Annual Salary dan Annual Income: Pengertian dan Perbedaannya

annual salary 1

Banyak jenis pekerjaan yang mendefinisikan peluang kerja menggunakan annual salary atau gaji tahunan yang mungkin diperoleh saat Anda bekerja. Annual salary dan dan annual compensation atau kompensasi tahunan menggambarkan berapa banyak uang yang Anda peroleh setiap tahun.

Mempelajari apa itu annual salary dapat membantu Anda lebih memahami pekerjaan sebelum melamar pekerjaan tersebut, mengetahui kewajiban pajak Anda, mengelola keuangan Anda, dan membandingkan peluang kerja sebelum melamar pekerjaan tersebut.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu annual salary, pentingnya memahaminya, memberikan perbandingan antara annual sallary dan annual income, serta menjelaskan tips dalam menghitung gaji tahunan.

Apa itu Annual Salary?

Memahami definisi annual salary atau gaji tahunan dapat membantu Anda menjalankan peran dan mengelola keuangan Anda.

Annual salary adalah jumlah total uang yang Anda peroleh dalam setahun ketika atasan atau perusahaan tempat Annda bekerja membayar untuk pekerjaan Anda.

Anda dapat menghitungnya sebagai jumlah akumulasi selama 12 bulan. Pemberi kerja menentukan gaji berdasarkan tarif per jam atau upah gaji perbulan.

Jika Anda dibayar per jam, pemberi kerja mendasarkan annual salary Anda pada 40 jam seminggu, tidak termasuk lembur.

Beberapa perusahaan mungkin menggunakan tahun keuangan atau fiskal dari Oktober hingga September. Jika Anda mulai bekerja di antara tahun tersebut, tim penggajian akan melakukan prorasi gaji Anda.

Prorasi berarti perusahaan Anda membayar Anda secara proporsional dengan bulan-bulan Anda bekerja dalam periode tersebut.

Baca juga: 12 Hak Dasar Karyawan Sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan

annual salary 2

Faktor-faktor yang Menentukan Besaran Annual Salary

Meskipun pekerjaan mungkin memiliki judul atau deskripsi pekerjaan yang serupa, gaji yang dapat ditawarkan perusahaan tergantung pada keahlian, pengalaman, dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Faktor-faktor yang menentukan annual salary dapat mencakup:

  • Pendidikan: Gelar lanjutan atau sertifikasi profesional mungkin memberi Anda gaji yang lebih tinggi, terutama ketika kredensial ini sangat diminati oleh industri.
  • Pengalaman: Pemberi kerja menghargai pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki seorang karyawan karena biasanya merupakan indikator jumlah pengetahuan yang Anda miliki tentang industri atau peran. Ini juga bisa menjadi indikasi tingkat produktivitas Anda yang lebih tinggi sebagai kontributor individu dan sejauh mana kemampuan kepemimpinan Anda.
  • Tanggung jawab pekerjaan: Tugas individu dapat bervariasi untuk jabatan yang sama dari satu perusahaan ke perusahaan lain, meskipun tugas individu dapat bervariasi. Tanggung jawab yang lebih luas atau lebih kompleks biasanya berarti gaji yang lebih besar.
  • Industri: Industri biasanya mempengaruhi pengetahuan atau sertifikasi khusus yang diperlukan untuk suatu peran.
  • Lokasi: Lokasi perusahaan dapat mempengaruhi annual salary Anda. Permintaan untuk kualifikasi Anda mungkin tinggi di satu lokasi, membuat perusahaan menawarkan annual salary yang lebih tinggi untuk menarik talenta terbaik.

Baca juga: Tips Lolos Psikotest dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa yang Dimaksud dengan Annual Income?

Penghasilan tahunan atau annual income adalah total gabungan dari gaji pokok Anda dan nilai dari setiap tunjangan keuangan yang diberikan pemberi kerja Anda.

Annual income berubah berdasarkan jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan industri tempat Anda bekerja. Misalnya, seseorang yang bekerja di lingkungan yang berbahaya mungkin memiliki lebih banyak perlindungan kesehatan dan asuransi daripada seorang guru.

Lembaga keuangan tertentu mungkin meminta annual income Anda sebelum memberikan layanan kepada Anda. Lembaga-lembaga ini mungkin termasuk perusahaan kredit, lembaga pemerintah, pemberi pinjaman dan bank.

Annual income meliputi:

  • Gaji dan pendapatan kerja: Ini adalah gaji, upah yang dibayarkan, tip, bonus, lembur, dan komisi Anda sebelum melakukan pemotongan yang diperlukan. Semua dana yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda sepanjang tahun adalah bagian dari annual income Anda.
  • Pendapatan wiraswasta dan bisnis: Pendapatan wiraswasta dan bisnis adalah jumlah semua dana yang Anda hasilkan dari pendapatan wiraswasta dan bisnis yang Anda miliki. Dana yang Anda dapatkan dari wirausaha dapat berasal dari pekerjaan kontrak, komisi penjualan, dan uang yang dihasilkan dari perdagangan yang terpisah dari pekerjaan Anda dengan klien atau perusahaan lain.
  • Tunjangan: Ini termasuk uang yang Anda terima dari tunjangan pasangan dan tunjangan anak.
  • Bunga dan pendapatan yang diperoleh dari investasi: Anda dapat menghitung penjualan dari saham, properti, dan investasi lainnya sebagai annual income. Bunga dari rekening tabungan juga merupakan bagian dari investasi dan Anda dapat menambahkannya ke annual income Anda.
  • Keuntungan modal sebelum pajak: Keuntungan modal adalah keuntungan finansial apa pun yang Anda peroleh dari penjualan aset. Penghasilan tahunan Anda mungkin termasuk keuntungan dari menjual mobil, properti residensial atau komersial, saham atau produk.
  • Pendapatan sewa: Annual income ini dapat mencakup keuntungan moneter dari pendapatan sewa yang dikumpulkan dari properti yang Anda miliki atau miliki bersama.
  • Sumber lain: Jenis keuntungan finansial lainnya yang termasuk dalam annual income dapat berupa asuransi seperti asuransi jiwa, cacat, gigi dan kesehatan, rencana pembagian keuntungan, bantuan biaya kuliah, keanggotaan atau tunjangan keluarga.

Baca juga: Pengertian Audit Payroll, Manfaat, dan Tahapannya

gajihub 3

Pentingnya Mengetahui Annual Income

Berikut ini adalah manfaat memahami apa itu gaji tahunan:

  • Membantu Anda membuat keputusan karier yang penting, seperti memilih jalur karier, memutuskan apakah akan beralih karier, menentukan apakah akan bermanfaat untuk berganti pekerjaan atau perusahaan, atau menerima promosi
  • Memungkinkan Anda untuk memetakan rencana keuangan yang efektif dan jelas serta anggaran yang memadai
  • Menentukan batasan kontribusi Anda untuk rencana pensiun tertentu berdasarkan berapa banyak gaji yang Anda dapatk
  • Aannual income dapat memberi tahu Anda cara mematuhi peraturan pajak dengan lebih baik
  • Menunjukkan seberapa kompleks peran Anda
  • Memungkinkan Anda untuk menghitung nilai pekerjaan sebagai imbalan atas keterampilan dan keahlian Anda

Perbedaan Annual Salary dan Annual Income

Sementara annual salary adalah jumlah total yang Anda dapatkan untuk pekerjaan yang Anda lakukan untuk pemberi kerja Anda selama setahun, annual income adalah jumlah total yang Anda dapatkan dari layanan yang ditawarkan kepada pemberi kerja Anda ditambah semua tunjangan dan inklusi seperti asuransi, lembur, tip dan komisi.

Penghasilan tahunan juga dapat mencakup dana yang Anda dapatkan dari sumber lain, seperti bisnis yang Anda miliki, sewa dari properti atau bunga dari tabungan. Jelas bahwa annual income biasanya lebih tinggi daripada annual salary dan memiliki banyak sumber.

Perbedaan gaji kotor dan gaji bersih

Gaji kotor dan gaji bersih adalah komponen penting untuk memahami gaji tahunan. Gaji kotor adalah semua yang Anda peroleh dari perusahaan sebelum pemotongan atau pajak.

Jumlah ini berguna bagi bank karena menentukan apakah Anda bisa mendapatkan persetujuan untuk pinjaman atau kartu kredit.

Gaji bersih adalah jumlah dana yang tersisa setelah pemberi kerja Anda melakukan pajak dan pemotongan. Kedua jumlah tersebut ada di slip gaji Anda dan berguna untuk memberi tahu Anda jika Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian dana.

Baca juga: Cara Menghitung Upah Per Jam Menurut Undang-Undang Terbaru

Tips Menghitung Annual Salary

Meskipun beberapa bagian dari annual salary Anda mungkin mudah dihitung dengan penambahan sederhana, dana pendapatan lainnya mungkin memerlukan beberapa perhitungan tambahan.

Jika Anda memulai pekerjaan baru di pertengahan tahun, Anda belum bekerja selama setahun penuh di pekerjaan baru Anda, jadi, mungkin bermanfaat untuk memperkirakan annual income Anda.

Rumus dasarnya adalah mengalikan jumlah yang Anda terima dengan jumlah interval pembayaran dalam setahun. Berikut ini tips menghitung pendapatan tahunan Anda:

Menghitung menggunakan tarif per jam

Ketika menggunakan tarif per jam, Anda dapat mengalikan jumlah yang Anda terima untuk bekerja selama satu jam dengan jumlah jam Anda bekerja dalam sehari, biasanya delapan hingga sepuluh jam. Kemudian Anda bisa mengalikan angka ini dengan jumlah hari Anda bekerja dalam seminggu.

Banyak jabatan yang memerlukan 40 jam kerja per minggu. Anda kemudian dapat mengalikan jumlah ini dengan jumlah total minggu, biasanya 52 minggu, dalam setahun.

Menghitung menggunakan tarif gaji

Banyak perusahaan tidak membayar karyawan yang digaji menurut jumlah jam kerja. Sebaliknya, mereka membayar gaji tetap.

Karyawan yang digaji bisa mendapatkan annual salary mereka dengan mengalikan gaji dengan jumlah periode pembayaran. Periode pembayaran bisa mingguan, dua mingguan, semi bulanan atau bulanan.

Baca juga: Gaji Pokok: Ketentuan dan Cara Mudah Menghitungnya

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai annual salary dan perbedaannya dengan annual income yang penting diketahui bagi Anda seorang karyawan atau bagian dari tim HR.

Dengan mengetahui gaji tahunan, ini akan memudahkan karyawan dalam menghitung pajak penghasilan, perencanaan finansial, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Untuk memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji dan tunjangan karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR modern seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang sudah digunakan banyak pemilik bisnis dalam menghadirkan proses HRIS yang lebih mudah dan praktis, baik bagi bisnis maupun seluruh karyawan,

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *