Fringe Benefit: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

fringe benefit 1

Fringe benefit adalah bentuk kompensasi selain upah yang terkadang ditawarkan pemberi kerja kepada karyawannya. Memahami berbagai jenis fringe benefitsyang tersedia dan nilainya dapat membantu Anda menentukan pemberi kerja mana yang paling cocok untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan fringe benefit dan mengetahui contoh-contoh jenis fringe benefits yang paling umum.

Apa yang Dimaksud dengan Fringe Benefit?

Fringe benefit atau tunjangan tambahan adalah tunjangan yang diterima karyawan selain gaji reguler mereka. Ini dapat mencakup apa saja, mulai dari asuransi kesehatan hingga makanan bersubsidi atau telepon perusahaan.

Meskipun beberapa fringe benefit diwajibkan, pemberi kerja juga dapat menawarkannya kepada karyawan untuk memberi penghargaan kepada mereka atau untuk memikat kandidat di masa depan.

Seringkali, pemberi kerja akan menawarkan tunjangan berdasarkan industri atau perusahaan itu sendiri. Misalnya, jika Anda bekerja di restoran, Anda mungkin ditawari makanan gratis. Jika Anda bekerja di pusat atletik, Anda mungkin ditawari kelas olahraga gratis.

Baca juga: Cost Benefit Analysis: Pengertian, Manfaat, Cara Melakukannya, Kelebihan, dan Kekurangannya

fringe benefit 2

Jenis-jenis Fringe Benefit

Berikut ini beberapa contoh fringe benefits yang mungkin Anda temui di perusahaan Anda saat ini atau di masa depan:

  • Opsi saham karyawan
  • Makanan gratis atau diskon
  • Keanggotaan gym gratis
  • Bantuan transportasi
  • Pengurangan atau bantuan biaya kuliah
  • Asuransi jiwa, gigi atau penglihatan
  • Penggantian biaya perawatan anak
  • Kendaraan milik perusahaan
  • Unlimited paid time off (PTO)

  • Diskon tiket taman hiburan
  • Kontribusi rencana pensiun
  • Telepon seluler perusahaan
  • Biaya pindah
  • Penginapan gratis atau diskon
  • Hari sakit berbayar

Opsi saham untuk karyawan

Opsi saham memungkinkan karyawan memiliki kepemilikan di perusahaan. Dalam hal ini, Anda dapat membeli saham dengan harga tetap dan mendapatkan uang (dalam nilai saham) saat perusahaan berkembang dan go public.

Makanan gratis atau diskon

Pemberi kerja mungkin menawarkan makanan gratis atau diskon sebagai tunjangan tambahan. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari makan siang gratis, kopi gratis, makan siang gratis pada hari Jumat, atau diskon untuk makanan atau makanan mereka jika Anda bekerja di tempat makan.

Baca juga: Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Melakukannya

Keanggotaan gym gratis

Banyak perusahaan saat ini menawarkan keanggotaan gym gratis atau diskon kepada karyawan mereka. Ini adalah manfaat tambahan yang sangat populer jika Anda bekerja di toko atletik. Jika perusahaan Anda memiliki gym internal, mereka mungkin memberi Anda akses gratis ke gym mereka.

Bantuan transportasi

Jika Anda pulang pergi ke tempat kerja, perusahaan Anda mungkin menawarkan bantuan transportasi. Ini bisa berarti penggantian penuh atau sebagian untuk bus, kereta api dan parkir, serta penggantian bahan bakar untuk mobil Anda.

Pengurangan atau bantuan biaya kuliah

Dalam beberapa kasus, pemberi kerja mungkin menawarkan bantuan untuk membayar biaya kuliah Anda. Dengan bantuan biaya kuliah, Anda akan dapat melanjutkan pendidikan Anda dan membawa pengetahuan itu ke tempat kerja.

Gelar lanjutan adalah investasi cerdas bagi pemberi kerja karena dapat meningkatkan keahlian dan kualitas pekerjaan Anda.

Baca juga: Pengertian Tunjangan: Ini Jenis dan Penjelasan Menurut Undang-Undang

Asuransi jiwa, gigi atau penglihatan

Beberapa perusahaan menawarkan karyawan mereka berbagai bentuk asuransi. Jenis asuransi dan rencana pertanggungan yang tersedia akan bervariasi dan pada akhirnya terserah Anda untuk memilih rencana yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda.

Penggantian biaya perawatan anak

Beberapa perusahaan menawarkan untuk membayar sebagian atau semua biaya penitipan anak Anda selama Anda bekerja. Yang lainnya menawarkan penitipan anak di tempat.

Kendaraan milik perusahaan

Jika posisi Anda membutuhkan perjalanan yang cukup jauh, perusahaan Anda mungkin menawarkan kendaraan milik perusahaan.

Ini adalah manfaat tambahan yang bagus bagi karyawan yang harus membayar sendiri biaya bensin dan menggunakan kendaraan biasa mereka untuk melakukan tanggung jawab pekerjaan mereka.

Unlimited paid time off (PTO)

Sementara beberapa perusahaan menawarkan sejumlah hari libur berbayar, janji hari libur tanpa batas adalah manfaat tambahan yang sedang naik daun di banyak tempat kerja. Sering kali, PTO tak terbatas tergantung pada ekspektasi kerja karyawan yang telah terpenuhi.

Baca juga: Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Diskon tiket taman hiburan

Diskon tiket ke taman hiburan adalah fringe benefit yang bagus bagi karyawan yang senang mengunjungi berbagai taman hiburan bersama teman atau keluarga.

Ini adalah cara yang bagus bagi pemberi kerja untuk menunjukkan bahwa mereka percaya pada keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Kontribusi rencana pensiun

Salah satu manfaat tambahan yang paling didambakan adalah program pensiun dari BPJS TK yang dikontribusikan pemberi kerja.

Program ini membantu Anda menabung untuk masa pensiun. Ketika pemberi kerja mencocokkan atau memberikan kontribusi yang memenuhi syarat untuk rencana program pensiun Anda, Anda akan melihat peningkatan jumlah pensiun Anda secara keseluruhan.

Telepon seluler perusahaan

Jika posisi Anda mengharuskan Anda menghabiskan waktu yang cukup lama di telepon, pemberi kerja mungkin menawarkan Anda telepon seluler perusahaan. Ini menghemat uang untuk biaya penggunaan bulanan serta harga telepon itu sendiri.

Biaya pindah

Pemberi kerja Anda mungkin menawarkan bantuan relokasi jika Anda belum tinggal di daerah tersebut. Pindah bisa jadi mahal, jadi meminta perusahaan membayar biaya-biaya ini bisa menjadi kenyamanan yang luar biasa.

Penginapan gratis atau diskon

Pemberi kerja mungkin menawarkan penginapan gratis atau diskon di hotel atau tempat serupa jika Anda melakukan perjalanan kerja. Misalnya, jika Anda berbicara di konferensi di kota lain, pemberi kerja Anda mungkin membayar biaya penginapan Anda di hotel.

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Cuti sakit berbayar

Sudah menjadi hal yang umum bagi sebagian besar pemberi kerja untuk menawarkan sejumlah cuti sakit berbayar per tahun untuk saat-saat ketika Anda sakit. Hari-hari ini merupakan tambahan dari bentuk cuti berbayar lainnya.

gajihub 1

Hal Penting Lainnya yang Harus Anda Ketahui Seputar Fringe Benefit

Berikut ini beberapa jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan yang mungkin Anda miliki tentang fringe benefits:

Apakah fringe benefit dikenakan pajak?

Jawaban singkatnya adalah ya. Meskipun fringe benefits dapat dikenakan pajak, undang-undang dapat mengecualikan manfaat tertentu, baik sebagian atau seluruhnya.

Beberapa manfaat tambahan bebas pajak mungkin termasuk yang berikut ini:

  • Fasilitas atletik
  • Bantuan perawatan tanggungan
  • Bantuan pendidikan
  • Diskon karyawan
  • Opsi saham karyawan
  • Telepon seluler yang disediakan perusahaan
  • Makanan
  • Tunjangan transportasi (perjalanan)

Apakah tunjangan tambahan dipotong dari gaji?

Anda akan melihat beberapa tunjangan dipotong dari gaji Anda sebelum pajak, seperti premi BPJS Ketengakerjaan

Tetapi tunjangan lainnya, seperti diskon dan penggantian keanggotaan, tidak akan tercermin dalam gaji atau upah Anda.

Apakah pajak penhasilan sama dengan fringe benefit?

Pajak penggajian tidaklah sama dengan fringe benefit. Pajak penggajian adalah potongan yang diambil dari gaji Anda untuk membayar pajak pajak penghasilan atau PPh 21 yang dikenakan Negara bagi setiap wajib pajak yang memiliki penghasilan.

Baca juga: Apa itu Tunjangan Jabatan? Ini Pengertian, Jenis, dan Nilainya

Kesimpulan

Kebijakan memberikan fringe benefit memang tidak mengikat untuk setiap perusahaan, namun kebijakan ini bisa menjadi pertimbangan yang penting ketika kandidat sedang mencari kerja di perusahaan Anda. Jadi, Anda bisa mempertimbangakan untuk mengadakan tunjangan seperti ini untuk memuaskan karyawan dan membuat calon karyawan tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda.

Pastikan juga Anda mencatat dan menghitung setiap komponen upah dan tunjangan karyawan dengan lebih mudah menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap.

Gajihub memiliki beberapa fitur terbaik untuk kemudahan pengelolaan HR dan penghitungan struktur upah dan tunjangan seluruh karyawan yang mudah digunakan dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub untuk proses pengelolaan payroll dan HR yang lebih baik secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Fringe Benefit: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *