Manfaat Daya Saing Perusahaan dan Cara Meningkatkannya

daya saing perusahaan 1

Sebagai pemilik bisnis atau bagian tim HR, penting untuk mempertahankan dan mengembangkan daya saing perusahaan Anda agar dapat terus memenuhi kebutuhan basis pelanggan Anda.

Daya saing adalah persaingan antara perusahaan dan bisnis lain dalam industri yang sama. Dan untuk menonjol di pasar, sebuah bisnis harus memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan secara efisien dan ekonomis.

Bagaimana perusahaan Anda menghadapi daya saing dalam industrinya? Apakah mudah untuk menonjol di antara para pesaing?

Pada artikel ini kita akan mengetahui lebih lanjut tentang daya saing pada perusahaan, pentingnya, dan cara-cara agar Anda tetap kompetitif dalam industri Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Daya Saing Perusahaan?

Daya saing dalam perusahaan atau bisnsi mengacu pada kemampuan perusahaan untuk menyeimbangkan harga produk dan layanan mereka dengan kualitas untuk memberikan pengalaman yang optimal kepada pelanggan.

Lebih lanjut, daya saing dalam bisnis mengacu pada kemampuan perusahaan untuk mencapai lebih banyak penjualan atau loyalitas pelanggan daripada pesaing mereka karena kualitas, harga, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.

Daya saing dalam bisnis dapat dibagi menjadi dua area:

Daya saing harga

Daya saing harga mengacu pada situasi di mana bisnis dapat mempertahankan kualitas barang atau jasa yang mereka tawarkan dengan tetap memberikan harga yang lebih rendah daripada pesaing mereka.

Daya saing struktural

Daya saing struktural mengacu pada situasi di mana bisnis dapat mempertahankan penjualan atau loyalitas pelanggan yang lebih baik daripada pesaing terlepas dari harga yang mereka tawarkan.

Hal ini dapat terjadi karena mereka memiliki identitas merek yang lebih kuat, produk dan layanan berkualitas lebih baik, atau produk atau layanan tambahan yang tidak ditawarkan oleh pesaing mereka.

Baca juga: Manajemen Strategis: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Prosesnya

daya saing perusahaan 2

Mengapa Daya Saing Perusahaan itu Penting?

Beberapa alasan utama mengapa penting untuk memiliki daya saing yang tinggi dalam bisnis adalah sebagai berikut:

Menginspirasi bisnis untuk meningkatkan dan berkembang

Daya saing penting dalam bisnis karena dapat menginspirasi Anda dan pesaing Anda untuk terus berkembang dalam industri Anda dan seterusnya.

Hal ini dapat membantu bisnis Anda tetap terkini dan mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan konsumen.

Berkontribusi pada penciptaan produk dan teknologi baru

Daya saing dalam bisnis dapat mengarah pada penciptaan produk dan teknologi baru yang inovatif yang bermanfaat bagi konsumen.

Sebagai contoh, dua perusahaan perlengkapan medis yang bersaing untuk menawarkan mesin dan peralatan yang lebih baik dapat menciptakan perangkat baru yang membantu mendeteksi kanker.

Melalui daya saing mereka, mereka menciptakan sesuatu yang membantu mempercepat diagnosis kanker sehingga pasien dapat menerima pengobatan lebih cepat.

Baca juga: Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Membantu para pesaing berkontribusi pada kegiatan filantropi

Elemen positif lain dari daya saing dalam bisnis adalah efek dari inisiatif filantropi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dapat mempengaruhi pesaing mereka.

Jika Anda memiliki toko peralatan kantor dan membuat kampanye iklan yang bertujuan untuk menyumbangkan perlengkapan sekolah gratis ke sekolah-sekolah di dalam kota, pesaing Anda dapat melakukan hal yang sama untuk menciptakan identitas merek yang lebih positif.

Merekrut talenta terbaik

Jika perusahaan Anda memiuliki daya saing yang baik, maka akan banyak talenta terbaik yang tertarik bekerja di perusahaan Anda.

Ini tidak hanya akan membuat bisnis Anda dikenal oleh lebih banyak orang, namun juga akan meningkatkan loyalitas karyawan Anda saat ini karena mereka merasa beruntung bekerja di perusahaan yang memiliki daya saing yang bagus di industri.

Baca juga: Sistem Manajemen Bisnis: Pengertian, Kompenen, dan Fungsinya

Cara Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat meningkatkan daya saing dalam industri Anda sekaligus mengembangkan bisnis Anda:

Buat proposisi nilai

Proposisi nilai adalah daftar faktor yang Anda yakini dilakukan dengan baik oleh perusahaan Anda, yang selanjutnya membedakan perusahaan Anda dengan pesaing.

Mulailah dengan meninjau ukuran perusahaan Anda dan apa yang Anda tawarkan dalam hal produk atau layanan pelanggan.

Kemudian tinjau komponen utama dari beberapa bisnis pesaing. Dari sini Anda dapat menentukan apa yang Anda lakukan dengan lebih baik di pasar Anda.

Misalnya, mungkin Anda memiliki harga yang lebih baik, lebih banyak lokasi ritel atau produk dan layanan tambahan yang tidak mereka tawarkan. Gunakan komponen-komponen ini sebagai fondasi untuk membangun lebih jauh lagi.

Kembangkan hubungan baik dengan pelanggan

Cara lain yang bagus untuk tetap kompetitif dalam industri Anda adalah secara konsisten menemukan cara-cara baru dan inovatif untuk berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan pengalaman mereka, dan mengembangkan basis pelanggan Anda.

Agar tetap kompetitif, pastikan pelanggan Anda yang sudah ada memiliki alasan untuk terus kembali kepada Anda, bukan kepada pesaing.

Baca juga: 12 Tantangan Manajemen Kinerja yang Harus Dipahami

Tinjau organisasi internal

Cara perusahaan Anda berkomunikasi di seluruh departemen dan lokasi dapat berdampak pada produktivitas dan kesuksesan secara keseluruhan.

Tinjau organisasi internal perusahaan Anda untuk menentukan departemen mana yang membutuhkan staf tambahan, departemen mana yang tidak memberikan kontribusi yang signifikan, dan saluran komunikasi mana yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penyebaran informasi di antara karyawan perusahaan.

Berinvestasi dalam teknologi baru

Mesin baru untuk membuat produk, perangkat lunak TI, dan teknologi lainnya dapat membantu dalam menciptakan hasil yang hemat biaya dan cepat untuk bisnis Anda.

Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti menggunakan software payroll dan absensi yang tidak hanya memudahkan proses pengelolaan HR, namun memudahkan proses pencatatan kehadiran karyawan Anda.

Dengan menggunakan software payroll yang memiliki fitur ESS, karyawan Anda juga bisa dengan lebih mudah mengajukan cuti dan melihat slip gaji hanya melalui smartphone, salah satunya adalah software HR Gajihub.,

Disisi lain, tim HR Anda akan lebih praktis dalam menghitung gaji, tunjangan, potongan BPJS, dan komponen gaji lainnya, karena di Gajihub, sistem payroll sudah terintegrasi dengan fitur pencatatan kehadiran karyawan dan manajemen cuti.

Jika tertarik menggunakan Gajihub, Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 3

Baca juga: 11 Tujuan Manajemen dan Tips Implementasinya

Perkuat proses onboarding karyawan Anda

Agar perusahaan Anda  tetap kompetitif, Anda juga perlu merekrut karyawan terbaik. Dengan membuat program onboarding dan pelatihan yang ekstensif, Anda bisa menanamkan nilai-nilai penting pada karyawan Anda untuk dikembangkan.

Lakukan komunikasi yang baik

Bisnis yang sukses selalu melakukan komunikasi yang baik. Untuk karyawan maupun untuk semua stakholders dalam perusahaan tersebut.

Perusahaan yang kompetitif tahu bagaimana memposisikan diri mereka di pasar dan apa yang menjamin hal itu adalah dengan memiliki strategi komunikasi yang baik.

Para pelanggan sendiri mengharapkan perusahaan hadir di mana-mana, bersedia melayani mereka dan pemasaran adalah cara terbaik untuk menciptakan hubungan tersebut.

Dan jangan lupa untuk online, perusahaan Anda tidak mungkin menjadi referensi jika Anda tidak memiliki ruang di web.

Baca juga: Expense Management: Pengertian Lengkap dan Tips Mengelolanya

Menentukan tanggung jawab dengan tepat

Kita telah sampai pada tahap mendefinisikan dan mengelola peran dan tanggung jawab. Fungsi ini harus dikelola dengan baik, karena kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan kerusakan besar.

Pendelegasian tugas dan tanggung jawab harus diatur dengan jelas dan terperinci antara tim dan juga secara individu. Anda, sebagai manajer, memiliki misi untuk memantau hasil, memastikan bahwa semua karyawan memenuhi ekspektasi dan mencapai tujuan. Jika semuanya berjalan sesuai harapan, jangan lupa untuk memuji.

Berkolaborasi dengan mitra strategis

Bisnis apa pun yang ingin meningkatkan daya saing perlu bermitra dengan pemain yang tepat, baik dengan pemasok barang yang masuk, solusi teknologi, dan pengetahuan khusus lainnya yang tidak termasuk dalam bisnis inti perusahaan Anda. Aliansi yang baik menghasilkan hasil yang luar biasa.

Baca juga: Cara Melakukan Pengukuran Kinerja Perusahaan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara meningkatkan daya saing perusahaan termasuk manfaatnya dalam bisnis Anda.

Meningkatkan daya saing memang bukanlah perkara mudah, terlebih jika Anda adalah pemilik bisnis baru. Ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan untuk memastikan bisnis Anda berkembang sekaligus memastikan bisnis Anda tetap kompetitif di mata pasar.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tools modern yang akan meningkatkan efisiensi dan optimasi proses operasional dalam bisnis sehingga perusahaan Anda bisa lebih kompetitif.

Salah satu tools modern yang mungkin berguna adalah dengan menggunakan software HR yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan dengan harga terjangkau seperti Gajihub.

Untuk mengetahui fitur lengkap Gajihub, Anda bisa membacanya melalui tautan ini, atau untuk mencobanya selama 14 hari atau selamanya Anda bisa langsung mengunjungi halaman ini.

 

3 thoughts on “Manfaat Daya Saing Perusahaan dan Cara Meningkatkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *