Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

karier stagnan 1

Mengakui bahwa Anda telah mengalami karier yang stagnan adalah langkah awal yang baik untuk melakukan perubahan guna merevitalisasi kehidupan profesional Anda.

Entah Anda merasa bosan atau tidak dihargai, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membalikkan keadaan karier Anda dan merasa bersemangat dengan pekerjaan Anda.

Mengatasi stagnasi karier bisa membutuhkan waktu dan kesadaran diri. Dalam artikel ini, kami akan membahas gejala dan penyebab karier Anda mengalamai stagnan serta berbagi langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Apa yang Dimaksud dengan Stagnasi Karier?

Stagnasi karier terjadi ketika Anda merasa kurang terlibat dengan pekerjaan atau karier Anda. Dalam banyak kasus, hal ini terjadi ketika Anda tidak melihat perubahan positif dalam karier Anda atau merasa Anda mungkin kehilangan keterampilan profesional Anda.

Beberapa tanda bahwa karier Anda mengalami stagnan adalah:

  • Anda sering merasa bosan dan sering berpikir untuk berhenti bekerja.
  • Gaji dan jabatan Anda tetap sama meskipun Anda telah berganti pekerjaan beberapa kali.
  • Penilaian kinerja Anda selalu dapat diterima tetapi tidak pernah luar biasa.
  • Anda tidak mempelajari sesuatu yang baru dalam beberapa bulan.
  • Masa depan Anda dan masa depan organisasi Anda tidak jelas.
  • Anda sering merasa kalah atau marah.
  • Anda jarang melihat adanya peluang pertumbuhan atau kepemimpinan.

Baca juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut Undang-Undang Terbaru

karier stagnan 2

Penyebab Karier yang Stagnan

Beberapa faktor dapat menyebabkan stagnasi dalam karier Anda.

1. Tidak ada ruang untuk belajar

Untuk kemajuan apa pun di tempat kerja, belajar dan menerapkan keterampilan baru adalah sebuah keharusan. Jika pekerjaan Anda saat ini tidak memberikan Anda ruang untuk belajar dan berkembang, maka Anda akan kehilangan informasi terbaru dan Anda tidak lagi menjadi sumber daya bagi organisasi atau pilihan yang menguntungkan bagi perekrut.

Yang dicari oleh perusahaan adalah karyawan yang memiliki motivasi tinggi yang dapat belajar dan tumbuh bersama organisasi.

Tuntutannya begitu besar sehingga, para profesional terampil yang dapat memvalidasi kemampuan mereka melalui pembelajaran mandiri secara terus-menerus dan dengan disertifikasi melalui kursus profesional, dapat memiliki skala yang tinggi dalam karier mereka.

2. Tidak ada kenaikan gaji

Setelah semua kerja keras dan waktu di tempat kerja, jika usaha Anda tidak mendapatkan penghargaan yang sesuai, maka itu adalah tanda bahwa Anda sudah terlalu lama berada di pekerjaan yang sama.

Memiliki peran yang sama dan melakukan pekerjaan yang sama dengan sedikit atau bahkan tidak ada kenaikan gaji, akan mengurangi nilai jual Anda saat Anda mencari pekerjaan berikutnya.

Lakukan riset dan cari tahu gaji patokan untuk para profesional dengan peran yang sama. Dan jika Anda juga bisa naik jabatan dengan pengalaman kerja yang Anda miliki, mengapa harus menunggu untuk pindah ke pekerjaan baru?

3. Tidak ada ruang untuk implementasi keterampilan

Sering kali, ketika keterampilan yang dimiliki karyawan tidak digunakan secara maksimal, hal ini akan mengurangi semangat kerja dan mengakibatkan frustrasi di tempat kerja.

Pembelajaran yang dilengkapi dengan ruang lingkup untuk mengimplementasikan apa yang baru dipelajari adalah faktor penting untuk diperiksa dalam sebuah peran pekerjaan.

Ruang lingkup untuk menerapkan keterampilan yang baru diperoleh dalam suatu peran pekerjaan akan muncul pada tahap selanjutnya.

Namun jika Anda sudah cukup lama berada di pekerjaan Anda saat ini, menunggu cukup lama dan tidak melihat adanya ruang lingkup atau perubahan dalam peran pekerjaan Anda, yakinlah, selalu ada organisasi yang menuntut keahlian yang mungkin sudah Anda miliki, terlepas dari perubahan yang terjadi di pasar kerja.

Baca juga: Tips Memilih Kandidat Karyawan Terbaik

4. Terlalu banyak pekerjaan

Apakah Anda seorang karyawan yang sangat cakap dan terampil namun kelebihan beban kerja dan tidak diperhatikan di tempat kerja?

Tak perlu diragukan lagi, Anda berada di tempat yang salah, dan peran yang salah. Karyawan yang dapat diandalkan adalah aset bagi organisasi, dan organisasi menghargai mereka.

Namun, dalam situasi seperti ini, inilah saatnya untuk mencari peluang karier yang lebih besar. Jika Anda menemukan peluang yang lebih cocok namun ingin tetap berada di organisasi tersebut,

Anda masih dapat bernegosiasi dengan tawaran yang ada, atau, mengambil tawaran di tempat lain dan kembali ke organisasi saat ini di masa depan.

Lagipula, perspektif yang memandang mantan karyawan sebagai ‘pengkhianat’, setelah meninggalkan organisasi, sudah tidak benar lagi, karena keterampilan dan bakat selalu dicari.

5. Memiliki hubungan yang buruk dengan atasan Anda

Jika Anda mulai merasa bahwa Anda kurang dihargai dan ide-ide Anda tidak dihargai, pada akhirnya akan mengakibatkan ketidakbahagiaan di tempat kerja.

Daripada membiarkan semua rasa frustasi yang terpendam tercermin dalam hubungan Anda dengan atasan, atau kinerja Anda di tempat kerja, beralihlah ke prospek karir yang lebih baik, dan selamatkan diri Anda dari hubungan yang tidak menyenangkan dengan atasan dan kolega Anda.

6. Organisasi mengalami kemunduran

Jika organisasi Anda saat ini baru saja mengalami kerugian dan mengalami penurunan, ada baiknya Anda tetap waspada terhadap prospek karier baru dan menyelamatkan diri Anda dari dampak resesi yang mungkin terjadi.

Dalam kasus seperti ini, akan lebih bijaksana untuk pindah dan mencari peluang di tempat lain, daripada menunggu didorong untuk pindah.

Baca juga: Karyawan Kutu Loncat: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

7. Tidak ada peluang besar untuk berkembang

Jika organisasi saat ini tidak memberi Anda cukup kesempatan untuk berkembang, namun bakat Anda terlihat dan Anda dihubungi oleh perekrut dengan kesempatan yang lebih baik, maka, mengapa harus menunggu untuk mengambil kesempatan tersebut.

Ketika Anda dihubungi tanpa lamaran, ini menunjukkan bahwa Anda berada dalam posisi yang menguntungkan dan dipandang sebagai kandidat yang prospektif untuk mengisi sebuah posisi.

Dalam kasus seperti ini, Anda juga menunjukkan bahwa Anda berada dalam posisi yang memungkinkan untuk sukses dalam wawancara dan juga bernegosiasi untuk mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih sesuai. Jadi, bangkitlah mengikuti arus dan ambil peluang yang ada, dan maju lebih cepat dalam grafik karier Anda.

8. Kurangnya keterampilan

Jujur saja. Terkadang, ada saatnya Anda menyadari setelah melakukan analisis diri bahwa Anda dapat bekerja lebih baik dengan memperoleh keterampilan tambahan dan bahwa penyebab stagnasi karier tidak selalu berasal dari luar.

Jika Anda bisa meluangkan waktu untuk mengikuti kursus sertifikasi profesional dan jika itu sesuai dengan anggaran Anda, maka akan menjadi keputusan yang lebih bijak untuk berinvestasi pada pertumbuhan Anda.

Selain minat Anda untuk mengembangkan diri akan diperhatikan, organisasi juga akan merespons upaya tersebut secara positif dan memberikan peningkatan yang sesuai dalam peran dan gaji.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Resign dari Pekerjaan

gajihub 1

Cara Mengatasi Karier yang Stagnan

Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi karier yang stagnan

1. Miliki tujuan karier yang jelas

Salah satu alasan mengapa individu tidak mendeteksi stagnasi dalam karier mereka cukup dini adalah tidak adanya tujuan karier yang jelas.

Banyak orang yang ditanyai pertanyaan ini: Di mana Anda melihat diri Anda dalam 3-5 tahun ke depan? Namun mereka tidak memiliki jawaban, dan itu karena tidak ada tujuan karier yang jelas. Mereka hanya ingin mengikuti arus.

Menetapkan tujuan karier akan membantu Anda memantau kemajuan Anda. Nyatakan apa yang ingin Anda capai dalam karier Anda dan rencana aksi untuk itu. Hal ini akan membantu Anda melacak kinerja dan pertumbuhan karier Anda sekaligus mencegah stagnasi.

2. Mintalah lebih banyak tantangan

Meskipun Anda ingin merasa nyaman dan mampu dalam peran Anda, namun merasa nyaman terlalu lama bisa menjadi tanda bahwa Anda belum berkembang.

Tantang diri Anda dengan berkontribusi pada proyek baru atau meminta tanggung jawab tambahan. Mengambil tantangan dan risiko baru memungkinkan Anda untuk menguji diri sendiri dan mencari tahu apakah Anda benar-benar bahagia dengan jalur karier Anda.

Menyelesaikan masalah juga dapat memberikan energi dan memberi Anda sesuatu untuk diantisipasi setiap pagi.Selalu komunikasikan dengan atasan Anda tentang harapan dan ambisi karier Anda.

Pertimbangkan untuk meminta pertemuan empat mata untuk mendiskusikan perkembangan karier Anda dan mendapatkan umpan balik serta bimbingan.

Cari tahu apakah ada keterampilan, pengetahuan, atau bahkan sertifikasi tambahan yang dapat menempatkan Anda pada peluang di masa depan.

3. Menggunakan leterampilan Anda lebih luas

Carilah cara untuk menggunakan keterampilan Anda lebih luas, baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Identifikasi cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk berkontribusi dalam organisasi Anda sendiri.

Mungkin Anda dapat membantu mengatur acara perusahaan atau departemen. Mungkin ada peluang untuk membimbing karyawan yang lebih junior dan mengasah keterampilan kepemimpinan Anda.

Mengambil inisiatif untuk menggunakan keterampilan kepada orang lain dan organisasi Anda dapat dengan cepat menarik perhatian atasan dan mengingatkan mereka akan kesediaan Anda untuk melakukan lebih.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan keterampilan di luar organisasi Anda. Hubungi organisasi nirlaba setempat dan lihat apakah mereka membutuhkan bantuan.

Ketika Anda melakukan pelayanan masyarakat, Anda dapat mengembangkan beberapa keterampilan, termasuk perencanaan acara, penggalangan dana, komunikasi, dan banyak lagi yang akan bermanfaat dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Baca juga: Minggu Produktif: Ini Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

4. Perbarui keterampilan Anda

Akuisisi keterampilan adalah bagian dari rencana pengembangan pribadi yang efektif, bagian integral dari pertumbuhan karier.

Memperbarui keterampilan Anda diperlukan agar sesuai dengan persaingan dalam karier yang Anda pilih. Anda mungkin telah memulai dengan sertifikat dasar di sektor perbankan atau IT.

Untuk menjadi yang terbaik, Anda perlu memperoleh keterampilan dan sertifikasi yang relevan yang akan membantu Anda menaiki tangga karier.

Meningkatkan keterampilan profesional Anda adalah salah satu cara untuk beradaptasi dengan perubahan industri dan mengatasi karier yang stagnan. Hal ini akan membuka peluang baru di tempat kerja dan pasar kerja.

5. Bangunlah networking

Membangun networking dengan orang-orang di sektor yang sama dengan Anda akan membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan kesempatan dalam karir Anda.

Ketika Anda bergaul dengan orang-orang hebat di bidang pekerjaan Anda, Anda akan belajar dan mendapatkan informasi yang tidak akan Anda ketahui sebelumnya.

Jika organisasi Anda saat ini sedang mengalami penurunan, dan Anda harus pindah ke tempat kerja lain, jaringan Anda akan sangat berguna. Anda dapat mencari posisi yang memiliki potensi untuk pertumbuhan karier.

Baca juga: Cara Memasukan Professional Achievements dalam Resume Anda

Tips untuk Mengembangkan Karier Anda

Berikut ini beberapa saran tambahan untuk membantu Anda membalikkan karier Anda dan mengatasi stagnasi:

  • Bangun reputasi. Kembangkan reputasi sebagai seseorang yang bersedia melakukan lebih dari yang lain untuk membantu organisasi berkinerja lebih baik.
  • Ajukan pertanyaan. Bersikaplah proaktif dalam mengajukan pertanyaan untuk mempelajari cara meningkatkan performa di tempat kerja. Selain itu, ajukan pertanyaan tentang keterampilan tambahan yang berkaitan dengan peran Anda yang dapat Anda peroleh untuk memajukan tujuan organisasi.
  • Temukan seorang pendukung. Dekati atasan Anda atau pemimpin perusahaan lain yang mengetahui pekerjaan dan etos kerja Anda, serta yang dapat membantu Anda menjelaskan alasan mengapa Anda harus menerima peluang promosi.

Baca juga: Tips Menjawab Apa Kelebihan Anda dalam Interview

Kesimpulan

Jika Anda merasa karier Anda stagnan, Anda berhutang pada diri Anda sendiri untuk membuat perubahan. Perasaan stagnasi bisa menjadi momen penting dalam karier Anda, karena hal ini membantu Anda untuk menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif.

Tindakan Anda selanjutnya bisa melesatkan Anda ke jenjang karier yang lebih tinggi atau membawa Anda ke jalur lain yang lebih sesuai dengan Anda. Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk itu jika Anda tidak merasa stagnan sejak awal.

Disisi lain, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis atau bagian tim HR, Anda harus secara berkala memastikan setiap jenjang karir dan penyesuaian untuk seluruh karyawan Anda.

Pastikan juga Anda mengakses dan mengelola seluruh data karyawan dengan mudah dan praktis menggunakan software payroll dan HR modern seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR berbasis cloud yang sudah digunakan oleh banyak pemilik dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *