Cara Membuat Perencanaan Komisi Business Development

komisi Business Development 1

Sedang mencari tips untuk penentuan komisi tim business development dalam bisnis Anda ?Profesional business development sendiri adalah orang bekerja di dalam perusahaan untuk membantu mengembangkan bisnis melalui kontak rutin dengan klien potensial, pertemuan untuk mempresentasikan layanan bisnis dan mengatur kesepakatan bisnis.

Bisnis dapat memberikan kompensasi kepada profesional business development melalui berbagai metode mulai dari gaji saja hingga campuran gaji dan komisi. Jika Anda mengelola tim profesional business development, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memberikan kompensasi kepada mereka dengan cara yang efektif untuk perusahaan Anda.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu komisi business development dan bagaimana membuat perencanaan komisi business development untuk usaha Anda.

Mengetahui Lebih Jauh tentang Komisi Business Development

Komisi business development adalah metode pembayaran profesional di bagian business development untuk bisnis yang bekerja sama ke perusahaan mereka. Meskipun komisi adalah hal yang umum bagi para profesional penjualan, tidak semua perusahaan mempertimbangkan untuk menawarkannya kepada tim business development mereka.

Memberikan kompensasi kepada tim business development Anda dapat membantu memotivasi mereka untuk mengembangkan bisnis dan memberi penghargaan atas kerja keras mereka. Jika Anda ingin memberikan kompensasi yang tepat kepada tim business development Anda, penting untuk membuat rencana bagaimana komisi ini ditentukan yang jelas bagi semua orang yang terlibat.

Baca juga: Pengertian Employee Engagement, Cara Ukur, dan Meningkatkannya

Cara Membuat Business Development Commission Plan

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk membuat business development commission plan:

1. Teliti model kompensasi yang potensial

Ada berbagai macam model komisi dan kompensasi yang bekerja untuk tim business development, jadi akan sangat membantu untuk meneliti apa yang telah dilakukan perusahaan lain yang berhasil.

Penting untuk dicatat bahwa model kompensasi yang bekerja untuk profesional penjualan mungkin tidak efektif untuk profesional business development, karena mereka yang bekerja dalam business development mungkin tidak memiliki kedekatan sebanyak profesional penjualan atau seorang sales.

Selain itu, tergantung pada industri dan jenis bisnis Anda, pekerjaan profesional business development mungkin jelas dalam beberapa bulan atau setahun.

Banyak perusahaan menawarkan tim business development mereka struktur kompensasi terpisah, dengan persentase tertentu sebagai gaji dan persentase tertentu direncanakan untuk komisi.

Rasio yang tepat dapat bervariasi menurut industri, perusahaan atau bahkan karyawan. Selain itu, perusahaan dapat menawarkan bonus dan komisi kepada karyawan karena melebihi kuota mereka.

Bagian lain dari komisi yang dapat dipertimbangkan adalah seberapa sering komisi dibayarkan dan jika ada komisi yang ditawarkan untuk seluruh tim berdasarkan tujuan tim, selain tujuan individu.

Baca juga: Standar Kebutuhan Hidup Layak: Ini Pedoman dan Peraturannya

2. Tentukan apa prioritas Anda

Model komisi yang berbeda mendorong jenis perilaku yang berbeda dalam tim business development Anda. Memahami bagaimana model-model ini dapat memengaruhi perilaku tim Anda dapat membantu Anda memutuskan apa prioritas Anda dalam hal business development.

Misalnya, insentif yang menguntungkan seluruh tim bisa meningkatkan kerja sama dan kekompakan tim, namun insentif ini juga bisa menyebabkan karyawan yang berkinerja tinggi merasa kesal dengan pembagian komisi dan karyawan yang kurang termotivasi mungkin tidak akan bekerja keras.

Demikian pula, jika Anda berharap untuk menarik karyawan business development baru, Anda mungkin perlu menawarkan insentif yang berbeda untuk meyakinkan mereka agar meninggalkan perusahaan mereka saat ini.

Hal ini sangat penting bagi perusahaan atau manajer yang membangun tim business development baru. Mempekerjakan talenta terbaik akan lebih menjadi prioritas bagi jenis perusahaan ini, sehingga prioritas yang terlibat pun berbeda.

Memutuskan perilaku apa yang ingin Anda dorong dan hargai serta menentukan apakah mungkin ada efek samping negatif dari penggunaan model tertentu adalah cara yang baik untuk memilih model atau model yang paling cocok untuk perusahaan Anda. Karena setiap perusahaan memiliki tujuan dan jadwal yang berbeda, memilih struktur komisi seringkali merupakan keputusan tunggal.

Baca juga: Open Door Policy: Pengertian, Manfaat, dan Cara Implementasinya

komisi Business Development 2

3. Tentukan apa yang Anda mampu

Faktor lain dalam menentukan model komisi mana yang ingin Anda gunakan adalah apa yang mampu Anda bayar sebagai perusahaan. Anggaran dan prioritas setiap perusahaan untuk business development mungkin berbeda.

Anda mungkin ingin menghindari pengeluaran tak terduga dengan memberi kompensasi kepada tim business development Anda lebih banyak melalui gaji dengan jumlah komisi yang kecil, atau Anda mungkin ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk mendorong bisnis baru sehingga Anda menawarkan komisi yang lebih tinggi dan gaji yang lebih rendah.

Satu hal yang penting untuk dicatat adalah bahwa jika Anda membayar profesional business development hanya dengan komisi, tanpa gaji, mereka kemungkinan tidak memenuhi syarat sebagai karyawan penuh waktu, tetapi biasanya merupakan kontraktor independen, dan ada beberapa aturan yang menyertainya.

Saat memutuskan model komisi, sebaiknya jalankan berbagai perhitungan untuk menentukan apa yang mungkin perlu Anda bayarkan kepada tim business development dalam skenario yang berbeda.

Anda juga bisa memutuskan untuk menawarkan pembayaran dalam berbagai struktur waktu yang mungkin memudahkan Anda untuk membayar komisi, seperti membayar komisi dalam jumlah waktu tertentu setelah kesepakatan dibuat dengan klien baru.

Baca juga: Strategi dan Tips Mengelola Biaya Gaji yang Efisien

4. Diskusikan dengan karyawan saat ini atau karyawan potensial

Setelah prioritas dan anggaran perusahaan dan manajer ditetapkan, akan sangat membantu untuk mendiskusikan model komisi potensial dengan karyawan business development saat ini atau karyawan business development potensial.

Jika saat ini tidak ada model komisi, karyawan saat ini mungkin memiliki pemikiran dan perasaan tentang bagaimana mereka lebih suka diberi kompensasi. Jika ada model komisi yang saat ini digunakan di perusahaan Anda, karyawan yang ada saat ini mungkin memiliki ide tentang cara meningkatkannya.

Karyawan potensial yang Anda harapkan untuk dipekerjakan juga bisa memberi Anda umpan balik tentang apa yang mereka cari untuk meninggalkan perusahaan mereka saat ini.

Baca juga: Download Template Cara Perhitungan Lembur Karyawan Excel

gajihub 2

5. Memotivasi perwakilan secara individu dan sebagai tim

Setelah Anda merasa tahu model komisi mana yang akan digunakan, akan berguna untuk mempertimbangkan bagaimana model tersebut memotivasi karyawan business development Anda secara individu dan sebagai tim.

Anda tidak diharuskan menawarkan struktur kompensasi yang sama persis kepada semua karyawan business development, meskipun ada alasan yang mungkin Anda inginkan, seperti mengurangi potensi karyawan yang kecewa jika mereka merasa orang lain mendapatkan kompensasi yang lebih baik dan merampingkan cara penghitungan komisi.

Namun, karena setiap orang termotivasi oleh hal-hal yang berbeda, Anda mungkin menemukan bahwa tim Anda mendapatkan manfaat dari kompensasi dan imbalan yang berbeda.

Untuk memotivasi tim Anda, Anda bisa menawarkan komisi dan imbalan lainnya untuk sasaran yang mereka capai sebagai tim, atau Anda juga bisa mendorong persaingan yang bersahabat di antara para profesional business development.

Tergantung pada ukuran perusahaan Anda, Anda mungkin hanya memiliki satu karyawan business development, dalam hal ini prioritasnya haruslah apa pun yang mereka butuhkan untuk memotivasi mereka dengan pemahaman bahwa jika tim tumbuh, komisi dan struktur imbalan lainnya dapat berubah. Apa pun model yang Anda pilih, model ini harus sesuai dengan tim Anda sekarang dan dapat disesuaikan dengan perubahan di masa mendatang.

Baca juga: 20 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Kesimpulan

Membuat business development commission plan atau perencanaan komisi business development yang baik akan membuat tim business development dalam bisnis Anda termotivasi dan memberikan output yang maksimal pada bisnis Anda.

Tips diatas akan membantu Anda untuk menemukan cara memberi kompensasi yang tepat dan juga meningkatkan peluang untuk menmdapatkan kandidat business development terbaik.

Lalu, pastikan juga Anda menggunakan tools HR dan payroll modern untuk mempermudah proses penghitungan komisi dan juga tunjangan seluruh karyawan Anda. Salah satu alat yang bisa Anda gunakan adalah software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh banyak pemilik bisnis untuk memudahkan proses pengelolaan dan penghitungan payroll, tunjangan, dan memantau data kehadiran karyawan.

Seluruh karyawan Anda juga akan dimudahkan karena Gajihub juga memiliki fitur ESS atau employee self service yang memungkinkan mereka melakukan pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, sampai melihat slip gaji hanya melalui smartphone.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Cara Membuat Perencanaan Komisi Business Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *