Pengertian Job Enlargement, Manfaat, dan Contohnya

job enlargement 1

Job enlargement, juga dikenal sebagai perluasan pekerjaan, adalah alat yang digunakan banyak perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan anggota tim di tempat kerja.

Ketika perusahaan mengembangkan bisnis mereka, lebih banyak tugas yang diperlukan untuk memenuhi permintaan konsumen, saat itulah job enlargement menjadi alat yang tepat untuk mengelola anggota tim. Mempelajari konsep ini dapat membantu Anda memutuskan kapan harus menggunakannya dengan tim Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan job enlargement beserta contohnya dan menjelaskan keuntungan dan kerugian dari job enlargement bagi manajer dan anggota timnya.

Apa yang Dimaksud dengan Job Enlargement?

Job enlargement perluasan pekerjaan adalah penggabungan tugas-tugas pekerjaan di level yang sama dalam sebuah perusahaan. Menerapkan job enlargement akan memperluas cakupan masing-masing anggota tim untuk mencakup lebih banyak tugas dan tanggung jawab.

Dengan menggabungkan tugas-tugas, manajer meningkatkan minat dan keterlibatan dalam pekerjaan di antara tim mereka. Praktik perluasan pekerjaan yang efektif menghasilkan manfaat bagi manajer dan staf mereka, seperti tingkat produktivitas dan moral yang lebih tinggi.

Menggunakan model job enlargement meningkatkan jumlah tugas yang diberikan kepada individu, dan metode ini secara bertahap mendefinisikan ulang pekerjaan dengan meningkatkan tanggung jawab dan ekspektasi anggota tim.

Baca juga: 4 Jawaban Terbaik “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

Bagaimana job enlargement terjadi?

Job enlargement terjadi ketika industri mengevaluasi kembali tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan di dalam organisasi mereka dan menentukan bagaimana tugas-tugas pekerjaan yang dapat ditambahkan oleh manajer ke dalam peran tertentu untuk meningkatkan produktivitas sambil meminimalkan tugas-tugas yang monoton di peran lain.

Memerangi kebosanan untuk meningkatkan kepuasan dan retensi anggota tim adalah alasan perusahaan menerapkan model perluasan pekerjaan ini.

Manajer menggunakan job enlargement untuk membantu anggota tim tetap termotivasi dalam karier mereka. Ketika anggota tim dapat berkembang dan beradaptasi dengan tanggung jawab baru dalam pekerjaan mereka, akan lebih mudah untuk memasukkan inovasi tim ke dalam tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Ketika sebuah tim berubah seiring berjalannya waktu, mengembangkan teknologi baru dan berupaya merancang sistem dan cara kerja yang baru, penting untuk menemukan cara yang efektif untuk memperkenalkan proses-proses tersebut ke dalam budaya kerja.

Inilah sebabnya mengapa perluasan pekerjaan bisa sangat membantu. Hal ini menciptakan jalur bagi para manajer untuk membuat lebih baik lingkungan kerja dan meningkatkan kapasitas anggota tim mereka dari waktu ke waktu.

Baca juga: 12 Fungsi Human Resource Management (HRM)

job enlargement 2

Contoh Job Enlargement

Untuk memahami job enlargement secara lebih efektif, ada baiknya kita melihat beberapa contoh yang bisa terjadi di tempat kerja. Di bawah ini adalah tiga contohnya di tempat kerja:

Contoh penambahan tugas skala  kecil untuk membantu anggota tim meningkatkan keterampilan mereka

Terkadang manajer dapat menentukan kombinasi tugas terbaik untuk memperbesar keahlian anggota tim yang sudah ada dan membantu mereka menjadi lebih fleksibel.

Misalnya, anggota tim yang bekerja di jalur perakitan dapat bekerja merakit lebih banyak bagian dari keseluruhan produk sebelum meneruskan pekerjaan mereka ke tahap pengembangan berikutnya.

Seiring waktu, anggota tim menjadi lebih efisien dalam perannya dan mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang lebih kuat.

Contoh penggunaan job enlargement horizontal

Manajer atau pemimpin tim juga dapat menggunakan job enlargement secara horizontal untuk membantu anggota tim mereka mencapai potensi penuh mereka. Perluasan pekerjaan secara horizontal terjadi ketika manajemen meningkatkan jumlah tugas yang diberikan kepada anggota tim.

Sebagai contoh, seorang agen penjualan memproses 20 transaksi per hari, dan perusahaan meningkatkan output menjadi 40 penjualan per hari. Kuantitas pekerjaan meningkat, namun level jabatan dan jenis tugas tetap sama.

Jika anggota tim menunjukkan bahwa mereka dapat secara konsisten menangani peningkatan tugas ini, mereka mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat, seperti promosi atau kenaikan gaji di masa depan.

Contoh penggunaan pelatihan

Manajer terkadang menyediakan pelatihan internal atau menyewa tenaga profesional untuk membantu anggota tim mendapatkan pemahaman penuh tentang peran mereka.

Setelah pelatihan, perusahaan dapat menugaskan anggota staf yang lebih berpengalaman sebagai mentor atau pelatih untuk staf lainnya.

Pelatihan atau pendampingan merupakan metode yang efektif untuk mengembangkan pekerjaan karena kepemimpinan kolaboratif membantu anggota tim yang mengemban tanggung jawab tersebut untuk mengembangkan keterampilan yang dapat mereka gunakan di posisi yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Menjaga Hubungan Baik Karyawan dan Perusahaan

Keuntungan dari Job Enlargement

Job enlargement memiliki beberapa manfaat penting bagi manajer dan anggota tim. Beberapa keuntungan terbesarnya meliputi:

Peningkatan keterlibatan anggota tim

Ketika anggota tim Anda dapat mengerjakan berbagai tugas, hal ini akan meningkatkan kepuasan kerja dan umur panjang.

Pengembalian investasi bagi perusahaan meningkat ketika anggota tim bertahan lebih lama dan menikmati pekerjaan mereka. Variasi dalam pekerjaan membuat anggota tim lebih mudah untuk tetap fokus pada tugas mereka saat ini.

Fleksibilitas kerja

Ketika Anda berhasil menerapkan job enlargement, fleksibilitas kerja meningkat karena anggota tim dapat melakukan lebih banyak tugas daripada sebelumnya.

Misalnya, Anda dapat mengizinkan anggota tim untuk bekerja dari rumah sebagian waktu, atau mengizinkan beberapa anggota tim untuk bekerja dari rumah.

Fleksibilitas tugas dapat mengarah pada peningkatan pekerjaan, kepuasan yang lebih besar, dan produktivitas yang lebih tinggi.

Membangun tantangan positif

Tantangan tambahan yang dihadirkan oleh tugas dan proyek baru membuat anggota tim terlibat dalam tugas mereka dengan semangat baru.

Variasi pekerjaan memberikan kesempatan kepada anggota tim untuk menggunakan keahlian yang berbeda dan berkreasi dengan cara yang mungkin tidak dapat mereka gunakan sebelum ekspansi.

Misalnya, Anda dapat menantang anggota tim penjualan untuk mencapai angka penjualan mingguan yang melebihi kuota mereka dan memberikan bonus bagi anggota tim yang menyelesaikan tantangan tersebut.

Peluang pelatihan

Banyak anggota tim yang mengalami perluasan pekerjaan mungkin tidak memerlukan pelatihan tambahan. Kebutuhan akan pelatihan tergantung pada pendekatan masing-masing perusahaan terhadap metode horizontal untuk job enlargement.

Jika perusahaan memilih untuk menggabungkan tugas-tugas pekerjaan yang tidak terkait satu sama lain, maka manajer dapat memberikan pelatihan tambahan yang memungkinkan anggota tim untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru yang penting.

Baca juga: Pengertian ADDIE Model Dalam Proses Pelatihan dan Cara Membuatnya

Pertumbuhan individu

Perluasan pekerjaan membantu individu untuk mengembangkan stamina dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dengan lebih efektif.

Jika perusahaan ingin mempromosikan seseorang ke posisi penyelia, mereka dapat menentukan kandidat terbaik berdasarkan siapa yang dapat mengambil tugas tambahan dan menyelesaikannya dengan mudah.

Anggota tim yang menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang penting saat bekerja dengan baik di bawah tekanan dapat menunjukkan bahwa mereka siap untuk promosi di masa depan.

Pengembangan soft skill

Kesempatan untuk mengembangkan soft skill seperti disiplin diri adalah hasil positif lain dari praktik job enlargement.

Menggunakan keterampilan baru untuk memungkinkan metode dan sistem kerja yang inovatif adalah tantangan yang patut dikejar.

Contoh lain dari soft skill yang dapat diperoleh anggota tim dari proses perluasan pekerjaan adalah manajemen waktu, organisasi, komunikasi, dan inovasi.

gajihub 2

Baca juga: Pengertian Training Needs Analysis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Tantangan dari Job Enlargement

Job enlargement memang memiliki beberapa kekurangan, jadi penting untuk memiliki rencana jika situasi ini terjadi. Beberapa tantangan dari job enlargement meliputi:

Kemungkinan turunnya semangat kerja

Anggota tim yang ditugaskan dengan tanggung jawab yang semakin besar dengan gaji yang sama dan dengan tetap mempertahankan posisi yang sama, dapat kehilangan motivasi dari waktu ke waktu.

Untuk mengimbangi efek ini, pertimbangkan untuk menawarkan program insentif kepada tim Anda. Misalnya, Anda bisa memberikan kenaikan gaji seiring dengan bertambahnya tanggung jawab pekerjaan untuk anggota tim tertentu.

Produksi yang lebih lambat untuk sementara

Job enlargement memerlukan biaya pelatihan dan berdampak pada produksi selama masa transisi.  Untuk mengelola biaya pelatihan dengan lebih baik, pertimbangkan pelatihan internal yang berfokus secara khusus untuk mengajari anggota tim cara menerapkan pembinaan dan dukungan yang efektif.

Menciptakan sistem seperti ini juga dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan anggota tim Anda untuk job enlargement mereka.

Baca juga: RACI Matrix: Pengertian, Komponen, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Terjadinya job creep

Salah satu kerugian yang umum terjadi adalah insiden yang dikenal sebagai job creep atau peningkatan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan secara konstan tanpa ada cara untuk menyeimbangkannya secara efektif.

Seiring waktu, job creep dapat menyebabkan ketidakpuasan kerja bagi sebagian orang. Untuk menghindari job creep, Anda dapat merancang sistem dukungan untuk mengatur praktik pembagian tugas dan mendorong kolaborasi di antara rekan kerja yang menjalankan peran serupa.

Meningkatnya stres

Terlalu banyak tugas terkadang dapat membuat pekerjaan menjadi berat dan membuat anggota tim stres. Untuk mengurangi stres akibat pekerjaan, manajer dapat menjadwalkan waktu bagi staf untuk bersosialisasi atau sekadar bersantai.

Strategi pembangunan tim dapat membantu meningkatkan semangat kerja, menciptakan budaya kerja positif yang menyatukan anggota tim sebagai sebuah tim.

Baca juga: Tips Memilih Karyawan Fresh Graduate Bagi Bisnis

Kesimpulan

Job enlargement memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, setiap kasus harus dinilai secara individual apakah job enlargement masuk akal atau tidak.

Hal ini akan tergantung pada keadaan unik dari pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk meminta bantuan spesialis seperti manajer HR atau spesialis pengembangan organisasi untuk berkonsultasi dengan manajer mengenai apakah job enlargement (atau bentuk perluasan pekerjaan lainnya) masuk akal atau tidak bagi seorang karyawan.

Selain itu, pastikan tim HR Anda memiliki sistem pengelolaan SDM yang modern untuk memudahkan mereka dalam mengambil keputusan terkait proses tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang sudah digunakan banyak tim HR untuk mengelola proses payroll, tunjangan, manajemen data karyawan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan menggunakan Gajihub, seluruh karyawan Anda juga bisa mendapatkan kemudahan proses pencatatan kehadiran karyawan, pengajuan cuti, dan melihat slip gaji hanya melalui smartphone. Lebih praktis dan mudah.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Job Enlargement, Manfaat, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *