Pasar Tenaga Kerja: Pengertian, Komponen, Jenis dan Tips Analisanya

pasar tenaga kerja 1

Profesional bidang ekonomi mempelajari pasar tenaga kerja untuk memprediksi tren mengenai karir dan pekerjaan.

Semua profesional dan perusahaan yang bekerja dapat berpartisipasi dan mendapat manfaat dari analisis pasar tenaga kerja. Karena itu, akan sangat membantu untuk memahami komponen utama pasar tenaga kerja dan definisinya.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan definisi pasar tenaga kerja dan komponennya, jenis dan kami berbagi tips untuk membantu menganalisis konsep ekonomi ini.

Apa itu Pasar Tenaga Kerja?

Pasar tenaga kerja, umumnya dikenal sebagai pasar kerja, adalah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan untuk berfungsi dan tenaga kerja yang dapat disediakan oleh karyawan dan pencari kerja.

Pasar tenaga kerja dapat berfungsi seperti pasar konsumen, di mana mereka yang mencari pekerjaan bertindak sebagai penawaran pasar, dan posisi terbuka yang ditawarkan pengusaha adalah permintaannya.

Entah perusahaan dapat menawarkan lebih banyak posisi daripada yang ingin diisi oleh para profesional pencari kerja, atau para profesional dapat menawarkan lebih banyak tenaga kerja daripada yang mungkin dibutuhkan oleh suatu industri. Jenis kompetisi ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang menguntungkan.

Para profesional ekonomi mempelajari bagaimana penawaran dan permintaan tenaga kerja ini dapat memengaruhi pasar barang dan jasa untuk memprediksi tren ketersediaan produk, prospek pekerjaan, dan biaya tenaga kerja.

Ini dapat membantu profesional lain memilih karier dengan meninjau prospek pekerjaan mereka dan menegosiasikan gaji mereka berdasarkan permintaan untuk pekerjaan spesifik mereka.

Baca juga: Pengertian Prorata dan Cara Menghitung Gaji Prorata

Komponen dalam Pasar Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja mencakup empat komponen. Komponen tersebut adalah kelompok yang berpartisipasi dan mempengaruhi pasar dengan menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan dan organisasi. Berikut penjelasan dari masing-masing komponen:

Angkatan kerja

Angkatan kerja mencakup semua profesional, terlepas dari industri tempat mereka bekerja. Angkatan kerja terdiri dari mereka yang bekerja secara aktif dan dapat mencakup orang-orang dari berbagai riwayat pekerjaan, keterampilan, dan tingkat pendidikan.

Para profesional ini dianggap sebagai penawaran di pasar tenaga kerja, sedangkan posisi yang ditawarkan oleh pemberi kerja adalah permintaan.

Pelamar

Populasi pelamar adalah komponen pasar kerja yang lebih spesifik yang mencakup para profesional yang dapat melamar lowongan pekerjaan tertentu.

Setiap lowongan pekerjaan memiliki populasi pelamarnya sendiri. Ini adalah para profesional yang memiliki keterampilan dan kualifikasi untuk posisi tertentu.

Perekrut sering menghubungi para profesional ini untuk mendorong mereka mengirimkan lamaran dan melanjutkan ke lowongan pekerjaan di perusahaan perekrut.

Namun, jika Anda seorang pelamar, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk berbicara dengan perekrut untuk memulai percakapan tentang posisi yang terbuka.

Baca juga: 17 Metode Seleksi Karyawan yang Wajib Anda Gunakan

Kelompok pemohon

Kelompok pemohon mengacu pada para profesional yang melewati tahap pertama rekrutmen. Sementara populasi pelamar mencakup para profesional yang memenuhi syarat untuk melamar peran tertentu, kelompok pemohon untuk pekerjaan tertentu terdiri dari mereka yang benar-benar melamar dan memenuhi syarat untuk peran tersebut.

Sebagai pelamar, ada baiknya menambahkan detail unik ke resume Anda agar terlihat lebih baik di mata perekrut. Ini dapat mencakup mengejar sertifikasi yang relevan, menulis surat lamaran yang efektif dan menggunakan kata kunci dalam resume Anda.

Kandidat

Komponen keempat dari pasar kerja mencakup kandidat yang lulus proses penyaringan aplikasi perusahaan. Perekrut biasanya menawarkan kandidat ini posisi di perusahaan yang mereka wakili.

Untuk mencapai tahap ini, kandidat sering kali harus melewati software pengurai resume dan menghadiri wawancara khusus untuk posisi tersebut.

gajihub 2

Jenis-Jenis Pasar Tenaga Kerja

1. Pasar kerja terdidik, terlatih, tidak terdidik dan tidak terlatih.

Tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang memerlukan pendidikan khusus seperti dokter, akuntan, guru, dan lain-lain. Adapun tenaga kerja terlatih yaitu tenaga kerja yang memerlukan latihan dan pengalaman seperti montir, sopir, koki, dan lain-lain.

Cirinya

  • Pasar kerja terdidik yaitu pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja terdidik.
  • Pasar kerja terlatih yaitu pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja terlatih.
  • Pasar kerja tidak terdidik dan tidak terlatih yaitu pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, seperti tukang angkut, tukang batu, dan lain-lain.

2. Pasar kerja utama dan biasa

Pasar kerja utama (primary labour market) yaitu pasar tenaga kerja yang mempunyai ciri-ciri, sebagai berikut:

  •  Terjadi pada lingkungan perusahaan besar
  •  Manajemen perusahaan sangat baik,
  • Tingkat pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan sangat tinggi,
  • Gaji dan upah tinggi,
  • Jaminan sosial yang baik,
  •  Disiplin pegawai sangat tinggi,
  • Jumlah perpindahan pegawai sedikit.

Pasar tenaga kerja biasa (secondary labour market) yaitu pasar kerja yang mempunyai ciri-ciri, sebagai berikut:

  • Terjadi pada lingkungan perusahaan kecil,
  • Manajemen perusahaan kurang baik,
  • Tingkat pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan rendah,
  • Gaji dan upah rendah,
  •  Jaminan sosial kurang baik,
  •  Disiplin pegawai rendah,
  •  Sering terjadi perpindahan pegawai.

Baca juga: Motivasi Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Saat Wawancara

3. Pasar kerja intern dan ekstern

Pasar kerja intern yaitu pasar yang mendahulukan para pegawai yang sudah ada untuk mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan.

Ini berarti berkaitan dengan pemberian promosi (kenaikan jabatan) bagi pegawai yang bersangkutan. Pasar tenaga kerja ekstern yaitu pasar yang mempersilakan orang luar untuk mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan.

4. Pasar kerja dalam negeri dan luar negeri

Pasar kerja dalam negeri yaitu pasar tenaga kerja yang terjadi di dalam negeri. Pasar kerja luar negeri yaitu pasar kerja yang terjadi di luar negeri.

Indonesia sebagai negara yang mempunyai jumlah penduduk yang tinggi (kurang lebih 220 juta) dengan banyaknya jumlah pengangguran akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan dan memunculkan maraknya kejadian PHK (Pemusatan Hubungan Kerja) sangat membutuhkan jasa pasar kerja luar negeri.

Dengan adanya pasar kerja luar negeri, Indonesia dapat mengurangi jumlah pengangguran sekaligus menambah devisa negara.

5. Pasar kerja persaingan sempurna

Dalam tenaga kerja persaingan sempurna terdapat banyak sekali perusahaan. Oleh karena itu, para tenaga kerja dapat menawarkan jasanya secara perseorangan pada perusahaan yang diinginkan.

Pada pasar ini, setiap tenaga kerja bertindak demi kepentingan masing-masing dan tidak mendirikan perserikatan seperti serikat pekerja demi mewakili kepentingan bersama.

Pada pasar ini berlaku pula hukum permintaan dan hukum penawaran seperti pada pasar barang dan jasa (pasar output). Itu berarti, semakin tinggi upah tenaga kerja, semakin sedikit permintaan terhadap tenaga kerja.

Sebaliknya, semakin rendah upah tenaga kerja, semakin banyak permintaan terhadap tenaga kerja. Hal demikian berlaku pula pada penawaran, yakni semakin tinggi upah tenaga kerja semakin banyak penawaran tenaga kerja. Sebaliknya, semakin rendah upah tenaga kerja semakin sedikit penawaran tenaga kerja.

Baca juga: Download Form Penilaian Kinerja Karyawan dan Pembahasan Lengkapnya

6. Pasar kerja monopoli

Berbeda dengan pasar kerja persaingan sempurna, pada pasar ini seluruh tenaga kerja bersatu, menyatukan kekuatan dan kepentingan dengan bergabung dalam serikat pekerja atau serikat buruh.

Serikat pekerja bertugas mewakili para pekerja dalam menuntut upah dan fasilitas-fasilitas lain kepada perusahaan demi meningkatkan kesejahteraan pekerja. Karena bergabung dalam satu kekuatan, yakni serikat pekerja maka para tenaga kerja memiliki hak monopoli dalam menjual atau menawarkan tenaganya.

Dalam pasar tenaga kerja monopoli, penentuan tingkat upah bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Menuntut upah lebih tinggi dari upah ekuilibrium.
  • Membatasi penawaran tenaga kerja.
  • Menambah permintaan tenaga kerja.

7. Pasar kerja monopsoni

Pasar kerja monopsoni terjadi jika di satu wilayah tertentu hanya ada satu perusahaan yang bersedia meminta tenaga kerja, sedangkan para tenaga kerja tidak mempunyai organisasi seperti serikat pekerja.

Ini berarti, kekuatan perusahaan jauh lebih besar dibanding tenaga kerja. Akibatnya upah yang terjadi umumnya di bawah upah ekuilibrium atau upah keseimbangan.

8. Pasar kerja monopoli bilateral

Pasar kerja monopoli bilateral terjadi jika terdapat dua kekuatan yang saling bertentangan. Kekuatan pertama berasal dari para tenaga kerja yang bersatu dalam serikat pekerja, dan kekuatan kedua berasal dari satu perusahaan yang merupakan satu-satunya perusahaan yang memakai tenaga kerja.

Serikat pekerja yang memberikan penawaran tenaga kerja mempunyai posisi yang sama kuat dengan perusahaan yang melakukan permintaan tenaga kerja, sehingga terjadilah keadaan saling memonopoli, yang disebut monopoli bilateral.

Baca juga: Download Surat Kontrak Kerja Beserta Tips dan Cara Membuatnya

pasar tenaga kerja 2

Tips untuk Menganalisis Pasar Tenaga Kerja

Mampu memahami dan menganalisis pasar kerja dapat membantu Anda mempertimbangkan langkah mana yang harus diambil untuk mengejar karir yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mempertimbangkan konsep ekonomi ini:

Identifikasi posisi serupa

Mengidentifikasi posisi serupa dapat membantu Anda memahami permintaan untuk karier tertentu. Dengan membandingkan karier, Anda juga dapat mengidentifikasi di industri mana pekerjaan ini tersedia.

Sementara beberapa pekerjaan khusus untuk suatu industri, tidak semua karier bersifat eksklusif industri. Misalnya, meskipun seorang guru sekolah dasar kemungkinan besar akan bekerja di industri pendidikan, seorang profesional sumber daya manusia dapat bekerja di kantor perusahaan mana pun.

Bandingkan gaji

Membandingkan tingkat gaji untuk posisi yang sama dapat membantu Anda menegosiasikan gaji yang adil untuk diri Anda sendiri. Ini juga dapat memberi Anda gambaran tentang anggaran yang mungkin dimiliki perusahaan untuk gaji, yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda saat membahas gaji awal.

Misalnya, jika riset pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa gaji umum untuk seorang penulis adalah Rp80.000.000 per tahun, Anda dapat menggunakan data ini untuk menyusun ekspektasi yang masuk akal untuk gaji awal sambil tetap di bawah gaji rata-rata tetapi dalam kisaran gaji yang Anda inginkan dan pantas.

Baca juga: Onboarding Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Metriknya

Konsultasikan dengan petugas dan manajer rekrutmen

Jika Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tertentu, mungkin berguna untuk menghubungi perekrut dan manajer tentang kebutuhan staf mereka.

Ini dapat membantu Anda membangun jaringan profesional dan memberikan informasi tentang proses perekrutan perusahaan. Ini juga dapat membantu memberikan wawasan tentang kapan harus melamar dan posisi mana yang harus dikejar.

Misalnya, sebuah restoran mungkin mempekerjakan lebih banyak staf menunggu selama musim liburan. Mengetahui hal ini dapat membantu Anda menyusun strategi kapan harus melamar. Bahkan jika Anda pada akhirnya ingin mengubah posisi dalam perusahaan, bertindak berdasarkan informasi ini dapat membantu Anda masuk ke industri yang Anda inginkan.

Tentukan prospek pekerjaan

Permintaan untuk karir tertentu dapat bergantung pada tren budaya, peristiwa terkini, kualifikasi dan minat dalam pekerjaan. Prospek pekerjaan untuk karir mengacu pada tren masa depan permintaannya.

Anda dapat menentukan informasi ini dengan memeriksa situs web statistik tenaga kerja dan dengan mencatat tren pekerjaan yang nyata. Dalam beberapa kasus, ini dapat membantu suatu profesi memutuskan karir mana yang akan dikejar.

Tren survei dalam kualifikasi

Akan sangat membantu jika menggunakan data pasar kerja untuk menentukan tren dalam kualifikasi yang mungkin diminta oleh pemberi kerja. Ini bisa menjadi sangat penting untuk penelitian untuk industri spesifik Anda.

Ini dapat membantu mempersiapkan Anda untuk mengejar kualifikasi pendidikan dan riwayat pekerjaan yang relevan dan diinginkan, yang dapat membantu Anda menetapkan diri Anda sebagai kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Anda dapat meneliti tren ini dengan menganalisis lowongan pekerjaan untuk karier yang ingin Anda kejar. Perusahaan sering menentukan kualifikasi mana yang mereka cari dari seorang kandidat dan membandingkan kualifikasi ini dengan pekerjaan serupa lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Negosiasi Gaji? Berikut Tips dan Contohnya

Jadikan Proses Pengelolaan Data Karyawan Lebih Mudah dengan Gajihub

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang kesulitan dalam mengelola data karyawan secara terstruktur, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR untuk proses pengelolaan data yang lebih baik.

Salah satu software payroll dan HR yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai kebanyakan bisnis di Indonesia adalah Gajihub.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSproses akuntansi dan reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi tunggu apalagi? Buat proses pengelolaan HR dalam bisnis lebih mudah dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *