkan dengan sesuatu yang lain.

Dalam bisnis, prorata sering dihitung dalam hal pengeluaran, alokasi pendapatan, modal, dan skenario keuangan lainnya yang melibatkan pemberian atau penerimaan uang dari satu individu atau entitas.

Bisnis menggunakan prorata untuk memastikan angka keuangan ini dianalisis secara akurat dan didistribusikan dengan cara yang adil.

Bisnis juga dapat menggunakan prorata saat menghitung gaji karyawan paruh waktu. Dalam hal ini, prorata digunakan untuk menentukan persentase yang akan diperoleh pekerja paruh waktu jika mereka bekerja penuh waktu.

Baca juga: 17 Metode Seleksi Karyawan yang Wajib Anda Gunakan

Apa itu Gaji Prorata?

Pengertian gaji prorata adalah ketika seorang karyawan berutang jumlah gaji mereka sebanding dengan jumlah hari yang bekerja.

Misalnya, jika seorang karyawan dipekerjakan di tengah periode pembayaran, gaji pertama mereka akan mencerminkan tingkat gaji penuh waktu mereka tetapi dikurangi secara proporsional dengan hari kerja.

Kelayakan untuk gaji prorata

Ada beberapa situasi di mana karyawan yang dikecualikan akan menerima gaji prorata. Mereka termasuk:

  • Ketika seorang karyawan bergaji dipekerjakan di tengah periode pembayaran
  • Ketika seorang karyawan diberhentikan di tengah periode pembayaran
  • Ketika karyawan menerima promosi dan kenaikan gaji di tengah periode pembayaran
  • Mengambil cuti untuk cuti unuk kepentingan Negara di tengah periode pembayaran
  • Berpartisipasi dalam tugas juri di tengah periode pembayaran
  • Ketika seorang karyawan mengambil cuti sebelum menyelesaikan masa percobaan untuk karyawan baru
  • Ketika karyawan menerima tindakan disipliner yang tidak dibayar atau cuti yang tidak dibayar berdasarkan Undang-Undang ketenagakerjaan dan medis

gajihub 1

Baca juga: Pembahasan Lengkap Strategi Rekrutmen Karyawan

Bagaimana Cara Mendiskusikan Gaji Prorata dengan Perusahaan

Sementara gaji prorata Anda ditentukan berdasarkan gaji yang Anda negosiasikan di muka, penting untuk mendiskusikan aspek-aspek kunci dari paket tunjangan Anda dengan pemberi kerja sebelum menerima suatu posisi.

Misalnya, banyak pemberi kerja memiliki masa percobaan untuk karyawan baru dan karyawan yang mengambil cuti sebelum masa percobaan berakhir harus mengambil cuti tanpa dibayar. Waktu itu bervariasi di antara pemberi kerja dan dapat dinegosiasikan di muka.

Beberapa pemberi kerja juga dapat memberikan bonus tahunan secara prorata berdasarkan kapan karyawan tersebut mulai bekerja.

Jika seorang karyawan menerima posisi di pertengahan tahun fiskal, misalnya, pemberi kerja dapat memberikan bonus secara prorata dan hanya memberikan setengah dari bonus.

Sekali lagi, ini adalah rincian kontrak Anda yang dapat Anda negosiasikan sebelum Anda menerima posisi tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendiskusikan gaji dan tunjangan prorata dengan pemberi kerja:

1. Ketahui nilai Anda

Untuk menegosiasikan gaji penuh atau bonus dalam kasus di mana mereka mungkin telah diprorata, Anda harus terlebih dahulu mengetahui nilai Anda bagi perusahaan. Ada beberapa cara untuk menghitung nilai, antara lain:

  • Pengalaman terkait industri selama bertahun-tahun
  • Pengalaman kepemimpinan selama bertahun-tahun
  • Tingkat Pendidikan
  • Lisensi dan sertifikasi

Semakin jelas Anda dalam menekankan nilai besar yang Anda bawa ke sebuah organisasi, semakin mudah Anda dapat membenarkan gaji Anda dan permintaan tambahan yang ingin Anda buat mengenai kompensasi.

Baca juga: Mengenal Prosedur Sistem Penggajian dan Cara Kerjanya

2. Siapkan poin pembicaraan

Tulis daftar terlebih dahulu dengan spesifik yang membenarkan gaji Anda. Bersiaplah untuk memberi tahu majikan mengapa Anda pantas menerima gaji penuh dan tunjangan segera, daripada menerima gaji atau bonus pro-rata.

Bersiaplah untuk merujuk pencapaian, penghargaan, dan pendapatan tertentu yang Anda hasilkan di posisi sebelumnya.

Apakah Anda memiliki lebih banyak pengalaman daripada pekerjaan yang awalnya diminta, membuat Anda terlalu memenuhi syarat dan karena itu membenarkan gaji yang berbeda dari yang semula direncanakan untuk posisi itu?

Miliki juga daftar pertanyaan untuk atasan Anda. Beberapa yang mungkin ingin Anda tanyakan adalah:

  • Apakah ada masa percobaan yang diperlukan sebelum saya menerima cuti?
  • Apa yang akan terjadi dengan gaji saya jika saya mengambil cuti selama periode ini?
  • Apakah ada bonus akhir tahun untuk posisi ini?
  • Apakah bonus saya akan diprorata berdasarkan kapan saya memulai tahun ini?

3. Percaya diri

Jika Anda telah melakukan riset pasar yang diperlukan dan membandingkan pengalaman, latar belakang pendidikan, pencapaian, dan keterampilan Anda dengan posisi terbuka lainnya di wilayah Anda, Anda harus memiliki gambaran umum tentang nilai Anda bagi sebuah perusahaan. Percaya diri dalam meminta apa yang Anda inginkan.

pengertian prorata 2

Bagaimana Cara Mengitung Gaji Prorata

Untuk menghitung gaji prorata, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu tarif per jam.

Bagilah gaji tahunan dengan jumlah jam Anda bekerja setiap minggu. Misalnya, jika Anda menghasilkan Rp50.000.000 per tahun dan bekerja 40 jam per minggu yang berarti 2.080 jam.

2.080 jam itu diambil dari perhitungan yang rata rata dalam setahun ada 52 minggu. Ini berarti 52 x 40 = 2.080 jam

Ini berarti Rp50.000.000 / 2.080 sehingga tarif per jam Anda adalah Rp24.040. Selanjutnya, kalikan dengan jumlah hari kerja dalam periode pembayaran.

Jika Anda mulai bekerja satu minggu dalam periode pembayaran, bekerja 40 jam pada minggu pertama, gaji prorata Anda  sebelum pajak dan potongan lainnya – adalah Rp961.600.

Saat menghitung gaji prorata Anda, Anda bisa mengabaikan setiap jam yang Anda gunakan untuk tidak bekerja karena liburan atau cuti sakit. Biasanya ini adalah manfaat yang termasuk dalam waktu istirahat yang dibayar sesuai Undang-undang ketenagakerjaan.

Baca juga: Take Home Pay Adalah: Pengertian, Komponen, dan Cara Menghitungnya

Lalu bagaimana cara menghitung gaji prorata bagi karyawan baru dan resign?

Dalam kebanyakan kasus, ada karyawan-karyawan yang mengajukan resign dan bekerja tidak penuh bulan.

Gunakan rumus ini untuk menghitung prorate salary adalah sebagai berikut:

Gaji Prorata = Upah per jam x Jumlah jam kerja per hari x jumlah hari

Agar Anda lebih memahami tentang perhitungan ini, berikut merupakan contoh dari perhitungan gaji prorata:

Aziz memulai hari kerja pertamanya sebagai product desain pada sebuah perusahaan startup pada tanggal 20 Mei 2021 karena harus menggantikan Nani yang mengundurkan diri pada tanggal 19 Mei 2021 dan memiliki gaji Rp8.500.000.

Untuk besaran gaji Aziz adalah sebesar Rp8.000.000 yang sudah termasuk tunjangan.

Perusahaan tempat Aziz bekerja menerapkan sistem 5 (lima) hari kerja. Berikut merupakan perhitungan gaji Aziz berdasarkan metode prorata:

Aziz bekerja dari tanggal 20 sampai 31 Mei 2021, dengan sistem 5 hari kerja maka jumlah hari kerja Aziz adalah 10 hari (8 jam per hari).

  • Upah per jam: Rp8.000.000 x 12 / 2.080 = Rp46.153
  • Upah Aziz pada bulan Mei 2021: Rp46.153 x 8 jam x 10 hari = Rp3.692.240

Setelah menghitung gaji prorata Aziz sebagai karyawan baru, lalu bagaimana dengan perhitungan gaji Nani sebagai karyawan yang resign pada pertengahan bulan? Berikut contoh perhitungannya:

Nani bekerja dari tanggal 1 sampai 19 Mei 2021, dengan sistem 5 hari kerja maka jumlah hari kerja Nani adalah 13 hari dengan asumsi jam kerja selama 8 jam per hari.

  • Upah per jam = Rp8.500.000 x 12 / 2.080 = Rp49.038
  • Upah Nani pada bulan Mei 2021 = Rp49.038 x 8 jam x 13 hari = Rp5.099.952

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Mengetahui pengertian gaji prorata dan cara menghitungnya adalah hal penting bagi Anda seorang karyawan atau pemilik bisnis untuk memberikan penghitungan gaji yang adil dan transparan.

Kesulitan dalam menghitung dan mengelola gaji banyak karyawan? Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR yang modern dan mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau dan cocok untuk proses administrasi juga pengelolaan HR semua jenis dan skala bisnis.

Tertarik mencoba mengguanakan Gajihub? Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

 

2 thoughts on “Pengertian Prorata dan Cara Menghitung Gaji Prorata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *