Tips Memilih Karyawan Fresh Graduate Bagi Bisnis

karyawan fresh graduate 1

Tidak diragukan lagi bahwa lulusan baru tahun 2020-2022 adalah angkatan lulusan yang paling terdampak oleh pandemi. Di satu sisi, kelompok muda dan energik ini telah melewatkan banyak peluang dan pengalaman yang mungkin relevan dengan dunia kerja pada umumnya, sehingga mereka layak untuk membangun karir dan bekerja sebagai karyawan fresh graduate.

Di sisi lain, sambil mencoba menyesuaikan diri dengan cara belajar yang baru, seperti webinar atau bootcamp secara online, mereka juga harus mencari cara untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka. Hingga saat ini, bahkan setelah mereka lulus, banyak yang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.

Jika Anda termasuk dalam pemilik bisnis atau bagian dari tim HR yang tertarik merekrut karyawan fresh graduate, Anda harus mengetahui apa saja keuntungan dalam merekrut mereka dan juga skill yang harus Anda perhatikan sebelum memilih kandidat yang tepat.

Mengapa Anda harus Mempekerjakan Karyawan Fresh Graduate?

Fresh graduate atau lulusan baru, yang sebagian besar terdiri dari Gen Z, memiliki begitu banyak potensi yang belum dimanfaatkan di dalam diri mereka, yang menunggu untuk dieksplorasi.

Terutama di dunia saat ini, para calon pemimpin masa depan ini memegang kunci untuk tenaga kerja masa depan. Mereka telah berkorban begitu banyak karena pandemi, namun mereka telah pulih dengan kuat, tidak menyerah untuk belajar dan secara aktif mencari peluang.

Manfaat Mempekerjakan Karyawan Fresh Graduate

Mereka paham teknologi

Fresh graduate saat ini tumbuh dikelilingi oleh teknologi, yang berarti mereka dapat dengan mudah mengadopsi teknologi baru yang mungkin Anda gunakan di organisasi Anda. Mereka merangkul era transformasi digital lebih baik daripada generasi lainnya.

Mereka berpikiran terbuka dan haus akan pengetahuan

Karena mereka masih baru di dunia kerja, para lulusan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bersedia mendengarkan saran, dan lebih terbuka terhadap ide.

Mereka juga sangat ingin belajar karena mereka ingin menyerap sebanyak mungkin pengetahuan dari karyawan yang lebih berpengalaman.

Mereka menawarkan perspektif yang baru

Kami mengibaratkan seorang fresh graduate sebagai kanvas kosong. Mereka tidak memiliki beban perusahaan di belakang punggung mereka seperti kebanyakan dari kita.

Jadi, mereka mungkin mengembangkan lebih sedikit kebiasaan kerja yang buruk dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Terserah kita untuk membimbing mereka menjadi pemimpin masa depan yang kita semua harapkan.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Resign dari Pekerjaan

Mereka lebih fleksibel dan mudah beradaptasi

Karena para fresh graduate lebih berpikiran terbuka, mereka juga lebih fleksibel. Pola pikir dan cara kerja mereka tidak diatur di atas batu, karena pandemi juga praktis memaksa mereka untuk dapat beradaptasi dalam situasi yang tidak terduga.

Mereka siap membuktikan diri

Bagi sebagian besar karyawan fresh graduate, pekerjaan yang Anda tawarkan mungkin adalah pekerjaan pertama mereka, mereka antusias dan siap membuktikan kepada Anda bahwa mereka berharga dan dapat mencapai hal-hal besar juga.

Mereka adalah pemikir kritis

Mereka siap mempertanyakan dan menantang cara-cara lama. Studi terbaru kami tentang Gen Z juga menemukan bahwa generasi ini memiliki keterampilan berpikir kritis yang sangat kuat dan mahir menggunakan keterampilan ini untuk memecahkan masalah.

Mereka terbiasa melakukan banyak tugas

Gen Z dikenal karena rentang perhatiannya yang pendek, jadi beralih di antara banyak tugas adalah hal yang alami bagi mereka. Mereka akan unggul dalam pekerjaan apa pun yang mengharuskan mereka melakukan banyak tugas.

Baca juga: Standar Kinerja: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Menetapkannya

Mereka lebih mandiri

Meskipun bekerja dalam tim bukanlah masalah, Gen Z dikenal lebih suka bekerja secara mandiri-dan mereka akan bersinar sebagai kontributor individu.

Mereka termotivasi oleh tujuan pribadi dan mengatasi tantangan sebagai individu. Oleh karena itu, organisasi dapat menggunakan ini untuk mendorong motivasi mereka.

Mereka membawa banyak energi

Para lulusan sangat energik, penuh ide, dan membawa banyak energi baru yang dibutuhkan organisasi Anda untuk tetap segar dan siap menghadapi tantangan.

Mereka bertekad untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli

Karena generasi ini telah menyaksikan efek negatif dari budaya kerja yang toxic pada generasi sebelumnya, mereka bertekad untuk mengubah ruang kerja ini menjadi lebih baik.

71% Gen Z menyatakan bahwa pekerjaan bukanlah prioritas nomor satu mereka. Sebaliknya, mereka menghargai work life balance dan kesejahteraan pribadi di atas pekerjaan, dan itu untuk alasan yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Perencanaan Komisi Business Development

karyawan fresh graduate 2

Keterampilan Apa yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Karyawan Fresh Graduate?

Menurut survei National Association of Colleges and Employers’ Job Outlook 2021, ada beberapa keterampilan khusus yang dicari untuk kandidat karyawan fresh graduate:

1. Tahu bagaimana memecahkan masalah

Salah satu keterampilan utama yang dicari pemberi kerja pada fresh graduate adalah pemecahan masalah. Menurut sebuah studi, 79% talent acquisition managers menginginkan kandidat fresh graduate yang menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik.

Meskipun banyak perusahaan yang hanya menguji keterampilan pemecahan masalah dalam wawancara, beberapa juga menggunakan penilaian gamified untuk menilai bagaimana seseorang akan menghadapi situasi yang kompleks, berpikir di bawah tekanan dan menemukan solusi cerdas untuk masalah baru.

Dalam lingkungan gamified, kandidat fresh graduate akan memiliki kesempatan untuk membuktikan kepada Anda bahwa mereka bisa menghadapi segala macam masalah di tempat kerja atau dari jarak jauh – terutama yang membutuhkan respons dan resolusi cepat.

Saat wawancara, kandidat harus menyiapkan anekdot yang menggambarkan dia sebagai pencari solusi.

2. Mampu bekerja dengan baik dalam tim

Tidak ada jalur karier yang menghindari kerja tim. Coba tebak, 81% profesional dalam tim HR ingin mengetahui bahwa Anda dapat berkolaborasi dengan baik dengan orang-orang yang memiliki kepribadian yang beragam.

Saat menjadi mahasiswa, keberhasilan akademis kita sepenuhnya tergantung pada diri sendiri, tempat kerja menuntut kita untuk menyelesaikan pekerjaan dalam sebuah tim.

Faktanya, sebagai karyawan, ketika kita bekerja sama dengan orang lain dan mampu memahami sudut pandang orang lain, Anda akan menghasilkan solusi yang kreatif dan inovatif.

Langkah-langkah pembatasan sosial yang disebabkan oleh virus corona telah menyebabkan meningkatnya pusat penilaian virtual atau digital.

Dan banyak perusahaan menyertakan diskusi kelompok atau latihan serupa dalam VAC test untuk menguji kemampuan kerja tim kandidat. Jadi, sebaiknya perusahaan mempersiapkan test ini untuk melakukan latihan kelompok sebelumnya dan mengasah kemampuan kerja tim Anda.

Baca juga: Pengertian Employee Engagement, Cara Ukur, dan Meningkatkannya

gajihub 2

3. Dapat berkomunikasi secara efektif

Mampu berkomunikasi dengan baik adalah salah satu keterampilan terpenting lainnya yang dicari pemberi kerja pada lulusan baru.

Ini tentang menjadi jelas, ringkas, dan pandai berbicara, dan ini termasuk komunikasi verbal dan tertulis, serta mendengarkan.

Kehebatan verbal Anda paling baik ditampilkan selama wawancara kerja, sementara keterampilan menulis paling baik tercermin dalam penilaian pra-kerja.

Hampir tujuh puluh dua persen profesional perekrutan yang disurvei mengatakan bahwa keterampilan komunikasi verbal yang baik sangat diperlukan bagi kandidat fresh graduate.

Bagaimanapun juga, cara mereka berbicara menentukan bagaimana rekan kerja akan memandang kandidat dan membentuk hubungan yang baik dengan mereka.

Tidak mengherankan, 73% manajer juga merasa bahwa kemahiran menulis adalah hard skill yang paling diinginkan di antara para anggota tenaga kerja baru.

4. Bisa memimpin

Banyak dari kita yang membatasi kepemimpinan hanya pada C-suite, tetapi kepemimpinan tidak hanya terbatas pada hal itu.

Kepemimpinan bukan hanya tentang mengelola orang dengan baik, tetapi juga tentang memotivasi karyawan untuk mencapai visi strategis Anda.

Ternyata, 68% manajer perekrutan menginginkan calon karyawan dengan keterampilan kepemimpinan yang hebat.

Meskipun terkadang kandidat fresh graduate merasa kesulitan untuk menunjukkan kemampuan kepemimpinan kepada perusahaan, Anda bisa melakukannya dengan melihat resume atau selama wawancara dengan menyoroti bagaimana mereka bisa menjadi seoarang pemimpin dalam proyek kelompok, dll.

Buktikan etos kerja kandidat kepada perusahaan, tunjukkan bahwa mereka memiliki pengaruh positif pada orang lain.

Baca juga: Open Door Policy: Pengertian, Manfaat, dan Cara Implementasinya

5. Siap beradaptasi dan menerima perubahan

Jika Anda bisa beradaptasi dan bertahan, Anda memiliki salah satu keterampilan yang paling diinginkan yang dicari pemberi kerja – tidak hanya pada fresh graduate, tetapi juga pada semua karyawan.

Job Outlook Survey 2021 mengungkapkan bahwa sekitar enam puluh enam persen manajer mencari fresh graduate yang dapat beradaptasi dengan situasi baru. Dan tentunya, keterampilan ini menjadi jauh lebih penting setelah pandemi.

Perekrut dapat menilai kemampuan beradaptasi kandidat fresh graduate dengan mengamati apa yang Anda lakukan dengan informasi baru yang dipelajari selama latihan pusat penilaian.

Misalnya, kandidat mungkin diberikan skenario studi kasus bisnis, sehingga pemberi kerja dapat menilai bagaimana ia akan mengubah solusi saat dihadapkan dengan aliran informasi baru.

6. Menunjukan kualitas kepemimpinan

Tentu saja, kandidat fresh graduate biasanya tidak akan langsung dipekerjakan sebagai manajer, tetapi Anda sebagai pemberi kerja mencari lulusan dengan kualitas kepemimpinan yang terasah dengan baik.

Misalnya, Anda mungkin menilai apakah kandidat memiliki potensi untuk memotivasi tim dan kolega dalam bisnis. Jika diperlukan, apakah mereka bisa menugaskan dan mendelegasikan tugas, menetapkan tenggat waktu, dan memimpin dengan contoh yang baik.

Pastkan kandidat menyebutkan pengalaman kepemimpinan meraka dalam resume, dan minta mereka untuk memberikan contoh yang relevan ketika Anda bertanya tentang hal tersebut dalam wawancara.

Beberapa perusahaan juga menggunakan alat bantu pra-penyaringan gamified yang mencakup SJT untuk menguji perilaku kandidat, jadi jangan lupa berlatih terlebih dahulu untuk mengenalinya.

Baca juga: Mengenal Berbagai Klasifikasi Pakaian Kerja Beserta Contohnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan mendalam mengenai manfaat dan hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kandidat karyawan fresh graduate dalam bisnis Anda yang berguna bagi Anda pemilik bisnis atau tim HR

Lulusan tahun 2020-2022 mungkin menjadi korban dari tragedi COVID-19, tetapi dengan potensi mereka yang tak terbatas dan menunggu untuk ditemukan oleh pemberi kerja, mereka akan menjadi pemenang di tempat kerja hari ini, besok.

Kurangnya pengalaman mereka seharusnya tidak menjadi alasan mengapa Anda tidak boleh mempekerjakan seorang frewsh graduate. Bahkan, perspektif mereka yang segar seharusnya menjadi alasan mengapa Anda perlu memberi mereka kesempatan.

Lalu untuk memudahkan Anda dalam mengelola seluruh data karyawan, Anda bisa menggunakan sistem HR dan payroll modern seperti menggunakan software payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yanng memiliki fitur terlengkap dan sangat mudah digunakan. Dengan menggunakan Gajihub, tim HR Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payroll dan tunjangan seluruh karyawan dengan lebih mudah dan praktis.

Di sisi lain, seluruh karyawan Anda juga akan mendapatkan kemudahan dengan proses pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, dan melihat slip gaji hanya melalui smartphone.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Gajihub dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

3 thoughts on “Tips Memilih Karyawan Fresh Graduate Bagi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *