Arti Salary Adalah: Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Upah

arti salary adalah

Arti Salary adalah bagian yang penting dalam sebuah perusahaan. Arti salary adalah hak yang dimiliki karyawan atau bekerja atas kewajiban pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Mengetahui definisi salary atau gaji, manfaat, dan perbedaanya dengan upah sangat penting dalam posisi akuntansi dan keuangan. Memahami apa yang diperoleh karyawan dalam pekerjaan tertentu juga berguna untuk lamaran atau negosiasi Anda dalam sebuah wawancara.

Memahami cara menghitung gaji Anda dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat selama negosiasi gaji dan pencarian pekerjaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti salary adalah: pengertian, manfaat, dan perbedaannya dengan bentuk pembayaran lainnya (upah). Jadi, yuk simak baik-baik penjelasannya di bawah ini:

Arti Salary

Arti salary adalah pembayaran yang diberikan secara konsisten oleh pemberi kerja kepada karyawan berdasarkan pekerjaan dan layanan posisi tertentu. Pengusaha biasanya membayarnya setiap bulan, tetapi beberapa bisnis membayar gaji mingguan, dua mingguan, bulanan, dua bulanan atau bahkan tahunan.

Jumlah dan frekuensi salary atau gaji ini adalah bagian dari kontrak kerja Anda, dan itu dapat berubah selama Anda bekerja dengan organisasi. Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan promosi atau jika jam kerja mingguan Anda berkurang. Anda juga dapat menegosiasikan gaji dalam wawancara.

Setiap pembayaran gaji terdiri dari sejumlah uang yang tetap setiap bulannya. Perusahaan dapat menambah penghasilan Anda dengan liburan berbayar, hari libur nasional, asuransi kesehatan, bonus perjalanan, dan tunjangan serta tunjangan pengeluaran lainnya.

Penawaran dan permintaan, serta sektor industri juga menentukan sebagian besar gaji secara nasional. Banyak pengusaha besar menghubungkan rentang gaji mereka dengan hierarki dan waktu bekerja untuk perusahaan.

Baca Juga: Contoh Slip Gaji, Beserta Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apa Manfaat dan Keuntungan Salary?

arti salary adalah

Ada beberapa keuntungan dari gaji atau salary, yang mempengaruhi karyawan dan pemberi kerja. Apa saja manfaat tersebut? Simak jawabannya sebagai berikut:

Keuntungan Salary yang Konsisten

Jika perusahaan memilih untuk membayar jumlah tertentu setiap bulan kepada karyawan mereka, mereka mendapat manfaat dari konsistensi. Setiap hari pembayaran menunjukkan jumlah yang sama, terlepas dari hari libur, hari sakit dan hari bebas, dan karyawan tidak melihat gaji mereka dikurangi dalam keadaan ini.

Sebagai seorang karyawan, penghasilan tetap dapat mengurangi stres ketika pengeluaran tak terduga datang. Konsistensi berlaku untuk departemen penggajian dan organisasi karena mereka juga mendapat manfaat dari waktu administrasi yang lebih sedikit dan cara yang lebih mudah untuk membayar karyawan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Payroll? Berikut Artinya, Proses, dan Tips Mengelola Payroll

1. Kompensasi mungkin mencerminkan tanggung jawab

Anggota tim yang digaji dapat mengambil tanggung jawab lebih dari karyawan yang bekerja dengan upah per jam. Karyawan yang digaji terkadang perlu bekerja dengan jam non-tradisional atau minggu kerja yang lebih lama, dan majikan sering kali mengkompensasinya, menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menutupi situasi yang tidak terduga ini.

Organisasi secara tidak langsung mendapat manfaat dari ini, karena mereka dapat menarik bakat yang lebih baik untuk posisi tersebut, menawarkan gaji yang lebih tinggi.

2. Lebih banyak manfaat

Karyawan penuh waktu yang digaji cenderung mendapatkan tunjangan pekerjaan tambahan seperti perawatan kesehatan dan waktu liburan berbayar, di antara banyak lainnya. Bahkan jika seorang karyawan yang digaji menerima gaji bersih lebih sedikit daripada rekan kerja upah per jam mereka, mereka dapat berada dalam posisi keuangan yang lebih baik.

Tunjangan lain, seperti cuti hamil atau melahirkan, penggantian biaya keanggotaan, atau penitipan anak gratis, dapat sangat bermanfaat bagi keluarga.

3. Lebih banyak peluang kemajuan karir

Tanggung jawab posisi bergaji bisa lebih tinggi daripada pekerjaan per jam. Ini dapat menyebabkan promosi ke posisi yang lebih maju lebih cepat daripada menjadi karyawan per jam. Peran manajemen, misalnya, biasanya diperlukan untuk menjadi karyawan tetap. Jika Anda menerima pemotongan gaji untuk beralih dari gaji per jam ke gaji, itu bisa menguntungkan karir Anda dalam jangka panjang.

Keuntungan Salary Per Jam

Keuntungan utama bekerja dengan posisi per jam adalah sebagai berikut:

1. Dedikasikan waktu untuk minat lain

Memiliki posisi per jam memungkinkan Anda untuk menjadwalkan minat lain seperti belajar, meningkatkan keterampilan, memulai usaha baru atau bekerja untuk berbagai proyek dan organisasi.

Beberapa karyawan dapat melihat ini sebagai kerugian, tetapi dapat menyebabkan lebih banyak peluang dan lebih banyak fleksibilitas tergantung pada konteks dan situasi Anda. Ini juga bisa menjadi titik awal untuk menjadi pekerja lepas dan bekerja di banyak perusahaan.

2. Pembayaran mencerminkan jam lembur

Upah per jam langsung berhubungan dengan jam kerja karyawan. Jika mereka bekerja lembur, mereka akan menerima upah lembur.

Karyawan dapat memperoleh manfaat dari ini karena mereka tahu bahwa organisasi menghargai waktu dan layanan mereka setiap jam. Mereka dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas mereka karena mereka memiliki insentif yang lebih kuat untuk bekerja lebih lama jika diperlukan.

3. Lebih sedikit tugas dan tanggung jawab di tempat kerja

Perusahaan mengasumsikan karyawan per jam dapat menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan. Untuk alasan ini, karyawan per jam tidak memiliki tanggung jawab sebanyak karyawan yang digaji.

Ini juga bekerja dengan baik untuk pemberi kerja yang membutuhkan tenaga kerja paruh waktu atau semi-terampil yang besar.

4. kondisi yang tidak begitu ketat

Perusahaan tidak perlu mengikat karyawan per jam dalam kondisi yang ketat. Fleksibilitas ini memberi mereka lebih banyak kebebasan untuk pindah ke pekerjaan lain jika mereka mau.

Mereka juga dapat memperoleh manfaat dari pengurangan stres karena mereka dapat dengan mudah mencari lebih banyak pekerjaan jika proyek dihentikan, dibandingkan dengan karyawan tetap.

Baca Juga: Talent Management: Pengertian, Proses, Strategi, dan Tips Mengelolanya

Perbedaan Gaji, Upah dan Remunerasi

Gaji adalah pembayaran rutin yang disepakati dalam kontrak kerja, dan ini terkait dengan jumlah jam yang ditentukan dalam kontrak. Upah adalah istilah yang biasanya dikaitkan dengan tenaga kerja per jam, dan pemberi kerja harus memastikan bahwa tarif mereka sama atau lebih besar dari Upah Minimum Nasional.

Istilah remunerasi mencakup gaji dan upah, dan ini adalah istilah yang lebih luas untuk semua kompensasi yang diterima karyawan atas jasa mereka, moneter dan non-moneter.

Perusahaan dapat memilih untuk membayar gaji atau upah per jam kepada karyawan mereka. Misalnya, jika perusahaan pemasaran perlu menyewa penerjemah untuk situs web mereka dengan tarif per jam, mereka perlu mengubah gaji tahunan menjadi jam aktual yang diperlukan untuk menyelesaikan terjemahan.

Contoh: Rp30 juta dibagi 52 minggu dalam setahun = Rp576.923 dibagi 40 jam seminggu = Rp14.423 tarif per jam.

Oleh karena itu, jika tim penerjemah, atau individu, membutuhkan 20 jam untuk menyelesaikan proyek dengan upah per jam sebesar Rp14.423, maka total biayanya adalah Rp288.462. Jika majikan memilih untuk membayar kompensasi seminggu penuh sebesar $576.923, mereka akan membayar 20 jam tambahan produksi yang tidak mereka terima.

Contoh ini mengilustrasikan mengapa menghitung upah per jam penting untuk proyek individu atau layanan satu kali.

Baca Juga: Supervisor Adalah: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Bedanya dengan Manajer

Perbedaan Antara Gaji dan Paket Gaji?

Jika majikan atau atasan berbicara kepada Anda tentang gaji, mereka biasanya mengacu pada gaji awal dasar Anda. Paket gaji mencakup tunjangan, insentif, dan penghargaan tambahan, seperti cuti tahunan dan cuti sakit, tunjangan mobil, biaya perjalanan, serta kompensasi dan bonus lebih lanjut.

Terserah majikan untuk mengiklankan gaji atau paket gaji di iklan pekerjaan, tetapi lebih umum untuk melakukannya sebagai paket untuk menghindari kebingungan.

Tips Negosiasi Gaji dalam Wawancara Kerja

arti salary adalah

Menegosiasikan gaji Anda dalam sebuah wawancara adalah masalah yang rumit. Kedua belah pihak memiliki ekspektasi untuk gaji yang diinginkan, dan negosiasi memungkinkan masing-masing pihak untuk menyampaikan argumen mereka dan mempertahankan alasan mereka.

Ikuti tips ini untuk menegosiasikan gaji Anda dalam sebuah wawancara:

Teliti pasar dan perusahaan

Kekuatan penawaran dan permintaan pasar menentukan sebagian besar gaji. Perusahaan dan industri khusus Anda, posisi, wilayah geografis, pengalaman dan pendidikan juga merupakan kunci untuk mengetahui ekspektasi gaji Anda.

Tentukan jumlah yang Anda inginkan dan terendah. Anda harus mengetahui jumlah yang Anda inginkan dan gaji terendah yang bersedia Anda terima sebelum memasuki wawancara. Ini akan memberi Anda alat untuk menegosiasikan gaji Anda secara realistis.

Pertimbangkan keuntungan Anda

Saat menegosiasikan gaji Anda, pertimbangkan manfaat lain yang dapat dinegosiasikan, termasuk waktu luang yang dibayar, fleksibilitas jadwal kerja, dan peluang lainnya. Memperkenalkan beberapa manfaat ini dalam percakapan mungkin juga merupakan taktik yang berguna untuk menunjukkan keinginan Anda untuk meningkatkan nilai Anda kepada atasan Anda.

Latih keterampilan negosiasi

Negosiasi adalah keterampilan yang dipelajari yang dapat Anda tingkatkan dengan latihan. Anda dapat berlatih dengan orang lain sebelum wawancara atau menghadiri kursus untuk menonjolkan kualitas Anda yang paling berharga.

gajihub 2

Apakah Salary Tetap Lebih Baik Daripada Salary Per Mam?

Salary tidak lebih baik dari gaji per jam; mereka berbeda. Anda harus menilai situasi Anda untuk mengetahui apa yang ingin Anda lakukan dalam karir Anda. Jika Anda lebih suka mengerjakan beberapa proyek sekaligus, gaji per jam mungkin sesuai dengan preferensi Anda.

Ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan lebih sedikit stres karena pemberi kerja menghargai setiap jam yang Anda habiskan untuk bekerja dengan mereka. Anda juga memiliki pilihan untuk bekerja lembur dengan tarif lembur.

Pembayaran salary lebih aman dan dapat diprediksi daripada pembayaran per jam, tetapi itu tidak berarti itu adalah pilihan terbaik untuk setiap profesional. Dengan gaji, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak bonus, dan itu adalah sesuatu yang lebih mudah untuk dinegosiasikan dalam sebuah wawancara.

Anda dapat merencanakan keuangan Anda, dan ada banyak potensi untuk kenaikan gaji dan promosi di dalam perusahaan. Tapi, sementara lulusan akan menghargai pekerjaan dengan salary yang baik dan stabil, seorang profesional senior mungkin lebih suka bekerja untuk pekerjaan yang berbeda yang dapat membayar paling berdasarkan tarif per jam.

Pelajari pilihan di depan Anda dan pertimbangkan pro dan kontra untuk membuat keputusan yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan untuk Efektivitas Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai arti salary adalah yang wajib Anda ketahui. Salary adalah bagian penting dalam sebuah pekerjaan yang Anda lakukan, jadi pastikan Anda mempertimbangkan salary ini dengan baik. Khususnya ketika Anda akan memulai pekerjaan.

Bagi perusahaan, arti salary adalah juga memiliki peranan penting. Bagaimana pun, salary atau gaji ini memiliki ketentuan yang dilindungi oleh Undang-Undang, jadi sebagai pengusaha Anda wajib menaatinya.

Buat Anda yang ingin melakukan modernisasi dalam pengelolaan gaji karyawan, Anda wajib menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dalam bisnis. Gajihub adalah aplikasi HRIS terbaik untuk bisnis yang ada di Indonesia. Gajihub ini wajib menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan modernisasi penggajian karyawan.

Dengan menggunakan Gajihub ini, Anda bisa melakukan penghitungan payroll, pengelolaan absensi dan HRIS, perhitungan pajak PPh 21 dan BPJS, proses akuntansi dan reimbursement, employee self service (ESS), mengelola aset, mengelola cuti karyawan, hingga analisis data manajemen SDM.

Tunggu apa lagi, gunaka Gajihub sekarang juga! Anda bisa lho mencobanya secara gratis dengan klik tautan ini.

1 thought on “Arti Salary Adalah: Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Upah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *