Download Contoh Slip Gaji Format PDF, Word, dan Excel Gratis

download slip gaji 2

Apakah Anda sedang mencari link download slip gaji dalam format PDF, word atau excel? Slip gaji adalah dokumen yang diterima setiap individu yang digaji dari pemberi kerjanya, dan dokumen ini sangat penting bagi karyawan.

Jika perusahaan Anda belum memiliki sistem pengelolaan payroll yang otomatis, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan download template slip gaji yang kemudian akan Anda isi secara manual.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu slip gaji, komponennya, dan memberikan Anda link download slip gaji dari berbagai format secara gratis.

Apa itu Slip Gaji?

Slip gaji atau pay slip adalah dokumen yang dikeluarkan setiap bulan oleh pemberi kerja kepada karyawannya. Slip gaji berisi rincian komponen gaji, potongan dan tunjangan.

Dokumen ini dapat berupa hard copy yang dicetak atau soft copy yang dikirimkan kepada karyawan.

Karyawan dapat mengunduh format slip gaji dalam format pdf. Selain itu, perusahaan secara hukum terikat untuk mengeluarkan slip gaji secara berkala sebagai bukti pembayaran gaji kepada karyawannya dan pemotongan yang dilakukan.

Baca juga: Tugas Manajer SDM, Skill, dan Ciri Manajer SDM yang Baik

Komponen dalam Slip Gaji

Berikut adalah komponen yang biasanya tertera dalam slip gaji karyawan:

Slip gaji bisa dalam berbagai format, tergantung pada pemberi kerja. Namun, komponen yang umum adalah:

  • Jumlah potongan
  • Tunjangan
  • Gaji kotor
  • Gaji bersih
  • Periode bulan
  • Jumlah total hari kerja
  • Jumlah hari karyawan yang hadir
  • Nama karyawan
  • ID Karyawan
  • Nama organisasi
  • Kode organisasi
  • Tanda tangan dan stempel pemberi kerja

Baca juga: Contoh Surat Kuasa, Fungsi dan Juga Komponennya

Meskipun format slip gaji tidak mengikat, namun Anda harus tetap mengikuti aturan saat menerangkan komponen upah dalam slip gaji sesuai UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 yang berbunyi:

Hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah telah atau akan dilakukan.

Jadi, pada dasarnya ada beberapa komponen upah yang harus Anda sertakan dalam membuat slip gaji, meskipun dengan tampilan yang sederhana sekalipun.

Beberapa komponen upah yang harus ada seperti:

Upah dan tunjangan

Upah dan tunjangan merupakan komponen penting yang harus ada dalam slip gaji karyawan dan terdiri dari berbagai jenis. Berikut adalah diantaranya:

Upah Pokok

Upah Pokok adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada pekerja menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan.

Upah Llembur karyawan

Selain gaji pokok, komponen yang akan menambah gaji karyawan adalah upah lembur karyawan yang dihitung setiap bulan.

Dimana berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Menakertrans No. 102/MEN/VI/2004, menjelaskan kalau definisi lembur adalah waktu bekerja yang melebihi 7 jam kerja dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu.

Upah lembur ini diatur sesuai peraturan, dan akan ditampilkan dalam slip upah penghasilan karyawan.

Tunjangan

Tunjangan adalah tambahan pendapatan di luar gaji bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan oleh pekerja/buruh.

Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor SE-07/MEN/1990 Tentang Pengelompokan Upah (SE-07/MEN/1990) menyebut tunjangan dimaksudkan untuk perangsang, mendorong pekerja lebih berdisiplin, rajin, dan produktif.

Pendapatan non upah

Selain komponen upah seperti tersebut di atas, dikenal pula Pendapatan non-Upah (pasal 8 ayat (1) PP 36/2021) berupa tunjangan hari raya keagamaan (THR), insentif, bonus, uang pengganti fasilitas kerja, dan/atau uang servis pada usaha tertentu, berikut penjelasannya:

  • Tunjangan Hari Raya Keagamaan atau biasa disebut THR adalah hak pendapatan pekerja berupa uang yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan.
  • Insentif dapat diberikan oleh Pengusaha kepada pekerja dalam jabatan atau pekerjaan tertentu sesuai kebijakan perusahaan.
  • Bonus dapat diberikan oleh pengusaha kepada pekerja atas keuntungan perusahaan. Bonus untuk pekerja diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.
  • Uang pengganti fasilitas kerja: perusahaan dapat menyediakan fasilitas kerja dan/atau memberikan uang pengganti fasilitas kerja bagi pekerja dalam jabatan atau pekerjaan tertentu atau seluruh pekerja, dalam hal fasilitas kerja tidak tersedia atau tidak mencukupi. Penyediaan fasilitas kerja dan/atau pemberian uang pengganti fasilitas kerja diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.
  • Uang servis pada usaha tertentu dikumpulkan dan dikelola oleh perusahaan. Uang servis pada usaha tertentu wajib dibagikan kepada pekerja, setelah dikurangi biaya cadangan terhadap risiko kehilangan atau kerusakan dan pendayagunaan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ketentuan mengenai uang servis pada usaha tertentu diatur dengan Peraturan Menteri

Baca juga: Mengenal Komponen Gaji di Indonesia Menurut Undang-Undang

Potongan

Perlu Anda ingat, berbagai potongan gaji dan besarannya ini harus Anda sertakan dalam slip gaji karyawan Anda. Berikut adalah beberapa jenis potongan gaji beserta besarannya menurut undang-undang ketenagakerjaan:

Pajak Penghasilan (PPh)

Salah satu komponen utama yang menjadi pemotong gaji karyawan adalah Pajak Penghasilan Pasal 21 atau PPh 21. Pajak penghasilan adalah pajak yang wajib dikenakan baik pada perseorangan maupun badan yang memiliki penghasilan.

Regulasi terkait Pajak Penghasilan 21 sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 serta Peraturan Dirjen Pajak Nomor Per-32/PJ/2015.

Untuk mengetahui cara menghitung pajak penghasilan dengan mudah Anda bisa membacanya melalui artikel ini, atau menggunakan kalkulator pph pada tautan ini.

BPJS Kesehatan

Seluruh perusahaan di Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan. Besaran iuran bagi pekerja penerima upah adalah 5% dari gaji per bulan.

Di mana, pembayaran dibagi menjadi 4% dibayar perusahaan dan 1% dibayar karyawan dan iuran ini dibayar langsung dengan memotong gaji karyawan.

BPJS Ketenagakerjaan

Selain BPJS Kesehatan, perusahaan juga wajib mendaftarkan seluruh karyawannya ke dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam BPJS Ketenagakerjaan ini terdapat 5 (lima) program yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan sekarang pemerintah juga memberikan Jaminan Kehilangan Pekerjaan atau JKP.

Potongan pelanggaran peraturan

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan tersendiri untuk mengatur kerja karyawannya. Peraturan perusahaan ini dibuat dengan pertimbangan karyawan sehingga jika ada karyawan yang melanggar kesepakatan atau peraturan yang sudah dibuat bisa terkena sanksi.

Peraturan perusahaan mengikat dari struktur organisasi terbawah sampai dengan atas, sehingga jika ada pelanggaran, tidak pandang bulu semua perlu membayar sanksinya.

Potongan hutang perusahaan

Potongan ini biasanya dibebankan jika perusahaan Anda membuka pinjaman perusahaan untuk karyawan. Banyak karyawan yang memilih untuk berhutang di perusahaan daripada harus mengambil hutang di pihak lain.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Potongan Gaji dan Besarannya

download slip gaji 1

Download Contoh Slip Gaji

Berikut adalah template dan contoh slip gaji karyawan beserta file dengan berbagai format yang bisa Anda download secara gratis:

NAMA PERUSAHAAN
Alamat Perusahaan
Slip Gaji Periode Mei-21
Nama Karyawan Total Hari Kerja
ID Karyawan Tanggal Cut Off
Jabatan Hari Masuk Kerja
Departemen Nama Bank
Tanggal Bergabung Bank A/c Tidak
Penghasilan Potongan
Upah pokok Rp0,00 PPh 21 Rp0,00
Tunjangan kinerja Rp0,00 BPJS Kesehatan Rp0,00
Tunjangan makan Rp0,00 BPJS Ketenagakerjaan Rp0,00
Tunjangan Transportasi Rp0,00 Tagihan hutang Rp0,00
Tunjangan kesehatan Rp0,00
Tunjangan jabatan Rp0,00
Total pendapatan Rp0,00 Total Potongan Rp0,00
Pembayaran Bersih Rp0,00
Jumlah dalam Kata-Kata
Tanda Tangan Pemberi Kerja Tanda Tangan Karyawan

Download contoh slip dalam berbagi format

  • Download contoh slip gaji format excel (.xls) disini.
  • Download contoh slip gaji format word (.docs) disini.
  • Download contoh slip gaji format .pdf disini.
  • Jika Anda ingin membuat slip gaji secara instan dan bisa dikostumisasi, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

gajihub 1

Baca juga: Gaji Outsourcing 2022: Ini Peraturan Menurut Undang-Undang

Aturan Tentang Slip Gaji

Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 memang tidak mengatur dan tidak menyebutkan ketentuan terkait kewajiban perusahaan dalam memberikan slip gaji secara sederhana lewat online atau offline.

Pada UU No 13 Tahun 2003 ini hanya mengatur mengenai kewajiban perusahaan terkait pembayaran upah/gaji sebagai imbalan atau reward pekerjaan sesuai dengan perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan.

Namun, terkait hal ini terdapat Peraturan Pemerintah (PP) Pengupahan No 78 Tahun 2015 yang menyebutkan kalau pemberian slip upah karyawan adalah merupakan kewajiban perusahaan. Seperti pada Peraturan Pemerintah (PP) Pengupahan No 78 Tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) yang menyebutkan demikian:

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.”

Di mana maksud dari bukti pembayaran upah tersebut adalah slip gaji atau semacamnya yang didalamnya terdapat rincian informasi penghasilan atau gaji yang diterima karyawan/pegawai/buruh pada bulan itu.

Slip gaji sederhana tersebut tetap wajib diberikan setiap kali upah atau gaji dibayarkan secara online atau offline, meskipun jumlah nominal gaji atau upah yang diterima karyawan tidak berubah setiap bulan.

Baca juga: Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Manfaat Slip Gaji

Menyimpan slip gaji sama pentingnya dengan surat keterangan kerja. Slip gaji membantu karyawan dalam mencari pinjaman, pekerjaan di masa depan, perencanaan pajak penghasilan, memanfaatkan subsidi pemerintah, dan bertindak sebagai dokumen resmi ketenagakerjaan.

Dengan pemahaman mendalam mengenai komponen slip gaji, mari kita periksa terlebih dahulu pentingnya slip gaji.

Bukti pekerjaan

Slip gaji berfungsi sebagai bukti hukum ketenagakerjaan. Saat mengajukan permohonan visa perjalanan atau universitas dan perguruan tinggi, pelamar harus menyerahkan salinan slip gaji sebagai bukti hukum dari gaji dan sebutan terakhir yang ditarik.

Selain itu, slip gaji adalah salah satu dokumen paling penting untuk pemeriksaan latar belakang. Dokumen tersebut berlaku sebagai bukti hukum terhadap klaim gaji.

Slip gaji juga memiliki peruntukan saat ini. Semua slip masa lalu dapat digunakan untuk menunjukkan lintasan karier karyawan di perusahaan.

Perencanaan pajak penghasilan

Slip gaji berisi rincian pendapatan dan potongan bulanan. Slip gaji juga mencakup komponen yang dapat dikurangkan dari pajak. Rincian penghasilan, yaitu gaji pokok, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lainnya. Serta potongan-potongan, yaitu pajak penghasilan, BPJS dan potongan lainnya.

Oleh karena itu, take home pay terkadang lebih rendah karena potongan-potongan ini. Pajak kemudian dihitung pada gaji take home pay berdasarkan besaran  pajak penghasilan.

Perencanaan pajak penghasilan yang tepat membantu dalam mengelola arus keluar pajak. Perencanaan pajak merupakan bagian integral dari pengelolaan keuangan.

Slip gaji tidak hanya membantu dalam menilai arus keluar pajak, tetapi juga membantu dalam menghitung pengembalian pajak penghasilan.

Mencari pekerjaan di masa depan

Slip gaji adalah bukti hukum dari pekerjaan saat ini dan skala gaji di mana karyawan saat ini bekerja.

Dokumen ini membantu dalam bernegosiasi dengan calon pemberi kerja pada tingkat agregat yaitu, total biaya untuk CTC perusahaan dan setiap tingkat komponen, yaitu, gaji pokok, tunjangan. Hampir semua perusahaan meminta slip gaji yang lalu sebagai bukti pekerjaan dan penghasilan.

Selain itu, karyawan dapat membandingkan penawaran yang diberikan oleh pemberi kerja baru berdasarkan slip gaji masa lalu. Ini memainkan peran penting dalam mengevaluasi pengalaman.

Oleh karena itu, slip gaji memainkan peran penting dalam pencarian kerja. Slip gaji juga membantu dalam memutuskan kenaikan gaji yang harus diperoleh seseorang.

Selain itu, slip gaji adalah pemecah kesepakatan dalam negosiasi gaji dengan pemberi kerja baru. Selain itu, slip gaji sebelumnya dapat digunakan untuk membuktikan lintasan karier.

Mendapatkan pinjaman dan kartu kredit

Slip gaji memiliki semua rincian gaji dan peruntukannya. Slip gaji berfungsi sebagai bukti hukum kemampuan membayar kredit seorang karyawan.

Lebih lanjut, pinjaman, kartu kredit, hipotek, dan pinjaman lainnya didasarkan pada slip gaji. Oleh karena itu, dokumen ini diperlukan saat mengajukan pinjaman, kartu kredit, hipotek, dll.

Lembaga pemberi pinjaman dan bank memastikan mereka mengambil salinan slip gaji. Kelayakan kredit peminjam dianalisis berdasarkan laporan gaji.

Slip gaji juga membantu dalam menetapkan batas kredit. Selain itu, ini bertindak sebagai kriteria kelayakan untuk memanfaatkan pinjaman atau kartu kredit. Dengan ini, slip gaji juga menentukan pajak Anda di tahun keuangan.

Mendapatkan subsidi pemerintah

Slip gaji dapat digunakan untuk dimanfaatkan untuk bantuan pemerintah seperti saat ini yaitu bantuan subsidi upah.

Baca juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

Mudahkan Proses Pemberian Slip Gaji dengan Gajihub

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang masih membuat dan menggunakan slip gaji manual, saatnya Anda beralih ke solusi yang lebih moden dan praktis.

Membuat slip gaji secara manual tidak hanya memakan waktu, namun juga rentan kesalahan sehingga mengakibatkan hubungan antara perusahaan dan karyawan kurang baik.

Sebagai solusi Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Dengan Gajihub Anda bisa mengelola proses payroll yang terintegrasi secara otomatis dengan sistem pencatatan kehadiran karyawan, dan juga memudahkan karyawan dalam mendapatkan slip gaji, pengajuan cuti, sampai melakukan pencatatan kehadiran hanya melalui smartphone.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

1 thought on “Download Contoh Slip Gaji Format PDF, Word, dan Excel Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *