Human Capital Management: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

human capital management 1

Human capital management adalah proses yang digunakan untuk menarik bakat serta mendukung dan mendorong karyawan untuk mencapai potensi penuh mereka.

Human capital management dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan kinerja karyawan dan meningkatkan retensi. Dalam artikel ini, kita membahas apa itu human capital management, fungsi praktik ini, dan manfaat human capital management.

Apa itu Human Capital Management?

Human capital management atau manajemen sumber daya manusia adalah praktik yang digunakan organisasi untuk menarik, merekrut, melatih, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan terbaik untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk berinvestasi pada karyawan mereka untuk memungkinkan mereka berkontribusi pada tingkat tertinggi untuk pencapaian tujuan bisnis. Manajemen sumber daya manusia melihat karyawan sebagai sumber daya berharga yang harus dimanfaatkan untuk memenuhi potensi mereka.

Organisasi yang bergantung pada karyawan untuk mencapai sebagian besar tujuannya mengalokasikan sumber daya untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan inti dan kompetensi yang dibutuhkan staf mereka untuk memberikan hasil.

Human capital management membantu mereka mengidentifikasi kesenjangan dalam kemampuan mereka dan memfokuskan upaya rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ini memberikan lebih banyak pemenuhan pekerjaan bagi karyawan karena mereka mulai bekerja di posisi yang memungkinkan mereka menggunakan kekuatan mereka. Untuk organisasi, human capital management menciptakan tenaga kerja yang setia yang membantunya mencapai tujuannya.

Baca juga:Cara Menghitung Gaji Bersih yang Wajib Diketahui Karyawan dan Pemilik Bisnis

Fokus dalam human capital managemen

Human capital management berfokus pada penambahan nilai pada sumber daya manusia organisasi sehingga mereka dapat memberikan hasil terbaik.

Ini mencakup fungsi sumber daya manusia, kompensasi, kinerja, dan bidang utama lainnya yang vital bagi visi dan misi taktis dan strategis perusahaan.

Human capital management menyediakan proses untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi staf perusahaan. Ini memberikan strategi keseluruhan untuk memandu daya tarik bakat, rekrutmen, orientasi, pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja dan umpan balik.

Sistem ini menciptakan lingkungan yang memungkinkan karyawan individu untuk unggul dengan mengidentifikasi keterampilan dan kompetensi setiap orang dan mencocokkan karyawan dengan posisi yang memungkinkan mereka untuk memaksimalkan potensi mereka.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperoleh laba atas investasi yang tinggi dalam pelatihan staf dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Manajemen sumber daya manusia yang baik dapat menciptakan budaya organisasi yang kuat yang mendorong pengembangan karyawan, umpan balik yang jujur, dan komitmen terhadap tujuan perusahaan.

Ini dapat memberi karyawan lebih banyak kendali atas karier mereka dan mendorong mereka untuk mendedikasikan keterampilan dan bakat mereka kepada pemberi kerja untuk jangka panjang.

Baca juga: Performance Review: Pengertian, Manfaat, Cara Membuatnya dan Contohnya

Manfaat Human Capital Management

Manfaat terbesar dari human capital management adalah memungkinkan organisasi untuk mendapatkan nilai maksimal dari karyawan mereka. Ini menyederhanakan tugas sumber daya manusia dan menawarkan beberapa manfaat lainnya.

Berikut adalah manfaat dari human capital management:

1. Meningkatkan prosesmanajemen sumber daya manusia

Keuntungan utama dari human capital management adalah menyediakan proses untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan.

Ini menciptakan sistem keseluruhan yang dapat digunakan departemen sumber daya manusia untuk memberikan talenta terbaik dan melatih mereka untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Meningkatkan proses rekrutmen

Human capital management yang efektif memudahkan untuk menarik kandidat terbaik ke organisasi Anda. Ini menawarkan manajer perekrutan database kandidat dengan keterampilan dan pengalaman khusus pekerjaan terbaik.

Manajemen sumber daya manusia memungkinkan pewawancara dan tim hubungan masyarakat perusahaan untuk memposisikan organisasi sebagai pemberi kerja yang ideal, menarik kandidat yang dapat memberikan hasil.

Sistem ini juga meningkatkan proses orientasi dan membantu kandidat baru masuk ke dalam organisasi dengan mudah.

3. Mengidentifikasi kesenjangan kemampuan

Peran penting dari human capital management adalah untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam kemampuan tenaga kerja. Ini membantu departemen sumber daya manusia menyesuaikan kriteria rekrutmen untuk mengisi posisi yang akan meningkatkan kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.

4. Meningkatkan pertumbuhan organik

Karena human capital management dapat mengidentifikasi kompetensi masing-masing karyawan, ini adalah alat yang ampuh untuk pertumbuhan organik.

Ini mencapai ini dengan membantu organisasi mengoptimalkan sumber daya internal untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pendapatan.

Hal ini dimungkinkan karena human capital management berinvestasi dalam pertumbuhan dan pengembangan karyawan, membekali mereka dengan kemampuan untuk memberikan hasil yang positif.

Baca juga: Human Resource Department: Fungsi, Tugas, dan Tips Mengelolanya

5. Menyesuaikan posisi dengan kemampuan karyawan

Manajemen modal manusia dapat membantu organisasi mencocokkan karyawan dengan posisi di mana mereka dapat menggunakan keterampilan dan bakat mereka.

Hal ini karena sistem memiliki proses yang dapat mengidentifikasi kekuatan individu dan kompetensi karyawan. Dengan memasangkan orang dengan posisi yang memungkinkan mereka menggunakan keterampilan mereka, karyawan memperoleh kepuasan lebih di tempat kerja dan perusahaan menikmati produktivitas, efisiensi, dan loyalitas yang lebih besar.

6. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Human capital management adalah tentang memanfaatkan sumber daya manusia yang tersedia sebaik mungkin untuk hasil yang maksimal.

Dengan berinvestasi dalam pelatihan yang mengembangkan kemampuan khusus yang dibutuhkan organisasi untuk mencapai tujuannya, human capital management membantu meningkatkan produktivitas.

Ini juga meningkatkan efisiensi karena sistem menempatkan karyawan dalam peran di mana mereka dapat melakukan yang terbaik.

7. Meningkatkan ulasan kinerja

Human capital management mempromosikan keunggulan dengan meningkatkan efektivitas tinjauan kinerja. Ini memberikan berbagai tingkat penilaian karyawan termasuk tinjauan diri, tinjauan sejawat, dan tinjauan manajer.

Ini memberi karyawan umpan balik yang dapat ditindaklanjuti atas kontribusi mereka kepada organisasi dan memotivasi mereka untuk berbuat lebih banyak.

8. Memungkinkan perencanaan karir yang lebih baik

Manajemen sumber daya manusia memberi karyawan lebih banyak kendali atas karier mereka. Ini mengidentifikasi kesenjangan kemampuan melalui pelatihan, survei, tinjauan kinerja dan sumber umpan balik lainnya.

Ini membantu karyawan untuk mengetahui area yang perlu mereka tingkatkan untuk memberikan hasil yang lebih baik dalam tujuan pribadi dan perusahaan.

Baca juga: Human Resource Manager: Tugas, Skill. dan Cara Menjadi HR Manager

human capital management 2

Fungsi Human Capital Management

Fungsi utama dari human capital management adalah untuk meningkatkan nilai sumber daya manusia sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi organisasi. Berikut adalah peran human capital management dalam sebuah perusahaan:

1. Pekerjakan bakat yang tepat

Salah satu fungsi terpenting dari human capital management adalah untuk menarik dan merekrut talenta yang membantu organisasi mencapai tujuannya.

Ini menyediakan semua alat yang dibutuhkan departemen sumber daya manusia untuk memposisikan organisasi sebagai tempat kerja yang ideal bagi kandidat terbaik dan membuat proses rekrutmen bebas hambatan.

2. Orientasi

Mengelola sumber daya manusia membutuhkan orientasi karyawan baru yang efektif dan efisien. Ini memperkenalkan mereka pada budaya perusahaan, persyaratan dan harapan pekerjaan, serta menciptakan lingkungan yang mendukung yang membantu mereka menyesuaikan diri dengan peran mereka.

3. Pelatihan dan pengembangan karyawan

Fungsi lain dari human capital management adalah memberikan pelatihan yang memadai untuk membantu karyawan memberikan kinerja terbaik bagi organisasi.

Ini menciptakan lingkungan yang memungkinkan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan untuk membantu orang memperoleh keterampilan dan kemampuan baru untuk memberikan hasil yang lebih baik dan memajukan karir mereka.

4. Retensi karyawan

Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan memungkinkan mereka menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk berkontribusi pada tujuan organisasi.

Ini memberi orang rasa memiliki sekaligus membuat mereka merasa dihargai dan berkomitmen pada majikan mereka.

Baca juga: Human Capital Adalah Hal Penting Bagi Bisnis, Berikut Pembahasannya

5. Penilaian dan umpan balik kinerja yang efektif

Manajemen sumber daya manusia menciptakan berbagai sistem untuk mengukur kinerja guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Melalui berbagai tinjauan dan survei karyawan, praktik ini dapat membantu manajemen mengidentifikasi kesenjangan dalam pelatihan, sumber daya, kepuasan kerja, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi efektivitas tenaga kerja.

Perusahaan kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk memberikan umpan balik untuk membantu semua pihak untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.

6. Menyediakan akses ke data

Manajemen sumber daya manusia menyediakan database wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dapat membantu manajemen menambah nilai lebih bagi karyawan mereka.

Data dari tinjauan kinerja, klaim tunjangan karyawan, keterampilan, tingkat pergantian, dan statistik vital lainnya dapat membantu organisasi menyesuaikan strategi dan praktiknya untuk meningkatkan lingkungan kerja dan mencapai tujuan.

Menggunakan Software HR untuk Proses Human Capital Management yang Lebih Baik

Dengan meningkatnya kebutuhan dan banyaknya software HRIS  yang menambahkan fitur baru setiap saat, perusahaan kini dapat memecahkan masalah dengan lebih efisien daripada sebelumnya.

Tugas manajemen dan sumber daya diterapkan secara lebih efektif, karyawan memiliki sumber daya untuk menjadi sukses dan departemen sumber daya manusia merasa lebih mudah untuk merekrut dan mempekerjakan karyawan baru dengan kecepatan yang dipercepat.

Dari semua fitur dan manfaat yang ditawarkan sistem HRIS, ada tiga tujuan inti yang mendefinisikan human capital management:

1. Akuisisi tenaga kerja

Akuisisi tenaga kerja memudahkan departemen SDM dan perusahaan untuk merekrut, mengarahkan, dan melatih karyawan baru secara efektif.

Merekrut

Dengan sistem human capital management, perekrutan karyawan baru dimulai dengan pelamar kerja. Departemen SDM dapat mengelola daftar pelamar dan memberi tahu mereka tentang tahapan proses aplikasi.

Komunikasi langsung dan organisasi yang komprehensif memudahkan manajer perekrutan untuk membuat keputusan tentang prospek, dan informasi dapat diberikan untuk menginformasikan pelamar wawancara.

Setiap langkah dari proses perekrutan didokumentasikan dalam sistem HRIS, dan pelamar dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi selanjutnya.

Orientasi

Ketika seorang pelamar dipekerjakan, sistem HRIS akan menampilkan informasi tentang hari pertama mereka bekerja, apa yang diharapkan dan berapa lama orientasi berlangsung.

Perusahaan dapat menyediakan karyawan baru dengan materi sumber daya yang dapat membantu mereka mendapatkan orientasi dengan perusahaan bahkan sebelum mereka memulai hari pertama mereka.

Pelatihan

Untuk perusahaan yang menawarkan pelatihan kepada karyawan baru, semua atau sebagian dari pelatihan dapat diimplementasikan dalam sistem human capital management.

Hal ini memungkinkan karyawan baru untuk mengetahui proses dan harapan dan memberikan manfaat untuk memastikan setiap karyawan baru menerima pelatihan yang sama.

Baca juga: Human Resource Adalah Bagian Penting Dalam Organisasi Bisnis, Berikut Fungsinya

2. Manajemen tenaga kerja

Manajemen tenaga kerja memungkinkan perusahaan untuk secara efektif mengelola berbagai aktivitas dan proses yang mempengaruhi produktivitas. Berikut adalah tiga komponen kunci dari manajemen tenaga kerja:

Kinerja karyawan

Sistem human capital management dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan, memungkinkan manajemen untuk memberi penghargaan kepada karyawan yang melebihi harapan dan membantu karyawan yang membutuhkan bantuan ekstra.

Mengelola kinerja karyawan menggunakan sistem HRIS dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada manajemen tentang tenaga kerja mereka.

Penjadwalan karyawan

Sistem HRIS seperti Gajihub dapat digunakan untuk penjadwalan karyawan, yang dapat memastikan bahwa karyawan memahami jadwal kerja mereka.

Selain itu, manajemen dapat dengan mudah mengamati representasi visual dari jadwal karyawan. Keputusan penjadwalan dapat dibuat lebih cepat, dan semua orang yang dapat melihat jadwal dapat melihat kapan perubahan telah dibuat.

Penggajian karyawan

Menangani penggajian dengan sistem human capital management dapat memastikan karyawan memahami apa yang mereka dapatkan dan kapan mereka dibayar.

Sistem ini juga dapat menunjukkan kepada manajemen pandangan keseluruhan tentang penggajian yang memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan.

Dengan software payroll Gajihub, Anda bisa dengan mudah menghitung dan mengelola payroll dengan praktis dan membagikan slip gaji ke karyawan secara real time.

3. Optimalisasi tenaga kerja

Pengoptimalan tenaga kerja memberi perusahaan kemampuan untuk mengoptimalkan tingkat kinerja, terlibat dengan karyawan, dan menyediakan sumber daya bagi tenaga kerja mereka.

Menyediakan sumber daya

Untuk mengoptimalkan tenaga kerja secara efektif, menyediakan sumber daya untuk tenaga kerja memungkinkan karyawan untuk mendapatkan wawasan atau pengetahuan.

Sebuah perusahaan dapat memberikan pendidikan, pelatihan keterampilan atau dokumen penting perusahaan. Mampu menyediakan sumber daya memberi karyawan kesempatan untuk meningkatkan kinerja dan keberhasilannya.

Data kinerja

Perusahaan dapat menggunakan pengoptimalan tenaga kerja untuk mengungkapkan data kinerja tentang karyawan individu serta seluruh perusahaan sebagai satu unit. Mampu melihat kinerja staf memberi manajemen kemampuan untuk membantu dengan memberikan pembinaan atau pelatihan.

Keterlibatan karyawan

Pengoptimalan tenaga kerja melibatkan karyawan satu sama lain dan dengan manajemen. Perusahaan dapat memanfaatkan optimalisasi tenaga kerja untuk memudahkan karyawan bertanya atau meminta bantuan kapan pun mereka membutuhkannya.

Jika Anda menginginkan semua kemudahan ini dalam proses operasional dan pengelolaan HR bisnis Anda, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR terbaik dari Gajihub secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 2

Baca juga: HR Audit: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Bagaimana Tips Mengola Human Capital Management yang Baik?

Organisasi yang bergantung pada karyawan mereka untuk sebagian besar kesuksesan mereka harus selalu menemukan cara yang lebih baik untuk mengelola sumber daya manusia mereka. Berikut adalah cara untuk meningkatkan human capital management:

1. Berinvestasi pada staf yang ada

Banyak organisasi mendedikasikan sumber daya untuk menarik dan mempekerjakan bakat baru dengan merugikan karyawan yang ada.

Hal ini dapat menghambat organisasi untuk memaksimalkan potensi staf yang ada. Dengan berinvestasi dalam pertumbuhan dan pengembangan karyawan saat ini, organisasi dapat mencapai pertumbuhan organik yang lebih besar dengan pengurangan biaya pelatihan.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerja dan meningkatkan tingkat retensi karyawan.

2. Lakukan personalisasi human capital management

Untuk mencapai lebih banyak kesuksesan, miliki pendekatan yang dipersonalisasi untuk mengelola sumber daya manusia Anda. Individu berbeda dan cara setiap karyawan akan memproses informasi dan pedoman akan berbeda.

Daripada menerapkan solusi yang sama untuk semua orang, cobalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dan menyediakan lingkungan yang akan mendorong setiap orang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

3. Memanfaatkan teknologi

Solusi teknologi dapat mendongkrak keberhasilan pengelolaan sumber daya manusia. Aplikasi seluler dapat meningkatkan pelatihan, meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, serta mengurangi hambatan waktu dan lokasi.

Ini juga dapat membantu Anda mengotomatiskan beberapa proses bisnis, memangkas biaya operasional, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan karyawan untuk mengakses dan berbagi data atau memberikan umpan balik.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

4. Menyelaraskan human capital management dengan tujuan bisnis

Cara terbaik untuk meningkatkan human capital management Anda adalah dengan mencocokkannya dengan tujuan bisnis. Dengan menyelaraskan human capital management dengan strategi bisnis Anda, perusahaan dapat mengidentifikasi kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah bisnis tertentu.

Misalnya, perusahaan mungkin perlu melatih departemen TI tentang penggunaan aplikasi perangkat lunak baru untuk memenuhi harapan klien.

5. Tingkatkan komunikasi

Komunikasi adalah faktor penentu keberhasilan untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan. Komunikasi yang lebih baik dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses human capital management.

Hal ini akan memungkinkan karyawan untuk mengetahui harapan perusahaan dan apa yang akan mereka dapatkan.

Baca juga: Analisis Jabatan: Pengertian, Metode dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang human capital management atau manajemen sumber daya manusia dalam bisnis dan tips terbaik untuk mengelolanya. Memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik adalah keharusan untuk setiap bisnis supaya menghadirkan budaya kerja yang efektif untuk karyawan Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam menghadirkan manajemen sumber daya manusia yang optimal, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payroll, HRIS, penghitungan pajak PPh 21, proses akuntansi dan reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

jadi tunggu apalagi? Mudahkan pengelolaan human capital management bisnis Anda dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Human Capital Management: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *