Mengenal Berbagai Jenis Sistem Upah dan Cara Menghitungnya

sistem upah 1

Sistem upah dibagi menjadi beberapa jenis. Upah sendiri dalam arti luas berarti setiap kompensasi ekonomi yang dibayarkan oleh pemberi kerja di bawah beberapa kontrak kepada pekerjanya atas jasa yang diberikan oleh mereka. Oleh karena itu, upah termasuk tunjangan keluarga, uang bantuan, dukungan keuangan dan tunjangan lainnya.

Tetapi, dalam pengertian yang lebih sempit, upah adalah harga yang dibayarkan untuk jasa-jasa tenaga kerja dalam proses produksi dan hanya mencakup upah kinerja atau upah yang layak.

Tidak ada satu pun sistem pembayaran upah yang dapat dianggap berlaku secara universal, karena setiap unit bisnis dan industri memiliki kekhasan dan masalahnya sendiri untuk dipecahkan. Suatu sistem harus memenuhi persyaratan perusahaan yang bersangkutan.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas beberapa jenis sistem upah yang berlaku beserta cara menghitungnya dan juga kelebihan serta kekurangan dari berbagai sistem upah tersebut.

Mengenal Berbagai Jenis Sistem Upah

Upah, dalam arti luas berarti, setiap kompensasi ekonomi yang dibayarkan oleh pemberi kerja di bawah beberapa kontrak kepada pekerjanya atas jasa yang diberikan oleh mereka.

Oleh karena itu, upah termasuk tunjangan keluarga, uang bantuan, dukungan keuangan dan tunjangan lainnya. Tetapi, dalam arti sempit upah adalah harga yang dibayarkan untuk jasa-jasa tenaga kerja dalam proses produksi dan hanya mencakup upah kinerja atau upah yang layak.

Dasar-dasar pembayaran upah hanya ada dua – (1) Pembayaran berdasarkan waktu kerja, dan (2) Pembayaran untuk output.

Memang ada berbagai macam modifikasi dan penggabungan dari kedua prinsip ini, tetapi pada dasarnya keduanya tetap berbeda.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, sistem upah waktu akan mengadopsi waktu sebagai dasar remunerasi pekerja tanpa memperhitungkan unit yang dihasilkan.

Demikian pula, dalam bentuk pembayaran output yang paling sederhana, upah dibayarkan berdasarkan unit yang dihasilkan tanpa memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksinya.

Namun, dalam praktik aktual, sistem-sistem ini dalam bentuknya yang paling sederhana jarang diterapkan.

Sistem upah berdasarkan waktu tidak pernah sepenuhnya tanpa hubungan dengan output; karena pemberi kerja pasti mengharapkan sejumlah pekerjaan dari seorang pekerja yang dipekerjakannya, dan jika jumlah ini tidak diberikan, ia memberhentikannya.

Pembayaran berdasarkan output tidak pernah sepenuhnya tanpa hubungan dengan standar waktu; karena harga-harga selalu ditentukan sebagian besar oleh pendapatan yang merupakan standar kehidupan normal bagi pekerja yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Berikut adalah beberapa jenis sistem upah beserta kelebihan dan kekurangannya

1. Sistem upah berdasarkan waktu

Dalam sistem ini, waktu dijadikan dasar pembayaran. Sistem ini merupakan sistem upah yang tertua dan menawarkan kepada para pekerja sejumlah uang tertentu untuk periode waktu yang tetap tanpa memperhitungkan kuantitas pekerjaan yang dilakukan.

Pekerja dijamin dengan jumlah yang pasti, dan tarifnya bisa dikutip sekian banyak per jam, hari, minggu, dua minggu, atau bulan.

Pembayaran upah dapat dilakukan pada akhir hari, minggu, dua minggu, atau bulan, sesuai dengan kesepakatan bersama, dengan ketentuan bahwa tidak lebih dari satu bulan harus berlalu di antara dua periode upah.

Keuntungan:

Sistem upah waktu memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Kesederhanaan adalah manfaat terbesar dari sistem upah waktu. Waktu yang dikeluarkan seseorang untuk suatu pekerjaan mudah diukur.
  • Sistem ini memberikan rasa aman kepada pekerja yang sangat penting untuk mempertahankan minatnya dalam bekerja. Tidak ada bahaya pekerja kehilangan upahnya atau sebagian dari upahnya karena pengurangan sementara dalam efisiensinya akibat kecelakaan atau sakit yang tidak dapat dihindari.
  • Seorang pekerja, karena terjamin akan pendapatan tetap, dapat menyesuaikan pengeluarannya dengan pendapatannya dan mempertahankan standar tertentu.
  •  Tingkat waktu mendukung pekerjaan yang cermat, karena pekerja dapat menunjukkan keahliannya dan menikmati kesenangan dari produk yang sempurna tanpa kerugian apa pun baginya.
  • Kualitas pekerjaan tidak menurun, karena para pekerja tidak terburu-buru untuk meningkatkan output.
  • Sebagai akibat wajar dari hal ini, tidak ada penanganan mesin secara kasar yang merupakan keuntungan tersendiri bagi pemberi kerja.
  • Sistem ini membutuhkan perhatian administratif yang lebih sedikit daripada yang lain, dan membuat para pekerja tidak merasa puas dengan penundaan dan kerusakan.
  • Karena perhitungannya sederhana, Serikat Buruh menyukai sistem ini. Sistem ini juga menciptakan solidaritas kepentingan dengan setiap kelompok upah, karena upah standar selalu dibayarkan dan dapat dijadikan dasar negosiasi yang mudah dipahami.
  • Jika produktivitas pekerja tidak dapat diukur secara akurat karena produksi tidak terstandarisasi, sistem upah waktu adalah satu-satunya metode pembayaran upah yang adil.

Kekurangan

Sistem upah berdasarkan waktu memiliki kelemahan-kelemahan berikut ini:

  • Kelemahan utama dari sistem ini adalah bahwa sistem ini tidak membedakan antara pekerja yang efisien dan tidak efisien, serta antara pekerja yang jujur dan pekerja yang tidak jujur.
  • Karena pekerja yang baik dan buruk dibayar sama, sistem ini “menekan orang yang unggul”, karena tidak ada insentif untuk bekerja keras.
  • Basis waktu tidak memberikan dasar untuk menghargai pekerja yang baik dan menghukum si pemboros. Bahkan, sistem ini cenderung terjadi inefisiensi.
  • Karena sistem ini tidak mendorong pekerja untuk bekerja keras, maka menjadi tanggung jawab supervisor dan supervisor untuk menjaga agar pekerja tetap produktif.
  • Sistem ini mengizinkan banyak orang untuk bekerja pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan selera atau kemampuannya, padahal ia mungkin bisa berhasil dalam pekerjaan lain yang sesuai.
  • Penggabungan orang-orang ke dalam kelas-kelas tanpa menghiraukan karakter dan kinerja pribadi menyebabkan masalah majikan-karyawan.

Baca juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajiban

sistem upah 2

2. Sistem upah berdasarkan jumlah unit yang dihasilkan

Di bawah sistem ini, pekerja dibayar sesuai dengan jumlah pekerjaan yang dilakukan atau jumlah unit yang diselesaikan, tarif setiap unit ditetapkan di muka, terlepas dari waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tersebut.

Hal ini tidak berarti bahwa seorang pekerja dapat mengambil waktu berapa pun untuk menyelesaikan suatu pekerjaan karena jika kinerjanya jauh melebihi waktu yang diharapkan oleh pemberi kerja, biaya overhead untuk setiap unit barang akan meningkat.

Ada implikasi tidak langsung bahwa seorang pekerja tidak boleh mengambil waktu lebih dari waktu rata-rata. Jika ia secara konsisten mengambil waktu lebih dari waktu rata-rata, ia melakukannya dengan risiko kehilangan pekerjaannya.

Di bawah sistem ini, mereka yang bekerja dalam kondisi tertentu dan dengan mesin tertentu, dibayar persis sebanding dengan output fisiknya.

Dia dibayar dalam promosi langsung ke outputnya, jumlah aktual bayaran per unit layanan kira-kira sama dengan nilai marjinal layanannya dalam membantu menghasilkan output itu.

Sistem ini diadopsi secara umum dalam pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya berulang, di mana tugas-tugas dapat dengan mudah diukur, diperiksa dan dihitung.

Sistem ini sangat cocok untuk proses-proses yang terstandardisasi, dan menarik bagi para pekerja yang terampil dan efisien yang dapat meningkatkan penghasilan mereka dengan bekerja pada kapasitas penuh mereka.

Dalam menenun dan memintal di industri tekstil, pemeliharaan lokal di tambang, pemetikan daun di perkebunan, dan di industri sepatu, sistem ini bisa sangat berguna.

Tetapi penerapannya sulit dilakukan di mana berbagai shift yang berbeda dipekerjakan pada pekerjaan yang sama atau di mana berbagai macam kelas pekerja yang berbeda dipekerjakan pada jasa yang berbeda dan tidak terukur, seperti dalam industri gas dan listrik.

Penghasilan seorang pekerja dapat dihitung berdasarkan rumus berikut:

WE = N*R

di mana WE adalah penghasilan pekerja, N adalah jumlah barang yang dihasilkan dan R adalah tarif per barang.

Kelebihan

Sistem ini memiliki banyak keuntungan:

  • Sistem ini membayar pekerja sesuai dengan efisiensinya sebagaimana tercermin dalam jumlah pekerjaan yang dihasilkannya. Sistem ini memuaskan pekerja yang rajin dan efisien, karena ia mendapati bahwa efisiensinya dihargai secara memadai. Hal ini memberinya rangsangan langsung untuk meningkatkan produksinya.
  • Biaya pengawasan tidak begitu berat, karena pekerja tidak mungkin menghabiskan waktu mereka karena mereka tahu bahwa upah mereka tergantung pada jumlah pekerjaan yang dihasilkan oleh mereka.
  • Karena tertarik pada kelangsungan pekerjaannya, seorang pekerja cenderung lebih berhati-hati untuk mencegah kerusakan pada mesin atau di bengkel. Ini merupakan keuntungan yang cukup besar bagi manajemen, karena mengurangi biaya pemeliharaan pabrik.
  •  Karena biaya tenaga kerja langsung per unit produksi tetap tetap dan konstan, maka penghitungan biaya ketika mengisi tender dan estimasi menjadi lebih mudah.
  • Tidak hanya output dan upah yang meningkat, tetapi metode produksi juga diperbaiki, karena pekerja menuntut bahan yang bebas dari cacat dan mesin dalam kondisi berjalan sempurna.
  • Total biaya unit produksi turun dengan output yang lebih besar, karena beban overhead tetap dapat didistribusikan ke lebih banyak unit.

Baca juga: Contoh Kompensasi dan Jenisnya yang Wajib HR Ketahui

Kekurangan

Kekurangan dari sistem ini adalah:

  • Terlepas dari keuntungan-keuntungan yang diperoleh manajemen maupun para pekerja, sistem ini tidak terlalu disukai oleh para pekerja. Alasan utama untuk hal ini adalah bahwa penetapan harga borongan oleh pengusaha tidak dilakukan secara ilmiah.
  • Dalam kebanyakan kasus, ia menentukan tarif dengan metode rule-of-thumb, dan ketika ia menemukan bahwa para pekerja, rata-rata mendapatkan upah yang lebih tinggi dibandingkan dengan upah pekerja yang melakukan tugas yang sama berdasarkan tarif harian.
  • Karena para pekerja ingin melakukan pekerjaan mereka dengan kecepatan tinggi, mereka umumnya menggunakan lebih banyak tenaga, terlalu banyak bekerja dengan mesin, dan tidak berusaha menghindari pemborosan bahan. Hal ini mengakibatkan biaya produksi yang tinggi dan keuntungan yang lebih rendah.
  • Ada kemungkinan yang lebih besar terjadinya penurunan kualitas pekerjaan karena terlalu bersemangatnya para pekerja untuk meningkatkan produksi. Keinginan yang terlalu bersemangat ini bisa berdampak pada kesehatan mereka, yang mengakibatkan hilangnya efisiensi.
  • Hal ini mendorong terjadinya aksi serdadu; dan di sana “muncullah sistem kemunafikan dan penipuan, karena untuk menghindari pemotongan lebih lanjut, mereka mulai memproduksi lebih sedikit dan juga menganggap majikan mereka dan musuh-musuh mereka, untuk ditentang dalam segala hal yang mereka inginkan.”
  • Percepatan kerja yang berlebihan dapat mengakibatkan seringnya pabrik dan mesin-mesin rusak dan sering diganti.
  • Serikat buruh sering menentang sistem ini, karena mendorong persaingan di antara para pekerja dan membahayakan solidaritas mereka dalam perselisihan perburuhan.

3. Sistem upah borongan

Berbeda dengan upah berbasis waktu dan jumlah unit, sistem ini menjadikan kecepatan sebagai dasar pembayaran.

Sistem upah borongan didasarkan pada gagasan bahwa pekerja dipekerjakan untuk bekerja, bukan untuk berdiri saja, sehingga bayaran mereka didasarkan pada kuantitas pekerjaan yang mereka selesaikan secara memuaskan selama periode tertentu, yang disebut periode pembayaran.

Dengan demikian, seorang pekerja dibayar sesuai dengan kecepatan kerjanya, jumlah pekerjaan per hari, atau per minggu, bukan hanya jumlahnya.

Di bawah sistem ini, pekerja membuat semua keuntungan atau kerugian dari waktunya sendiri. Jika ia mempersingkat waktu yang digunakan, yaitu, bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi, ia menerima tidak kurang untuk pekerjaan yang diselesaikan, dan ia memperoleh waktu untuk menghasilkan pendapatan tambahan pada saat yang sama.

Jika ia mengambil waktu yang lebih lama, upahnya bisa jatuh di bawah upah waktu. Majikan juga mendapatkan keuntungan karena melalui kinerja yang cepat, beban pabrik yang harus dibebankan pada setiap bagian atau pekerjaan berkurang.

Para pengusaha menyukai sistem upah borongan di mana kerja borongan sulit dideteksi, seperti dalam pencetakan, di mana kecepatan sangat penting, seperti di bengkel kereta api; di mana pekerjaan dilakukan jauh dari tempat usaha pengusaha.

Sistem ini paling cocok untuk pekerjaan yang sifatnya berulang-ulang dan untuk perdagangan yang “sell-then-make“. Sistem ini telah berhasil diterapkan di pertambangan batu bara, industri tekstil, pabrik sepatu, dll.

Baca juga: Program BPJS Ketenagakerjaan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitungnya

Kelebihan

Sistem upah borongan menawarkan keuntungan-keuntungan berikut ini:

  • Karena pembayaran didasarkan pada hasil efisiensi, sistem ini mengakui prestasi. Oleh karena itu, sistem ini lebih adil daripada sistem upah waktu.
  • Sistem ini mendorong upaya sukarela, bukan “dorongan” di bawah sistem upah waktu, sehingga menciptakan suasana kemauan dan semangat kerja.
  • Total biaya berkurang, di mana biaya tenaga kerja langsung tetap konstan pada semua kecepatan kinerja, peningkatan jumlah pekerjaan per jam mengurangi biaya per jam karena pabrik dan manajemen. Ini menggambarkan proposisi bahwa upah yang lebih tinggi berarti biaya tenaga kerja yang lebih rendah.
  • Biaya tenaga kerja langsung per unit produk atau per pekerjaan menjadi jumlah tetap yang dapat diandalkan untuk digunakan dalam perhitungan biaya.

Kekurangan

Sistem upah borongan memiliki kelemahan berikut ini:

  • Upah borongan langsung tidak menjamin upah harian, sehingga seorang pekerja kadang-kadang bisa memperoleh penghasilan di bawah tingkat subsistensi karena beberapa faktor di luar kendalinya. Fluktuasi pendapatan merupakan sumber kekhawatiran dan gangguan yang terus-menerus bagi pekerja.
  • Meskipun pembayaran berdasarkan kecepatan memberikan insentif untuk volume yang lebih besar, hal ini menghambat kualitas dan penilaian.
  • Supervisor juga perlu memeriksa pekerjaan dengan cermat, karena sistem ini mendorong pengorbanan kualitas demi kuantitas.
  • Kecepatan tinggi membahayakan para pekerja dan juga menyulitkan mesin dan peralatan.
  • Sistem ini ditolak atas dasar etika karena mendorong keserakahan dan persaingan yang tidak sehat di antara para pekerja. Secara politis, upah borongan melemahkan serikat pekerja, dan penghasilan yang lebih tinggi cenderung mendorong ketidakhadiran.
  • Sebagai akibatnya, sistem ini mendorong terjadinya perang ekonomi karena untuk menghindari pemotongan lebih lanjut, para pekerja mulai memproduksi lebih sedikit, dan juga menganggap pemberi kerja mereka sebagai musuh, yang harus ditentang dalam segala hal yang mereka inginkan.

gajihub 2

Baca juga: Mengenal UU No 13 Tahun 2003 Tentang Ketanagakerjaan

4. Sistem grading

Jika Anda sedang mencari sistem upah sebagai ukuran perbaikan pada sistem berdasarkan waktu, sistem grading dapat Anda pilih berdasarkan upah normal atau sesuai dengan keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan tugas yang berbeda.

Setiap pekerja dinilai menurut kemampuannya dan ditempatkan di salah satu dari beberapa kelas yang berbeda, yang masing-masing upah minimumnya ditetapkan melalui perundingan bersama.

5. Sistem balanced or debt

Ini adalah kombinasi dari sistem tarif waktu dan borongan. Pekerja dijamin mendapatkan upah per jam atau per hari dengan tarif borongan alternatif.

Jika penghasilan seorang pekerja yang dihitung berdasarkan tarif borongan melebihi jumlah yang akan diperolehnya mereka akan dibayar berdasarkan waktu, ia mendapat kredit untuk saldo, yaitu kelebihan penghasilan tarif borongan atas penghasilan tarif waktu.

Jika penghasilan borongan sama dengan penghasilan berdasarkan waktu, jumlah kelebihan pembayaran tidak muncul.

Jika pendapatan upah borongan lebih kecil daripada pendapatan upah waktu, ia dibayar berdasarkan upah waktu; tetapi kelebihan yang dibayarkan kepadanya akan diteruskan sebagai utang terhadapnya untuk dipulihkan dari saldo pendapatan kerja borongan di masa depan atas pendapatan kerja waktu.

Sistem ini mengandaikan penetapan tarif waktu dan borongan atas dasar ilmiah.

Mari kita anggap bahwa tarif borongan untuk satu unit pekerjaan adalah Rp1.000 dan tarif waktu adalah Rp. 0,37% per jam, jam kerja mingguan adalah 40 dan jumlah unit yang harus diselesaikan selama 40 jam ini adalah 16 unit.

Akan terlihat bahwa debit selama minggu kedua sepenuhnya menghilangkan kredit Rp1.000 yang diperoleh selama minggu pertama.

Pekerja akan dibayar tarif waktu jaminannya, dalam hal ini Rp15.000, pada minggu pertama dan jumlah yang sama pada minggu kedua, meskipun penghasilannya selama minggu pertama adalah Rp.16.000 dan selama minggu kedua adalah Rp.14.000. Penyesuaian akan dilakukan secara berkala untuk mengetahui saldo yang harus dibayarkan kepadanya.

Manfaat nyata dari sistem ini adalah bahwa pekerja yang efisien memiliki kesempatan untuk meningkatkan upahnya.

Pada saat yang sama, pekerja dengan kemampuan biasa, dengan mendapatkan jaminan upah waktu, diberikan insentif yang cukup untuk mencapai standar yang sama meskipun kelebihan yang dibayarkan kepada mereka kemudian dikurangi dari saldo kredit mereka di masa depan.

Baca juga: Ketahui Prosedur PHK Karyawan Berdasarkan Aturan yang Berlaku

Kesimpulan

Mengetahui jenis sistem upah mana yang cocok untuk bisnis Anda sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki proses pengupahan yang optimal dan mendapatkan produktifitas yang baik dari karyawan Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam menghitung upah karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang akan membuat proses payroll dalam bisnis Anda menjadi lebih baik.

Keunggulan dari menggunakan Gajihub adalah fitur yang dimilikinya sangat banyak dan berlimpah. Berikut adalah beberapa fitur yang akan Anda dapatkan

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan Gajihub sebagai sistem yang akan memudahkan Anda dalam mengelola upah karyawan dengan mudah secara gratis melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *