10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

software payroll 1

Tim sumber daya manusia atau HR memiliki tanggung jawab mulai dari proses rekrutmen hingga manajemen penggajian atau proses payroll. Oleh sebab itu penting bagi Anda pemilik bisnis atau Anda yang bekerja dalam tim HR menggunakan software payroll dan HR untuk mempermudah seluruh proses tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kemudahan yang Anda dapatkan saat menggunakan software payroll serta memberikan rekomendasi software payroll terbaik dan HR yang bisa Anda gunakan lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya.

Mengapa Penting Menggunakan Software Payroll untuk Bisnis?

Software payroll adalah alat yang membantu pemrosesan penggajian. Alat ini menyederhanakan banyak hal yang terkait dengan pembayaran yang tepat waktu dan data akurat, seperti:

  • Waktu dan kehadiran karyawan
  • Kompensasi pekerja
  • Pajak penghasilan
  • Informasi slip gaji

Software payroll saat ini menawarkan lebih dari sekadar pengiriman gaji standar. Alat ini bertindak sebagai opsi manajemen penggajian lengkap untuk bisnis dari semua ukuran di semua industri.

Berikut adalah beberapa hal yang yang akan Anda dapatkan saat menggunakan software payroll dalam bisnis Anda:

  • Melacak kehadiran karyawan
  • Mengumpulkan informasi upah dan waktu
  • Menghitung upah
  • Memantau premi kompensasi pekerja
  • Menyimpan catatan penggajian elektronik
  • Mengikuti undang-undang ketenagakerjaan terkati penggajian
    Menghitung pajak gaji
  • Menyiapkan dan mengirimkan formulir pajak karyawan
  • Menyiapkan, menyesuaikan, dan melakukan setoran langsung

Beberapa softwrae payrroll juga menyediakan integrasi untuk proses terkait seperti akuntansi dan juga manajemen aset. Namun, tujuan keseluruhan menggunakan software payroll dan HR adalah untuk menjamin bahwa setiap karyawan menerima jumlah pembayaran yang benar tepat waktu, setiap saat.

10 Rekomendasi Software Payroll Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

1. QuickBooks Payroll

Tools ini adalah produk dari QuikBooks yang sudah terkenal di dunia. Seperti banyak modul dan produk QuickBooks dari Intuit, antarmuka pengguna sangat intuitif.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan serangkaian fitur lengkap untuk penggajian dan kepatuhan pajak. Modul ini juga memberi Anda pembaruan pajak otomatis. Sehingga dengan mudah memantau tarif pajak terbaru untuk menjaga agar penggajian Anda tetap akurat.

Selanjutnya, Anda dapat mengajukan dan membayar pajak langsung di platform dengan mudah. Selain itu, formulir pajak juga tersedia di dalamnya

Namun, jika Anda hanya menginginkan sistem penggajian layanan lengkap, Intuit juga memiliki layanan mandiri QuickBooks Payroll.

Platform ini terintegrasi dengan baik dengan produk Intuit seperti software akuntansi dan banyak lainnya. Selain itu, QuickBooks Payroll memiliki aplikasi Android dan iOS.

Anda bisa berlangganan QuickBooks Payroll mulai dari harga terendah $24 per bulan.

Kekurangan

  • Hanya support dengan ketentuan perpajakan di US
  • Tidak tersedia versi gratis
  • Biaya pengarsipan tambahan untuk paket Core dan Premium.
  • Integrasi terbatas hanya untuk QuickBooks Online.

software payroll 2

2. Gusto

Saat ini, lebih dari 40.000 bisnis di dunia menggunakan Gusto untuk kebutuhan payroll mereka. Ini juga terintegrasi dengan baik dengan banyak sistem dan aplikasi bisnis, termasuk Deputy, Receipt Bank, FreshBooks, Xero, QuickBooks, dan Bamboo HR, di antara sejumlah lainnya.

Ada tiga struktur harga yang perlu dipertimbangkan. Pertama, paket Core, paket dengan harga terendah, dirancang untuk membantu tim yang lebih kecil. Ini memiliki harga dasar $39 per bulan ditambah $6 per pengguna.

Kedua, ada versi Complete, yang dihargai $12 per pengguna per bulan dengan biaya dasar tambahan $39 per bulan. Ini adalah versi yang lebih canggih yang dirancang untuk bisnis yang sibuk dan berkembang.

Terakhir, paket Concierge adalah versi perdana yang dirancang untuk penggunaan perusahaan. Lengkap dengan dukungan SDM bersertifikat, termasuk profesional SDM bersertifikat. Harga dasarnya adalah $149 per bulan, ditambah biaya tambahan $12 per pengguna.

Baca juga: UMR Adalah: Pengertian, Komponen, dan Perbedaan UMR, UMP, dan UMK

Kekurangan

  • Tidak ada paket gratis atau uji coba gratis.
  • Paket yang paling murah tidak termasuk alat manajemen waktu.
  • Gusto tidak menampilkan dasbor aktivitas, migrasi data, manajemen informasi perbankan, atau year-round record keeping.

3. Onpay

OnPay mudah digunakan dan memiliki fungsionalitas yang kaya, menjadikannya salah satu solusi paling populer di kategorinya.

Produk ini dirancang untuk melayani perusahaan kecil dan menengah karena memiliki banyak sekali aplikasi yang sangat skalabel.

Sistem cloud-deployed ini dapat merampingkan tidak hanya proses penggajian tetapi juga mengotomatisasi pengajuan pajak dan prosedur pembayaran.

Data penggajian seperti jam, tip, penggantian biaya, dan bonus dengan mudah dimasukkan ke dalam sistem, yang juga dapat mengelola proses terpisah seperti kompensasi dan asuransi manfaat.

Software payroll ini terintegrasi dengan baik dengan banyak sistem bisnis mulai dari platform perangkat lunak akuntansi, ketepatan waktu, dan SDM seperti Xero, TSheets, Vestwell, Zenefits, dan Magnify, di antara banyak lainnya.

Harga dimulai dengan biaya dasar $36 per bulan dan biaya $4 per pengguna per bulan. Jadi, untuk lima orang, harganya $56 per pengguna per bulan.

Kekurangan

  • OnPay hanya mampu berintegrasi hanya dengan sejumlah aplikasi pihak ketiga yang terbatas.
  • perusahaan harus membayar tambahan $4,00 per karyawan, yang mungkin membuat proses payroll dalam skala besar menjadi lebih mahal.
  • Platform tidak menawarkan solusi pelacakan waktu arau timesheet.
  • Tidak menawarkan beberapa tingkatan paket yang memenuhi berbagai kebutuhan

4. Rippling

Rippling adalah platform HR all-in-one yang menangani payroll, tunjangan karyawan, rekrutmen, pelatihan, dan banyak lagi.

Alat ini dapat menyederhanakan banyak proses penggajian dan SDM melalui otomatisasi alur kerja tanpa kode. Manajer SDM dan profesional penggajian juga dapat memanfaatkan analitik tingkat perusahaan menggunakan alat pelaporan mendetail Rippling.

Selain itu, software ini berfungsi sebagai solusi manajemen TI yang membantu bisnis mengelola perangkat dan aplikasi karyawan dari jarak jauh.

Sebagai perangkat lunak SDM yang lengkap, Rippling memungkinkan untuk mengelola dan mengotomatisasi semua operasi sumber daya manusia Anda di satu tempat. Ini termasuk rekrutmen, onboarding/offboarding, pelatihan, penggajian, dan tunjangan.

Software ini sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan proses kerja atau kebutuhan tim Anda.

Dirancang khusus untuk penggajian, Rippling menyinkronkan data SDM Anda dengan penggajian sehingga tim Anda tidak perlu melakukan perhitungan manual atau entri data yang memakan waktu.

Rippling menawarkan paket harga berbasis kuotasi yang dimulai dari $8/bulan/pengguna.

Kekurangan

  • Rippling baru-baru ini meluncurkan solusi waktu & kehadiran, tetapi belum cocok untuk perusahaan dengan kebutuhan waktu yang sangat kompleks
  • Model dukungan pelanggan Rippling semuanya berbasis tiket dan tidak memiliki pusat panggilan
  • Aplikasi seluler tidak memiliki fitur benefit.

Baca juga: Apa itu Tunjangan Jabatan? Ini Pengertian, Jenis, dan Nilainya

5. Trolley

Trolley, sebelumnya dikenal sebagai Payment Rail, adalah platform pembayaran yang membantu bisnis mengirim pembayaran ke negara mana pun dan memastikan kepatuhan pajak.

Dengan Trolley, bisnis dapat mengirim pembayaran massal di berbagai negara tanpa menavigasi struktur perusahaan yang rumit atau menyiapkan rekening bank lokal.

Trolley dapat digunakan oleh bisnis yang sedang berkembang yang bertujuan untuk menembus pasar internasional baru.

Mereka juga dapat digunakan oleh bisnis yang membayar pekerja lepas, kontraktor independen, pengiklan, afiliasi di pasar dan platform online.

Dengan Trolley, bisnis memiliki cara mudah untuk mengirim pembayaran sesuai permintaan ke lebih dari 220 negara dalam lebih dari 135 mata uang lokal.

Platform pembayaran menyeluruh ini memungkinkan pengirim untuk melacak pembayaran secara real-time dan penerima untuk memvalidasi rekening bank mereka dan untuk mengotomatisasi pembayaran kembali.

Trolley juga membantu organisasi mendigitalkan proses kepatuhan pajak mereka sehingga musim pajak tidak terlalu membebani mereka.

Trolley memiliki fitur pelacakan pembayaran langsung yang memungkinkan pengirim melihat setiap langkah transaksi dalam tampilan status pembayaran.

Di sisi lain, widget penerima dapat diatur yang membuatnya lebih mudah untuk menangkap dan memvalidasi detail rekening bank. Sementara itu, komponen kepatuhan pajak memiliki berbagai fitur, mulai dari pengumpulan formulir pajak digital hingga pencocokan NPWP dan pelaporan E-FILE IRS.

Untuk memperluas fungsinya, Trolley dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi, termasuk Quickbooks, Xero, Slack, dan Salesforce.

Ini menawarkan dua paket harga yang ditetapkan dan satu harga berbasis penawaran untuk perusahaan. Tetapkan paket harga mulai dari $49/bulan.

Kekurangan

  • Tidak tersedia versi gratis dan uji coba.
  • Anda diharuskan menggunakan fitur Currency Exchange system dan membayar biayanya.
  • Hanya cocok untuk perusahaan dengan karyawan yang bekerja dari berbagai belahan negara.

gajihub 2

6. Paycor

Paycor adalah platform Manajemen Sumber Daya Manusia atau Human Capital Management (HCM) yang komprehensif dengan solusi payroll yang baik dan kemampuan manajemen SDM yang kuat digabung menjadi satu.

Sebagai salah satu sistem HRIS teratas saat ini, Paycor mencakup basis Anda mulai dari perekrutan dan orientasi hingga kepatuhan pajak, penggajian, pelaporan, dan segala sesuatu di antaranya.

Dasbornya sangat intuitif, dan fiturnya bisa sangat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengelola kompensasi pekerja Anda, pembayaran gaji dan kepatuhan pajak, dan proses manajemen SDM, semuanya dalam satu atap.

Jadi, dengan alat pelaporan yang canggih, Anda dapat melacak waktu karyawan dan detail penting lainnya.

Sejak tahun 2005, Paycor telah digunakan oleh lebih dari 30.000 usaha di seluruh dunia karena fitur-fiturnya yang lengkap.

Dengan Paycor, Anda dapat mengintegrasikan dan mempercepat proses terkait karyawan Anda dengan cara yang terukur. Juga, platform terintegrasi dengan sistem bisnis lain seperti ESR, PayCard, WageWorks, Ameritas, dan banyak lainnya.

Selain itu, Paycor jugamemiliki aplikasi Android dan iOS yang membuat Anda tetap terhubung dengan bisnis Anda setiap saat, di mana saja.

Paycor dibuat khusus untuk kebutuhan bisnis. Dengan demikian, itu ditawarkan melalui harga yang cukup mahal

Kekurangan

  • Tidak ada versi uji coba
  • Harganya mahal
  • Fitur Payroll tidak termasuk tip credits atau lifetime accounts
  • Ada tambahan biaya $5,00 per karyawan per bulan.

Baca juga: Arti Salary Adalah: Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Upah

7. Justworks

Justworks adalah software payroll, SDM, benefit, dan compliance yang dirancang untuk membantu bisnis menjalankan proses karyawan mereka secara efisien.

Ini mencakup alat modern untuk merekrut karyawan baru dalam hitungan menit, dengan mudah memilih tunjangan karyawan yang ingin Anda tawarkan, dan melacak jam kerja dan jadwal shift.

Alat untuk pengajuan pajak penghasilan, setoran otomatis, dan integrasi dengan software akuntansi populer juga membantu tim penggajian memiliki waktu yang lebih mudah dalam menangani setiap aspek kompensasi karyawan dan manajemen SDM.

Justworks dapat membantu menyederhanakan proses payroll untuk bisnis atau pengusaha yang memiliki campuran karyawan tetap, kontrak, atau freelancer.

Pengguna dapat dengan mudah menjalankan penggajian online dan mengotomatiskan setoran langsung untuk semua jenis karyawan.

Pembayaran dapat dilakukan berdasarkan pembayaran mingguan atau dua mingguan untuk karyawan per jam dan bergaji. Juga mudah untuk mengatur pengingat/pemberitahuan otomatis untuk pembayaran terjadwal.

Justworks menawarkan dua paket harga. Paket Dasar mulai dari $44/bulan/karyawan, sedangkan paket Plus mulai dari $89/bulan/karyawan.

Kekurangan

  • Tidak memiliki uji coba gratis dan harganya mahal
  • Pelacakan waktu sebagai add-on berbayar
  • Tidak memiliki aplikasi seluler

software payroll 3

8. Zenefits

Zenefits adalah aplikasi berbasis web yang membantu proses SDM bisnis kecil dan menengah, yang memiliki fitur payroll dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga memiliki fitur business intelligence, manfaat asuransi, dukungan pelanggan, dan orientasi, antara lain terintegrasi juga. Ini menyesuaikan semua fitur canggih ini ke dalam dasbor intuitif yang mudah dipahami dan digunakan.

Selain itu, platform ini memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan proses bisnis yang berbeda dan menyimpan semua informasi yang relevan di satu tempat.

Juga, Anda dapat tetap up to date dengan pemotongan, pendapatan, pajak, tunjangan, jam kerja, dan cuti, antara lain. Ini menyederhanakan manajemen SDM, dan itu membuat semuanya sangat nyaman.

Zenefits terintegrasi dengan baik dengan aplikasi bisnis yang berbeda dari solusi keuangan hingga manajemen kinerja.

Daftar ekstensif termasuk Salesforce, Slack, Carta, Abacus, Appraised, Zugata, Intuit QuickBooks, dan Uber, di antara banyak lainnya. Selain itu, ada aplikasi asli untuk perangkat Android dan iOS.

Paket harga dimulai dengan Essentials seharga $8 per bulan untuk setiap karyawan yang didukung. Ini termasuk fitur dasar seperti pelacakan waktu, penjadwalan, dan manajemen manfaat.

Paket Growth adalah paket paling populer, dihargai $14 per karyawan per bulan. Ini termasuk modul manajemen kompensasi dan manajemen kinerja.

Terakhir, paket Zen berharga $21 per karyawan setiap bulan. Ini termasuk modul well-being management module.

Kekurangan

  • Tidak memiliki versi uji coba
  • Zenefits tidak menawarkan perhitungan net-to-gross atau pembatalan penggajian yang mudah.
  • Struktur penetapan harga tidak membuatnya optimal untuk bisnis yang mencari platform penggajian mandiri.
  • Zenefits hanya menawarkan dukungan pelanggan melalui panggilan telepon dengan tiket daripada berdasarkan permintaan

Baca juga: Apa itu Payroll? Berikut Artinya, Proses, dan Tips Mengelola Payroll

9. Wave Payroll

Wave Payroll menawarkan layanan payroll manual dan otomatis hybrid. Jika Anda tinggal di salah satu negara bagian di mana Wave Payroll dapat mengajukan pajak untuk Anda (termasuk Indonesia), Anda dapat menggunakan Add-on yang memungkinkan Anda untuk menghitung pajak penghasila.

Proses payroll itu sendiri tidak otomatis, tetapi mudah untuk mengatur Wave Payroll dengan jadwal pembayaran Anda dan mendapatkan pengingat untuk menjalankan penggajian tepat waktu.

Karyawan dan pekerja kontrak dapat mengatur profil dan pajak mereka sendiri di portal karyawan, dan mereka akan dibayar tiga hari setelah Anda memproses penggajian jika mereka memilih setoran langsung.

Wave Payroll mencakup dasar-dasar yang Anda butuhkan untuk menjalankan penggajian untuk bisnis kecil.

Meskipun banyak fitur manual, seperti timesheets, namun prosesnya mudah dilakukan dan menjadikannya pilihan yang baik untuk pemilik bisnis baru yang tidak berpengalaman dalam menjalankan proses payroll.

Kekurangan

  • Tidak ada pengajuan pajak otomatis
  • Tidak ada layanan migrasi data; harus dilakukan secara manual
  • Proses payroll tidak otomatis
  • Tidak ada aplikasi seluler
  • Tidak ada layanan pengiriman surat (cek atau formulir pajak)

10. GajiHub

GajiHub memiliki fitur penghitungan payrollpengelolaan absensi, HRIS, perhitungan pajak PPh 21, BPJS, akuntansi, reimbursementmengelola asetmengelola cuti karyawan, sampai analisis data manajemen SDM.

Selain itu, GajiHub memudahkan bisnis dan karyawan Anda dengan employee self service (ESS) yang praktis dan perusahaan dapat mengundang karyawan untuk mengunduh aplikasinya melalui Playstore atau App Store, dan mereka kemudian dapat melihat slip gaji mereka dan mengirimkan informasi absen yang diperlukan.

Karena akses dilindungi oleh keamanan yang ketat, Anda dan karyawan dapat merasa tenang tentang risiko informasi sensitif jatuh ke tangan yang salah.

GajiHub sendiri juga merupakan software payroll yang sangat cocok untuk bisnis yang beroperasi di Indonesia dan sudah terintegrasi dengan sempurna dengan software akuntansi terbaik Kledo sehingga Anda mendapatkan solusi menyeluruh untuk proses operasional bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba menggunakan GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

Kekurangan

  • Hanya terintegrasi dengan software akuntansi Kledo (kedepannya akan banyak terintegrasi dengan aplikasi lain).
  • Paket harga hanya untuk per karyawan.

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan software HR dan Payroll yang bisa Anda gunakan beserta kelebihand an kekurangannya. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih software payroll adalah:

  • Anggaran: Menggunakan software payroll yang sesuai dengan bisnis mungkin akan membuat Anda mengeluarkan biaya. Tetapi menggunakan software yang tepat akan membantu mencegah kesalahan perhitungan payroll dan pajak dan berpotensi menghemat uang perusahaan Anda di masa depan.
  • Jumlah karyawan: Menangani payroll management secara manual adalah hal yang memakan banyak waktu jika Anda memiliki jumlah karyawan yang besar, tetapi ini mungkin merupakan pilihan yang baik untuk bisnis kecil dengan lebih sedikit karyawan.
  • Pengalaman Anda: Menggunakan software payroll dan HR mungkin mudah bagi Anda jika Anda memiliki pengalaman akuntansi atau HR sebelumnya. Jika Anda tidak memiliki pengalaman ini. Jika Anda belum memiliki pengalaman ini, pastikan Anda melakukan proses payroll manual untuk mengetahui kerangka kerjanya

Jika Anda sudah memahami tiga hal penting diatas, Anda bisa dengan mudah memilih  software payroll dan aplikasi HRIS yang tepat untuk bisnis Anda.

 

3 thoughts on “10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *