4 Jawaban Terbaik “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

mengapa kami harus menerima Anda 1

Pemberi kerja mengajukan berbagai pertanyaan selama wawancara kerja untuk menentukan apakah Anda cocok dengan budaya perusahaan, apakah Anda bisa sukses dalam peran tersebut, dan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang mereka. Salah satu pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pemberi kerja saat wawancara kerja adalah “Mengapa kami harus menerima Anda?”

Meskipun ini mungkin terlihat seperti pertanyaan wawancara yang sulit, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan jawaban yang bijaksana dan mengesankan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa pewawancara mengajukan pertanyaan mengapa kami harus menerima atau mempekerjakan Anda dan bagaimana cara terbaik untuk menjawabnya.

Mengapa Anda Ditanya “Mengapa Kami harus Menerima atau Mempekerjakan Anda?”

Pemberi kerja mungkin menanyakan pertanyaan terbuka ini untuk mempelajari beberapa hal tentang Anda secara spesifik, termasuk:

  • Apa yang membedakan Anda: Pewawancara ingin mengetahui apa yang membedakan Anda dengan kandidat lain yang mungkin mereka wawancarai untuk pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, apa yang akan diperoleh perusahaan dengan mempekerjakan Anda secara khusus daripada kandidat lain yang diwawancarai?
  • Bagaimana Anda menangani situasi sulit: Karena pertanyaan ini berpotensi membuat kandidat bingung, mungkin sulit untuk menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang terbaik untuk sebuah pekerjaan dengan cara yang rendah hati dan bijaksana.

Tips: Meskipun persiapan sangat dianjurkan, Anda juga tidak harus menghafal jawaban Anda kata demi kata. Melakukan hal ini bisa membuat Anda terlihat seperti robot atau tidak otentik selama wawancara.

Baca juga: 12 Fungsi Human Resource Management (HRM)

Kesempatan yang diberikan oleh pertanyaan ini kepada Anda

Pertanyaan “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?” memungkinkan Anda untuk menyampaikan kecocokan Anda dengan pekerjaan yang ditawarkan dan mengapa Anda akan menjadi aset bagi perusahaan. Menjawabnya dengan baik akan meningkatkan peluang Anda untuk maju dalam proses perekrutan.

Sebagai contoh, Anda dapat mempertimbangkan untuk berbicara tentang “culture add” atau kemampuan Anda untuk membawa ide-ide segar dan umpan balik ke dalam tim.

Culture add membuat perusahaan lebih kuat dengan mendiversifikasi pengalaman dan perspektif tenaga kerjanya.

Bagaimana Cara Menjawab “Mengapa Kami harus Menerima Anda?”

Meskipun pertanyaan wawancara kerja ini mungkin terlihat samar dan mengintimidasi untuk dijawab, namun sebenarnya ini bisa menjadi sangat sederhana dengan mempersiapkan jawaban yang percaya diri sebelumnya.

Luangkan waktu untuk merencanakan jawaban yang matang untuk pertanyaan ini sebelum wawancara.

Pertanyaan ini bisa ditanyakan pada setiap tahap proses wawancara – dari pra-seleksi hingga wawancara akhir. Saat mempersiapkan jawaban Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan langkah-langkah berikut ini untuk menyusun jawaban Anda:

1. Mempelajari lowongan pekerjaan

Untuk memahami keahlian, kualitas, dan pengalaman spesifik yang dicari oleh pemberi kerja pada kandidat yang ideal, pelajari lowongan pekerjaan dan buatlah catatan.

Berikan perhatian khusus pada deskripsi pekerjaan dan bagian-bagian seperti “Persyaratan,” “Pengalaman” dan “Pendidikan.” Carilah kesamaan antara apa yang dicari oleh pemberi kerja dengan keterampilan, pengalaman, dan kualitas yang Anda miliki dan dapat Anda tawarkan jika diterima.

Baca juga: Cara Membuat Tentang Saya di CV agar Menarik

2. Teliti perusahaan

Meluangkan waktu untuk meneliti misi, tujuan, dan pengumuman terbaru perusahaan dapat membantu Anda menjawab pertanyaan “Mengapa kami harus menerima Anda?” Anda harus menggunakan informasi ini untuk menjelaskan bagaimana Anda terhubung dengan nilai-nilai perusahaan dan bagaimana Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan bisnis utama.

3. Kaitkan latar belakang Anda dengan lowongan pekerjaan

Jelaskan bagaimana pengalaman, keahlian, dan atribut Anda membuat Anda paling cocok untuk pekerjaan yang berkaitan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Anda harus menjawab setiap persyaratan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan, ditambah dengan kualitas tambahan yang membuat Anda cocok.

4. Mengukur pencapaian Anda

Jika memungkinkan, dukung pencapaian Anda dengan hasil numerik. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai akuntan di sebuah perusahaan yang mencari seseorang untuk merampingkan proses, Anda bisa menjelaskan bahwa di perusahaan Anda sebelumnya, Anda menerapkan proses baru untuk akun pengeluaran yang mengurangi waktu untuk reimbursement sebesar 25%.

5. Pertimbangkan apa yang membedakan Anda

Pikirkan tentang kualitas atau pengalaman yang relevan yang akan membedakan Anda dari kandidat lain.

Misalnya, jika Anda pernah memegang posisi profesional atau sukarelawan sebelumnya yang memberikan Anda perspektif unik yang bermanfaat untuk pekerjaan yang Anda lamar, hal itu bisa menjadi sesuatu yang membedakan Anda.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Email Permintaan Tidak Masuk Kerja

mengapa kami harus menerima Anda 2

Contoh Jawaban untuk “Mengapa Kami harus Menerima Anda?”

Gunakan contoh-contoh di bawah ini sebagai panduan saat menyiapkan jawaban Anda sendiri:

1. Perusahaan harus mempekerjakan saya karena passion saya

Perusahaan harus mempekerjakan saya karena semangat dan kemampuan saya yang telah terbukti dalam berorganisasi untuk efisiensi kantor. Saya bangga dengan kemampuan manajemen waktu, koordinasi, dan interpersonal saya.

Dalam peran saya sebelumnya sebagai asisten administrasi, saya membuat rencana untuk menata ulang lemari perlengkapan kantor berdasarkan kategori. Kami membeli lebih sedikit dan menghemat 30% untuk perlengkapan kantor dari tahun ke tahun. Saya sangat senang bisa membawa keterampilan saya ke peran in

Mengapa ini merupakan contoh yang baik?

Tanggapan ini adalah tanggapan yang kuat karena menyoroti beberapa kualifikasi kunci yang konsisten dengan posisi pekerjaan, sekaligus juga menyoroti sebuah pencapaian kunci yang berharga bagi tempat kerja terakhir kandidat.

2. Perusahaan harus mempekerjakan saya karena pengalaman saya

Pengalaman saya dalam mengelola manajemen persediaan secara akurat dan keterampilan dalam membuat jadwal yang efektif dan efisien membuat saya memiliki kualifikasi yang unik untuk berhasil dalam posisi manajer dapur ini. Saya mengerti bahwa Anda membutuhkan kandidat yang sangat terorganisir dengan perhatian terhadap detail.

Dalam pekerjaan saya sebelumnya, saya berhasil menangani jadwal untuk 20 karyawan dan mengurangi food waste sebesar 15%. Saya senang dengan prospek untuk membawa keterampilan organisasi saya ke restoran Anda.

Mengapa ini adalah contoh yang bagus?

Di sini, pencari kerja melakukan pekerjaan yang baik dalam menunjukkan antusiasme mereka untuk peran terbuka dengan menyoroti kualifikasi spesifik yang akan membantu mereka unggul dan dengan sekali lagi menyebutkan kegembiraan mereka atas kesempatan ini.

Baca juga: Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

3. Perusahaan harus mempekerjakan saya karena kemampuan saya yang sudah terbukti

Perusahaan harus mempekerjakan saya untuk posisi ini karena kemampuan saya yang telah terbukti dalam menjaga hubungan interpersonal yang kuat dengan beberapa klien.

Saya bersemangat untuk memberikan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan di komunitas saya, yang membuat saya termotivasi dan bersemangat untuk melakukan pekerjaan terbaik saya.

Saya mengerti bahwa Anda membutuhkan kandidat yang dapat secara konsisten hadir di berbagai janji yang dibuat oleh klien. Saya memiliki tingkat kehadiran 100% untuk proses kasus mingguan dan pertemuan untuk klien saya.

Selain itu, saya dapat membawa pengalaman kepemimpinan kepada tim Anda, setelah melatih lebih dari 20 karyawan baru agar terbiasa dengan operasi sehari-hari dan merasa nyaman dengan peran baru mereka.

Mengapa ini merupakan contoh yang baik?

Contoh ini menyeluruh dan bijaksana. Dengan contoh di atas, pencari kerja menunjukkan bahwa mereka memahami persyaratan posisi tersebut. Mereka telah menyertakan pencapaian yang dapat diukur dan telah melampaui batas dengan membicarakan pengalaman kepemimpinan mereka.

4. Perusahaan harus mempekerjakan saya karena dorongan saya

Karena saya baru saja lulus dengan gelar sarjana komunikasi, saya bisa membawa praktik email marketing modern ke perusahaan Anda. Magang saya sebagai email marketers untuk perusahaan start up perangkat lunak digital membekali saya dengan pengalaman membuat konten yang berdampak dalam lingkungan yang bergerak cepat.

Saya berkontribusi pada kampanye email yang meningkatkan tingkat keterlibatan sebesar 8%. Pengalaman ini, ditambah dengan pengetahuan yang saya dapatkan di sekolah tentang membuat dan mempromosikan pesan yang sukses di ranah tradisional dan digital, membuat saya yakin bahwa saya akan menjadi aset yang berharga bagi tim pemasaran email Anda.

Mengapa ini merupakan contoh yang baik?

Contoh di atas merupakan jawaban yang singkat namun mendetail ini, ada banyak informasi yang dibagikan dan semuanya relevan dengan pekerjaan.

Kandidat berhasil mengaitkan pengalaman magang mereka dengan pekerjaan dan bagaimana mereka bisa membantu tim, sambil menekankan dorongan mereka untuk bekerja di bidang ini-dengan gelar yang mereka dapatkan dan target yang mereka capai selama magang baru-baru ini.

Baca juga: Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Contoh tambahan

Berikut adalah beberapa contoh tambahan untuk membangun jawaban Anda terhadap pertanyaan “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?”:

  • Anda memiliki semangat untuk pekerjaan ini dan kemampuan yang telah terbukti.
  • Anda memiliki pengalaman yang berbeda di bidang ini.
  • Anda memiliki dorongan dan tekad yang luar biasa untuk sukses.Anda memiliki keahlian unik yang membedakan Anda dari kandidat lain.
  • Anda dapat meningkatkan kemampuan tim mereka saat ini.
  • Anda memiliki keyakinan yang mendalam terhadap misi perusahaan.
  • Anda merasa terhubung dengan perusahaan dan budaya tim.

gajihub 3

Baca juga: Cara Memasukan Professional Achievements dalam Resume Anda

Lalu, Apa yang Tidak Boleh Dikatakan?

Ketika menjawab pertanyaan seperti “Mengapa kami harus menerima Anda?”, ada beberapa hal yang harus Anda hindari:

Terkesan sombong atau terlalu percaya diri

Jika dalam jawaban Anda, terlihat oleh pemberi kerja bahwa Anda terlalu sombong, hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana Anda sebagai karyawan dan bagian dari tim.

Berbicara terlalu lama

Jaga agar jawaban Anda tetap ringkas-dua menit atau kurang adalah waktu yang ideal untuk menjawab. Jika jawaban Anda lebih dari dua menit, Anda berisiko kehilangan perhatian pewawancara.

Mengucapkan kata-kata “Saya tidak tahu.”

Pewawancara mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui apa yang membuat Anda berbeda dan mengapa Anda merasa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Mereka ingin mendengar jawaban yang percaya diri sebagai tanggapan, dan jika Anda mengatakan “Saya tidak tahu,” ini akan memberi tahu mereka banyak hal tentang bagaimana Anda memandang kemampuan Anda dan mengapa Anda melamar peran tersebut.

Berbohong

Dalam jawaban Anda, Anda harus jujur dan otentik. Anda mendapatkan wawancara karena perusahaan menganggap lamaran, resume dan/atau surat lamaran Anda mengesankan. Anda tidak perlu berbohong atau melebih-lebihkan pengalaman, keahlian, atau kualifikasi Anda.

Baca juga: Tips Menjawab Apa Kelebihan Anda dalam Interview

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan contoh jawaban pertanyaan “mengapa kami harus menerima Anda?” dalam sesi wawancara.

Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, perusahaan ingin mengetahui secara mendalam tentang diri Anda, pengalaman, dan tingkat kepercayaan diri Anda dalam proses kerja nantinya.

Pastikan Anda memiliki jawaban yang jujur dan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang Anda lamar untuk meningkatkan kemungkinan Anda diterima di perusahaan tersebut.

Disisi lain sebagai pemilik bisnis atau tim HR, Anda juga harus memiliki pemahaman tentang skill yang dibutuhkan oleh berbagai jabatan di perusahaan Anda. Pastikan juga Anda membuat iklan lowongan pekerjaan yang jelas dan detail supaya Anda mendapatkan kandidat yang sesuai.

Lalu, gunakan juga sistem HR yang modern untuk memudahkan proses manajemen data karyawan, pengelolaan payroll, penghitungan tunjangan dan pajak, sampai kemudahan pencatatan kehadiran karyawan.

Jika Anda menginginkan semua solusi ini, Anda bisa menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang sudah dipercaya oleh banyak pemilik bisnis dan tim HR dalam pengelolaan proses payroll yang lebih mudah dan lebih baik.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

4 thoughts on “4 Jawaban Terbaik “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *