Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

cv ats 1

Sistem pelacakan pelamar atau applicant tracking system (ATS) adalah software yang memindai resume atau CV untuk mencari kata kunci yang relevan terkait dengan keahlian, jabatan, dan latar belakang pendidikan pelamar.

Untuk meningkatkan peluang Anda lolos pemindaian ATS, Anda harus membuat CV Anda sesuai dengan ATS. Template CV ATS bisa membantu Anda, namun mempelajari cara kerja ATS juga akan membantu-karena Anda bisa membuat CV dari awal.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu ATS dan memberikan panduan tentang cara memformat CV dan resume Anda agar sesuai dengan ATS, serta membagikan template CV, contoh, dan jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan tentang CV ATS.

Apa yang Dimaksud dengan Applicant Tracking System?

Istilah ATS adalah singkatan dari applicant tracking system. Ini adalah program perangkat lunak yang mengotomatiskan bagian dari proses rekrutmen untuk bisnis.

Daripada seseorang memindai sekumpulan resume setiap hari untuk menentukan siapa di antara mereka yang mungkin cocok untuk peran yang terbuka, ATS melakukan pekerjaan yang memakan waktu ini-menyortir dan memindai lusinan, ratusan, atau ribuan resume dalam waktu yang singkat.

Bagaimana cara kerja ATS?

Ketika memindai surat lamaran, ATS mencari kata kunci dan/atau frasa, yang berasal langsung dari lowongan pekerjaan.

CV yang mencapai ambang batas tertentu dikirim ke manajer perekrutan dan perekrut untuk langkah selanjutnya dalam proses perekrutan, sementara surat lamaran yang berada di bawah ambang batas tidak akan melewati titik ini.

Baca juga: Kerja Cerdas: Ini Pentingnya dan Cara Melakukannya

7 Tips untuk CV yang ATS Friendly

Ketika membuat CV yang sesuai dengan ATS, Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa potensi kesalahan yang dapat membingungkan sistem pelacakan pelamar.

Untuk menghindarinya, berikut ini tujuh tips agar surat lamaran Anda berada di jalur yang benar:

1. Memilih jenis file CV yang tepat

Meskipun PDF sangat baik dalam menjaga data file tanpa mengorbankan integritas dokumen, namun dalam beberapa kasus, PDF tidak dapat digunakan dengan ATS. Ada beberapa jenis perangkat lunak pelacakan, namun tidak semua menerima file PDF.

Sebelum mengunggah surat lamatan Anda, pastikan Anda memeriksa daftar format file yang dapat diterima. Jika tidak mencantumkan PDF sebagai opsi yang dapat diterima, unggahlah CV ATS Anda dalam versi .doc atau .docx.

2. Terapkan pengoptimalan kata kunci

Seperti yang dikatakan, selama proses pemindaian, ATS akan mencari kata kunci spesifik yang ditetapkan oleh perusahaan. Surat lamaran yang dikirim tanpa kata kunci ini sering kali dibuang.

Salah satu cara terbaik untuk menentukan kata kunci apa yang bisa Anda gunakan adalah dengan membaca deskripsi pekerjaan yang disediakan dalam daftar.

Carilah istilah-istilah khusus untuk peran yang digunakan beberapa kali dalam iklan lowongan kerja tersebut. Semakin sering kata kunci tertentu digunakan, semakin penting Anda harus menggunakannya dalam surat lamaran Anda.

Tempatkan kata kunci ini seperlunya, namun hindari memenuhi CV Anda dengan kata kunci tersebut. Optimalkan CV ATS Anda dengan kata-kata yang spesifik dan relevan, namun biarkan surat lamaran Anda terbaca secara alami dan tata bahasa yang benar.

Baca juga: 11 Program Kerja HRD yang Harus Anda Ketahui

3. Gunakan template CV yang ATS friendly

Template surat lamaran yang ramah ATS dirancang untuk mendukung proses sistem pelacakan pelamar.

Bahkan ketika menggunakan praktik terbaik dan kata kunci yang tepat pada surat lamaran, Anda mungkin masih belum memenuhi standar yang ditetapkan dalam ATS.

Sistem ini mengurai teks dalam surat lamaran Anda dan mengimpor informasi berharga ke dalam profil.

Dengan menggunakan template, Anda dapat menghilangkan kekeliruan tersebut. Beberapa template telah diformat sebelumnya dengan mempertimbangkan ATS, menyortir informasi ke dalam beberapa bagian menggunakan kata kunci yang paling umum dan membuat informasi lebih mudah dipahami oleh ATS secara keseluruhan.

4. Hindari grafik, bagan, foto

ATS tidak dapat membaca gambar, bagan, dan grafik lainnya. Beberapa kandidat menunjukkan tingkat keahlian mereka di area tertentu dengan menunjukkannya dalam grafik atau tabel.

Satu-satunya cara agar ATS dapat menangkap informasi tersebut adalah jika informasi tersebut juga tertulis di bagian lain. Ketika memilih atau membuat template resume ATS, hindari hal ini sebisa mungkin.

5. Pilih font yang ramah ATS

Font yang ramah ATS adalah font sederhana yang mudah dibaca. Ini termasuk Arial, Calibri, Cambria, Garamond dan Georgia.

Ukuran font sebaiknya antara 10 dan 12 poin, yang pada akhirnya akan bergantung pada gaya yang Anda pilih. Sebagai contoh, berikut adalah perbandingan font satu sama lain dengan ukuran poin yang sama:

cv ats

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

6. Memberi label pada bagian CV dengan benar

Secara sederhana, pastikan bagian Anda diberi label dengan benar, seperti “Pengalaman,” “Pendidikan” dan “Keterampilan.” Seiring dengan kata kunci spesifik yang akan dicari oleh ATS, ATS juga akan mencari bagian-bagian ini dan membuat penilaian tentang apa yang ada di sana.

Tip: Selanjutnya, hindari penggunaan akronim, singkatan atau inisial, seperti “MBA.” Jika Anda menggunakannya, pastikan Anda menyertakan istilah lengkapnya, seperti Master of Business Administration.

7. Lupakan format CV yang mewah

Ini merupakan sebuah pelengkap untuk tips-tips lainnya, namun hindari format yang rumit saat membuat resume Anda.

Ingatlah bahwa ATS adalah perangkat lunak yang akan memindai resume Anda dalam hitungan detik. Resume yang sesuai dengan ATS adalah resume yang sederhana.

Ketika membuat surat lamaran untuk ATS, Anda harus mempertimbangkan beberapa perubahan ini. Sebagai contoh, sebagian besar ATS tidak dapat membaca dan memahami dengan baik item di dalam header dan footer, di mana orang akan sering menaruh informasi kontak mereka.

Baca juga: CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

Template CV ATS

Saat mencari atau merancang templat untuk resume yang sesuai dengan ATS, ikuti petunjuk di bawah ini untuk mulai membuat resume Anda dengan format dan struktur yang tepat:

Judul

[Cantumkan di sini nama dan jabatan Anda. Jika Anda menyertakan informasi kontak, letakkan di bagian bawah].

Ringkasan atau tujuan

[Meskipun ini bukan tempat yang paling umum untuk informasi kontak, ATS mencantumkan alamat email dan nomor telepon di dalam CV. Hasilnya, Jika informasi ini memiliki bagiannya sendiri di dalam body surat lamaran, ATS dapat mengidentifikasinya dengan mudah. Sertakan tujuan Anda di sini, jika perlu, bersama dengan informasi kontak].

Pendidikan atau pengalaman

[Bagian ini bisa berfokus pada pendidikan atau pengalaman, tergantung mana yang menurut Anda lebih penting untuk peran tersebut. Mana pun yang lebih penting, gunakan detail yang spesifik dan masukkan kata kunci yang sesuai jika perlu.

Di bagian pendidikan, cantumkan kelas atau proyek spesifik yang pernah Anda selesaikan, yang secara langsung berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Tambahkan satu baris yang menjelaskan apa yang Anda pelajari dari kelas dan/atau proyek tersebut dengan menggunakan kata kunci yang Anda pilih.

Di bagian pengalaman Anda, tuliskan secara detail fungsi dari setiap peran dan kata kunci plugin secara keseluruhan. Bagian mana pun yang Anda pilih untuk dicantumkan pertama kali, cantumkan bagian yang berlawanan setelahnya].

[Judul gelar] [Nama sekolah] [Tanggal kelulusan]

[Kelas yang relevan]
[Proyek yang relevan]

atau

[Judul pekerjaan] [Tanggal mulai bekerja] [Nama perusahaan] [Kota dan negara bagian perusahaan]

[Fungsi terperinci dari peran]

Keterampilan, keahlian, minat, atau pencapaian lainnya

[Bagian utama terakhir mencakup keterampilan, keahlian dan/atau pencapaian. Alih-alih mencantumkan keterampilan, buatlah daftar keterampilan dalam bentuk frasa atau kalimat pendek yang menjelaskan bagaimana dan di mana Anda menggunakannya. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk memasukkan beberapa kata kunci dan lebih mengoptimalkan resume Anda].

[Frasa singkat yang menjelaskan keahlian]
[Frasa singkat yang menjelaskan keahlian]
[Frasa pendek yang menjelaskan pencapaian]

Baca juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

cv ats 2

Contoh CV yang ATS Friendly

Contoh berikut ini menunjukkan template di atas yang berkaitan dengan peran pekerjaan tertentu.

CV ini untuk jabatan asisten administrasi yang berfokus pada kata kunci data, efisien, efektif, telepon, dan kemampuan beradaptasi:

Katie Garcia

Asisten administrasi dengan pengalaman lebih dari enam tahun dengan kompetensi administrasi yang berkembang dengan baik termasuk pembukuan dan keterampilan kesekretariatan lainnya.

08212565654 – KGarcia90@gmail.com – Depok, Jawa Barat, 10012

Pendidikan

Gelar Ahli Madya – Bantuan Administrasi – New York School of Business Administration – 2017

  • Menyelesaikan kursus online akuntansi di Kledo
  • Pelatihan ekstensif menggunakan spreadsheet dan formula digital secara efisien
  • Memperoleh sertifikat dalam Teknik Etiket Telepon

Pengalaman

Asisten Administrasi – The Johnson Firm – April 2014 – Juni 2019

  • Mengelola multi-line phone system
  • Mengelola faktur dan pembayaran klien dalam Kledo
  • Memasukkan data klien secara akurat dan efisien dalam spreadsheet Excel
  • Menunjukkan kemampuan beradaptasi yang tinggi saat perusahaan berkembang
  • Menjawab pertanyaan klien dalam aplikasi internal kami
  • Memenangkan penghargaan perusahaan untuk Outstanding Customer Service

Manajer Layanan Pelanggan – The Tee Store – Januari 2013 – Maret 2014

  • Menilai dan menjawab pertanyaan klien dengan akurat
  • Membantu dalam perekrutan karyawan baru dan fungsi orientasi dengan prinsip-prinsip SHRM
  • Memproses pembayaran dan pengembalian pelanggan dengan segera
  • Beradaptasi dengan perubahan cepat dengan peraturan dan regulasi ketenagakerjaan terbaru yang diperkenalkan pada tahun 2020

Keterampilan

  • Menjalankan tugas dengan pengetahuan tingkat lanjut di Word, Excel, dan PowerPoint
  • Beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kondisi, aturan, dan regulasi
  • Memasukkan data secara efektif ke dalam spreadsheet dan aplikasi lainnya
  • Bekerja dengan vendor pihak ketiga yang mengatur acara khusus
  • Berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja
  • Menyediakan layanan pelanggan kelas dunia

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Resign dari Pekerjaan

gajihub 2

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Apa yang membuat CV menjadi ATS friendly?

CV  yang ramah ATS adalah surat lamaran kerja yang mudah dibaca, artinya CV tersebut yang diformat secara sederhana dengan bagian atau judul yang jelas dan tidak ada tambahan yang berlebihan seperti foto, bagan, atau grafik.

CV ATS juga menampilkan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar dan disertakan dengan cara yang baik.

Apakah ada format CV yang paling ramah terhadap ATS?

Mengingat betapa mudahnya tata letaknya, pertimbangkan format kronologis terbalik untuk surat lamaran ATS Anda.

Format ini sederhana, menampilkan bagian yang jelas untuk nama/informasi kontak, ringkasan atau tujuan, pendidikan atau pengalaman dan keterampilan.

Format CV ini mencantumkan bagian pendidikan atau pengalaman Anda dalam urutan terbalik, dimulai dari yang terbaru.

Baca juga: Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara memilih kata kunci untuk CV ATS?

Pelajari deskripsi pekerjaan dalam daftar pekerjaan. Catat kata-kata yang diulang atau yang ditekankan oleh pemberi kerja, seperti dalam daftar berpoin.

Ambil kata kunci ini dan bandingkan dengan keahlian, pengalaman, dan kualifikasi Anda, dan temukan cara untuk (secara alami) memasukkan kata kunci tersebut ke dalam CV Anda.

Sistem pelacakan pelamar diprogram untuk mencari kata kunci, dan sumber terbaik Anda untuk menemukan kata kunci tersebut adalah daftar pekerjaan itu sendiri.

Apakah panjang halaman CV penting untuk ATS?

Tidak, dalam pemindaian ATS, panjang surat lamaran tidak menjadi masalah.

Baca juga: Cara Memasukan Professional Achievements dalam Resume Anda

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai CV ATS dan tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat surat lamaran yang ramah ATS.

Penggunakan ATS dalam proses rekruitmen memang sangat membantu tim HR untuk menyaring kandidat terbaik dengan mudah dan praktis.

Namun selain menggunakan ATS untuk mempermudah penyaringan kandidat, departemen HR juga memiliki banyak pekerjaan seperti pengelolaan payroll, tunjangan, sampai pajak penghasilan.

Untuk memudahkan semua proses ini, tim HR harus menggunakan tools modern lainnya untuk proses kerja yang lebih efisien, salah satunya adalah mengguanakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll, HR, dan absensi online buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh banyak pemilik bisnis untuk pengelolaan HR yang lebih optimal.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan penghitungan payroll yang terintegrasi dengan sistem pencatatan kehadiran, menyimpan seluruh data karyawan dalam satu platform, sampai memudahkan karyawan Anda untuk melakukan absensi, pengajuan cuti, dan menerima slip gaji hanya melalui smartphone.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melaui tautan ini.

2 thoughts on “Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *