20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

pekerjaan dengan gaji tertinggi

Upah atau gaji menjadi bagian penting yang dipertimbangkan ketika seseorang bekerja. Semakin tinggi penawaran gaji yang diberikan, semakin besar juga minat untuk memilih pekerjaan tersebut. Ada beberapa pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang menjadi impian banyak orang.

Selama ini banyak yang menganggap pekerjaan dengan gaji tertinggi adalah dokter, padahal selain dokter masih ada banyak pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Ingin tahu apa saja pekerjaan tersebut? Yuk baca penjelasan yang ada di bawah ini:

20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Berikut 20 pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan karir Anda:

1. Corporate Suite Roles

Pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia adalah corporate suite roles. Corporate suite roles adalah mereka yang menduduki posisi chief atau direktur. Mereka yang menempati posisi corporate suite rules ini antara lain Chief Excecutive Officier, Chief Financial Officier, hingga Chief Operating Officier.

Mereka yang ada di posisi ini memiliki gaji sebesar Rp150 juta hingga Rp250 per bulan. Chief Suite bisa mendapatkan gaji sebesar ini adalah mereka yang di perusahaan yang sudah selevel dengan unicorn atau di atasnya.

2. Ahli Pertambangan

Selain chief di perusahaan, pekerjaan yang menawarkan gaji besar adalah ahli pertambangan. Pasti Anda sudah tidak asing jika menyebut pekerjaan ini memiliki gaji yang tinggi, bukan?

Meski memiliki gaji yang tinggi, ternyata pekerjaan di bidang ini memiliki peluang yang cukup kecil alias jarang ada lowongan. Bukan hanya itu, untuk bisa bekerja sebagai ahli pertambangan juga dibutuhkan keahlian khusus.

Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai ahli pertambangan ini? Salah satu risiko yang harus diterima adalah Anda harus siap bekerja jauh dari keluarga. Ini mengingat lokasi pertambangan biasanya jauh dari lokasi pemukiman penduduk.

Selain risiko itu, masih ada risiko lainnya yang harus diambil oleh pekerja ahli pertambangan ini. Makanya tidak heran jika pekerjaan ini menawarkan gaji yang besar.

gajihub 6

3. Kepala Keuangan

Kepala keuangan juga menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan. Kepala keuangan atau head of finance ini memiliki tanggung jawab terhadap keuangan organisasi atau perusahaan, melakukan pengawasan di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi, dan juga memastikan keuntungan bisnis.

Seorang kepala keuangan memiliki gaji hingga Rp115 juta per bulan. Ini pastinya sesuai dengan besarnya tanggung jawab yang diembannya. Bertanggung jawab dengan keuangan dan keuntungan suatu perusahaan pasti bukan hal yang mudah.

Baca Juga: 8 Jenis Struktur Peningkatan Gaji Karyawan dan Tips Memilihnya

4. Country Sales Management

Salah satu departemen yang perannya sangat penting bagi perusahaan adalah departemen penjualan. Departemen ini juga yang akan mendapatkan kompensasi yang baik ketika bisa melakukan penjualan dengan baik.

Seorang country sales management bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp113 juta hingga Rp175 juta dan disesuaikan dengan industri tempat ia bekerja dan jumlah penjualan yang dilakukan. Semakin besar perusahaan tempat bekerja dan semakin besar volume penjualan yang dilakukan maka akan semakin besar pula gaji yang diterima.

5. Dokter Spesialis

pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia

Dokter spesialis menjadi pekerjaan dengan gaji tertinggi selanjutnya? Siapa nih yang pernah bercita-cita menjadi seorang dokter? Dokter spesialis adalah dokter dengan gaji tertinggi, khususnya bagi spesialis seperti spesialis bedah syaraf dan spesialis bedah.

Untuk dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit pemerintah bisa mendapatkan gaji hingga Rp10 juta dan bagi yang bekerja di rumah sakit swasta bisa mendapatkan gaji hingga Rp50 juta per bulan.

Namun untuk menjadi seorang dokter spesialis, Anda harus melalui berbagai pendidikan mulai dari Pendidikan Dokter setelah lulus SMA dengan gelas S.Ked, kemudian coas dan mengikuti ujian dokter untuk mendapatkan gelar profesi dokter, kemudian mengikuti internship, dan terakhir pendidikan dokter spesialis yang membutuhkan waktu 4 tahun.

Baca Juga: Tugas Manajer SDM, Skill, dan Ciri Manajer SDM yang Baik

6. Head of Risk

Head of risk merupakan mereka yang bekerja untuk melindungi perusahaan dari segala risiko, mulai dari risiko keuangan, risiko kepatuhan, hingga risiko strategis. Untuk bisa bekerja sebagai head of risk, Anda harus memiliki gelar terkini dan memahami regulasi serta peraturan terkini yang terus mengalami perubahan.

Head of risko berperan dalam pencegahan dan menjadi kunci untuk melindungi perusahaan dari risiko yang ada di masa depan. Seorang head of risk bisa mendapatkan gaji hingga Rp150 juta per bulan.

7. Direktur Pemasaran

Selain departemen penjualan, departemen pemasaran juga menjadi bagian paling penting yang akan mendatangkan customer di perusahaan. Salah satu tugas dari departemen pemasaran ini adalah meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness dan meningkatkan jangkauan pasar.

Direktur pemasaran menjadi posisi yang memiliki gaji tinggi. Seseorang yang memiliki posisi ini haruslah seseorang yang inovatif dan mampu mencoba hal-hal baru. Direktur pemasaran juga harus bisa memberikan ide-ide kreatif yang akan bermanfaat bagi penjualan produk.

Buat Anda yang tertarik dengan posisi ini, ada gaji yang akan menanti Anda yakni sebesar Rp110 juta hingga Rp150 juta per bulan. Besarnya gaji ini disesuaikan dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Baca Juga: 10 Contoh Tenaga Kerja Rohani di Indonesia

8. Project Management Director

Project management director atau direktur manajemen proyek adalah mereka yang bekerja mengatur dan menyelesaikan proyek. Pekerjaan ini memiliki sejumlah tanggung jawab yang disesuaikan dengan industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola oleh poject management director ini.

Karena menjadi kunci dalam mengatur dan menyelesaikan proyek jualan, tanggung jawab pekerjaan ini cukup besar. Tidak heran jika seorang project management director bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp130 juta hingga Rp140 juta per bulan.

9. Programmer

Programmer atau pekerjaan di bidang IT menjadi pekerjaan yang menawarkan gaji yang besar. Terlebih di tengah dunia yang serba digital dan perkembangan teknologi informasi, membuat programmer banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Anda bisa masuk ke semua jenis perusahaan karena saat ini semua perusahaan membutuhkan internet dan teknologi informasi lainnya. Gimana, tertarik untuk menjadi seorang programmer?

Bagi programmer pemula di perusahaan rintisan bisa mendapatkan gaji hingga Rp10 juta per bulan. Jika sudah berpengalaman, Anda bisa mendapatkan gaji hingga Rp200 juta per bulan bahkan hingga miliaran rupiah.

Baca Juga: Tips Sukses di Jabatan Baru Ini Wajib Anda Lakukan

10. Pengacara

Pengacara menjadi pekerjaan  dengan gaji tinggi selanjutnya. Pekerjaan ini memiliki peran penting bagi klien, bahkan bisa dibilang bisa menentukan hidup dan mati klien.

Semakin banyak keberhasilan kasus yang ditangani, maka semakin besar gaji yang akan didapatkan. Reputasi pengacara juga menjadi penentu banyaknya klien yang datang. Dengan perannya yang besar, tidak heran jika seorang pengacara bisa mendapatkan upah hingga Rp50 juta per bulan.

11. HR Manager

Seorang HR manager bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp15 juta hingga Rp100 juta sesuai dengan perusahaan tempat ia bekerja. HR manager memiliki tanggung jawab mengidentifikan bakat dan keterampilan organisasi, mengkoordinasi program intensif karyawan, mengikuti perkembangan hukum ketenagakerjaan, mengelola umpan balik dan kesejahteraan karyawaan, hingga mengkoordinasi berbagai fungsi administrasi.

Baca Juga: Kerja Cerdas: Ini Pentingnya dan Cara Melakukannya

12. Content Manager

Masih dari divisi pemasaran, content manager juga menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi yang ada di Indonesia. Seorang content manager bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp8 juta hingga Rp30 juta per bulan.

13. Digital Marketing Strategist

Selain content manager, masih dari divisi pemasaran, digital marketing strategist juga memiliki gaji yang tinggi. Seorang digital marketing strategis memiliki tugas membuat strategi yang berhubungan dengan digital marketing atau pemasaran digital.

Seseorang dengan pekerjaan ini harus bisa membuat strategi yang tepat agar pemasaran produk bisa berjalan dengan baik. Selain itu, seorang digital marketing strategist juga harus bisa meningkatkan kesadaran merek sehingga semakin banyak orang yang tertarik dengan produk yang dijual.

Baca Juga: Karier Anda Stagnan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

14. Kepala Pengadaan

Seorang kepala pengadaan memiliki peran dalam mengawasi pembelian perusahaan. Kepala pengadaan bertanggung jawab terhadap penetapan strategi dan kebijakan pembelian sembari memenuhi anggaran perusahaan dan persyaratan operasional lainnya.

Untuk itu diperlukan riset pasar, manajemen, negosiasi, hingga keterampilan komunikasi. Kepala pengadaan dalam melakukan pekerjaannya akan bekerja sama dengan tim keuangan dan logistik. Tidak heran jika pekerjaan ini bisa mendapatkan gaji hingga Rp99 juta per bulan.

15. Direktur Teknik

Seorang direktur teknik memiliki tanggung jawab pemimpin departemen teknik atau engeneering di perusahaan. Tanggung jawab ini antara lain merencanakan dan mengarahkan semua aspek yang berhubungan dengan teknik, mulai mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengola proyek dan anggaran teknik.

Atas besarnya tanggung jawab tersebut, seorang direktur tekni mendapatkan gaji hingga Rp119 juta per bulan.

gajihub 3

16. Pilot

Seorang pilot memiliki tanggung jawab dan risiko yang besar ketika menjalankan pekerjaannya yakni mengendarai pesawat terbang. Tidak heran jika pekerjaan satu ini bisa mendapatkan gaji yang tinggi yakni Rp20 juta hingga Rp40 juta.

17. Cyber Security Engineering

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah cyber security engineering yakni insinyur yang bekerja di bagian keamanan data dan sistem. Tugas utama seorang cyber security engineering adalah menjaga keamanan sistem perusahaan, menemukan celah keamanan, dan memperbaikinya.

Saat ini banyak cyber security engineering bekerja secara freelance baik itu di perusahaan nasional atau internasional. Karena jangkauan perusahaannya yang luas tidak heran untuk gaji tertingginya bisa mencapai Rp2 miliar.

Baca Juga: Karyawan Kutu Loncat: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

18. Wirausaha

Wirausaha menjadi daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi selanjutnya. Meski sebenarnya wirausaha tidak mendapatkan gaji yang tetap setiap bulannya, namun wirausahawan memiliki kesempatan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada pekerjaan lainnya.

19. Staf Perbankan

Bagi seorang lulusan baru atau fresh graduate, staf perbankan memiliki gaji yang sangat lumayan yakni mulai dari Rp5 juta. Bukan hanya itu, staf perbankan juga memiliki jenjang karir yang baik, sehingga bisa mendapatkan gaji yang lebih besar lagi.

20. Arsitek

Siapa nih yang punya cita-cita menjadi arsitek? Arsitek merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab dalam mendesain suatu bangunan, baik itu rumah ataupun bangunan lainnya.

Seorang arsitek bekerja mulai dari mendesain hingga rumah selesai dibuat. Tertarik dengan pekerjaan satu ini? Anda bisa menjadi seorang arsitek dengan menempuh pendidikan S1 arsitektur dan melanjutkan profesi insinyur.

Baca Juga: 4 Jawaban Terbaik “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 20 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Gaji merupakan salah satu bagian yang menjadi hak karyawan dan tanggung jawab perusahaan.

Perusahaan harus bisa mengelola gaji dengan baik sehingga hak karyawan bisa dipenuhi. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk melakukan penghitungan gaji karyawan.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan, termasuk penghitung gaji karyawan. Yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *