Tugas Manajer SDM, Skill, dan Ciri Manajer SDM yang Baik

tugas manajer SDM 1

Manajer sumber daya manusia atau SDM memiliki tugas penting dalam membangun budaya kerja suatu organisasi. Mereka mengendalikan penciptaan dan pengembangan program yang meningkatkan kinerja karyawan dan output yang mereka hasilkan.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun strategi dengan tim manajemen eksekutif tentang tujuan dan memberikan pembaruan status bila diperlukan.

Dalam artikel ini, kami membahas tentang apa saja tugas manajer SDM, keterampilan  yang dibutuhkan manajer SDM, dan juga ciri-ciri manajer SDM yang baik untuk sebuah bisnis.

Apa itu Manajemen SDM?

Manajemen sumber daya manusia atau SDM adalah proses yang digunakan untuk mengelola karyawan yang bekerja untuk suatu organisasi.

Kinerja departemen sumber daya manusia sangat penting bagi keberhasilan karyawan, umur panjang mereka, pertumbuhan jangka panjang dan pelaksanaan tujuan yang ditetapkan oleh manajer departemen.

Para profesional sumber daya manusia memainkan peran sentral dalam mendorong pertumbuhan budaya perusahaan dan keterampilan karyawan.

Karyawan dalam divisi sumber daya manusia dapat melakukannya dengan sangat mendorong kolaborasi antar karyawan, menggunakan metrik statistik untuk melacak kinerja karyawan, dan mengambil tindakan yang relevan yang memupuk perkembangan karyawan.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa, Fungsi dan Juga Komponennya

Apa Saja Tugas Manajer SDM?

Tugas manajer SDM cukup beragam mulai dari harus merekrut, mewawancarai dan mempekerjakan pelamar yang melamar posisi di perusahaan.

Mereka dapat memposting lowongan pekerjaan di situs web perusahaan dan situs lowongan pekerjaan yang menjelaskan deskripsinya, kualifikasinya, dan instruksi lamaran.

Selain itu, mereka membuat prosedur mengenai kinerja karyawan, proses perusahaan, dan kepatuhan terhadap peraturan tergantung pada industrinya. Beberapa tugas lainnya termasuk:

  • Mengawasi anggaran sumber daya manusia dan merencanakan acara komunitas dan pertemuan perusahaan dengan sumber daya yang dialokasikan oleh tim eksekutif.
  • Menyusun strategi dengan eksekutif tentang sasaran tahunan yang terkait dengan kinerja karyawan.
  • Mengikuti rapat perusahaan dengan semua tingkat manajemen.
  • Memproduksi materi edukasi dan buku pegangan karyawan untuk menginformasikan semua karyawan tentang proses perusahaan.
  • Menetapkan alur kerja standar pada metode perekrutan dan perekrutan untuk menarik talenta terbaik secara nasional.
  • Menerapkan praktik pelibatan karyawan untuk meningkatkan semangat kerja.
  • Melatih silang para manajer dalam memberikan umpan balik dan menjalankan prosedur disipliner.
  • Berbicara dengan karyawan tentang laporan yang mereka kirimkan ke departemen sumber daya manusia.
  • Membangun struktur gaji dan upah untuk semua karyawan dalam organisasi.
  • Mengirim dan mengumpulkan survei dari semua karyawan tentang proses manajerial perusahaan.
  • Membuat paket tunjangan hemat biaya yang memenuhi standar yang tercantum dalam kebijakan perusahaan.
  • Mengubah buku pegangan karyawan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua undang-undang ketenagakerjaan negara Indonesia.
  • Memberikan solusi dan memperjelas tujuan tentang rekomendasi perubahan kebijakan perusahaan kepada tim eksekutif.

Baca juga: 16 Tipe Kepribadian Myers-Briggs di Tempat Kerja

Keterampilan yang Diperlukan untuk Menjadi Manajemen SDM

Berikut adalah keterampilan yang akan membantu Anda menjadi manajer sumber daya manusia untuk bisa menjalai tugas manajer SDM yang sukses:

Keterampilan kepemimpinan

Seorang manajer sumber daya manusia perlu membuat keputusan cepat dan memimpin proyek-proyek yang meningkatkan vitalitas dan keahlian karyawan dan manajer mereka.

Program-program yang diterapkan oleh seorang manajer sumber daya manusia harus memotivasi karyawan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan organisasi dan membantu mengembangkan nilai profesional mereka.

Catat alur kerja tugas-tugas Anda untuk melihat apakah Anda dapat merampingkan atau mendelegasikan tugas yang sesuai.

Keterampilan berorganisasi

Peran manajer sumber daya manusia mengharuskan mereka untuk mahir dalam pengorganisasian, sehingga mereka dapat tetap fokus pada tugas-tugas prioritas yang lebih tinggi dan mengalokasikan waktu yang cukup untuk menyelesaikannya.

Anda mungkin berada dalam posisi untuk mengorganisir jika Anda bekerja dengan sejumlah besar data yang terkait dengan kompensasi atau resume dan surat lamaran pelamar.

Periksa kembali untuk melihat apakah Anda bisa mengotomatisasi banyak tugas Anda dan apakah Anda perlu menerapkan sistem manajemen proyek untuk memvisualisasikan daftar tugas Anda.

Keterampilan komunikasi

Mampu berkomunikasi secara efektif adalah inti dari menjadi seorang manajer sumber daya manusia. Anda berkomunikasi dengan anggota staf garis depan, manajer dan eksekutif setiap hari.

Oleh karena itu, Anda harus hadir dengan siapa Anda berinteraksi sambil memperhatikan tugas-tugas yang akan datang.

Situasi mungkin muncul ketika Anda akan berbicara di depan umum tentang suatu peristiwa yang juga memengaruhi perusahaan. Anda harus siap untuk mengatasi emosi karyawan dan berempati terhadap sudut pandang mereka tentang situasi tersebut.

Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam dialog jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengamati dan mendengarkan karyawan.

Baca juga: Perencanaan SDM: Pengertian, Fungsi, dan Tahapannya

Keterampilan kolaboratif

Seorang manajer sumber daya manusia sangat bergantung pada anggota timnya. Mereka bekerja sama dengan karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja dan dengan para manajer tentang sasaran yang ingin mereka capai selama tahun mendatang.

Luangkan waktu untuk membimbing karyawan entry-level dan karyawan magang di departemen Anda untuk menunjukkan minat Anda pada kemajuan mereka.

Keterampilan memecahkan masalah

Karyawan mungkin mendekati Anda jika mereka mengalami masalah atau menyaksikan suatu peristiwa di tempat kerja.

Anda perlu menggabungkan keterampilan komunikasi Anda dengan keterampilan pemecahan masalah untuk mendokumentasikan semua perspektif secara akurat dan mengambil tindakan.

Anda dapat berkoordinasi dengan CEO dan staf eksekutif perusahaan Anda jika Anda memerlukan umpan balik, tetapi Anda perlu menampilkan penilaian terbaik Anda untuk mendapatkan hasil terbaik bagi organisasi dan karyawan.

Baca juga: 8 Fungsi Manajemen SDM Bagi Bisnis

tugas manajer SDM 2

15 Ciri Manajer SDM yang Baik

Berikut ini adalah 15 kualitas manajer SDM yang sukses dan kompeten:

1. Memiliki pengetahuan tentang praktik-praktik SDM

Manajer SDM yang efektif harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang terminologi, metode, dan praktik terbaik dalam sumber daya manusia.

Pertimbangkan untuk mendapatkan gelar associate, sarjana atau master dalam manajemen sumber daya manusia. Ada juga organisasi yang menyediakan sertifikat SDM melalui kursus online.

2. Etika

Departemen SDM sering kali bertanggung jawab untuk menegakkan kebijakan perusahaan. Ini berarti manajer SDM harus dapat dipercaya dan menunjukkan integritas dalam segala situasi.

Manajer SDM juga mengelola informasi pribadi dan sensitif karyawan, yang harus mereka jaga kerahasiaan dan keamanannya. Sebuah organisasi harus bergantung pada tim SDM untuk bersikap jujur dan bijaksana.

3. Mudah dihubungi

Karyawan sering mendiskusikan topik-topik sensitif dengan manajer SDM. Manajer SDM yang sukses dapat didekati, mendorong karyawan untuk mengemukakan masalah profesional atau pribadi yang dapat memengaruhi pekerjaan mereka.

Pertimbangkan kebijakan pintu terbuka dengan organisasi Anda untuk mendorong jalur komunikasi yang terbuka. Menjadi mudah didekati menggabungkan sifat-sifat berikut:

  • Empati
  • Memahami
  • Reseptif

4. Terorganisir

Manajer SDM menangani berbagai tanggung jawab, mulai dari penggajian dan tunjangan hingga proyek layanan masyarakat.

Manajer SDM yang paling sukses terorganisir, mampu melacak tenggat waktu, mengelola berbagai peran dan menemukan informasi penting dengan cepat.

Baca juga: Sistem Informasi SDM: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

5. Mampu berkomunikasi dengan baik

Keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting bagi seorang manajer SDM. Mereka bekerja dengan semua tingkatan dalam organisasi untuk berbagi informasi, membuat rekomendasi dan menjelaskan kebijakan, selain berbicara dengan vendor dan pihak ketiga lainnya.

Manajer SDM sering kali menjadi orang pertama yang ditemui kandidat pekerjaan, yang menciptakan kesan pertama mereka terhadap perusahaan.

Manajer SDM harus mampu mendengarkan dengan baik, mengkomunikasikan ide-ide dengan jelas dan mendefinisikan budaya organisasi.

Manajer SDM harus menunjukkan keterampilan komunikasi berikut ini:

  • To the point
  • Penulis yang baik
  • Nyaman memberikan presentasi kepada kelompok besar
  • Mampu menjelaskan topik-topik teknis atau kompleks dengan cara yang dapat dipahami orang awam

6. Tertata

Manajer SDM mungkin berurusan dengan situasi yang penuh emosi di tempat kerja. Mereka mungkin harus menyampaikan berita yang tidak menyenangkan, menegakkan tindakan disipliner, memecat karyawan, atau menengahi pertengkaran di antara karyawan.

Penting bagi para profesional SDM untuk tetap tenang dalam situasi tegang dan menerapkan strategi untuk meredakan konflik dengan cepat.

7. Bersedia untuk memimpin

Manajer SDM harus menjadi pemimpin yang efektif dan percaya diri.

Mereka mengarahkan dan mengawasi departemen SDM dan sering kali bertanggung jawab atas proyek-proyek khusus, seperti proyek layanan dan acara-acara team-building, yang melibatkan memimpin karyawan lain dan bertindak sebagai ahli dalam banyak topik.

Manajer SDM harus merasa nyaman dalam peran kepemimpinan dan menjadi titik kontak bagi karyawan, pemangku kepentingan dan vendor.

Baca juga: 25+ Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

8. Kreatif

Manajer SDM bertanggung jawab untuk menemukan cara-cara baru untuk memimpin tim mereka, melibatkan karyawan, dan menjaga organisasi tetap menarik bagi kandidat pekerjaan.

Mereka harus bersedia bereksperimen dengan strategi dan aktivitas untuk melihat apa yang terbaik bagi perusahaan mereka.

Beberapa inisiatif SDM yang kreatif meliputi:

  • Menawarkan hari layanan berbayar bagi karyawan untuk menjadi sukarelawan di lokasi yang mereka pilih
  • Mengadakan trivia saat makan siang seminggu sekali
  • Melakukan pembaruan pada ruang fisik perusahaan
  • Mengizinkan hewan peliharaan di tempat kerja

9. Progresif

Manajer SDM yang efektif berpikiran maju dan terbuka terhadap ide-ide inovatif. Mereka tertarik mengikuti tren SDM untuk melihat ke mana arah industri ini.

Menjadi progresif berarti Anda fleksibel, mampu menyesuaikan kebijakan dan strategi seiring dengan perubahan industri atau perusahaan.

Anda bersedia mempelajari praktik-praktik SDM dan memimpin diskusi tentang perubahan di tempat kerja. Berpikir tentang masa depan juga melibatkan pembuatan rencana kontingensi untuk situasi yang tidak terduga.

10. Mampu memecahkan masalah

Manajer SDM adalah sumber utama untuk banyak masalah di tempat kerja. Mereka harus mampu berpikir cepat, memecahkan masalah dan menawarkan solusi yang efektif, sambil bekerja dalam pedoman penjadwalan dan penganggaran organisasi.

Para profesional SDM juga menghadapi banyak masalah subjektif yang tidak selalu memiliki jawaban yang jelas. Mereka harus menerapkan kebijakan organisasi seadil dan seetika mungkin.

Manajer SDM tahu kapan harus mencari panduan tambahan dari para ahli, seperti pengacara, akuntan, pembawa tunjangan atau profesional SDM lainnya.

Baca juga: Mengetahui Unsur Hubungan Kerja Menurut UU Ketanagakerjaan

11. Strategis

Organisasi menghargai manajer SDM yang mengembangkan kebijakan dan prosedur yang selaras dengan misi dan tujuan perusahaan.

Mereka juga tetap terhubung dengan perkembangan SDM dan industri perusahaan mereka untuk menawarkan yang relevan, sesuai dengan perubahan pasar dan prioritas.

Anda bisa lebih strategis dalam perencanaan Anda dengan menghadiri jaringan dan konferensi, mengambil kursus online dan berjejaring dengan profesional lainnya.

12. Melek teknologi

Manajer SDM bisa lebih efektif ketika mereka menggabungkan teknologi terbaru. Menerapkan program dan sistem dapat membantu merampingkan proses, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan keamanan data SDM.

Anda bisa mempelajari tentang program-program yang tersedia dengan mengikuti akun SDM di media sosial, berlangganan publikasi industri dan mengikuti pengumuman dari perusahaan teknologi populer.

Lalu, para manajer SDM juga harus bisa mengoperasikan sistem pengelolaan HR modern untuk memudahkan alur dan proses kerja mereka.

Salah satu software payroll dan HR yang bisa Anda coba gunakan adalah software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur yang memudahkan proses HR, baik untuk bisnis maupun seluruh karyawan Anda.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 2

Baca juga: Pengertian Personalia, Fungsi, Lingkup Tugas, Tujuan dan Prinsipnya

13. Dapat mengelola proyek

Bagian penting dari pekerjaan manajer SDM adalah mengelola proyek dari awal hingga selesai. Anda harus mampu:

  • Mengkomunikasikan ide-ide proyek
  • Mendelegasikan tugas
  • Menetapkan jadwal
  • Memantau kemajuan
  • Melaporkan pembaruan
  • Menanggapi masalah
  • Memenuhi tenggat waktu
  • Menjaga anggaran

14. Kompeten secara finansial

Manajer SDM harus memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan bisnis untuk membantu organisasi mereka memenuhi tujuan moneternya.

Mereka harus memahami penganggaran, membuat analisis biaya, menentukan pengembalian investasi dan menjalankan penilaian risiko.

15. Kolaboratif

Peran manajemen sering kali paling sukses ketika mereka terbuka terhadap ide dan umpan balik dari beragam kelompok orang.

Manajer SDM harus mampu bekerja sama dengan baik dengan tim SDM, direktur departemen, eksekutif, dan karyawan lainnya, terbuka terhadap saran dan pertanyaan.

Dengan menggabungkan banyak perspektif, manajer SDM dapat mengembangkan kebijakan dan inisiatif yang adil, inklusif dan berharga.

Baca juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Kesimpulan

Itulah beberapa tugas manajer SDM, skill yang dibutuhkan, sampai ciri-ciri manajer SDM yang baik yang mungkin berguna untuk Anda pmilik bisnis atau Anda yang berencana untuk mengembangkan karir sebagai praktisi HR.

Seperti yang sudah kami bahas diatas, untuk memudahkan Anda dalam proses pengelolaan HR, manajemen data karyawan, sampai pengelolaan payroll, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR yang lebih modern seperti software HR dan payroll Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

3 thoughts on “Tugas Manajer SDM, Skill, dan Ciri Manajer SDM yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *