Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

pengajuan kenaikan gaji 1

Jika Anda merasa layak mendapatkan kompensasi lebih di perusahaan Anda saat ini, Anda dapat memilih untuk melakukan pengajuan kenaikan gaji. Perjanjian kerja menentukan tugas-tugas pekerjaan yang diperlukan seseorang sebagai imbalan atas gaji. Menetapkan berapa banyak kompensasi yang akan Anda terima tergantung pada banyak faktor, termasuk keahlian, waktu, dan harapan.

Seperti yang kita tahu, salah satu motivator paling signifikan di tempat kerja adalah kenaikan gaji. Ketika Anda siap meminta kenaikan gaji, Anda bisa menulis surat kenaikan gaji untuk menyampaikan kasus Anda kepada atasan Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas cara pengajuan kenaikan gaji, beserta contoh surat permohonan kenaikan gaji yang bisa Anda gunakan dalam pengajuan tersebut.

Cara Melakukan Pengajuan Kenaikan Gaji

Permintaan kenaikan gaji secara lisan harus selalu disertai dengan permintaan tertulis yang formal.

Mendokumentasikan proses tersebut akan menciptakan catatan formal yang akan masuk ke dalam file karyawan Anda.

Pertimbangkan tips berikut ini ketika melakukan pengajuan kenaikan gaji:

1. Lakukan penelitian Anda

Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu, termasuk meneliti gaji rata-rata nasional untuk posisi Anda saat ini.

2. Persiapkan pengajuan Anda

Anda dapat mempersiapkan permintaan kenaikan gaji Anda dengan mengidentifikasi waktu yang tepat untuk mengajukan permintaan, menentukan apakah Anda akan mengajukan permintaan secara lisan atau tertulis, dan melatih alasan Anda di balik mengapa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Bersih yang Wajib Diketahui Karyawan dan Pemilik Bisnis

3. Sampaikan permintaan tertulis Anda kepada supervisor Anda

Anda dapat memilih untuk menyampaikan permintaan Anda kepada supervisor Anda dengan tangan, secara elektronik atau dalam pertemuan langsung.

4. Tindak lanjuti dengan pertemuan langsung

Jika permintaan kenaikan gaji Anda disampaikan secara elektronik, maka Anda mungkin ingin menindaklanjuti dengan pertemuan langsung. Tergantung pada organisasi Anda, Anda mungkin perlu menjadwalkan pertemuan, atau Anda bisa mendiskusikannya selama pertemuan pengawasan standar.

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

Pertanyaan yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Pengajuan Kenaikan Gaji

Akan sangat membantu jika Anda mengevaluasi alasan Anda untuk meminta pengajuan kenaikan gaji. Sebelum Anda mendekati atasan Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Mengapa saya pantas mendapatkan kenaikan gaji?

Bertanya pada diri sendiri mengapa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji dapat membantu Anda mengungkap tujuan pendorong Anda.

Mungkin Anda layak mendapatkan kenaikan gaji karena nilai yang Anda tambahkan ke perusahaan, atau Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk memiliki lebih banyak pendapatan. Meminta kenaikan gaji akan mengharuskan Anda membuktikan nilai Anda bagi perusahaan.

Jika Anda tidak percaya bahwa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji, maka kemungkinan besar Anda akan kesulitan meyakinkan atasan Anda bahwa Anda layak mendapatkannya.

Anda bisa meminta kenaikan gaji berdasarkan fakta bahwa Anda yakin bahwa Anda layak mendapatkannya dengan tips berikut ini:

  • Evaluasi kompensasi Anda dengan rata-rata nasional untuk posisi yang sama, dan gunakan ini sebagai dasar Anda ketika menegosiasikan gaji Anda.
  • Buat daftar proyek, keterampilan, atau pengalaman yang menguntungkan bagi perusahaan, dan gunakan ini saat menentukan kelayakan Anda untuk naik gaji.

2. Kapan terakhir kali saya mendapatkan kenaikan gaji?

Mengetahui waktu kapan Anda memulai pekerjaan Anda serta kapan terakhir kali Anda mendapatkan kenaikan gaji juga dapat memengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji yang sukses.

Jika Anda mulai bekerja dengan bisnis baru-baru ini, kemungkinan besar mereka tidak akan mengabulkan permintaan kenaikan gaji Anda.

Selain itu, jika Anda baru saja mendapatkan kenaikan gaji enam bulan yang lalu, perusahaan mungkin akan mempertanyakan permintaan Anda.

Jika Anda belum pernah menerima kenaikan gaji selama bertahun-tahun, namun Anda terus mengemban tanggung jawab yang lebih besar dan merupakan individu yang berkinerja tinggi, maka mungkin sudah waktunya untuk naik gaji.

Jika Anda yakin bahwa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji karena sudah lama sejak kenaikan gaji terakhir Anda, pertimbangkan tips berikut ini:

  • Kumpulkan semua informasi yang terkait dengan jadwal kerja dan tanggung jawab Anda yang semakin meningkat, dan sertakan tanggal kenaikan gaji sebelumnya dan jumlahnya.
  • Susun daftar pencapaian dan proyek besar yang telah Anda selesaikan sejak kenaikan gaji terakhir Anda.

Baca juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajiban

3. Apakah ini waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji?

Waktu pengajuan kenaikan gaji Anda bisa sangat memengaruhi hasilnya. Bisnis mengalami banyak pasang surut, dan meminta kenaikan gaji pada waktu yang salah tidak hanya dapat menyulitkan atasan Anda untuk mengabulkan permintaan Anda, tetapi juga dapat mengidentifikasi bahwa Anda tidak menyadari perubahan bisnis yang penting ini.

Pertimbangkan tips ini saat menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji:

  • Atur waktu permintaan Anda untuk segera mengikuti pencapaian besar atau setelah Anda menunjukkan keberhasilan.
  • Pahami keuntungan dan kerugian bisnis dan atur waktu permintaan kenaikan gaji Anda dengan baik untuk peluang terbaik.

4. Berapa besar kenaikan gaji yang pantas saya terima?

Salah satu pertanyaan pertama yang akan mengikuti permintaan kenaikan gaji Anda adalah berapa banyak yang menurut Anda pantas Anda dapatkan.

Penting untuk mempersiapkan diri sebelumnya dan membawa angka-angka berdasarkan penelitian ke dalam pertemuan Anda. Pertimbangkan kiat-kiat ini saat menentukan bagaimana Anda akan menjawab pertanyaan ini:

  • Pertimbangkan berapa upah rata-rata untuk posisi Anda dan kemudian bandingkan dengan gaji Anda saat ini.
  • Perlakukan pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan wawancara umum “Berapa ekspektasi gaji Anda?”.

5. Sudahkah saya menunjukkan nilai saya bagi bisnis?

Pemberi kerja Anda akan mengevaluasi nilai Anda sehubungan dengan kenaikan gaji yang baru. Jika Anda bisa menunjukkan peningkatan nilai, kemungkinan besar Anda akan menerima kenaikan gaji. Kiat-kiat ini akan membantu Anda dalam menunjukkan nilai Anda dalam permintaan kenaikan gaji:

  • Pertimbangkan bagaimana Anda telah menambah nilai bagi bisnis dan bahas poin-poin ini saat membahas kenaikan gaji.
  • Hitung nilai Anda berdasarkan peran dan tugas yang Anda isi dan gunakan informasi ini saat membahas nilai Anda.

Baca juga: Contoh Kompensasi dan Jenisnya yang Wajib HR Ketahui

6. Bagaimana saya harus meminta kenaikan gaji?

Cara Anda meminta kenaikan gaji juga bisa menentukan apakah Anda mendapatkannya atau tidak. Anda bisa meminta kenaikan gaji baik secara lisan maupun di atas kertas.

Banyak karyawan yang merasa tidak nyaman dengan permintaan verbal dan beralih ke dokumen formal. Yang lain lebih memilih kombinasi keduanya. Pertimbangkan kiat-kiat ini ketika memutuskan bagaimana Anda akan meminta kenaikan gaji:

  • Pilih metode komunikasi yang paling masuk akal untuk lingkungan kerja Anda dan merupakan bentuk komunikasi yang paling umum digunakan.
  • Tulislah permintaan Anda sebelumnya sehingga Anda dapat mengatur pikiran Anda dan membuat daftar penelitian Anda.

Baca juga: Contoh Slip Gaji, Beserta Pengertian, Fungsi dan Tips Membuatnya

7. Apa yang benar-benar saya inginkan?

Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang benar-benar Anda harapkan untuk dicapai dengan kenaikan gaji Anda. Jika Anda merasa kurang dihargai di posisi Anda saat ini, mungkin bukan masalah gaji.

Meskipun gaji adalah hal pertama yang sering disamakan dengan apresiasi, namun itu bukan satu-satunya faktor. Kiat-kiat ini dapat membantu Anda menentukan apa yang benar-benar Anda inginkan dari kenaikan gaji:

  • Pertimbangkan faktor individual apa yang paling membuat Anda bahagia, seperti jabatan yang lebih tinggi, tanggung jawab yang berbeda, atau lebih banyak waktu libur kerja.
  • Buat rencana tindakan yang mencantumkan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda.

8. Apa yang akan saya lakukan jika saya ditolak?

Salah satu dari tiga hal yang akan terjadi setelah Anda meminta kenaikan gaji. Perusahaan Anda bisa mengabulkan permintaan Anda, perusahaan Anda bisa menegosiasikan atau memperpanjang kenaikan gaji, atau perusahaan Anda bisa menolak permintaan Anda.

Persiapkan diri Anda untuk setiap kemungkinan dengan kiat-kiat berikut ini:

  • Tuliskan rencana yang mencakup solusi untuk setiap hasil dan pertimbangkan apa artinya masing-masing bagi Anda.
  • Teliti posisi terbuka untuk mendapatkan gambaran tentang pasar kerja saat ini di industri Anda.

Baca juga: Fringe Benefit: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

pengajuan kenaikan gaji 2

Kapan Anda harus Membuat Surat Kenaikan Gaji?

Anda harus mengikuti waktu yang tepat sebelum menulis surat kenaikan gaji. Yang paling penting, tulislah surat kenaikan gaji ketika Anda memiliki gagasan bahwa pemberi kerja dapat menerima permintaan Anda.

Di bawah ini adalah konten informatif tentang waktu yang tepat untuk memberikan surat kenaikan gaji.

Ketika organisasi mencatat keuntungan besar

Ingatlah status keuangan perusahaan Anda sebelum meminta kenaikan gaji. Misalnya, jika organisasi berkinerja baik secara finansial, maka ini mungkin waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.

Setelah menyelesaikan megaproyek

Akan masuk akal untuk meminta kenaikan gaji setelah menyelesaikan proyek besar. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa Anda telah memberikan masukan terhadap keberhasilan proyek tersebut. Anda bisa menunjukkan pencapaian Anda terhadap proyek tersebut kepada atasan Anda.

Ketika satu tahun berakhir tanpa kenaikan gaji

Sebagian besar organisasi menaikkan gaji karyawannya setiap tahun. Ikuti catatan Anda untuk mengetahui kapan terakhir kali atasan Anda menaikkan gaji Anda agar tidak meminta terlalu banyak dalam tahun yang sama. Seandainya Anda melewatkan kenaikan gaji, maka layak untuk memintanya.

Ketika atasan sedang meninjau kinerja Anda

Ketika organisasi mulai meninjau kinerja stafnya, sudah sepantasnya Anda meminta kenaikan gaji. Jika kinerjanya sangat baik, maka surat Anda memiliki bobot lebih untuk menawar permintaan Anda.

Baca juga: Cost Benefit Analysis: Pengertian, Manfaat, Cara Melakukannya, Kelebihan, dan Kekurangannya

Setelah memperoleh tanggung jawab lebih

Anda mungkin masih memegang jabatan yang sama, tetapi perusahaan telah meningkatkan tugas harian Anda. Anda dapat meminta perusahaan untuk memberikan kompensasi dengan menaikkan gaji Anda.

Setelah menambah kualifikasi atau keterampilan

Ketika Anda belajar bagaimana melakukan fungsi-fungsi unik dalam organisasi Anda untuk penambahan nilai, Anda dapat meminta kenaikan gaji.

Memperoleh keterampilan tambahan adalah bagian dari pengembangan kapasitas untuk menangani tugas-tugas yang kompleks, sehingga membutuhkan kenaikan gaji.

Tingkat gaji posisi Anda di pasar

Teliti pasaran upah saat ini untuk pekerjaan Anda. Ketika Anda menemukan bahwa gaji saat ini berada di bawah standar, Anda dapat mempresentasikan kasus Anda melalui surat formal. Bernegosiasi hanya bisa menjadi tantangan jika Anda meminta jumlah di atas tingkat gaji pasar.

Isi Surat Permohonan Kenaikan Gaji

Surat permohonan kenaikan gaji harus memiliki konten yang unik dengan format yang jelas dan langsung pada intinya.

Surat ini harus membuat pembaca memiliki pemahaman yang benar tentang apa yang Anda inginkan. Surat kenaikan gaji standar harus mencakup:

Maksud surat

Langsung dan nyatakan poin Anda dengan jelas. Anda dapat menunjukkan periode Anda telah bekerja untuk organisasi. Selain itu, seseorang harus mengungkapkan betapa hebatnya untuk terus bekerja di sana agar pembaca mendapatkan beberapa perspektif.

Alasan permintaan

Nyatakan alasan-alasan mengapa Anda yakin bahwa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji. Secara profesional berargumen poin Anda untuk membenarkan klaim Anda. Pastikan Anda menyatakan alasan dan poin data yang valid.

Baca juga: Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Melakukannya

Pencapaian Anda untuk kenaikan gaji

Anda dapat menyertakan pencapaian utama Anda untuk membenarkan masukan Anda kepada perusahaan. Pastikan bahwa Anda menyatakan pencapaian terbaru Anda yang terjadi sejak kenaikan gaji sebelumnya.

Di antara bukti-bukti tersebut, tunjukkan penghargaan atau penghargaan yang diberikan perusahaan kepada Anda. Sertakan angka perbandingan gaji jika Anda dibayar rendah untuk peran Anda.

Gaji yang diharapkan

Perjelas apa yang Anda inginkan agar perusahaan dapat menafsirkan surat tersebut dengan benar. Anda dapat meminta kenaikan gaji dalam persentase atau jumlah uang yang tetap. Anda dapat menggunakan riset data gaji untuk mengutip angka dalam kisaran yang dapat diterima.

Ruang untuk negosiasi

Bersikaplah fleksibel dalam negosiasi Anda. Saat mempresentasikan kasus Anda, sampaikan bahwa Anda bersedia mencapai kompromi untuk kepentingan bersama.

Memberikan ruang untuk negosiasi menunjukkan bahwa Anda mempertimbangkan kepentingan kedua belah pihak.

Penghargaan atas pertimbangan

Tetap sopan dan ucapkan terima kasih kepada pembaca karena telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan permintaan kenaikan gaji.

gajihub 2

Baca juga: Pengertian Tunjangan: Ini Jenis dan Penjelasan Menurut Undang-Undang

Apa yang Harus Dihindari dalam Surat Permohonan Kenaikan Gaji?

Pertimbangkan untuk menghindari hal-hal ini dalam surat kenaikan gaji Anda:

Informasi gaji rekan kerja

Membawa orang lain ke dalam urusan Anda terdengar tidak profesional. Personalisasikan surat tersebut dan tetap berpegang pada kinerja dan gaji Anda.

Keluhan

Anda hanya dapat meningkatkan peluang mendapatkan kenaikan gaji dengan menggunakan nada yang tepat. Menempatkan keluhan dalam surat dapat mempengaruhi karier Anda dengan perusahaan. Ekspresikan diri Anda sebagai karyawan yang percaya diri dan kompeten.

Kondisi keuangan Anda

Anda mungkin sedang mengalami masalah keuangan. Namun, tidak disarankan untuk memasukkan tekanan keuangan Anda dalam surat Anda. Ini bukan alasan untuk membenarkan kenaikan gaji. Nyatakan alasan positif untuk layak mendapatkan kenaikan gaji.

Status keuangan perusahaan

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, salah satu alasan terbaik untuk memancing keinginan Anda untuk meminta kenaikan gaji adalah ketika organisasi berkinerja baik. Perhatikan bahwa Anda menghindari menyatakan fakta seperti itu dalam surat lamaran.

Contoh Surat Permohonan Kenaikan Gaji

Andi Radiharto
167 ABX Distrct,
Jakarta, 76543,
123-555-675
andiradi@gmail.com

3 Januari 2021

Sulaiman,
Digicom Mars International,
167 ABX District, Jakarta 76543

Yang terhormat Sulaiman,

Saya mengirimkan surat ini untuk meminta kenaikan gaji. Sebagai system engineer dengan tujuh tahun di Digicom Mars International, saya sangat antusias dalam mengambil peran dan tanggung jawab tambahan.

Tinjauan kinerja saya baru-baru ini berbicara banyak. Dengan mempertimbangkan prestasi saya dan gaji rata-rata industri untuk posisi saya, saya merasa kenaikan gaji sebesar 10% adalah tepat.

Peran saya telah berkembang sejak saya mulai bekerja di sini. Tanggung jawab tambahan termasuk memperbarui perangkat lunak yang ada, manajemen proyek dan keputusan anggaran. Secara khusus, saya telah mencapai tujuan-tujuan berikut ini tahun lalu:

  • Menginstal, menguji, mengonfigurasi dan memelihara sistem operasi, alat manajemen sistem dan perangkat lunak aplikasi
  • Memastikan ketersediaan infrastruktur
  • Memantau dan menguji aplikasi untuk kemungkinan gangguan dan mengidentifikasi solusi yang layak
  • Memelihara strategi backup data, keamanan dan redundansi
  • Berpartisipasi dalam sistem dukungan operasional dan desain informasi
  • Berhubungan dengan vendor dan pakar TI lainnya untuk memecahkan masalah

Menurut data penghasilan yang saya riset di internet, posisi saya membayar gaji tahunan rata-rata 200.000, yang 10% lebih tinggi dari gaji saya saat ini. Oleh karena itu, saya meminta kenaikan 10% untuk menyelaraskan dengan ekspektasi industri dan regional.

Terima kasih atas pertimbangan Anda dalam meninjau permintaan saya. Saya terbuka untuk diskusi apa pun yang Anda rasa sesuai.

Hormat saya,

Andi Radiharto

Baca juga: Bonus dan Insentif: Pengertian, Manfaat dan Perbedaan Keduanya

Kesimpulan

Melakukan pengajuan kenaikan gaji harus melalui pertimbangan yang panjang. Namun  jika Anda merasa memiliki kontribusi besar atas pengembangan perusahaan tempat Anda bekerja selama ini, Anda bisa bisa melakukan permohonan kenaikan gaji.

Perusahaan tentu juga memiliki banyak pertimbangan sebelum menaikan gaji karyawan. Tentu perusahaan tidak akan menaikan gaji karyawan yang underperformance dan tidak bisa mencapai target yang diharapkan perusahaan.

Sebaliknya, jika Anda adalah pemilik bisnis atau seorang HR, penting untuk memiliki sistem HR yang modern untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pengambilan keputusan dalam manaikan gaji karyawan atau tidak.

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub

Gajihub adalah software payroll dan HR  yang memiliki dengan fitur terlengkap dan tercanggih yang menghadirkan Absensi Online yang dilengkapi Fitur:

  • Mobile Attendance: Selfie Check-In/Check-Out & GPS Location/Geotagging
  • Fingerprint Integration
  • Otomatisasi Payroll (Slip Gaji)
  • Reporting (PPH21, SPT Tahunan, BPJS, dll)
  • Database Karyawan
  • Manajemen Cuti, Shifting, Reimbursement, dll.
  • Recruitment (Application Tracking Platform)
  • Performance Review

Tertaik menggunakan gajihub untuk proses pencatatan payroll dan manajemen HR yang lebih baik? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *