Performance Review: Pengertian, Manfaat, Cara Membuatnya dan Contohnya

performance review 1

Performance review, kadang-kadang disebut penilaian kinerja, adalah kesempatan bagi Anda dan atasan Anda untuk melihat produktivitas tempat kerja Anda, seberapa baik Anda membantu perusahaan mencapai tujuannya dan seberapa baik Anda berinteraksi dengan rekan kerja.

Penting untuk melakukan penilaian ini secara berkala sehingga Anda dan organisasi Anda mengetahui seberapa baik kemajuan Anda dibandingkan dengan kinerja sebelumnya.

Ketika mendekati waktu performance review, jadikan ini sebagai kesempatan untuk belajar, Anda dapat menunjukkan komitmen Anda kepada atasan Anda dan pengembangan profesional Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas performance review dan bagaimana Anda dapat belajar darinya, dan kemudian kami memberikan beberapa contoh performance review.

Pengertian Performance Review

Performance review adalah evaluasi yang diberikan oleh pemberi kerja yang menilai kebiasaan kerja, perilaku, dan kontribusi Anda terhadap perusahaan Anda.

Pengusaha biasanya melakukan penilaian ini setiap bulan, setiap tiga bulan atau setiap tahun. Dalam performance review, atasan Anda kemungkinan akan menyoroti kekuatan dan area Anda untuk perbaikan dan memberi Anda kesempatan untuk mendiskusikan persepsi Anda tentang pekerjaan Anda. Jenis performance review meliputi:

Tinjauan skala

Untuk jenis tinjauan ini, atasan Anda akan menilai kinerja Anda dalam skala, biasanya dari satu hingga lima, dengan satu tidak memuaskan dan lima luar biasa.

Formulir sering kali memiliki bagian di mana Anda dan atasan Anda dapat mengomentari skor, mendiskusikan alasan untuk nomor tersebut dan memberikan tip untuk perbaikan.

Mungkin juga ada area untuk mencatat skor Anda dari tinjauan sebelumnya sehingga Anda dapat melacak kemajuan Anda.

Penilaian diri

Dalam bentuk tinjauan ini, Anda akan mengarahkan tinjauan, bukan atasan Anda. Sebagian besar penilaian diri meminta Anda untuk menyelesaikan pertanyaan terbuka tentang kinerja Anda, seperti “Bagaimana pekerjaan saya memenuhi atau melampaui harapan perusahaan” atau “Apa tujuan utama saya untuk kuartal ini dan seberapa efektif saya mencapainya?

Tinjauan esai

Tinjauan esai adalah penilaian jangka panjang atas kinerja Anda, yang sering kali berbentuk naratif.

Misalnya, atasan Anda mungkin menulis cerita yang luas, termasuk bagaimana Anda menerapkan poin mereka dari penilaian Anda sebelumnya, langkah-langkah independen yang Anda ambil untuk meningkatkan kinerja Anda, bagaimana Anda meningkatkan kerja sama dengan tim Anda dan area apa pun yang perlu ditingkatkan saat ini.

Dengan tinjauan esai kolaboratif, atasan Anda akan memungkinkan Anda untuk berkontribusi pada esai untuk memiliki pandangan yang lebih lengkap tentang pekerjaan Anda selama periode tersebut.

Karena ulasan esai lebih panjang, mereka sering dapat memberikan lebih banyak detail untuk membantu membandingkan kinerja Anda di masa lalu dan saat ini.

Baca juga: Peraturan Kerja Lembur Menurut Undang Undang Ketenagakerjaan Terbaru

Tinjauan sejawat

Atasan Anda mungkin juga meminta masukan dari rekan kerja Anda. Penilaian karyawan ini kemungkinan akan berisi banyak elemen yang sama dengan tinjauan skala, tetapi rekan tim Anda dan bukan atasan Anda yang akan menyelesaikannya.

Memiliki berbagai perspektif tentang kinerja Anda dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang produktivitas dan perilaku di tempat kerja Anda karena Anda akan bekerja dengan rekan kerja yang berbeda dengan cara yang berbeda.

Memiliki umpan balik positif dari rekan kerja juga dapat membantu Anda merasa lebih dihargai, yang dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dan memiliki interaksi yang lebih positif dengan tim Anda.

Manfaat Performance Review

Meskipun jenis performance review kemungkinan akan bervariasi berdasarkan preferensi organisasi dan penyelia Anda, semuanya bertujuan untuk membantu Anda berkembang sebagai karyawan.

Berikut adalah beberapa manfaat untuk belajar dari performance review sehingga Anda berkontribusi paling efektif sebagai anggota tim:

1. Membuat Anda lebih rendah hati

Kerendahan hati berarti memiliki pandangan yang akurat tentang diri Anda, termasuk kekuatan dan kekurangan Anda. Saat menjalani performance review, bersikap rendah hati berarti Anda dapat merenungkan kinerja Anda dan berpikir kritis tentang masukan atasan Anda.

Jika atasan Anda menyatakan bahwa Anda perlu lebih terbuka dengan pelanggan, kerendahan hati memungkinkan Anda untuk memeriksa bagaimana Anda dapat meningkatkan diri.

Kerendahan hati juga berarti menyatakan kekuatan Anda, sehingga Anda dapat merespons dengan mengatakan bahwa meskipun Anda bisa lebih terbuka, pengetahuan produk Anda memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Membuat Anda bersikap jujur

Performance review sering menanyakan persepsi Anda tentang diri Anda dan perusahaan Anda. Jika atasan Anda bertanya apakah ada cara mereka dapat membantu Anda berhasil dalam pekerjaan Anda, dapat diterima untuk mengatakan, misalnya, bahwa Anda akan mendapat manfaat dari peralatan kantor yang lebih baru atau berkolaborasi dalam proyek tim dengan rekan kerja yang berbeda.

Sebaliknya, jika Anda mengetahui tantangan yang belum disebutkan oleh atasan Anda, bersikap terbuka bersama mereka dapat menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda merefleksikan kinerja Anda dan berdedikasi untuk perbaikan.

Baca juga: Apa Itu MoU: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh MoU yang Baik dan Benar

3 Waktu yang tepat untuk mengajukan pertanyaan

Karena pemberi kerja menghargai pemikiran kritis, mungkin akan bermanfaat untuk mengajukan pertanyaan selama peninjauan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat berlaku untuk kinerja Anda, seperti “Apakah Anda puas dengan pembaruan protokol keselamatan tempat kerja?” Atau Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang sasaran yang akan datang, seperti “Berapa banyak prospek penjualan mingguan yang Anda ingin saya hasilkan pada akhir kuartal?”

4. Waktu untuk mengutarakan ucapan terima kasih Anda

Apa pun hasil penilaian Anda, atasan Anda telah menghabiskan waktu yang berharga untuk menilai kinerja Anda, mendiskusikan temuan mereka, dan mempertimbangkan masukan Anda.

Anda dapat mengungkapkan rasa terima kasih selama peninjauan dengan mengatakan, “Saya menghargai masukan Anda tentang keterampilan interpersonal saya” atau sesudahnya dengan menyatakan, “Saya tahu Anda memiliki jadwal yang sibuk dan saya berterima kasih telah mendiskusikan penampilan saya dengan saya.”

Dengan mengucapkan terima kasih, atasan Anda kemungkinan akan memahami bahwa Anda menghargai posisi Anda dan bertujuan untuk terus berkembang sebagai seorang profesional.

5. Nyatakan tujuan Anda

Pengembangan profesional memerlukan langkah-langkah khusus, jadi diskusikan rencana Anda selama performance review Anda. Pendekatan ini harus menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda memahami peran Anda dan harapan perusahaan.

Pertimbangkan untuk menggunakan metode sasaran SMART untuk menetapkan sasaran yang Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Realistis, dan Berbasis Waktu.

Misalnya, jika Anda seorang manajer pemasaran, Anda dapat menyatakan bahwa Anda berencana untuk menghadiri satu acara jaringan baru per bulan dan memiliki kampanye iklan baru Anda di lima jurnal perdagangan terkemuka pada akhir kuartal.

6. Buat rencana untuk perbaikan

Meskipun bermanfaat untuk memberi tahu atasan Anda tentang tujuan Anda, pertimbangkan juga untuk membuat komitmen pribadi untuk peningkatan Anda.

Misalnya, jika Anda tahu bahwa keseimbangan kerja/kehidupan Anda berdampak pada kinerja Anda, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak waktu untuk bersantai di rumah atau berlibur.

Rencana perbaikan dapat berkisar dari hal-hal kecil seperti mengatur ruang kerja Anda atau menyelesaikan kursus pengembangan profesional.

gajihub 1

Baca juga: Pengertian SOP, Tips Membuatnya, dan Contoh Templatenya

Bagaimana Cara Menulis Performance Review yang Efektif?

Ikuti langkah-langkah ini untuk menulis performance review yang membantu anggota tim Anda terus berkembang di tempat kerja.

1. Buka review dengan cara yang positif

Membuka ulasan dengan pujian untuk anggota tim Anda mengingatkan mereka bahwa mereka telah memberikan kontribusi yang berharga bagi tim mereka, bahkan jika Anda perlu membahas area peningkatan yang diperlukan bersama mereka. Mengakui pencapaian mereka membantu Anda membangun suasana positif sejak awal pertemuan Anda.

Tujuan keseluruhan dari performance review adalah untuk menunjukkan kepada karyawan di mana mereka bekerja dengan baik dan di mana mereka dapat memperoleh manfaat dari peningkatan.

Pembukaan yang positif menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda memperhatikan mereka dan bahwa Anda meninjau kinerja mereka alih-alih keluar dari metrik impersonal.

Ini juga memberi tahu mereka bahwa Anda mengenal mereka dan kontribusi mereka, yang dapat memotivasi mereka untuk meningkatkan pekerjaan mereka.

2. Selalu jujur

Kejujuran selalu menjadi kebijakan terbaik, terutama selama performance review. Evaluasi kinerja adalah kesempatan yang baik untuk memberi tahu seseorang dengan cara yang bijaksana jika mereka dapat meningkatkan kinerja mereka di beberapa bidang. Gunakan bahasa yang lugas tetapi terus membahas kekuatan karyawan.

Berfokuslah untuk menggunakan kata-kata yang menghilangkan kejujuran dan tunjukkan kepada karyawan bahwa Anda tidak memanggil mereka karena tidak kompeten.

Anda ingin karyawan memahami bahwa mereka tidak memenuhi harapan, tetapi ini bukan akhir dari karir mereka di perusahaan, melainkan menunjukkan bahwa ada ruang untuk perbaikan.

Karyawan tidak akan senang membaca ini dalam ulasan mereka, tetapi mereka setidaknya mengerti bahwa mereka diberi kesempatan untuk meningkatkan di bidang ini.

Baca juga: 6 Jenis Tenaga Kerja dan Contohnya yang Wajib Anda Ketahui

3. Tunjukkan tujuan yang tercapai atau terlampaui

Bagian dari tinjauan ini dapat berfungsi sebagai melihat kekuatan karyawan. Jika mereka sudah berada di tempat kerja Anda untuk sementara waktu, Anda dapat menunjukkan di mana mereka meningkat dari tahun sebelumnya dan seberapa jauh mereka mencapai atau melampaui tujuan mereka.

Jika mereka adalah karyawan baru, tunjukkan bagaimana kinerja mereka berdasarkan ekspektasi yang ditetapkan saat mereka pertama kali memulai.

Masuk ke detail di bagian ini biasanya tidak diperlukan, tetapi jika Anda ingin menunjukkan pencapaian tertentu, ini adalah kesempatan yang baik untuk melakukannya.

Jika Anda telah menetapkan SMART goals —sasaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu—dengan mereka yang bekerja di organisasi Anda, ini juga merupakan peluang bagus untuk membahas sasaran mana yang telah mereka capai, mana yang sedang bekerja menuju dan tujuan mana yang mungkin perlu disesuaikan.

4. Tunjukkan tujuan yang tidak tercapai atau berkinerja buruk

Setiap orang memiliki kelemahan atau area yang dapat mereka tingkatkan. Itulah mengapa terkadang perlu memberi tahu karyawan di mana mereka dapat berkinerja lebih baik selama peninjauan.

Selama bagian tinjauan ini, tekankan bahwa karyawan tersebut masih merupakan anggota organisasi Anda yang berharga dan bahwa Anda siap membantu mereka memenuhi standar baru yang telah Anda tetapkan untuk mereka.

Anda juga dapat menegaskan kembali bahwa ini adalah kesempatan mereka untuk lebih berusaha dan peduli dalam pekerjaan mereka ke depan.

5. Berikan umpan balik yang membangun

Umpan balik yang konstruktif terdiri dari menjelaskan mengapa menurut Anda karyawan tersebut berkinerja baik atau tidak. Gunakan contoh pekerjaan mereka, bagaimana kinerja mereka terhadap metrik yang diterima, bagaimana kinerja mereka dibandingkan dengan rekan kerja mereka dan bagaimana mereka dibandingkan dengan pekerjaan mereka dari tahun sebelumnya.

Jika karyawan melakukan sesuatu yang patut dicontoh atas nama perusahaan, jelaskan mengapa hal itu diterima dengan baik dan bagaimana hal itu menguntungkan perusahaan dan karier karyawan, dan berikan detail spesifik yang menunjukkan kepada mereka mengapa pekerjaan atau insiden tersebut diangkat dalam tinjauan .

Anda mungkin juga perlu memberikan umpan balik mengenai tujuan yang tidak dipenuhi oleh seorang karyawan. Kenali keadaan yang mungkin berdampak negatif pada kinerja mereka, tetapi tunjukkan bahwa kurangnya kinerja tidak luput dari perhatian.

Ini adalah cara halus untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa ada belas kasihan untuk masalah kehidupan yang memengaruhi kinerja.

Jika karyawan tidak melakukan upaya yang cukup, itu adalah pernyataan yang menunjukkan bahwa mereka perlu berkontribusi lebih banyak untuk tim mereka.

Baca juga: Absen Fingerprint Manual dan Software Absensi: Mana yang Lebih Baik?

6. Gunakan contoh yang relevan dengan apa yang telah dilakukan karyawan

Alih-alih mengandalkan memori, buka file karyawan atau riwayat kerja untuk menyegarkan ingatan Anda atau selidiki lebih lanjut. Anda harus memiliki contoh yang solid tentang pekerjaan karyawan yang dapat Anda tunjukkan selama peninjauan. Menjadi tidak jelas meninggalkan ruang untuk interpretasi dan juga membuat karyawan bertanya-tanya apa yang Anda bicarakan.

Sebuah tinjauan menjadi lebih kuat ketika informasi yang digunakan dalam konstruksinya memiliki dasar fakta. Jika Anda akan menunjukkan di mana seorang karyawan berkinerja buruk atau lebih baik dari yang diharapkan, tunjukkan contoh spesifik.

Buat daftar proyek dalam tinjauan, dan jika mungkin, buat daftar insiden spesifik di mana karyawan melakukannya atau tidak melakukannya dengan baik.

Menempatkan ini ke dalam tinjauan memberi karyawan referensi yang nyata dan mereka dapat kembali ke pekerjaan mereka untuk melihat apa yang mereka lakukan atau tidak lakukan.

7. Latih karyawan tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan

Semua karyawan dapat menemukan ruang untuk perbaikan, bahkan yang memiliki penilaian kinerja yang baik. Tapi jangan kabur ketika menunjukkan area perbaikan.

Fokus pada area kelemahan, jelaskan mengapa Anda merasa mereka tidak melakukan upaya terbaik mereka atau kehilangan kesempatan yang dapat membantu kemajuan karir mereka.

Jika ada peluang di tempat kerja untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut untuk area di mana karyawan dapat menggunakan peningkatan, tunjukkan itu.

Atau jika karyawan siap untuk maju, tetapi terhambat oleh kurangnya pendidikan atau pengalaman, beri tahu karyawan di mana mereka dapat menemukan pendidikan dan alat yang mereka butuhkan untuk bergerak maju.

Seseorang yang memiliki ulasan buruk mungkin terlihat memiliki banyak ruang untuk perbaikan pada pandangan pertama. Pastikan tidak ada keadaan untuk kinerja yang buruk sebelum memberikan saran, lalu tawarkan opsi dan peluang. Terkadang seorang karyawan memiliki keahlian, tetapi ada sesuatu yang menghalangi mereka untuk menggunakannya sepenuhnya.

8. Akhiri dengan harapan untuk tahun berikutnya

Tinjauan adalah melihat kembali apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan dalam satu tahun terakhir dan menjelaskan di mana mereka dapat meningkatkan kinerja mereka atau apa yang harus terus mereka lakukan.

Ini juga saat yang tepat untuk menetapkan tujuan untuk tahun mendatang dan menjelaskan langkah-langkah apa yang harus diambil karyawan untuk mencapainya.

Seberapa tinggi Anda menetapkan tujuan Anda untuk mereka tergantung pada bagaimana kinerja perusahaan dan apa yang dibutuhkan dari karyawan untuk mencapai tujuan di seluruh perusahaan.

Itu juga akan tergantung pada tujuan apa yang menurut Anda dapat dicapai oleh karyawan berdasarkan kinerja yang telah mereka tunjukkan sejauh ini.

Berfokuslah untuk menetapkan tujuan dengan jelas dan menempatkannya pada tingkat yang dapat dicapai oleh karyawan secara wajar dengan beberapa upaya.

Baca juga: Surat Peringatan Karyawan: Pembahasan Lengkap dan Contoh yang Bisa Anda Download

9. Akhiri ulasan dengan nada positif

Tutup ulasan dengan mendorong karyawan untuk melakukan yang lebih baik di tahun berikutnya di area yang dicatat dan untuk terus bekerja dengan baik di area di mana mereka telah melakukannya dengan baik.

Ini membantu karyawan tetap terdorong setelah ulasan, terutama jika tidak memiliki banyak umpan balik positif. Kedengarannya positif juga memberikan motivasi kepada karyawan untuk berbuat lebih baik ke depan dan untuk memperbaiki kelemahan mereka.

Gunakan bagian ini untuk memberikan arahan tentang di mana menemukan informasi yang akan membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka, mempelajari siapa yang dapat mereka ajak bicara untuk meminta bantuan dan mendapatkan akses ke sumber daya yang mungkin ditawarkan majikan Anda.

Selalu ada sesuatu yang positif dapat ditemukan bahkan dalam ulasan negatif. Temukan, sorot dan gunakan untuk meredam bagian negatif.

Tinjauan ini harus digunakan sebagai instrumen untuk membantu mereka meningkatkan. Ketika karyawan memahami bahwa mereka tidak diberhentikan, mereka jauh lebih mungkin bekerja untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.

10. Sediakan waktu untuk memberikan umpan balik informal sepanjang tahun

Performance review biasanya dilakukan setahun sekali dan merangkum semua yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan selama waktu itu.

Namun, itu seharusnya bukan satu-satunya umpan balik yang mereka harapkan. Memberikan umpan balik secara teratur tentang apa yang telah atau belum dilakukan dengan baik oleh seorang karyawan membantu mereka meningkatkan dan mengingat tujuan mereka.

Keinginan untuk meningkatkan di area yang ditunjukkan dalam ulasan mungkin berkurang jika tidak ada penguatan. Memberikan umpan balik reguler dan informal tentang kinerja bermanfaat bagi karyawan dengan memberi tahu mereka bahwa mereka memperbaiki area kelemahan mereka dan dapat mengharapkan performance review yang lebih baik di tahun berikutnya.

Baca juga: 17 Metode Seleksi Karyawan yang Wajib Anda Gunakan

performance review 2

Contoh Performance Review Karyawan Tahunan

Berikut adalah beberapa contoh ulasan kinerja pekerjaan untuk membantu Anda mempersiapkan diri Anda sendiri:

Performace review penilaian diri untuk seorang copywriter

Nama Karyawan: Nina rudiana

Posisi: Copywriter internal

Tanggal: 5 Oktober 2021

Silakan beri peringkat kandidat pada skala 1 (tidak memuaskan) hingga 5 (luar biasa) untuk kriteria berikut:

  • Menyelesaikan tugas tepat waktu ______
  • Perhatian terhadap detail ______
  • Menerima instruksi dari manajemen ______
  • Berkomunikasi secara efektif dengan editor ______
  • Memahami persyaratan gaya klien ______
  • Penguasaan konvensi bahasa Inggris ______
  • Kehadiran dan ketepatan waktu kerja _____
  • Berkomunikasi secara profesional dengan klien _____
  • Menghadiri sesi pelatihan dan pembentukan tim secara teratur ______
  • Mengambil inisiatif untuk meningkatkan kinerja ______

Performance review resensi esai untuk seorang guru

Nama Guru: Carlita

Posisi: Bahasa Inggris Kelas 8

Tanggal: 17 November 2021

Tinjauan tahunan:

Ibu Carlita bergabung dengan SMP Lentera Bakti pada bulan Agustus tahun ini. Dia memiliki rencana pelajaran yang luas yang dirumuskan sebelum kedatangannya dan dapat segera menerapkannya di kelas.

Ibu Carlita memiliki pengetahuan luas tentang standar bahasa Inggris, termasuk ejaan, tata bahasa, dan sintaksis. Dia juga mahir dalam banyak gaya penulisan, termasuk informatif, deskriptif, naratif, ekspositori, dan kreatif.

Siswa di kelasnya secara konsisten menunjukkan peningkatan dalam tulisan mereka, dan dua telah memenangkan pengakuan di seluruh negara bagian untuk esai tentang lingkungan dan ekonomi, masing-masing. Siswa lain yang menjadi runner-up dalam spelling bee nasional menyatakan bahwa Ibu Carlita memainkan peran penting dalam kecintaan siswa terhadap belajar.

Selain kinerja kelas pekerjaannya yang luar biasa, Ibu Carlita adalah salah satu yang pertama menjadi sukarelawan untuk kegiatan ekstrakurikuler di SMP Lentera Bakti.

Dia melatih tim sepak bola putri di smester kedua dan memimpin pemerintahan siswa sepanjang tahun. Ibu Carlita juga bertanggung jawab menyelenggarakan sesi perencanaan kurikulum pada hari Rabu ketiga setiap bulan di perpustakaan sekolah.

Saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Ibu Carlita sebelum menulis ulasan ini dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang waktunya di sekolah ini.

Ketika saya bertanya apa pencapaian terbesarnya, dia menyatakan bahwa 93% muridnya lulus ujian standar negara adalah momen yang paling membanggakan.

Saya bertanya kepadanya apa yang ingin dia capai di tahun depan dan dia menjawab bahwa dia ingin memulai klub menulis kreatif yang akan mendorong siswa untuk menulis fiksi, esai pribadi, dan puisi.

Di akhir diskusi kami, saya mencatat beberapa area di mana saya yakin dia dapat berkembang. Pertama, saya ingin dia memasukkan lebih banyak alat pengajaran digital di kelasnya, termasuk game online dan video untuk merangsang pembelajaran.

Dia menjawab bahwa dia akan bersedia untuk mengambil kursus pendidikan berkelanjutan untuk membantunya mengembangkan keterampilan tersebut.

Selanjutnya, saya memintanya untuk menilai tugas kelasnya lebih cepat, karena beberapa orang tua telah menyatakan keprihatinan bahwa anak-anak mereka tidak menerima nilai seperti yang diharapkan. Ibu Carlita menyatakan bahwa dia akan memulai kebijakan pengembalian tugas dan ujian dalam waktu satu minggu setelah siswa menyelesaikannya.

Aklimatisasi cepat Ibu Carlita di SMP Lentera Bakti sangat memuaskan. Dia adalah aset bagi sekolah, dan saya yakin dia akan terus begitu.

Nama dan posisi pengulas: Agus Budiono, kepala sekolah

Baca juga: Pembahasan Lengkap Strategi Rekrutmen Karyawan

Performance review tinjauan sejawat untuk perwakilan layanan pelanggan

Nama Karyawan: Regan Bowers

Posisi: Layanan pelanggan

Nama dan Posisi Peninjau: Lao Ming, supervisor pemenuhan garansi

Tanggal: 10 Mei 2020

Hubungan Anda dengan orang yang ditinjau: Saya bekerja dengan Andi di pusat panggilan Global Electronics, Inc.

Silakan beri peringkat rekan kerja Anda pada skala 1 (tidak pernah) hingga 5 (selalu) untuk item-item ini:

  • Ketetapan pada tugas ______
  • Mengarahkan panggilan pelanggan ke departemen yang sesuai ______
  • Menampilkan pengetahuan produk unggulan ______
  • Berinteraksi secara produktif dengan staf lain ______
  • Memenuhi permintaan pelanggan ______
  • Memperlihatkan sikap ramah dan profesional______

Berikan komentar tentang kekuatan rekan kerja Anda: Andi menunjukkan dedikasi yang konsisten terhadap pekerjaannya. Dia datang lebih awal dan tetap terlambat untuk memastikan dia menyelesaikan pekerjaannya.

Harap perhatikan area mana pun yang dapat ditingkatkan rekan kerja Anda: Andi sering menunda pelanggan sehingga dia dapat bertanya kepada rekan kerja lain tentang informasi produk. Dia mungkin akan mendapat manfaat dari pelatihan tambahan.

Baca juga: Absensi Mobile: Alasan Menggunakannya dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

Kesimpulan

Memberikan performance review pada karyawan tidak hanya menjadikan karyawan Anda lebih produktif namun cara ini juga akan menghadirkan budaya kerja yang baik dan berorientasi pada perubahan yang lebih baik.

Karyawan yang baik adalah aset terpenting perusahaan, oleh sebab itu Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan karyawan Anda untuk mendapatkan proses kerja yang optimal.

Berikan kemudahan dalam proses kerja seperti melakukan proses absensi, melihat saldo cuti, sampai mendapatkan slip gaji dengan menggunakan software payroll dan HR terbaik dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau.

Dengan menggunakan Gajihub Anda bisa dengan mudah menghitung dan mengeola payroll, memberikan slip gaji karyawan secara real time, pencatatan kehadiran yang lebih mudah baik bagi bisnis maupun karyawan, terintegrasi dengan software akuntansi, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *